Sabtu, 20 Juli 2019

Film Koboy Kampus, Kisah Mahasiswa di Era Reformasi

Halo, assalamu'alaikum, apa kabar kamu? selalu baik kan? Eh, suka nonton flm nggak? Suka film Indonesia kan? sekarang kan fim Indonesia bagus-bagus, ada yang baru nih, film dengan judul Koboy Kampus.

Film Koboy Kampus mengambil setting kejadian nyata di era awal reformasi, ketika gerakan mahasiswa yang marak menggoyang pemerintahan antara tahun 1995 sampai tahun 1998.

Sebenarnya film Koboy Kampus dibuat berdasarkan kisah nyata sang penulis naskah sekaligus sutradara film ini, yaitu Pidi Baiq. Siapa sih yang tidak kenal Pidi Baiq, penulis Dilan?.


Mulai tayang



Gerakan mahasiswa juga muncul di ITB, di fakultas seni rupa, meskipun cara mereka mengkritisi pemerintah dengan cara yang berbeda. Pidi Baiq yang di awal reformasi adalah salah satu mahaasiswa ITB, banyak bergaul dengan mahasiswa  Koboy Kampus.

Koboy Kampus adalah mahasiswa yang selalu berada di kampus, bahkan memiliki ruang menginap, tetapi jarang kuliah. Mereka melakukan cara unik dalam  'melawan' pemerintah.

 Mereka bukannya berdemo seperti kebanyakan mahasiswa lain tetapi mereka memilih 'memisahkah' diri dari NKRI.

Memisahkan diri, tentu adalah sebuah negara sendiri, negara fiktif ala seniman,  yang bernama  Negara Kesatuan Republik The Panasdalam, sebuah negara yang berada di sebuah lantai gedung FSRD ITB, yang dijadikan sebagai markas mereka.

"Kampusmu adalah kampusmu, tetap yang terbaik, orang-orang harus tahu. Semuanya adalah romantisme, sisanya adalah perjuangan", kalimat itulah yang disampaikan oleh Pidi Baiq. Ungkapan nyentrik khas seniman.

Pidi Baiq yang membentuk negara The Panasdalam ini mengangkat dirinya sendiri menjadi imam besar punya hak penuh untuk memilih dan menentukan Presiden dan setiap kata yang muncul dari imam besar adalah fatwa. 

Dipilihlah oleh Imam Besar, Deni Rodendo menjadi Presiden Negara  Kesatuan Republkik The Panasdalam, alasannya adalah Dendi memiliki restasi, yaitu satu-satunya presiden di dunia yang hapal nama pendukungnya.

Selain Pidi ( Jason Ranti ) beberapa temannya yang menjadi penduduk "Negara Kesatuan Republik The Panasdalam" , yaitu Ninuk ( Ricky Harun ), Dikdik ( Miqdad Audassy ), Deni ( Bisma Karisma ), Erwin ( David John Schaap ).


Presscon Film Koboy Kampus


Kehidupan khas anak kampus

Kamu yang nonton film Koboy Kampus ini akan menemukan kisah khas anak kampus, baik kisah kuliah yang nggak kunjung selesai, persahabatan, keusilan pada teman, dan pernik-pernik asmara juga diangkat di film ini.
Ada beberapa sentilan dalam dialog, yang kontekstual dengan sebagian situasi dan kondisi kekinian, dan pesan moral yang sempat aku tangkap adalah
  • Menjadi warga negara yang tahu diri, karena pemimpin negara adalah orang yang sudah melakukan banyak hal untuk rakyatnya.
  • Menjaga toleransi pada keberagaman.
  • Menghentikan memaki dan membenci.
  • Endingnya adalah, kembali kepada negara Indonesia, karena NKRI itu harga mati.

Lagu-lagu dari The Panasdalam dikumandangkan dalam film ini, dan bagi kamu yang familier dengan lagu dari Band itu, nikmati lagu hit band ini, diantaranya Secangkir kopi, Jatinangor, Nia, tentu saja lagu Koboy Kampus tak ketinggalan.


Aktor dan aktris lain yang bermain di film Koboy Kampus diantaranya adalah Tasya, Jennifer zleps, zucup, Raffa, Kamal. Film ini direncanakan akan mulai tayang di tanggal 25 Juli 2019 yang akan datang.

Ada aktris senior yang juga dilibatkan dalam film Koboy Kampus ini, yaitu Ria Irawan dan mantan penyanyi cilik tahun 75 an, Chicha Koeswoyo.

Buat kamu yang calon mahasiswa, mahasiswa dan mantan mahasiswa, yuk jangan lewatkan film ini, nonton ramai-ramai, kamu akan terhibur dan akan ketawa sepanjang nonton film ini


Nobar seru bareng ISB




22 komentar:

  1. sayangnya nih pilem udah turun layar aja di Surabaya hiks hiks
    padahal mupeng mau nonton jugak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Balik ke jaman aku kuliah dulu nih mbak pas tahun 2008 itu pas demo besar-besaran juga. Kocak juga ya perjalanan Pidi Baiq yag dijadikan ide filmnya

    BalasHapus
  3. Kangen suasana kampus jaman dulu. Pidi Baiq ni sedikit lebih muda dariku jadi aku paham crita2nya. Mahasiswa jaman dulu lucu2, unik2, penuh romance. Mahasiswa jaman sekarang terlalu stress. Belum2 udah dijejali dg enterprenership, nyari duit. Sementara soal akademik dibatasi ketat banget atau DO. Nggak ada mahasiswa abadi lagi. Bahkan di semester 5 kalau IPK nggak bagus disuruh keluar.

    BalasHapus
  4. Aku nonton Film Koboy Kampus ngakak sampai akhir hehe..lucu-lucu dan gokil abis sih itu satu genk :D

    BalasHapus
  5. Ternyata pemerannya ada Chicha Koeswoyo juga ya, jadi penasaran nih dengan film Koboy Kampus. Mahasiswa jaman dulu banyakan konyolnya kalo menuruku. Meski serius kuliah, tapi masih bisa main-main.

    BalasHapus
  6. Jadi ingat jaman kuliah dulu mbak....pas jaman demo itu aku juga masih kuliah..... Mahasiswa banyak yang tidak kuliah tapi mereka ikut demo dan berorasi di kampus sambil kepalanya diikat dengan kain....persis film koboi kampus ini.

    BalasHapus
  7. Kayaknya jadi penasaran deh nonton ini, tapi denger denger udah turun ya? Hmmm ketinggalan hiks

    BalasHapus
  8. wah.. penasaran nih sama film inihh...
    Di Bandung masih ada nggak ya?
    brb ngecek ah :D

    BalasHapus
  9. Sepertinya Pidi ini adek kelasku deh hehehee... kisah-kisah yang diangkat di film ini juga kualami soalnya, bahkan mungkin sebelum era Pidi kuliah :)

    BalasHapus
  10. Jangan kan kampus, pemerintah aja di lawan sama koboy kampus.. apa coba motivasinga menjadi koboy kampus ku jadi pengen nonton movie nya

    BalasHapus
  11. Film seperti ini nih yang wajib ada di daftar film yang harus aku tonton, mba. Seru dan emang jadi bikin nostalgia :)

    BalasHapus
  12. film dengan humor khas Pidi Baiq ya mba. ini cocok banget nih di tonton sama pakbapak atau buibu yang pengen flashback ke masa-masa kuliah dulu

    BalasHapus
  13. Cuma sebentar banget ini di layar bioskop filmnya. Jadi nggak sempat nonton akhirnya

    BalasHapus
  14. Pidie baiq itu ternyata emang anak seniman dari ITB toh. Tulisan tulisannya sellau kocak.difilimin jadi komedi deh

    BalasHapus
  15. aku mauuu lho kalua diajakin nonton film keren yang satu ini hehehe. Kalau liat sinopsinya memang seru

    BalasHapus
  16. Seru kayaknya ya mbak film Koboy kampus ini. Jadi nostalgia buat yang angkat 80-90an

    BalasHapus
  17. Kisah Pidi Baiq yang di tuangkan dalam film sangat bermakna untuk berani kritik pemerintah di tambah bumbu konyol celotehan

    BalasHapus
  18. Mengingatkan bagaimana melawan pemerintah gak harus berdemo. Tapi jadi penasaran gerakan melalui "negara sendiri" itu bagaimana yaaa 😄

    BalasHapus
  19. sayangnya film ini di kotaku gak tayang di boiskop, Mba. Padahal pengen juga menyaksikan keseruannya :)

    BalasHapus
  20. kalo dengar nama Pidi Baiq selalu teringat Dilan, hehehe. Sebenarnya penasaran pengen nonton tapi sayang di kotaku filmnya gak diputar :(

    BalasHapus
  21. Dulu suka nonton The Panas Dalam kalau “konser” jadi kangen, pastinya kalau nonton film koboy kampus bisa mengobati kekangenan kali ya

    BalasHapus
  22. kalau film kampus2an jadi sering keingat masa jaman kuliah dan dalam film biasanya emang realitanya bgitu yang ditunjukkan ya heheh

    BalasHapus