Minggu, 03 April 2016

Menjaga Tubuh dengan Mengenal Manfaat 7 Ion


Ketika bepergian, aku selalu menyiapkan air putih untuk diminum di perjalanan, naik pergi menggunakan kendaraan umum, maupun kendaraan pribadi. Aku bersyukur, sudah cukup lama tak pernah melupakan membawa air putih ini.

Tampaknya sebagian besar masyarakat mulai menyadari akan pentingnya air atau cairan bagi tubuh, terbukti sekarang bisa kita lihat di berbagai tempat orang yang menenteng air mineral ditangannya, ada yang air mineral, air jeruk, dan berbagai jenis minuman, misal seperti minuman berenergi.

Bagi masyarakat urban yang dinamikanya sangat tinggi, dikejar waktu, sering berpindah aktifitas, kadang nggak sadar sebenanya mengeluarkan cairan tubuh yang cukup banyak, sehingga sesungguhnya membutuhkan asupan  pengganti cairan tubuh atau minuman yang sesuai.

Karena pola hidup yang dinamis terkadang tidak memberi ruang untuk memilih yang benar, misal ketika haus dan ketika lapar, maka akan mencari minuman dan atau makanan, secepat yang bisa diperoleh, sehingga terkadang terlupakan untuk memilih minuman dan atau makanan yang sehat.

Dr Cinde, moderator, Dr Elvina M.Sc, Phd, Dr Grace Tumbelaka SP Ko

Beruntung sekali, aku bersama beberapa kawan blogger mendapatkan undangan dari Forum Ngobras, sebuah forum yang berisikan para jurnalis kesehatan, psikologi, parenting, medsos, dan segala hal yang berkembang dimasyarakat.

Dengan mengundang nara sumber yang berkompeten di bidangnya, Forum Ngobras secara berkala menyelenggarakan berbagai jenis diskusi. Dengan diskusi itu diharapkan terjadi sharing ilmu yang bermanfaat, bisa disebarluaskan melalui berbagai media, oleh para jurnalis dan blogger.

Tema yang diambil Forum Ngobras kali ini adalah Kenali Manfaat 7 Ion untuk Aktifitas Sehari-hari., dengan salah satu nara sumbernya adalah Dr. Elvina.M.Sc, Ph.D. Dijelaskan bahwa cairan adalah nutrisi yang paling banyak dibutuhkan tubuh.

 Apa fungsi cairan?

  • Mengatur suhu tubuh
  • Melancarkan aliran darah dengan menjaga volume darah dan mengatur sistim kasdiovaskuler
  • Membuang racun dan sisa makanan
  • Membantu sistim pernafasan
  • menjaga kelembaban dan tekstur kulit
Tuh kan, betapa manfaat air selain banyak juga sangat vital, maka sudah selayaknya kita tidak meremehkan fungsi cairan bagi tubuh.  termasuk dehidrasi, baik dehidrasi ringan maupun dhidrasi yang etrgolong berat.

 Salah satu faktor yang mempengaruhi komposisi cairan dalam tubuh adalah lemak dan faktor usia,  yang terdiri dari, bayi 75% - 85% dari berat badan, laki-laki dewasa 65% dari berat badan, wanita dewasa 55% dari berat badan, lansia 50% dari berat badan dan obesitas 45% - 55 % dari berat badan.

 Suka merasa haus kan? Nah, itu signal yang paling sederhana, bahwa tubuh kita saat itu kekurangan cairan ( dehidrasi ). Menurut Dr Elvina yang juga Ketua Perhimpunan Doketr Gizi Medik Indonesia, bahwa secara alami cairan keluar dari tubuh melalui urin, kulit yaitu keringat dan uap nafas. cairan dari dalam tubuh akan bertambah banyak keluar, saat akltifitas tinggi.
Cairan yang menyerap tergantung pada kecepatan pengosongan lambung, dan rata-rata penyerapan cairan melalui dinding usus halus. Minuman yang mudah tercerap dalam lambung adalah minuman suam-suam dingin dengan suhu pada kisaran 10-15o.



 Moderator bersama nara sumber

Tipe-tipe dehidrasi

  1. Hipertonik, yaitu cairan yang hilang lebih banyak dibandingkan elektrolit ( Na ), sehingga kadar Na tinggi.
  2. Isotonik adalah jumlah air dan Na yang hilang sama, sehingga kadar konsentrasinya sama dengan tubuh
  3. Hipotonik, adalan Na yang hilang lebih banyak dibandingkan air. 

Terapi dehidrasi

Pada keadaan normal dan ideal dengan aktifias fisik minimal dan tidak keluar keringat, kebutuhan air sebanyak 1500 - 2000 ml.
  • Dehidrasi Hipertonik, cairan yang dianjurkan adalah air atau minuman dengan kadar Na yang rendah seperti jus buah, seperti jus jeruk, jus apel. 
  • Dehidrasi Isotonik, cairan yang dianjurkan bahwa selain air, adalah cairan yang mengandung Na.
  • Dehidrasi Hipotonik, cairan yang dianjurkan sama dengan Isotonik tapi dengan kadar Na yang tinggi

Berbagai kategori minuman

Kalau kita lihat sekarang ini, berbagai jenis minuman kita jumpai di toko, mall dan di gerai-gerai minuman, ada yang katanya mengandung ion, ada minuman berenergi, ada minuman isotonik, dan laiinya. Nah, kita perlu mengenal jenis-jenis minuman itu agar kita paham, kapan kita perlu mengkonsumsi minuman itu.

Ada minuman yang merpakan air biasa ( air mineral ), minuman hipotonik, minuman isotonik dan hipertonik. Minuman hipotonik, memiliki kadar elektrolit ( Na ) dan kadar karbohidrat yang rendah ( 2 - 3 % ). Minuman isotonik, memiliki kadar konsentrasi yang sama dengan tubuh. Sedangkan hipertonik memiliki konsentrasi tinggi sekaligus karbohidrat yang tinggi ( 10 % ).

  1. Minuman hipotonik, adalah minuman yang mengandung substansi kadar elektrolit rendah, mudah diserap, mengandung karbohidrat rendah, 2 - 3 gr of KH per 100 ml.
  2. Minuman Isotonik , konsentrasi minuman sama dengan yang di dalam tubuh,  penyerapan cairan cepat, pengosongan lambung optimal, kadar karbohidrat sedang, membantu menjaga kadar glukosa. Biasanay mengandung 3 - 6 gr karbohidrat per 100 ml.
  3. Minuman hipertonik baik digunakan sebagai minuman berenergi, cocok untuk yang berolahraga berat dan mengelurkan banyak energi. Namun menurut Dr. Elvina,  minuman jenis ini bukan minuman yang tepat untuk rehidrasi, karena konsentrasi subtansinya yang pekat, sehingga pengosongan lambung dan penyerapan air berjalan lama,
Nara sumber lain, yaitu dr Grace Tumbelaka, Sp KO, Wakil Ketua perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga menyatakan bahwa intensitas olahraga terbagi yaitu yang ringan, sedang dan berat. 

Tujuh Jenis Ion

Ion merupakan elekrolit yang larut dalam air, dan bermuatan kation (+), misalnya kalium, kalsium, magnesium, natrium dan anion (-) yaitu seperti laktat, sitrat, klorida yang berfungsi sebagai listrik dalam tubuh dan mengatur kerja metabolisme.

Tujuh ion tersebut bisa ditemukan dan diperoleh melalui makanan, hanya, menurut Dr Elvina, dalam kondisi tertentu, seperti olahraga berat atau cuaca panas, ion perlu diganti dengan cepat.



Sudut Pandang Industri

Pembicara berikutnya adalah bapak Aristo Kristandyo, merupakan Group head of marketing Beverages PT Sayap Mas Utama. Beliau manyatakan bahwa pertumbuhan bisnis minuman siap saji atau ready to drink ( RD ) di Indonesia terus berkembang.

Dalam surveinya menunjukkan data bahwa setiap orang masuk ke toko, akan selalu mencari minuman, dengan urutan yaitu pertama air mineral, lalu teh siap saji, baru diikuti oleh minuman jenis lain.

Jenis minuman isotonik, berada pada kelompok yang minuman jenis lain yang menempati angka 29 %, yang setara dengan 268 juta liter pada tahun 2015. Di pasar tradisional, pertumbuhan minuman isotonik menempati 6,2%.

Nah, kita tahu betapa banyaknya pilihan minuman di pasaran, maka sudah seharusnya kalau kita selektif, pandai memilih minuman manakah yang bermanfaat untuk tubuh dan  menunjang kesehatan, dimana minuman itu memiliki 7 ( tujuh ) ion untuk tubuh kita setiap harinya, sebagai pelengkap gizi yang seimbang.

Penuh dengan ilmu, suasana yang menyenangkan, membuat aku sangat betah berada di forum ini, karena materi yang menjadi kebutuhan sehari-hari.
Terimakasih ya buat rekan-rekan di Forum Ngobras, undangannya, sangat bermanfaat bagi aku.

14 komentar:

  1. saya selalu siap sedia minum mbak, gak kuat kalo kehausan, indikator air seni keruh saya langsung banyak minum

    BalasHapus
  2. aku rutin bngt mbak, selepas tdur minum air putih karena khasiatnya membuang racun dalam tubuh

    BalasHapus
  3. Wah hati2 ya dehidrasi bisa timbul tanpa disadari oleh kita

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. aku termasuk yang kurang minum air putih nih,,thanks infonya :D

    BalasHapus
  6. saya kalau dirumah minum dikit, tapi kalau keluar rumah wajib bawa air minum sendiri biar gak kehausan

    BalasHapus
  7. Wah ternyata menjaga kadar air dalam tubuh itu sangat penting. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    BalasHapus
  8. Minum hal sederhana, tapi jadi bencana jika terlupa

    BalasHapus
  9. syukurlah sekarang saya mulai rajin minum air putih. :D

    BalasHapus
  10. ion memang penting sekali bagi tubuh, air mineral banyak mengandung ion yang di butuhkan tubuh, terima kasih mba seharingnya.
    saya akan berusaha menjaga kondisi tubuh dengan mengonsumsi ion-ion yang di butuhkan.

    BalasHapus
  11. Minum air putih ketika bangun tidur terasaa beraat banget, padahal khasiatnya baik. Pengennya pagi-pagi nyeruput kopi atau teh dulu hihihi

    BalasHapus
  12. saya sdg memperbanyak minum air putih dan kurangi gula mbak
    semoga kita semua sehat selalu amin

    BalasHapus
  13. Kalau air yang lagi kekinian "miss water" itu beneran baik jg gk ya? Penasaran hehe

    BalasHapus
  14. wihhh keren.. infonya mantap banget :-)

    BalasHapus