Kamis, 07 Februari 2019

Prudential Indonesia Luncurkan Program Wakaf PRUsyariah

Halo, assalamu'alaikum, apa kabar hari ini? masih musim hujan ya, enggak apa yang penting tetap bahagia. 

Konon, salah satu kunci kebahagiaan itu memberi, bener nggak sih, benarkah rasa bahagia bisa hadir ketika memberi? aku sih merasakan lho, bener.


Coba saja kamu lakukan hal paling sederhana yang berkaitan dengan memberi, dengan apa? dengan senyumaaan..., sederhana kan?. Apa yang kamu rasakan saat memberi senyum? pasti seneng kan, karena kebanyakan akan berbalas senyum juga.




Foto, by Timothy


Nah, kalau memberi senyum saja sudah membahagiakan, bagaimana jika kita memberi yang lebih dari senyuman? semisal infaq, sedekah atau sejenisnya, pasti energi bahagia yang dirasakan akan lebih ya.

Salah satu bentuk pemberian yang bisa kita lakukan adalah wakaf. Apa itu wakaf? arti harfiah dari bahasa arab Waqf artinya adalah menahan atau berhenti. Menurut kaidah fiqihnya, adalah memindahkan hak ilik pribadi menjadi milik badan yang bermanfaat bagi orang banyak.

Wakaf merupakan salah satu bentuk  dari sedekah jariyah, dan dalam Islam, sedekah jariyah merupakan salah satu dari tiga amalan yang pahalanya tak akan terputus, sekalipun kita sudah wafat.

Sesuai dengan Hadits yang menyatakan bahwa "terputus amalan seorang hamba ketika meninggal dunia, kecuali 3 perkara, yaitu sedekah jariyan, ilmu yang bermanfaat dan doa anak sholeh" diriwayatkan oleh HR Muslim.

Siapa sih yang tak ingin amalannya tak putus sampai akhir hayat? pasti semua ingin dialiri pahala terus menerus kan?

Selama ini, kita sering mendengar kata wakaf,  wakaf selama ini identik dengan wakaf tanah maupun wakaf bangunan. Wakaf tanah maupun bangunan banyak yang peruntukakannya dijadikan masjid/ musholla, pondok pesantren atau makam.



Foto, by Timothy



Program wakaf dari PRUSyariah



Ternyata wakaf enggak sebatas tanah maupun bangunan saja. Wakaf bisa dalam bentuk lain yaitu berupa uang ( cash waqf ), melalui manfaat asuransi dan manfaat investasi dari polis asuransi jiwa syariah, demikian menurut Dr. Irfan Syauqi Beik, SP, MSc., EC, Pengamat ekonomi syariah Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB.

Hal ini disampaikan pada acara peluncuran Program Wakaf dari PRUSyariah PT Prudential Life Assurance ( Prudential Indonesia ).  


Masih menurut Dr Irfan bahwa pengelolaan wakaf secara profesional itu penting, karena dengan profesionalitas, harga wakaf akan terjaga, dan hasil usaha dari wakaf tersebut akan terus memberikan manfaat bagi masyarakat.


Ada yang menarik, disampaikan oleh bapak Afdhal Aliasar, ST., M.M., Direktur Bidang Promosi dan Hubungan Eksternal Komite Nasional Keuangan Syariah ( KNKS ) tentang wakaf. 
Bahwa menurt Badan Wakaf Indonesia ( BWI ), masyarakat telah mewakafkan tanah seluas 2.700 kilometer persegi, di lebih dari 366 ribu lokasi.

Di sisi lain,potensi wakaf tunai diperkirakan mencapai Rp. 180 triliun per tahun, oleh sebab itu KNKS menyambut baik program Wakaf dari PRUsyariah ini, karena akan menggali potensi wakaf di Indonesia yang sangat besar.

President Director Prudential Indonesia, Mr Jens Reisch menyampaikan bahwa, sangat senang menghadirkan Program Wakaf dari PRUSyariah, yang merupakan wujud dari komitmen Prudential yang baru, yaitu We Do Good -- Kami Mewujudkan Kebaikan--.

Diharapkan program ini membantu nasabah dalam mewujudkan kebajikan mereka dan kebajikan yang tidak terputus. Prudential sudah cukup lama memahami jika para nasabah memiliki kebutuhan melaksanakan wakaf.


Program Prudential wakaf ini merupakan salah satu dari serangkaian produk dan layanan asuransi yang berbasis syariah yang menyeluruh dari Prudential, demikian lanjut Jens Reisch.


Kenapa Prusyariah meluncurkan program wakaf ? sebenarnya ada pertimbangan yang melandasinya



  • Survey  bertajuk World Giving Index yang dilakukan oleh sebuah lembaga yaitu Charity Aids Fun, memperlihatkan bahwa manusia Indonesia menduduki urutan pertama yang paling dermawan. artinya masyarakat indonesia itu suka memberi. 
  • Nasabah Prudential yang nenanyakan dan ingin untuk bisa melakukan wakaf, melalui produk asuransi syariah. Niat nasabah adalah untuk jalani bareng antara produk  asuransi dan wakaf.
  • Melakukan edukasi dan sosialisasi tentang manfaat dan keutamaan wakaf pada masyarakat Indonesia, khususnya kalangan muslim agar keinginan menyalurkan dermanya lebih tepat guna, tepat sasaran
  • Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, yang berarti wakaf asuransi memiliki potensi besar untuk mendorong pembangunan ekonomi.
Ibu Nini Sumohandoyo selaku Sharia, Goverment Relations and Community Investment Director Prudential Indonesia mengatakan, bahwa program wakaf ini mendukung nasabah yang sedang mencari solusi modern dan cerdas.

Untuk apa? untuk menunaikan wakaf sekaligus memastikan dirinya dan keluarganya mendapatkan proteksi dan perencanaan investasi yang tepat. 

Sejalan dengan slogan "Selalu Berbagi, Selamanya Berarti," program Wakaf Prudential fokus pada kemudahan bagi nasabah dalam menyalurkan wakaf asuransinya, yang mengajak untuk terus berderma demi manfaat yang abadi.

Program wakaf asuransi ini juga sesuai dengan fatwa MUI No 106/DSN-MUI/X/2016 tentang wakaf, manfaat asuransi syariah dan manfaat investasi pada suransi jiwa syariah, yang membolehkan masyarakat untuk berwakaf dalam bentuk asuransi.

Bagi Prudential, program ini menjadi bagian dari komitmen untuk turut mengatasi tantangan sosial ekonomi Indonesia saat ini. Karena meskipun kemiskinan semakin berkurang, namun tantangan yang dihadapi juga masih ada.


Foto, by Timothy


Bagaimana program wakaf yang ditawarkan oleh PRUSyariah?
  1. Pilihan pertama adalah Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia:
    a. Untuk pengajuan polis baru produk PRUlink Syariah generasi baru ( PSGB ) dan PRUlink Syariah investor account ( PSIA ), serta polis existing PRUlinkSyariah assurance account ( PSAA ), PSIA dan PSGB, boleh mewakafkan sampai 45%.
    b. Bisa mewakafkan sampai 95%, berlaku untuk pengajuan polis baru PSGB dan PSIA dengan syarat peserta memiliki polis existing ( konvensional dan/ atau syariah ) yang masih aktif.
  2. Pilihan kedua adalah Wakaf Nilai Tunai, mewakafkan dengan maksimal 1/3 dari jumlah tunai. Berlaku untuk pengajuan polis produk PSGB dan PSIA serta polis existing PSAA, PSIA dan PSGB.
  3. Pilihan yang ketiga adalah Wakaf Santunan Asuransi Meninggal Dunia dan Nilai Tunai, mewakafkan dengan Santunan Asuransi Manfaat Meninggal Dunia ( sampai dengan 45% atau 95% ) dan Nilai tunai  ( maksimal 1/3 ). Ketentuan, mengikuti pilihan 1 dan 2.



Lembaga Pengelola Wakaf ( Nazir ) yang bekerjasama dengan Prudential Indonesia


Bagaimana dengan Nazirnya atau Lembaga Pengelola Wakafnya? Karena dana akan diwakafkan tentu membutuhkan Lembaga Pengelola Wakaf kan?. Prudential menjalin kerjasama dengan Lembaga-lembaga Pengelola Wakaf yaitu :
  1. Yayasan Dompet Dhuafa. Siapa yang nggak kenal DD? karena Lembaga ini sudah cukup lama berkiprah sebagai Lembaga Pengelola Wakaf. sampai saat ini sudah aktif membangun rumah ibadah, layanan kesehatan, pendidikan dan usaha ekonomi produktif.
    Dompet Dhuafa juga mengelola aset wakaf di bidang pendidikan, seperti SMART Ekselensia Indonesia, SMART Ekselensia Cibinong, Al-syukro di Ciputat dan Khadijah Learning Center di BSD.
    Bidang ekonomi antara lain kebun Indonesia Berdaya: kebun buah naga dan buah nanas, pabrik ekstrak buah di Subang.
  2. Yayasan Inisiatif Wakaf (iWakaf )
    Didirikan oleh Pos Keadilan Peduli Umat ( PKPU ), sudah memiliki kantor di 10 Provinsi. Dana wakaf diantaranya disalurkan untuk: pembangunan klinik diantaranya di Ambon, Aceh. Membangun pesantren, masjid dan wakaf skala kecil seperti laptop, kaki palsu, gerobag usaha, dll.
    iWakaf juga membangun boarding school seluas 2 hektar, dengan kapasitas sekitar 1000 siswa di Bogor.
    Juga pengelolaan perkebunan Sereh Wangi di Purwokerto
  3. Lembaga Wakaf - Majelis Ulama Indonesia ( LW-MUI ) yang didirikan pada Mei 2018 ini mengembangkan skema program Wakaf Sapujagad, Wakaf Musytarak yaitu wakaf dengan dua akad ( akad sedekah dan akad sedekah jariyah ) untuk mengambil alih hutang riba.
    Secara paralel, LW-MUI juga akan memulai wakaf produktif di bidang transportasi dan perkebunan.
Pada peluncuran acara Wakaf tersebut, sekaligus diadakan penandatanganan kerjasama antara Prudential dengan 3 lembaga Nazir, yaitu. Dompet Dhuafa, iWakaf dan LW-MUI

Jadi kamu yang pengin berwakaf melalui asuransi Prudential, nggak perlu khawatir, karena Prudential sudah bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Wakaf yang jelas profesional, kredibel dan berpengalaman mengelola wakaf.

Asuransi adalah salah satu managemen pemindahan resiko, dan wakaf dalam bentuk asuransi menjadi strategis karena asuransi akan mengamankan dana wakaf yang dimiliki oleh nasabah.


Sambil berinvestasi melalui asuransi syariah, dalam saat yang bersamaan bisa melakukan wakaf, jadi berbagai aktifitas bisa jalani bareng.


Sekali melangkah, akan banyak manfaat yang didapatkan, bahkan manfaat yang panjang, wakaf yang tak akan terputus sampai kita wafat, manfaat dunia sekaligus manfaat akherat akan kita dapatkan.






41 komentar:

  1. Asuransi syariah sekarang eksistensinya sedang naik, saya yakin benefitnya lebih bermanfaat juga.

    BalasHapus
  2. Jadi awalnya program ini juga dari kebutuhan nasabah, ya. Lalu langsung dibuat supaya makin mudah berwakaf.

    BalasHapus
  3. PRUsyariah. Berasuransi sekaligus wakaf. Mantab ya programnya..

    BalasHapus
  4. Di Bandung workshopnya nanti tanggal 21 februari. Duh, aku gak sabar banget deh buat ikutan. Soalnya penasaran dengan wakaf itu sendiri. Apalagi kalo dihubungkan dengan asuransi.

    BalasHapus
  5. Semakin lengkap Dan inovatif ya produk asuransi dari Prudential. Keren..

    BalasHapus
  6. Berwakaf pun dimudahkan ya bu zaman sekarang ini, semoga semua niat kebaikan dikabulkan, Aamiin

    BalasHapus
  7. dengan fitur lengkap begini pasti masyarakat makin semangat berasuransi, karena ada nilai wakafnya juga

    BalasHapus
  8. Aku sangat tertarik deh mba.. lagi melihat informasi Yang komplit dari review teman-teman

    BalasHapus
  9. Ini jadi solusi bgt utk bisa dpt pahala jariyah dengan inovasi dari Prudential, makin mudah dan praktis ya

    BalasHapus
  10. Makin mantap Prudential nih. Kalau gini kan mau wakaf juga jelas. Karena kaya di sinetron, wakaf di tempat A, setelah yg ngasih meninggal eh malah jadi sengketa. Semoga makin banyak inovasi kaya gini

    BalasHapus
  11. Ternyata untuk berwakaf tidak hanya ditujukan untuk tanah saja ya, berwakaf juga bisa di bidang ekonomi, kesehatan dan di bidang pendidikan. Semakin memudahkan bagi umat yang mau beribadah

    BalasHapus
  12. Oh ternyata wakaf itu bs juga ya lembaga tp ngga perorangan. Apa nasabah yg via prudential ya

    BalasHapus
  13. Yayasan2 yang jadi Nazir jg cukup kredible ya mbak. Jd kalau mau wakaf pakai manfaat asuransi syariah Prudential insyaAllah amanah ya, berkah dunia akhirat.

    BalasHapus
  14. Inovasi yang dilakukan prudential bagus banget yaa. Jadi semakin banyak cara untuk berwakaf :)

    BalasHapus
  15. Betul sekali. Memberi itu rasanya lbh bahagia daripada menerima lho.. ��

    BalasHapus
  16. Inovatif sekali program yg dikeluarkan prudentil sperti wakaf ini

    BalasHapus
  17. Keren nih PRUdential lama2, ya. Bikin unitlink wakaf segala. Sekarang tinggal kitanya aja yang pinter2 milih :)

    BalasHapus
  18. Bener banget, dalam islam memberi senyum aja udah bernilai ibadah. Apalagi kalau memberi manfaaat yang bisa bernilai materil bagi sesama seperti wakaf. keren programnya, bisa wakaf melalui asuransi. Sekedah jadi lebih mudah, pun yayasan yang mengelola dana wakaf kita inshallah kredibel ya. TFS.

    BalasHapus
  19. Jadi makin mempermudah semua orang untuk bersalah ya kak, kalau wakaf tanah kan hanya orang tertentu aja (kaya) yang bisa berwakaf ya..

    BalasHapus
  20. Terobosan terbaru dari Prudential ya.. lagi lagi komitmennya untuk mendampingin perekonomian keluarga dan bangsa Indonesia di tunjunkan melalui program terbaru yang tentunya sangat mungkin untuk dilakukan, karena wakaf sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat indonesia

    BalasHapus
  21. Wah, Yayasan Dompet Dhuafa sudah bekerjasama juga dengan Prudential Indonesia ya. Ini menambahkan kepercayaan dan kemantaban konsumen nih untuk mewakafkan rezekinya.

    BalasHapus
  22. Selalu suka aku sama prudential mba. Soalnya memang terpercaya dan banyak sekali program syariahnya.

    BalasHapus
  23. Prudential itu emang mengerti banget ya sama kebutuhan konsumennya. Aku malah baru tahu kalau wakaf itu bisa melalui jalur asuransi hehehe

    BalasHapus
  24. Ternyata nggak hanya mereka yang punya harta benda banyak semacam tanah aja ya yang bisa berwakaf. kini semua orang bisa dengan mudah berwakaf. Prudential nih jempolan banget memfasilitasi kebutuhan muslim untuk berwakaf dengan mudah.

    BalasHapus
  25. Sekarang amalan wakaf jadi dipermudah nih dengan sistem ini. Aku pelajari dulu deh

    BalasHapus
  26. Ini yang penting yaa, kak...
    Manfaat di akhirat.

    Semoga Allah terus mengalirkan jariyyah (kebaikan) kita selama hidup.
    aamiin~

    BalasHapus
  27. Suka deh dengan program Prundential yang selalu inovatif, apalagi ini soal wakaf, di mana setiap orang pasti pengen memberi wakaf

    BalasHapus
  28. Indonesia ya emang dermawan, ringan tangan dalam urusan charity gitu sih emang. Lihat aja deh sekarang, kalau ada sesuatu pasti bakalan ada charity gitu. Sekarang ada waqaf syariah, semoga yang memang selalu berniat menjadi bermanfaat bagi orang lain bisa memanfaatkan program waqaf asuransi ini ya Mbak :)

    BalasHapus
  29. Bagus ya prudensial ini. Karena pemikiran orang tentang wakaf adalah tanah aja, itu masih banyak ya, mba. Padahal uang tunai bisa. Malah wakaf tunai manfaatnya bisa lebih meluas.

    BalasHapus
  30. Sekarang kita bisa memiliki polis asuransi sekaligus bisa untuk nerwakaf ya Mba jadi produk terbaru dari Prudential ini benar2 memahami kebutuhan dari nasabahnya ya.

    BalasHapus
  31. Selain berasuransi kita juga bisa berwakaf ya mbak. Alhamdulillah, ada asuransi yg memahami kebutuhan nasabah

    BalasHapus
  32. Asuransi Prudential makin berinovasi ni makin memikirkan ke butuhkan nasabah nyyg ingin berbagi wakaf

    BalasHapus
  33. Bener bgt, semakin bnyak memberi smkin bhgia kita. Smkin bnyak mmberi, kitapun mndapatkan yg lbh bnyak

    BalasHapus
  34. Sepertinya asuransi syari'ah sekarang eksistensinya cukup baik, saya yakin kedepannya akan lebih merata.

    BalasHapus
  35. Amal jariah ini berarti wakaf yang pahalanya ga habis2 buat si pemberi wakaf ya mbak Tite. Alhamdulillaah Prudential sudah ada wakaf jadi memudahkan masyarakat yg berniat wakaf. membangun masjid, sekolah, fasilitas kesehatan pasti bermanfaat buat warga yg membutuhkan.

    BalasHapus
  36. Alhamdulillah semakin mudah saja berwakaf melalui prudential. Semoga pahalanya berlipat ganda ya.

    BalasHapus
  37. Bagus ya programnya.... semoga makin banyak orang yang tahu, sehingga manfaat wakafnya kian dirasakan banyak orang.

    BalasHapus
  38. Saya yakin program yang dijalankan oleh Prudential ini telah melalui pertimbangan yang lama. Dan teryata benar. Smoga program ini bisa selalu bermanfaat ya mba

    BalasHapus
  39. sekarang dengan mudah orang-orang bisa berwakaf, apalagi prudential punya produk baru jadi mempermudah berwakaf

    BalasHapus
  40. Salah satu kunci kebahagiaan itu memberi, yes karena berbagi emang bikin happy 😍

    Inovasi Prudential ini keren ya, bisa berwakaf dengan berbagai pilihan 👍

    BalasHapus
  41. Ini istilahnya sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui, ya, mba Tite.. Sekalian asuransi dan invest, kita juga bisa sambil wakaf.. Masyarakat jadi punya pilihan buat wakaf dan wakaf yang model ini yang paling mudah dijangkau ya kalo menurutku.. Gak perlu punya tanah dulu udah bisa wakaf.. Pingin banget bisa wakaf yang pahalanua terus mengalir sampai kapan pun.. :)

    BalasHapus