Selasa, 27 September 2022

Rice Cooker Donabe, Bikin Nasi Enak dan Pulen Seperti Nasi Jepang


Jauh sebelum nikah, aktifitasku lebih banyak di luar rumah, karena memang aku suka organisasi, terutama organisasi volunter, fokusnya ke pendidikan masyarakat.

Ketika pas di rumah, ya kegiatan normal kayak orang lain, beberes rumah, sibuk di dapur, dan banyak aktifitas rutin lain, terlebih aku memang suka sekali kalau sudah berada di dapaur.

Hobi masak yang aku miliki sekarang makin kuat dong, terlebih adik-adik ipar juga punya kegemaran memasak dan membuat kue.

Makanya seneng rasanya pas ada undangan dari Kumpulan Emak Blogger di event Cooking Class, event bareng sama Polytron pada hari Sabtu, 24 September 2022, tempatnya di Farmer Market Margo City, sebuah mall besar di kota Depok.

Oh ya, acara cooking class  ini diselenggarakan berkat kolaborasi lho, yaiyu antara Polytron, Farmer market dan blibli.com,

Selain seneng dapat undangan event, juga seneng karena bisa jumpa lagi sama teman-teman blogger yang sudah lama banget enggak jumpa wajah, kalau haha hihi di grup mah sering, karena sejak pandemi kan jarang sekali bisa ketemu offline.

Terlebih di event itu mengundang seorang Chef yang handal, wah makin semangat saja aku, kebayang sudah hidangan yang istimewa dan diolah oleh chef handal.

Chef beatrix, jebolan Masterchef Indonesia musim ke 4, dan dia masuk di posisi 9 besar lho waktu itu, nah, Chef Beatrix kemarin mengajak kami untuk memasak 2 macam resep yaitu Ayam Hainan dan Sup Bola-bola Ayam, woow.

Soal masak memasak, mengolah masakan, dibilang gampang ya gampang, dibilang susah ya susah, buktinya kan sering tuh ibu-ibu bilang "bingung, mau masak apa", hahaha, iya kan?.

Biar enggak bingung, sih sebaiknya memang ada semacam jadwal menu ya seenggaknya selama sepekan lah. Tapi pasti ntar dijawab "halah, mana sempat bikin jadwal, ngurusin rumah saja bisa seharian", hahaha.

Soal makanan bukan hanya soal kuantitas saja, misalnya harus banyak, harrus enak, tapi memasak dengan tolok ukur kualitas juga mesti diperhatikan. Apa itu? memasak, selain soal enak adalah bagaimana mengolah masakan yang sehat.

Pernah nggak, kamu masak karena harus masak? artinya dianggap sekedar rutinitas, akhirnya yah.."yang penting masak", mungkin lagi cape, lagi enggak fokus, atau sebab lain. Nah, biasanya nih, kalau yang begini, hasil masakannya akan kurang enak, kaya ada bumbu yang kurang, pokok enggak pas saja.

Mungkin karena ketika mau masak kamu enggak ada niat. Niat? iya, ternyata niat bukan hanya penting saat kita ibadah lho, tapi masak juga butuh niat.

Menurut Chef Beatrix, memasak harus diawali dengan niat, karena ya, itu tadi, pengaruhnya kuat juga pada hasil masakan, nah setelah kamu ada niat masak, baru deh siapkan bahan masakan yang mau kamu olah.

Sudah cukupkah niat dan bahan? ternyata belum. Masih menurut Chef Beatrix, selain kamu harus punya niat dan siapkan bahan yang dibutuhkan, kamu juga harus menyiapkan perlatan yang sesuai dengan kebutuhan memasakmu.

                                                                    Chef Beatrix beraksi

Nah, waktu mengolah masakan kemarin, Chef Beatrix menggunakan 2 alat masak produk Polytron yaitu Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe.

Rice Cooker Donabe bisa untuk memasak nasi dengan kapasitas 2 liter,  cukup untuk banyak untuk keluarga, Rice Cooker Donabe selain buat masak nasi, bisa buat mengukus dan  memanaskan, kerjaan di dapur lebih praktis dan pastinya lebih singkat kan.

Dengan Rice Cooker Donabe, nasi yang dihasilkan lebih pulen, nasi matang merata enggak berkerak dan kualitas makanan lebih maksimal karena dilengkapi dengan pengaturan suhu yang modern.

Satu alat lagi yang digunakan oleh Chef beatrix adalah Tiarapot Pro, alat ini memiliki 12 tombol dengan fungsi masing-masing. Bisa untuk merebus daging, mengukus, membuat sup, bubur, wah komplit deh. 

Bahkan kamu mau pilih slow cooker atau sebaliknya pilih olahan presto, atau mau menumis? bisa juga kok menggunakan Tiarapot Pro.

Hasil masakan lebih sehat karena menumis dengan Tiarapot Pro cukup dengan sedikit minytak sudah menghasilkan masakan yang  kamu inginkan, keren deh pokoknya.

Tiarapot Pro punya fitur yang disebut dengan Smart Steam Release, yang memungkinkan katup uap mudah ditutup, ketika memasak dengan tegangan tinggi.

Memasak menggunakan Tiarapot Pro ini hemat waktu banget, jadi, kewajibanb ibu memasak sangat terbantu, juga ada fitur untuk mengetahui apakah masakan sudah siap atau belum, cukup tekan satu tombol,

Makanya sekarang enggak sulit kok kalau di rumah kita sajikan masakan seenak masakan chef handal, boleh dicoba deh.

Rice Cooker Donabe



                                                                         Tiarapot Pro

Penasaran nggak sama resep Chef Beatrix? aku mau berbagi resepnya ya, siapa tahu kamu pengin recook masakan ini.

Resep bola-bola ayam

1/2 kg paha ayam, dicincang

1 butire telur ukuran besar

100 gr bawang bombay cincang halus

1 cup nasi putih

3 siung bawang putih cincang halus

2 sdt garam

1 sdt lada hitam bubuk

1 sdt oregano kering

50 gr kacang merah yang sudah empuk

Sup

3 sdm bawang Bombay cincang

3 siung bawang putih cincang

2 liter kaldu ayam

250 gr tomat dihaluskan

3 wortel besar, potong seperti kentang

3-4 kentang potong 

Cara Memasak

  1. Campurkan ayam giling, telur, bawang merah, nasi, bawang putih, garan, lada, dan oregano ke dalam mangkok besar, aduk dengan tangan sampai tercampur
  2. Bentuk campuran tadi seperti bola, ukurannya 2 inci.
  3. Tumis bawang putih dan bawang bombay, tambahkan tomat yang sudah dighancurkan, kaldu ayam ke dalam Tiarapot, didihkan dengan  api suhu tinggi.
  4. Masukkan wortel, kentang, kacang merah ke dalam panci, didihkan lagi selama 5 menit dengan panas  sedang lalu rendah..
  5. Tambahkan bakso ke dalam kaldu, masak selama 5 menit.
  6. Tambahkan 2-3 gelas air jika diperlukan, biarkan mendidih hingga sayuran lunak.
  7. Sup matang, sajikan dengan jeruk nipis

Sup bola-bola ayam

Resep Ayam Hainan

Bahan olahan nasi

300 gram beras

750 ml kaldu ayam ( satu ruas jari di atas beras )

3 siung bawang putih, cincang halus

3 sdm bawang Bombay cincang

30 gr jahe, memarkan

2 sdt garam

secukupnya minyak wijen

1 sdm minyak untuk menumis

Bahan kuah kaldu

1. sdt minyak wijen

2 sdt kecap asin

5 sdm kaldu ayam

Cara membuat Nasi Ayam Hainan

  1. Rebus ayam, jahe, bawang putih, daun bawang sampai mendidih, masukkan minyak wijen, garam, gula pasir, aduk rata. Masak sampai ayam matang, lalu keringkan ayam, buang tulangnya, potong ayam.
  2. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum, masukkan beras, tuang kaldu, masukkan garam dan lada, tutup rice cooker, masak hingga matang.
  3. Campur jadi satu semua bahan, siramkan di atas ayam untuk siraman ayam,
Ayam Hainan


Woow, enak semua nih, aku sendiri pengin coba recook yang sup bola-bola ayam, karena rasnya yang unik dan enak.

Ada yang nggak boleh ketinggalan ya dalam memasak apapun masakan itu, masaklah makanan sehat, bukan hanya makkanan enak saja.

Ada yang punya Ricecooker Donabe dan Tiarapot Pro dario Polytron ini? atau berminat memilikinya? penampinannya juga menarik lho, mewah, karena berbahan material yang berkualitas dan aman ketika digunakan.

Yuuk masak enak dan nggak pakai lama, sajikan hidangan enak, sehat dan berkualitas buat keluarga kita.

56 komentar:

  1. Saya pengen punya Rice Cooker Donabe apalagi saya penggemar aneka olahan nasi ..salah satuya ya nasi hainan ini wah mau nambah terus rasanya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita pasti makin banyak tenggelam di dapur nih kalau ada lat masak yang enak beginji, haha

      Hapus
  2. Wah mba tite mah udah sekelas chef masakannya. Kapan-kapan masak bareng yuk mba biar puas haha hihi nya, kan udah gak pandemi 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk, masak bareng, makan bareng, terus ngopi.., haha, siapa takut?

      Hapus
  3. Mupeng lihat Tiarapot Pro dari Polytron
    karena semakin hari semakin malas masak, hihihi
    Dengan Tiarapot, bahan masakan bisa plung plung masuk dan tinggalin ngeblog
    tau-tau mateng :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bangeet mbak, kita bisa kerjakan banyak kerjaan deh, kalau alat masaknya canggih begini.

      Hapus
  4. wah jadi pengen beli nih mba rice cookernya biar bisa ala masterchef bikin makanan enak, bisa berkreasi bikin aneka olahan nasi yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asiaap, beli yuk Shyn, masak-masak enak ya, ntar aku diundang lho, jangan lupa.

      Hapus
  5. Saya takjub banget dengan TIARA POT PRO itu. Hebat banget deh. 12 fungsi ada di 1 alat. Benar-benar pas untuk yang multi tasking dan sibuk dengan banyak kegiatan sementara harus menyediakan asupan untuk keluarga. Keren POLYTRON. Bisa melahirkan alat yang berteknologi tinggi dan sangat fungsional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak, teknologi semakin lama semakin berkembang, membantu banget sama kerjaan kita, khususnya untuk mereka yang aktif memasak buat keluarga.

      Hapus
  6. Resep Ayam Hainan-nya menggiurkan banget Mbak, hihihiii. Bolehlah dicoba. Jadi pengen beli Rice Cookernya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, resepnya mudah bikinnya ternyata, apalagi kalau pakai ricecooker donabe ya

      Hapus
  7. Saya juga salfok sama tampilannya nih kak. Setuju, mewah dan elegan.
    Sesuai dengan fungsinya yang multifungsi itu ya jadi worth it...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget, teknologi makin canggih ya, kita dienakkan, kerjaan jadi lebih terbantu.

      Hapus
  8. Oh, ini rice cooker yang jadi bahan perbincangan ibu-ibu pengajian kompleks yang kebetulan minggu kemarin lagi ngaji di rumahku...
    Cuss ah, langsung ajak istri ke toko electronic. Kapan lagi coba bikin pasangan bahagia? Harganya kan terjangkau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, bener, kan ntar sekeluarga makan enak di rumah saja, isteri akan jadi chef handal deh.

      Hapus
  9. OMG Rice Cooker Donabe bikin masak nasi sepulen nasi Jepang? Idaman bet kalau gitu soalnya pasti lembut dan nasinya bisa dimakan pakai sumpit, Warbiyasak inovasinya Polytron

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, nasi pulen itu lauk apapun akan enak, apalagi diolah Nasi Hainan, woow, sedaap.

      Hapus
  10. Teman memasak keluarga Indonesia dengan rice cooker Polytron. Hasil maksimal saat memasak nasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes, hasil maksimal, enak dan pastinya masakan sehat karena tidak ada over cook.

      Hapus
  11. Tampilan rice cooker donabe cantik di kesan pertama. Trus baca-baca kok bagus banget gitu, malah kebayang bisa masak ini itu tapi tetap bisa santai tanpa jumpalitan..hehe

    BalasHapus
  12. Mantap sekali ini kemudahan memasak, kelezatan citarasa semua menyatu berkat kecanggihan teknologi ya

    BalasHapus
  13. Wow bisa bikin sup dan bubur dalam satu alat? Hiks, aku menangis melihat slow cooker di pojokan. Kenapa nggak rilis dari dulu2 sih hehe

    BalasHapus
  14. Cantiiikk bgt ini peralatan masaknyaaaa
    Aku juga mauuu
    Apalagi aku demen bgt klo nasi jadi punel dan endeussss, kyk d H*kben gt kan mbaaa

    BalasHapus
  15. Aku suka bentuk rice cookernya menurutku tampak mewah dan elegan pasti kalau dipajang di daour cakep banget tuh ya apaalgi multifungsi bisa untuk berbagai jenis masakan

    BalasHapus
  16. Nasi ayam Hainan ala rice cooker ini bakalan dicobain nih. Sambil mupengin Tiara Pot Pro dari Polytron yg punya 12 fungsi sekaligus

    BalasHapus
  17. Donabe dan Tiarapot ini bisa jadi rice cooker andalan.
    Karena memang praktisnya ini nih bisa membantu siapa saja yang ingin menghidangkan makanan nikmat dan cepat.

    BalasHapus
  18. Rasanya masak enak itu cuma chef yang bisa..
    Ternyata setelah menggunakan Tiarapot Pro dan Rice Cooker Donabe dari Polytron, memasak hemat, enak dan praktis bisa dilakukan setiap Ibu.

    BalasHapus
  19. Seneng bangt kalau punya salah satu peralatan dapur dari polytron ini apalagi wattnya rendah Dan harga terjangkau masak jadi lbih praktis dn hemat

    BalasHapus
  20. Wihhh anak-anak pasti bakal makin rajin makan nih kalau pakai rice cookernyaπŸ˜‚ selain itu dia multifungsi banget ya, bikin pekerjaan emak makin hemat hihi.

    BalasHapus
  21. Nah iya, kadang saya masak nasi lama dikit di ricecooker nasinya udah berubah jadi agak kuning dan keras. Jadi pengen beralih ke Ricecooker Donabe dari Politron

    BalasHapus
  22. Naksir banget aku sama rice cooker dan tiara potnya. Masak apa pun jadi lebih cepat dan mudah ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku naksir tiara potnya, bisa masak 12 mode masak, pengen punya alat masak yang canggih gitu

      Hapus
  23. Gampang ya ternyata masak nasi hainan, sayangnya yg doyan aku doang hiks. Asik banget mbak bisa kumpul-kumpul bareng KEB lagi

    BalasHapus
  24. Naksir alatnya, euy! Btw kangeeen sama teman2 Blogger. 😁

    BalasHapus
  25. Wah, menarik sekali, cocok u sayaπŸ˜ƒ

    BalasHapus
  26. mupeng banget punya rice cooker pintar seperti donabe ini mbak, jadi bakalan praktis banget kerjaan di rumah dan bisa menghidangkan menu masakan yang lezat-lezat

    BalasHapus
  27. aaakkk mupeng jgua nihi aku, lawong mudahbanget pake satu tools aja bisa masak macem macem

    BalasHapus
  28. Bagus banget Tiara Potnya, naksir deh, bisa 12 mode masak kaya gitu mantep jadi gak perlu gonta ganti alat masak kan

    BalasHapus
  29. Kebayang masak jadi super gampang, ini mah bisa masak sambil ngeblog ya, tinggal cemplang cemplung bumbu aja, ditinggal eh mateeenggg. Mau banget punya buat di rumaahh

    BalasHapus
  30. Jadi pengen beli rice cookernya, biar bisa ngerasain nasi berkelas restoran setiap hari πŸ˜πŸ‘

    BalasHapus
  31. Memang memasak itu adalah passion yaa..
    Dengan menggunakan alat masak terbaru dan canggih dari Polytron, yakni Ricecooker Donabe dan Tiarapot Pro, maka urusan memasak yang super ribet bisa teratasi.

    BalasHapus
  32. Pas lagi bingung hari ini mau masak apa, pas nemu resep nasi hainan di sini. Cara masaknya juga mudah ya itu (kelihatan di resepnya). Sayangnya, aku belum puna ricecooker Donabe dan Tiara Pot Pro biar acara masak jadi praktis. Mesti buru-buru beli kayaknya ini sih... hahaha

    BalasHapus
  33. Aku udah chat paksu minta ganti ricecooker ke Rice Cooker Donabe terus ditanya kenapa ricecooker sekarang emangnya rusak? Wkkwk

    Aaaa gamau tauu pokoknya donabe gemesss aku mauu

    BalasHapus
  34. Sepertinya aku harus beli rice cooker ini deh biar nggak diprotes orang rumah. Aku tuh kalau bikin nasi mesti yg rada keras, yg biasanya cocok buat bikin nasi goreng haha. Nggak bisa bikin yg pulennya pas soalnya, jatuhnya malah lembek wkwk.

    BalasHapus
  35. Tiara Pot Pro dengan 12 tombol? Waah kebayang banyaknya yang bisa digunakan dengan alat masak elektronik ini ... acaranya keren, Mbak ... sekaligus dapat bonus resep Ayam Hainan dan Sup Bola-bola Ayam pula.

    BalasHapus
  36. Jadi inget dulu zaman kuliah punya teman sekosan dia jago masak berbagai macam resep dsn menu pake rice cooker ssmpe bikin roti pake rice cooker jg bisa dia

    BalasHapus
  37. pas banget lagi cari rice cooke buat si mamah nih aku, yang putih menarik nih, estetik juga warnanya hihihi, mau cariu di toko oren aaah

    BalasHapus
  38. Desain rice cooker nya bagus ya. Uda gitu estetik banget warnanya. Mau kasih hadiah untuk adikku ahhh 😍

    BalasHapus
  39. Naksir banget nih sama rice cookernya pengen juga punya alat masak secanggih ini....apalagi bisa bikin nasi lebih enak asyik banget ini.

    BalasHapus
  40. Saya juga pakai Rice Cooker di rumah mbak brand Polytron. Memang berbeda hasilnya dari brand yg saya pakai sebelumnya. Nasi lebih pulen dan tahan lama.

    BalasHapus
  41. Tampilan rice cookernya cantik yaa, Mba. Dapur auto estetik nih kalo punya rice cooker donabe atau tiara pot pro dari polytron ini

    BalasHapus
  42. Yaampun ini gadget bagus bangeeettt huhu multifungsi yaaa... Rice cooker buatan polytron, merek lokal yang inovasinya ada terus masyaallah...

    BalasHapus
  43. Seneng banget kalau ada produk elektronik yang bisa multi fungsi, jadi bisa masak berbagai menu dengan 1 alat ini ya

    BalasHapus
  44. Kalau chef yang masak, hasilnya pasti enak ya. Kalau pakai polytron, kita bisa masak seenak chef gak ya? Hehe

    BalasHapus
  45. wah cocok untuk ibu rumah tangga nih :D langsung mau check out ah

    BalasHapus