Sabtu, 28 Januari 2017

Memilih Toko Buku Online

Apakah kamu suka belanja online? termasuk buku? beli buku online itu sama enaknya dengan belanja online pada umumnya. Ada toko buku online terlengkap yang bisa kita pilih jadi tempat belanja online.

Tak pelak lagi, perkembangan teknologi sudah membuat berbagai aktifitas kita jadi lebih mudah dan pastinya lebih enak. Kenapa? karena belanja secara online pasti lebih meringankan costumernya.

Tahun 2017 ini aku memiliki niat untuk lebih banyak lagi membaca buku, hehehe, terasa banget tahun kemarin kualitas bacaku menurun. Mungkin karena faktor usia, aku lebih suka membaca buku dalam versi cetak. 

Sumber gambar pixabay

Membaca buku elektronik, rasanya seperti dikejar waktu, entah kenapa, mungkin karena otot mata harus kerja lebih keras, hehehe. Menurutku membaca cetak terasa lebih santai.

Nah, karena aku tidak selalu punya waktu untuk ke toko buku, maka aku memilih  untuk beli buku secara online, tentu saja aku akan memilih toko buku online yang menurutku bagus, kalau perlu akan aku pilih toko buku online terlengkap

Toko buku online terlengkap yang menurut aku bagus, salah satunya adalah bisa membuatku yakin bahwa toko buku online tersebut aman untuk berbelanja. 

Mengetahui kapasitas toko buku online diperlukan, mengingat sekarang ini begitu banyak toko buku online yang menawarkan produk mereka.

Setelah googling beberapa toko online, menurutku ada ciri yang bisa ditemukan, untuk mengetahui apakah toko buku online tersebut memang terlengkap.
  1. Nama toko onlinenya familier
    Menurutku familier, nama yang famous itu perlu, karena kita berarti cukup mengenal nama toko buku online terlengkap itu. Karena jika namanya saja tidak kita kenal, namanya.
    Kalau nama tokonya saja kita baru dengar, belum pernah dengar, sebaiknya kita tidak spekulasi untuk membeli buku di sana.
    Setidaknya dengan nama yang sudah famous, maka toko buku online tersebut toko online yang bisa dipercaya.
    Memiliki nama yang terkenal, bisa dinyatakan bahwa toko buku online tersebut melakukan pelayanan yang baik terhadap pelanggannya.
  2. Domain yang digunakan
    Jika ada toko buku online kok menggunakan domain gratisan, maka kamu perlu meneliti lebih lanjut, toko online seperti apakah yang sedang ada di depanmu itu.
    Sebagai sebuah perusahaan, toko buku online terlengkap tentu akan menggunakan domain yang berbayar, karena itu bagian dari bentuk kekuatan perusahaan.
  3. Tampilan web yang profesional dan memudahkan
    Sekalipun bukan yang utama, namun toko buku yang baik dan terpercaya adalah yang memiliki tampilan yang profesional dan baik. Tandanya apa? salah satu tandanya adalah web itu mudah diakses dan mudah dibaca, dan dipahami oleh customer yang membukanya.
    Memiliki sistim yang mudah juga menjadi tanda bahwa toko online itu terpercaya.
  4. Koleksi buku yang lengkap
    Sebagai sebuah toko buku online terlengkap, pastinya bukunya dong yang menjadi salah satu tolok ukur utama, namanya saja toko buku. pastikan bahwa koleksi buku yang ada di toko buku online  terlengkap, banyak pilihan. Pastikan pula buku yang ada juga buku-buku yang selalu up to date, buku-buku best seller.
  5. Cara pembayaran yang familier
    Toko buku online yang baik adalah yang menggunakan jasa bank yang kredibel. Perhatikan bank yang direkomendasikan untuk pembayaran bukunya. Jika bank-bank yang direkomendasikan adalah bank yang sangat kita kenal, maka bisa dipastikan toko buku online itu toko yang bagus.
  6. Menyediakan solusi pada kemungkinan kesalahan
    Sebagus apapun sistim toko buku online dibuat, selalu ada kemungkinan terjadi kesalahan. Toko buku online yang layak adalah yang menyediakan fasilitas solusi bagaimana jika terjadi kesalahan dalam transaksi. Dengan demikian ada jaminan bagi pelanggan untuk tetap terlayani dengan paripurna.
  7. Customer servise
    Para pelanggan bisa memastikan bahwa ada pihak yang bisa dihubungi sebagai perwakilan dari toko buku online tersebut. Penjelasan secara detail tentang produk, kepastian tentang produk maupun harga juga bisa diperoleh dari customer service.
    Pastikan bahwa toko buku online memiliki customer service, sehingga apapun yang ingin disampaikan, termasuk kemungkinan complain akan teratasi.
Masih banyak lagi ciri-ciri   toko buku online terlengkap yang layak dipercaya dan layak menjadi tempat belanja bagi kamu pecinta buku. Setidaknya beberapa ciri di atas bisa membantu menjadi panduan bagi kamu yang membutuhkan toko buku online, buat beli buku.












6 komentar:

  1. Hai mba. Memudahkan sekali kalau bisa beli buku secara online :)

    BalasHapus
  2. Kalo toko buku online sih suka Amazon. Judulnya lengkap. Tapi ongkirnya ga asyik banget. Kalo beli banyak sih jatuhnya tetep lebih murah daripada beli di toko buku impor

    BalasHapus
  3. jarang beli di toko online, lebih suka beli dari orang yang jualan di facebook

    BalasHapus
  4. jarang beli di toko online, lebih suka beli dari orang yang jualan di facebook. karena fast respons

    BalasHapus
  5. sekarang zaman nya serba online ya mbak

    BalasHapus
  6. Kalo saya jarang sekali beli buku di marketplace.
    lebih suka beli buku di sosial media. :D hee

    BalasHapus