Jumat, 27 Mei 2016

Memilih Baju Lebaran Keluarga

Tak terasa, sebentar lagi bulan Ramadhan tiba, sebuah bulan yang kedatangannya sangat dinanti oleh umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Masyarakat muslim yang jumlahnya cukup besar di Indonesia menyebabkan bulan ramadhan menjadi momen yang spesial tentunya.

Momen yang juga tak bisa dipisahkan dari Ramadhan adalah momen lebaran, yaitu saatnya umat muslim mengakhiri puasa, merayakan kemenangan denga berlebaran. 

Nah, di hari lebaran inilah salah satu cara merayakannya oleh sebagian besar muslim adalah dengen membeli baju baru. Karena membeli baju baru di hari lebaran, maka juga sering disebut dengan istilah baju lebaran.

Sekarang ini, sebagian masyarakat banyak yang  menyukai baju lebaran dan banyak yang membuat satu paket yaitu baju lebaran untuk satu keluarga komplit. Nah, siapa tahu kalian akan membuat baju lebaran untuk satu keluarga, bisa tuh direncanakan dari sekarang.

Tentunya membuat  baju lebaran keluarga membutuhkan perencanaan, persiapan yang teliti, agar tidak salah nantinya. karena kalau salah atau tidak pas, maka sayang sekali momen istimewa menjadi terganggu kan?. Alih-alih gembira, hanya karena soal pakaian yang tidak tepat memilih, maka momen istimewa menjadi berantakan deh.

Untuk membuat baju lebaran yang bisa digunakan seluruh anggota keluarga, dimana baju itu memberi kesan indah bagi pemakai maupun bagi orang lain, tentu ada hal-hal yang bisa menjadi pertimbangan. Terlebih saat ini banyak sekali produsen baju, sehingga membutuhkan seleksi yang tepat untuk menggunakannya.

Baju lebaran, sukan hanya sebuah baju sebagaimana pengertian yang umum berlaku pada pakaian. Kalimat baju lebaran menunjukkan bahwa baju itu bernuansakan lebaran, bernuansakan ibadah. Setidaknya ada kaidah tak tertulis mengenai seperti apa sebaiknya baju lebaran.


Nah, untuk itu, agar baju keluarga yang digunakan untuk lebaran itu merupakan baju yang istimewa, bagaimana caranya?, ada beberapa tips yang bisa dipelajari.

Tips memilih untuk baju lebaran keluarga, baik bahan maupun model baju lebaran
  1. Bahan berkualitas
    Memilih bahan yang berkualitas penting, karena bahan baju yang berkualitas, nyaman digunakan. Memakai baju yang nyaman, membuat kita enak melakukan aktifitas.
  2. Sederhana
    Kaitannya dengan sederhana, ini menyangkut pilihan bahan, sekaligus modelnya. Karena baju lebaran bernuansakan ibadah, sebaiknya dipilih bahan yang berkualitas namun tidak glamour, yaitu berkualitas dan sederhana.
    Model baju juga sebaiknya yang simpel saja, tidak memilih model yang penuh pernik asesoris dan hiasan yang membuat baju terkesan ramai. Bahkan dengan baju yang pennuh asesoris akan menjadikan fokus kepada baju menjadi meneybar, dan akan menghilangkan keindahan baju itu.
  3. Boleh modis, tetapi tetap sopan
    Memperhatikan mode perlu, namun kesopanan juga tak boleh ditinggalkan. Karena berada dalam suasana lebaran, model baju sebaiknya tetap sesuai dengan nilai masyarakat setempat.
  4. Harmonis dan serasi
    Karena merupakan baju keluarga, maka keharmonisan dan keserasian baju antar anggota keluarga yaitu ayah, ibu dan anak menjadi perhatian utama. Keserasian bisa dari warna baju, model baju yang serasi menunjukkan bahwa keluarga itu keluarga harmonis.
    Harmonis dan serasi bukan berarti harus sama persis satu sama lain, melainkan padu padan warna baju maupun modelnya, serasi dan tidak terlalu kontras satu sama lain.
  5. Beda dalam harmoni
    Berkaitan dengan harmonisasi model baju, penting juga dibedakan antara laki-laki dan perempuan pada soal warna juga motiv. Warna untuk perempuan cenderung meriah, cerah dan warna terang. Sebaliknya untuk pria sebaiknya memilih warna yang cenerung gelap atau minimal krem, karena warna yang meriah, kurang pas digunakan laki-laki.
  6. Khusus untuk perempuan, sebaiknya menggunakan jilbab sebagai bagian tak terpisah dari baju lebaran. Bagaimana mengenai bahan, model dan motif baju lebaran, dikembalikan pada selera pemakai.
Itu sebagian tips bagaimana memilih baju ebaran untuk keluarga, meskipun mungkin banyak lagi tips yang bisa kita berikan.





 

4 komentar:

  1. Betul mbak, kalo milih baju lebaran harus tetap sopan. Jadi gak hanya ikut yang lagi trend tapi gak sopan ya.. :)

    BalasHapus
  2. terimakasih Mba tips-tipsnya, kalo saya yang paling penting adalah nyaman digunakan Mba, biar leluasa bersilaturahmi di hari nan fitri, hehe :)

    BalasHapus