Rabu, 03 Agustus 2016

Kenali Indonesia Lewat Ring of Fire

Aku selalu tertarik dengan aktifitas yang menyiratkan nasionalisme, yang menunjukkan cinta tanah air, dan bertujuan menyuburkan nilai-nilai positif kebangsaan, apapun aktifitas itu.

Pagi itu, tanggal 23 Juli 2016, aku bergegas menghadiri even yang diselenggarakan oleh Kompas TV yang mengadakan acara release salah satu program terbarunya yaitu  Ring of Fire ( RoFa ) yang bertajuk Return to the East.

Turun dari kereta di stasiun Palmerah, waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 wib, dan sesuai arahan sahabat Blogger, gedung Kompas Tv bisa dijangkau dari stasiun Palmerah dengan berjalan kaki saja. 


Setelah memasuki gerbang gedung Kompas TV, aku masih harus berjalan lagi ke arah belakang, belok ke pos satpam. Setelah menukar kartu identitas, akupun kembali menyusuri jalanan menuju gedung Orange sesuai yang tertera di undangan.

Sampai di lapangan parkir gedung sudah cukup ramai para undangan, terlebih dengan kedatangan komunitas motor gede, semakin memeriahkan suasana. Dengan dipandu jurnalis Kompas TV yaitu Nitia Anisa, talkshow berlangsung seru.

Stasiun Palmerah

Semangat Nasionalisme

"Indonesia begitu besar, begitu beragam, begitu kaya dengan berbagai peninggalan pra sejarah, sehingga hati kecil saya berkata, "The more is travel, the more I see. "The more I see, the more I learn, the less I know." Demikian kata bapak Youk Tanzil, sebagai founder sekaligus executive producer

Keprihatinan Youk tanzil dengan kondisi akhir-akhir ini, dimana begitu banyak kalangan yang begitu mudah saling menghujat karena berbeda satu sama lain, terasa sudah memudarkan semangat Bhineka Tunggal Ika.

Hal ini menimbulkan keinginan tim RoFa untuk kembali berpetualang di wilayah timur negeri ini, yang menurut pak Youk Tanzil, di wilayah timurlah kita akan menemukan sebuah toleransi yang sungguh murni, saling menghargai satu sama lain, yang mungkin akan sulit ditemukan terutama di kota besar seperti Jakarta.

 Talkshow seru


 Sebagian motor milik peserta

Ring Of Fire, Tayang di Kompas TV 

Mulai tanggal 23 Juli yang lalu, hingga bulan September, direncanakan program Ring of Fire ( RoFa ) akan kembali tayang di Kompas TV, pada setiap hari Sabtu, pukul 21.00 wib, dengan tajuk Return to tye East, ya, kembali ke Indonesia timur.

Menyampaikan paparan mengenai RoFa bersama anaknya, pak Youk Tanzil juga menyampaikan kalau tujuan RoFa adalah untuk memberikan motivasi kepada kaum muda untuk mengenal dan memahami tanah air mereka yang indah ini.

Petualangan dengan menggunakan transportasi motor ini, memiliki tim yang eranggotakan sembilan orang dengan latar belakang jenis kelamin, usia, suku dan agama yang beragam. Sesuai dengan semboyan mereka, We Are Many, We Are IndONEsia.

Sebagian tim RoFa

Pengambilan doorprize

Dalam acara ini juga diberikan hadiah untuk penanya, peserta live tweet terbaik, dengan hadiah-hadiah yang keren, seperti ransel, jaket, Hand Phone, bahkan tenda. 

Theme song  RoFa yang berjudul Senada Dalam Beda juga diperdengarkan selama acara berlangsung, dan tak lupa juga disampaikan bagaimana persiapan teknis, alat komunikasi, transportasi dan persiapan yang sama pentingnya adalah stamina, penempaan mental juga pelatihan kemahiran dalam berkendara.

Selebihnya, program RoFa ini selaras dengan yang dilakukan Kompas TV untuk senantiasa berusaha menyalurkan informasi yang  dapat menjadi inspirasi Indonesia. Juga sebagai bagian dari Grup Kompas  Gramedia yang memiliki slogan Eghlitening People.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar