Rabu, 15 Maret 2017

Workshop Quilting di Museum Tekstil

Sudah sejak remaja, aku kenal dunia jahit menjahit, karena ibuku juga ayahku pandai menjahit, meskipun bukan berprofesi sebagai penjahit. Waktu itu, jika pakaian salah satu dari kami ada yang sobek maka ibu atau ayah akan menjahitnya hingga rapi kembali.

Akupun belajar menggerakkan mesin jahit, karena memang tidak mudah juga, bagaimana memasukkan benang ke dalam jarum, bagaimana memasang sekoci, dan sebagainya.

Para peserta dengan karyanya

Duduk di bangku SMP, aku sempat ikut kursus menjahit, meskipun hanya sebentar, dan hanya bisa membuat pola dasar, hahaha. Kalau ingat aku belajar jahit tidak tuntas, sekarang menyesal, karena ternyata manfaatnya banyak.

Tentang quilting

Sekali waktu saat berselancar di internet aku menemukan tulisan tentang quilting, juga komunitas quilting yang menarik minatku.

Dalam fikiranku, quilting adalah keterampilan tangan dengan menyambungkan potongan kain, hingga membentuk motif yang padu padannya menjadi lebih baik dan bisa lebih bermanfaat. 

Menyambung potongan-potongan kain dengan jarum dan benang, menjahit, dan ngertiku, quilting itu jahit dengan tangan, hahaha. Lugunya aku ya, hehehe.

Nah, pada tanggal 4 Maret 2017 yang lalu,, aku dan beberapa kawan blogger mendapatkan undangan workshop quilting, wah seneng dong aku karena akan ketemu juga sama quilting. Setidaknya aku udah enggak penasaran lagi.

Workshop di Monumen Tesktil

Bertempat di Museum tekstil, kami semua belajar quilting, dimulai dengan pembagian potongan kain. Dipandu mba Astri, kami menjahit potongan kain itu dan akan dibuat sarung bantal.

"Wah, menjahit, gampang lah, aku udah pernah" begitu pikirku. Ternyata apa saudara-saudara? hehehe. Enggak segampang yang aku duga pada awalnya.

Awalnya terasa sulit menjahit dengan mesin jahit brother, karena memang aku terbiasa menggunakan mesin jahit jadul, hehe. Bedanya tak banyak sih, untuk elemen mesinnya. Paling terasa bedanya adalah mesin ini jauh lebih cepat digunakan dan dalam beberapa hal kita dimudahkan.

Misal untuk menurunkan sepatu jarum, dulu tuas di sebelah belakang mesin, sekarang ada di sisi dalam. Canggihnya, untuk memasukkan benang ke dalam lubang jarum, ada alatnya lho. Jadi mata enggak perlu terpicing-picing melihat letak lubang jarum, hehehe. Mata lebih sehat.

Setelah melewati drama, bongakr pasang jahitan, motif yang terbalik dan sebagainya,s elesai juga aku dengan sebuah sarung bantal.


Mesin jahitnya canggih, bikin grogi



Masih butuh penyempurnaan

Senang sekali pake mesin jahit modern kayak mesin jahit Brother ini karena speknya yang meringankan pemakainya. Mesin jahit yang kami gunakan adalah mesin jahit Brother tipe GS 2500. Apa keunggulannya? diantaranya adalah:

  • Memiliki 25 jenis jahitan.
    Menjahit banyak memang yang memakai jahitan lurus, namun ada beberapa jahitan variasi yang biasanya digunakan untuk mempercantik atau untuk aplikasi model baju, seperti zig-zag, gelombang dan sebagainya.
  • Sistem 4 lubang kancing
    Mesin jahit Brother memiliki variasi sepatu hingga 4 jenis jahitan lubang kancing, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.
  • Pemasangan sepatu mudah
    Ada beberapa jenis sepatu yang disediakan dengan berbagai fungsi yang berbeda. Seperti sepatu standar untuk menjahit lurus, ada sepatu untuk memasang resluiting, dan sepatu untuk membuat lubang kancing.
    Nah untuk mengganti sepatu hanay tinggal menekan yang bagian atas sepatu untuk melepas dan menempelkan sepatu yang akan dipasang, mudah sekali.
  • Hemat listrik
    Mesin jahit Brother GS 2500 hanya memerlukan daya listrik 51 watt saja, hemat bukan?
  • Pengaturan Jahitan
    Memiliki 6 baris gigi yang bisa diatur disesuaikan dengan tebal tipisnya bahan yang akan dijahit. Panjang jahitan juga bis akita atur hingga 4,00 cm.
  • Built in free arm
    Ketika menjahit kain yang ukuran lebarnya kecil, misal seperti membuat tali silindris, kain bisa berjalan sendiri tanpa dibantu tanyan. Wuiih enaknya.
  • Pisau pemotong benang
    Nah, ini nih yang asyik. Benda yang mirip pengait menghadap ke atas, menempel pada badan mesin, untuk apa coba? untuk memotong benang. Kita nggak repot cari gunting saat jahitan sudah selesai, masukkan saja benang ke dalam pemotong, tarik, benang akan putus.
Mesin jahit Brother GS 2500 ini harganya berada pada kisaran Rp. 1,9 juta, dan bisa dibeli di Service Jaya Supply, melalui web nya yaitu www.servisejayasupply.com. jangan khawatir, mesin jahit yang dipesan akan diantarkan sampai ke rumah.

Ketrampilan quilting biasanya memang membutuhkan berbagai corak kain agar hasil akhir quilting variatif dan tentunya meriah. Jika hanya dengan satu dua jenis kain saja tentu hasilnya terlihat monoton dan tentu membosankan.

Enaknya, sekarang ada toko kain online yang siap melayani konsumennya, sehingga untuk memilih dan membeli kain tak perlu berdesakan di toko, dan malah bisa pusing memilih, hehe.

Nah, untuk beli kain kapan saja dan di mana saja, kamu bisa ke toko kain online yaitu Textilezy yang berada di Jakarta, yaitu toko online kain yang pertama di Indonesia.

Kain di Textilezy memiliki harga yang kompetitif, yaitu harga yang terjangkau dengan produk ayng berkualitas. Jenis kain yang dijual antara lain adalah: Golden Rami, Cotton Voal, Balloteli, Bubble Crepe, Titanium Saten, Torismo, Muse Crepe, linen Crepe, Cotton japan, Premium Crepe, Ballodior, Wolfish.

6 komentar:

  1. Dulu punya mesin brother dirumah sering dibikin jadi kain perca (Majun) hihihi tanpa ada model yang penting jadi :)

    BalasHapus
  2. thanks ia infoya tentang Kain di Textilezy, sangat bermanfaat nih ...

    BalasHapus
  3. Saya dari dulu ingin bisa jahit gak bisa2 sampe sekarang Mba hihihi.
    Kayaknya kalo pake brother bisa nih, harus beli hehehe.

    BalasHapus
  4. peasaran deh sama quilting ini dari dulu
    niat pengen belajar tapi nggak kesampaian terus deh

    BalasHapus
  5. Informasi yang bagus, masih sedikit orang yang tahu tentang quilting. harga mesinnya termasuk murah, kalau kisarannya 1,9 juta. Apalagi sudah teruji sama peserta workshopnya.

    BalasHapus
  6. ini nih sesuatu yang langka harus terus dikembangin

    BalasHapus