Kamis, 15 Januari 2015

Sosialita Smart?, KEB tempatnya

Ceritaku di hari Ulang Tahun KEB
Tak terlukiskan, tak terkatakan.
Itu yang aku rasakan, saat berjumpa dengan komunitas ini. mungkin ungkapan itu terasa berlebihan bagi orang lain, tetapi tidak bagiku. Kenapa?
Saat remaja hingga selesai kuliah, aku banyak menulis dan sudah beberapa kali dimuat di media nasional, juga media daerah. Saat itu rasanya sangat-sangat menikmati betapa senang ketika tulisan kita bisa berguna buat orang banyak.

Perjalanan waktu berkisah tak selalu sesuai keinginan kita. Dalam kurun waktu sekitar sepuluh tahun lebih Tuhan mentakdirkan aku harus mendampingi orang tuaku, dari sakit hingga wafat.
Sekian lama sama sekali tidak bisa melakukan aktifitas apapun. Termasuk aktifitas menulis, tidak satupun bisa aku teteskan penaku, karena kondisi sangat tak memungkinkan.
Tidak ada yang harus disesali, karena tugas manusia hanya berjalan mengikuti skenario Sang Pemilik semesta.

Saat aku menikah, di usia yang tak muda, dan memiliki cukup waktu tersisa, aku mulai lagi mengikuti kata hati untuk melanjutkan hobi menulisku. Aku menulis mulai buku harian, dan mulai berkenalan dengan media sosial seperti facebook.
Leat facebook aku mulai lagi mengasah kepekaan rasa dan pikirku dan kutuang dalam tulisan, puisi, motivasi, atau apa saja.

Lewat facebook pula aku mengenal KEB, komunitas para emak yang memiliki kegemaran menulis di blog. Meskipun sudah mulai menulis blog, aku waktu itu belum PD untuk bergabung karena blogku masih berantakan -- meskipun sekarangpun masih belum bagus juga, hehehe --. Selain itu, kadang-kadang saat ingat usiaku yang sudah tidak belia, rasanya kok malu.

Aku mulai kenalan dengan beberapa bloger, saling like status di fb, saling komentar, kadang-kadang ngobrol juga.
Perlahan aku mulai merasakan kalau kebanyakan emak-emak ini, sungguh orang-orang yang suka berbagi ilmu, berbagi pengetahuan. Tak terhitung, berapa emak yang sudah ngobrol sama aku via chat, dan dengan sabar melayani berbagai pertanyaanku, yang kadang-kadang sangat teknis, sangat sederhana. Sebagian besar mereka selalu menjawab dengan sabar, mereka tahu, orang yang sudah over sek -- kmaksutnya diatas seket atau limapuluh tahun -- ini dahaga ilmu, heheh.

Kapan bergabung di KEB? belum lama, secara resmi mungkin baru dua bulan, hehe. Aku pernah mengikuti acara kopdar meskipun waktu itu aku belum bergabung. Dari sana semakin merasakan, jika KEB adalah sosialita yang smart dan oke.

Jika merenung apa yang kudapat dari KEB, secara pribadi banyak sekali, tak bisa dihitung. Sebagai orang yang datang dari desa tanpa punya kawan dan kerabat dekat, berada di komunitas KEB membuat hatiku terasa dihangati. Kehangatan silaturahmi ini sedikit mengurangi rasa rindu kampung halaman yang masih saja mendesak-desak rasa.
Seperti menemukan rumah baru yang hangat juga lapang. karena aku yang minim properti untuk nge blog, betah sekali di komunitas ini.

Ilmu? sudah pasti, ilmu menulis, ilmu nge blog, tentu paling banyak kudapat dari KEB. Dari KEB, banyak informasi dan ilmu kuserap. Tentang traveling, parenting, inspirasi, tutorial blog, tutorial kerajinan, puisi, dan banyak lagi deh.
Admin KEB adalah perempuan-perempuan yang suka berbagi
Semangat mereka jelas tertransfer menjadi energi bagiku. Buktinya, aku sanggup melakukan hal yang sudah lama yak kulakukan,  jam sepuluh malam seperti ini aku masih kuat menulis panjang, aduuuuh, KEB, makasih ya, jempol buat dirimu KEB dan juga diriku, ahahay.

Para emak ini adalah perempuan-perempuan kreatif, karena selalu saja ada even yang memiliki nilai tambah buat para bloger, baik itu even on line maupun even kopdar. Bagiku, acara berbagi ilmu selain menambah ilmu dan wawasan, menambah saudara, secara pribadi membuatku serasa masih belia, hahaha.
Jika sosialita kadang dipersepsi dengan sedikit minor, maka KEB adalah sosialita yang keren banget.

Masukan saya, mengingat luasnya cakupan wilayah anggota KEB, sampai ke seluruh Indonesia, mungkin tak ada salahnya jika anggota yang berada di satu wilayah membentuk jalinan silaturahmi. Bentuknya hanya paguyuban saja, untuk menjalin kekeluargaan dan persaudaraan, tak lebih. Tidak perlu ada admin, pengurus dan laiinya, karena ini bukan komunitas formal. Bagaimanapun jika saling kenal, interaksi akan timbul kedekatan satu dengan yang lain. Dalam kopdar per wilayah ini, admin KEB bisa menjadi nara sumber.

Saatnya mengerem tangan, karena sungguh sulit berhenti menulis, hehe

SELAMAT ULANG TAHUN YANG KE 3
Semoga selalu menjadi rumah manis yang hangat untuk para emak bloger, terimakasih untuk kasih sayang yang sudah dibagi pada para emak




7 komentar:

  1. Selamat Ultah KEB ke-3 :) Semangat ngeblog terus dah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. jeng Christanty, makasih ya sudah mampir
      Yaah kan dikau salah satu guruku jadi semangat terus nih.
      Makasih ya

      Hapus
  2. Halo Mbak, sekian lama tahu dirimu, meski hanya lwt FB. Eh kok ternyata,sepertinya ini kunjungan pertamaku ya. huh terlalunya aku.:D

    BalasHapus
  3. halo juga, hehew, aku juga, ga rajin kunjung-kunjung, managemen waktuku masih ga oke,
    makasih udah berkunjung

    BalasHapus
  4. Hai mbak salam kenal yah, senang bisa dipertemukan di KEB jadi memperluas jalinan silaturahm, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba Khalida, iya, seneeng tambah saudara, tambah ilmu ya mba.
      Salam kenal balik mba

      Hapus