Sabtu, 22 Juni 2019

Resep Mangut Ikan Cucut





Bahan yang dibutuhkan
400 gr ikan asap, bisa Ikan Cucut bisa Ikan Pe

8 buah tahu putih kecil ( bagi yang suka )

sedikit kol ( bagi yang suka )

3 buah cabe merah dipotong 1 cm

3 buah cabe hiau potong 1 cm

10 buah cabe rawit utuh

3 lembar dan salam

3 lembar daun jeruk

1 sdt garam

1 sdt gula merah sudah disisir

600 ml santan dari 1/2 butir kelapa

2 sdm minyak untuk menumis


Bumbu halus
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
1 cm kencur
1 cm lengkuas

Cara membuat
  1. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus, cabe merah, cabe hijau, daun jeruk, hingga harum. 
  2. Masukkan daun kol, tumis layu
  3. Tuangkan santan, bersama tahu putih, cabe rawit utuh, gula merah dan garam, biarkan mendidih dan cukup meresap,
  4. Mangut Ikan Cucut siap menjadi teman nasi hangat.

Catatan
Kol dan tahu putih dalah modifikasi saya  secara pibadi, bisa diabaikan.

45 komentar:

  1. Nasi mana nasi... Mangut ini enak banget ya mbk

    BalasHapus
  2. wah boleh dicoba, terimakasih resepnya :D

    BalasHapus
  3. Enak nih ikan cucut apalagi dibuat pedas seger

    BalasHapus
  4. Kol dan tahu putih akan saya pertahankan tentunya. =)

    BalasHapus
  5. maacih mba tite, kadang aku bosen masak, bisa variasi pakai ikan lain kan ya, kucontek bumbunya yaa

    BalasHapus
  6. Wah disantap bareng nasi hangat, mantap betul ini. Apalagi Keluarga saya suka pedas. Jadi tambah cabe yang banyak. Wow jadi ngiler deh ah ....

    BalasHapus
  7. Nyam nyam nyaaaammm, ini uenaaakk pol mba
    Pake sambel dan nasi hangat pulen, nyaaammm
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Waah..ini masakan kesukaan saya juga nih.. Apalagi ada tahunya.. TFS mba, mau simpan resep ini ah..

    BalasHapus
  9. aduh ak jadi kangen mangut lele khas jogja , dulu hobi banget makan mangut lele. kapan kapan cobain ah

    BalasHapus
  10. Tau mangut pas nonton acara kuliner di TV baca ini jadi pengen nyobain sendiri Karena aku belum pernah m icipin ikan asap

    BalasHapus
  11. Makannya pakai nasi panas ditambah kerupuk, kriuk makin menambah kenikmatan deh

    BalasHapus
  12. Mantap banget nih ada resep mangut. Asalnya dari jawa tengah ya, mbak?

    BalasHapus
  13. aku belum pernah makan mangut, ku pikir sejenis lalapan. hehehe
    di pasar sini belum pernah lihat yang jual ikan cucut atau ikan pe

    BalasHapus
  14. Justru penambahan kol sebagai sayuran, dan tahu putih sebagai protein nabatinya ya mbak. Wah bikin lapar aja postingan Mbak TIte

    BalasHapus
  15. Aih enak makan ini pakai nasi panas-panas dan pedas-pedas. DUh bu Tite bikin aku lapar pagi-pagi ini :)

    BalasHapus
  16. Whuaaa...Nemu resep makanan enak. Kalau ibu saya yang sering dibikin mangut adalah lele, tapinpda dasarnya sepertinya semua ikan bisa saja ya diolah dengan bumbu mangut ini.

    BalasHapus
  17. Hmm jadi ngebayangin disantap dgn nasi hangat nih .kebayang enaknya ya..hehe .

    BalasHapus
  18. Waduh, walopun belum pernah makan ikan cucut tapi lihat penampakannya bikin ngiler bener sampai termanggut-manggut haha

    BalasHapus
  19. aku belum pernah coba nih mba. kayanya ga terlalu sulit ya, mau coba ah. kalau kolnya diganti sawi putih masih cocok ga sih? atau ada rekomendasi sayur lain selain kol yang bisa dicampurkan ga mba? soalnya aku lagi nggak bisa makan kol hehe

    BalasHapus
  20. Manguuttt...
    Ini enak banget yaa...
    Aku pernah coba mangut ikan nila, kak...mantaap~
    Kalo masak sendiri, bisa makan sepuasnya.

    BalasHapus
  21. Kalo mangut gini, aku sukanya yang manyung atau tongkol. Kalo cucut ini yang duri lunak ya kayaknya. Duhh jadi laper lihat penampakannya mbak, hahahaa

    BalasHapus
  22. Nyaaamm enak nih siang2 gini makan mangut pakai sambel dan nasi pytih panas. Btw aku nyontek resep bumbunya aja deh mbak, kyknya mau bikin ikannya jd lele. Gimana kira2 bisa gak ya?

    BalasHapus
  23. Suka nih saya dengan perpaduan bumbunya. Ada rasa asap sama kencur itu udah enak biasanya

    BalasHapus
  24. Duh, masakan begini tuh bikin keingetan sama nenekku. Dulu beliau sering masak ikan cucut. Tapi kalo di sini jarang ikan cucut. Resep yang sama bisa dipake buat ikan lain gak ya? Kangen deh sama masakan nenek ini.

    BalasHapus
  25. mangut itu memang segeeer ya mba, aku suka! Pernah coba saat di magelang. Boleh juga coba resep ini

    BalasHapus
  26. Duh, aku jadi pengen ni Mbak. Mangut ni kesukaan suamiku, dia suka Iwak Pe, sayangnya istrinya nggak suka Iwak Pe, jadi ganti ikan lele. Wkwkwkwk.... Thanks resepnya Mbak, lain kali saya coba pakai kol dan tahu juga ah....

    BalasHapus
  27. Ikan Mangut?
    Hmm di Surabaya sama Makassar disebut apa ya ikan ini?
    Aku baru dengar soalnya.
    Duh jadi pengen ambil nasi sebakul

    BalasHapus
  28. siang-siang gini baca tulisan ini jadi laper deh lagi deh, padahal baru habis makan, hehehe :)

    BalasHapus
  29. Wah saya baru tahu ikan cucut nih. Sepertinya enak nih, kapan kapan boleh deh dicoba resepnya.

    BalasHapus
  30. Huaaa liat ininajdi laper deh, btw ikan cucut itu yang mulutnya oanjang dan tajem itu bukan sih? .

    BalasHapus
  31. woah aku baru tau ikan cucut, nanti coba beli dan olah ah :D

    BalasHapus
  32. aku baru mendengar istilah mangut tapi kalo liat cabenya begitu kok auto lafffffarr ya mba hehehe

    BalasHapus
  33. kalo lagi bosen masak bisa jadi alteratif ya mba, soalnya bosen kadang masak itu2 mulu, makasih resepnyaa

    BalasHapus
  34. Halo mb Tite, apa kabar? Lama kita ga bersua ya hihiii...Tau2 bikin menu ikan cucut hahaha :) AKu nih belom pernah nyonain si ikan cucut, padahal aku penggemar menu ikan. Enak ya pakai kol. Cabai rawitnya banyakin mbak biar huh..hah..huh :)

    BalasHapus
  35. Ikan Pe tuh kayak gimana, Bun? Ade baru denger deh. Boleh juga nih dicoba resepnya. Mudah.. cuuss..

    BalasHapus
  36. Baru dengan jenis ikan ini aku. Nampaknya hasil sangat menggugah selera ya bu hahahahaha nasi panas siap nih

    BalasHapus
  37. Pagi pagi belum sarapan Nemu resep mangut ikan cucur, duh, jadi pengen kabur ke rumah mbak tite hihi masih ada gak mbakk?

    BalasHapus
  38. MashaAllah mbak, aku jadi kangen makan ikan cucut buatan ibu aku.. entah sudah berapa lama aku ngga makan ikan cucut ini.. inget bangetnya rasanya tuh khas dan baunya agak pesing pesing gimana gitu.. tapi enak.. duh beli dimana yak ini.. di tukang sayur langganan aku jarang ada sih

    BalasHapus
  39. Bikin ngiler banget siiii...dan ternyata bikinnya gampang yaaa

    BalasHapus
  40. Boleh nih dicontek idenya tapi minus Santan. Buat suamiku yang udah gak boleh makan makamam berlemak.

    BalasHapus
  41. Wuidih bisa si coba nih aku juga seneng masakan dengan santapan ikan berkuah kaya bumbu seperti ini lah

    BalasHapus
  42. Uenak banget ini, mba. Ibuku suka buat, bumbunya yummi, ikan cucutnya khas..jadi gimana gitu rasanya dimakan pakai nasi panas

    BalasHapus
  43. Mangut itu semacam pesmol gak sih Bu? Akutuh ikan cuma taunya digoreng aja kalau di rumah, belum pernah bikin resep macem-macem. Pernah bikin sup kepala ikan ding

    BalasHapus
  44. Ikan cucut itu bentuknya kayak ikan apa ya? Baru denger juga nama ikan ini. Kalau dilihat dari olahannya seperti ikan kuning.

    BalasHapus