Sabtu, 12 Maret 2016

Bijak Menggunakan Smartphone

Perkembangan teknologi yang sangat pesat, sesungguhnya adalah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. berbagai kemudahan memang bisa didapat dengan mengakses teknologi informatika yang makin lama makin canggih saja.

Adanya smartphone akan mempermudah aktifitas kita sehari-hari, misalnya yang paling sederhana, buat ngobrol dari jarak yang berjauhan, gunakan saja smartphone kan? beres. Lalu perkembangan berikutnya, smartphone memiliki berbagai macam fiture selain fungsinya mempermudah komunikasi.

Seperti I Phone 6, yang merupakan smartphone canggih, dengan banyak fiture, sesungguhnya adalah sebuah smartphone yang diciptakan untuk mempermudah aktifitas harian kita.  Dengan I Phone 6 kita bukan hanya bisa berkomunikasi saja, melainkan bisa juga membaca berita, mendengarkan musik, menonton video dan sebagainya

Dengan berbagai kecanggihan tersebut, siapa sih yang tidak tertarik ingin memiliki gadget? siapa yang tak tertarik ingin menggunakan smartphone? sepertinya hampir setiap orang menginginkan untuk memiliki dan bisa menggunakan smartphone.

Nah, bagi kalian yang membutuhkan smartphone untuk aktifitas sehari-hari, tentunya ingin tahu ya  bagaimana memilih IPhone. Dalam memilih IPhone, tentunya yang pertama membutuhkan perhatian adalah harga IPhone, apakah bisa dijangkau dengan dana yang kita miliki?

Jangan sungkan pula untuk membandingkan  harga IPhone di beberapa toko, baik offline maupun online shop, karena dengan perbandingan kita bisa memilih mana yang lebih baik dan lebih sesuai untuk kebutuhan kita.


Masalahnya, tidak sedikit yang lalu menjadikan para pengguna smartphone ini menjadi kecanduan, ketegihan bahkan lebih buruk lagi mengalami keterganungan pada smartphone.  Karena, jika smartphone itu positif, kecanduan dan ketergantungan menjadi dampak buruknya.

Kenapa smarthone bisa menjadi candu?, ya karena fitur-fitur canggihnya. Logikanya begini, model audiovisual dengan dimensi yang canggih seperti IPhone 6, mampu membuat mata si pengguna terpaku, tak beralih dari layar.

Konten dan aplikasi yang seperti tiada batas, membuat pengguna IPhone 6 ingin terus dan terus dengan konstan akan mengeksplor smartphone miliknya. Jika sudah begitu, karena eksplorasi yang banyak cabang berpotensi menjadikan pengguna menikmati, dan perlahan tapi pasti, pengguna smartphone akan menjauh dari interaksi sosial.

Interaksi yang dibangun pengguna IPhone di media sosial, akan membuatnya terus menerus melakukan chat dengan kawan dunia mayanya, dan karena tak terbatas ruang dan waktu, justru itulah yang bisa membuat pengguna smartphone terus menerus membuka dan berinteraksi dengan gadgetnya.

Agar kita semua bisa lebih bijak menggunakan gadget, maka ada beberapa tips yang bisa dipelajari yaitu:
  • Kenali Kebutuhan
    Mengenali kebutuhan diri sendrii terhadap gadget, menjadikan penggunaan gadget efektif dan efisien kan?. Disini kita harus pandai memilih, mana sih aplikasi yang benar-benar kita butuhkan? mana sih aplikasi yang bermanfaat untuk kerja kita?
    Tak perlu menunduh aplikasi yang tak kita butuhkan, atau jangan asal unduh saja, hehehe. Selain belum tentu bermanfaat untuk kita, terlalu banyak apliaksi akan membuat smartphone jadi tak bisa bekerja dengan baik, alias lamban.
  • Hilangkan Aplikasi yang Tak Perlu
    Perlu melakukan cek, dan hilangkan saja aplikasi yang tidak dibutuhkan, jangan maruk, sehingga semua aplikasi kita unduh, tanpa tau untuk apa. Jangan hanya karena nge trend, maka semua apliaksi kamu unduh, hehehe.
  • Kenali Waktu dan Tempat
    Sekali-sekali lepaskan smartphone dari tanganmu, lepaskan dari genggamanmu, hehehe. Misalnya saat ngobrol, terlebih saat berbincang dengan orang-orang terdekat seperti pasangan, anak, orang tua dan lainnya.
    Meskipun dalam smartphone itu semua kebutuhanmu terjawab, namun tentunya tidak di setiap tempat dan waktu kita genggam terus menerus.
    Menggunakan smartphone ditengah interaksi dengan yang lain, akan mengganggu kenyamanan dan kita akan dianggap tidak bisa menghargai orang lain.
    Jadi ada saatnya untuk digenggam, ada saatnya pula untuk diletakkan, hehehe.
  • Manfaatkan Untuk Berbagi
    Memiliki smartphone yang canggih seperti I Phone 6 , adalah peluang agar kita bisa lebih banyak lagi berbagi kebaikan. Berbagi tidak harus berbentuk materi, kita bisa berbagi perhatian, kepedulian, berbagi ilmu dan infromasi melalui smartphone tersebut.
  • Gunakan Smartphone Sebagai Alat.
    Sesuai fungsinya smasrtphone adalah sebuah alat untuk mempermudah aktifitas, jadi kita sebagai penggunalah yang akan mengendalikan smartphone itu.
    Bukan sebaliknya, kita yang dikendalikan oleh smartphone. Lho memang bisa smartphone mengendalikan kita? bisa saja. Buktinya banyak diantara kita yang tak bisa lepas dari benda itu, bahkan kita dipaksa untuk terus dan terus membukanya setiap saat.
  • Lupakan Smartphone Saat Istirahat atau Tidur
    Lepaskan dan lupakan sejenak smartphone, yaitu disaat kita beristirahat atau disaat kita tidur, agar istirahat atau tidur kita nyaman.
    Tentunya perkecualian ya untuk telepon darurat, hehehe. Tentunya hal itu berbeda.
Oke, tulisan ini juga bertujuan untuk mengingatkan diriku sendiri, agar pandai memilah dan memilih, baik memilah dan memilih smartphone, maupun penggunaan yang memang sesuai kebutuhan.


7 komentar:

  1. Betul banget mba..
    saya setuju dengan artikelnya..

    BalasHapus
  2. Kebanyakan orang menggunakan smartphone hanya untuk ngikutin trend aja, namun kebutuham utamanya adalah supaya bisa berkomunikasi dengan tanpa ada hubungan jarak dan waktu.

    BalasHapus
  3. Setuju banget sama tulisan di artikel ini, sekarang mudah sekali menemui ornag yang kecanduan smartphone hingga mulai menarik diri dari lingkungan sosialnya..

    BalasHapus
  4. WAHH, setuju mbak sama sampean..
    bermanfaat banget terimakasih :-)

    BalasHapus
  5. i phone 6, kapan aku bisa memilikimu?? :)

    BalasHapus
  6. lho kok ya jadi inget i phone 6 yang udah ku jual mbak

    BalasHapus
  7. Nah, ini, Mbak. Saya belum bijak memakai smartphone. Makasih tipsnya ^_^

    BalasHapus