Kamis, 29 September 2016

Press Conference Film Chrisye

Kenal lagu Lilin-lilin Kecil kan? atau lagu Cerita Cinta? atau lagu Kala Cinta Menggoda, Pergilah Kasih, dan berbagai lagu-lagu yang manis lainnya. 

Lagu-lagu manis bertemakan cinta, banyak didendangkan oleh penyanyi ini, kamu tahu dong siapa yang aku maksud. Ya, penyanyi itu adalah Chrisye.

Pencipta lagu sekaligus penyanyi legendaris Chrisye, karya-karyanya masih dilantunkan banyak orang, masih dikenang hingga saat ini. Hal itu menunjukan bahwa gaung  karya Chrisye jauh lebih lama dibandingkan dengan usia Chrisye itu sendiri.

Vokalnya yang halus dan mengandung unsur tenor, membuat penyanyi ini memiliki ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh  penyanyi pop lain.

Keteguhan Chrisye dalam berkarya ditunjukkan bagaimana dia bersungguh-sungguh dalam menjalani profesinya sebagai seorang pekerja seni.



Press Conference

Masyarakat secara luas tentu sangat mengenal Chrisye sebagai seorang penyanyi, seorang seniman, dan itu sah dan sangat wajar.

Mungkin sangat jarang atau bahkan tidak seorangpun yang mengenal Chrisye diluar dirinya sebagai penyanyi. Bagaimana sosok Chrisye sebagai seorang suami, seorang ayah bahkan Chrisye sebagai manusia yang merasakan dahaga spiritual.

Sosok Chrisye dari sisi selain penyanyi inilah yang direncanakan akan dibuat filmnya, dengan judul yang sama dengan namanya.

Adalah MNC Pictures yang akan memproduksi film tentang Chrisye dengan menggandeng beberapa seniman kreatif, termasuk juga menggandeng Ibu Yanti Noor, istri almarhum Chrisye sebagai  orang yang paling  mengenal Chrisye.

Dalam rangka press conference film Chrisye, MNC Picture mengundang sejumlah awak media dan blogger, di sebuah Cafe di daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Acara dimulai dengan makan siang sambil menikmati hiburan lantunan lagu dengan irinagn gitar akustiknya.

Lagu-lagu Chrisye yang dinyanyikan, sementara di luar cafe hujan rintik menjatuhi bumi, rasanya suasana jadi bertambah syahdu saja.

Menurut Bapak Titan, kenapa dia tertarik untuk membuat film tentang Chrisye adalah karena menurut beliau adalah bahwa dibalik sebuah kesuksesan, ada cerita yang tidak diketahui masyarakat luas.

Salah satu sudut Cafe Hook

Hiburan gitar akustik

Sosok Chrisye di luar panggung

Secara pribadi, bapak Titan memiliki banyak kenangan bersama Chrisye, dan ada banyak cerita tentang Chrisye yang menurut beliau layak untuk disampaikan pada masyarakat luas.

Di mata beliau, Chrisye adalah seorang seniman yang menjalankan profesinya dengan sungguh-sungguh, sebagaimana profesi lain dalam masyarakat. Setelah menemui istri Chrisye yaitu Damayanti Noor, atau sering juga dipanggil dengan sebutan Yanti Noor, muncul kesepakatan untuk membuat film tentang Chrisye.

Sementara bapak Toro dari Vito Global TV menyatakan bahwa film ini bukan hanya ditujukan pada penonton yang mengenal lagu-lagu Chrisye pada masanya, namun juga berharap bahwa film ini bisa menjadi spirit bagi generasi selanjutnya. 

Idealisme berkesenian yang dibangun Chrisye, diharapkan akan menular dengan dibuatnya film yang bercerita tentang Chrisye.

Bapak Alim sudio menyatakan, bahwa sumber utama dan pertama film ini adalah Damayanti Noor, istri Chrisye. Buku dan sumber-sumber lain yang ada, akan dijadikan sebagai referensi.

Disampaikan juga bahwa Alim Sudio tertarik untuk menulis naskah tentang Chrisye karena dia mengenal dan mengidolakan Chrisye, dan menurut beliau, Chrisye itu berada di tengah kehidupan banyak orang. 

Misalnya saja tentang perjalanan batin Chrisye dalam berkesenian, sehingga masyarakat perlu tahu bahwa banyak hal pada diri Chrisye selain bernyanyi.

Eh, waktu itu aku lihat ada Lukman Sardi lho di cafe Hook, aku kira doi akan bermain sebagai pemeran utama, atau yang akan memarankan Chrisye, eh ternyata salah dugaanku.

Lukman Sardi ternyata sebagai produsen kreatif dalam film Chrisye ini. Lukman memiliki pendapat, bahwa sudah seharusnya ada film yang mengangkat kehidupan seorang pekerja seni legendaris.

Sebagai produsen kreatif Lukman juga melakukan brainstorming dengan mba Yanti Noor, yang salah satunya terungkap bagaimana sosok humanisme Chrisye. 

Pada kesempatan itu mba Yanti Noor juga menyampaikan beberapa hal, bahwa suatu waktu beliau mendapatkan cerita dari penyair/ budayawan Taufiq Ismail tentang Chrisye.

Sehingga membuat mba Yanti Noor berfikir, apakah cerita - cerita itu harus diteruskan pada masyarakat? apakah ada yang belum selesai dari perjalanan Chrisye?, dan berbagai pertanyaan bergolak dalam hati.

Film Chrisye akan mulai dibuat pada awal tahun 2017, dengan sutradara Rizal Mantovani. Sutradara muda ini sudah sering melakukan kerjasama dengan Chrisye, dan memiliki kedekatan secara personal.

Bagaimana Chrisye pernah secara diam-diam mendalami seni tanpa sepengetahuan ayahnya yang menginginkan dirinya  menjadi insinyur, dan perjuangan ini bukan hal yang mudah bagi Chrisye.

Pada waktu itu Chrisye terus berkarya dalam upaya meyakinkan orangtuanya bahwa pilihannya di dunai seni, adalah pilihan profesional yang bisa dipertanggungjawabkan.

Popularitasnya di blantika musik Indonesia tidak membuat Chrisye lantas berdiam diri saja, kegelisahannya tak pernah berhenti, dan itu pula yang membuat karya-karyanya mengalir deras di sepanjang waktu.

Film Chrisye, direncanakan akan mengangkat tentang kegelisahan Chrisye dalam proses pencarian jati dirinya. Dikisahkan bagaimana pernikahannya dengan Damayanti Noor lalu memiliki anak, membuat Chrisye memiliki paradigma baru tentang kehidupan.




Salah satu hal yang tidak diketahui oleh banyak orang adalah kepergiannya ke Banjar sebagai bagian yang sangat berarti dalam perjalanan spiritual. Di sini, ada sisi spiritual seorang Chrisye yang tengah mencari makna hidup.

Kenal lagu "Ketika Tangan dan Kaki Berkata" kan? nah, konon lagu itu lahir oleh  inspirasi dari perjalanan spiritual Chrisye. Buah kontemplasi Chrisye atas pencarian hakiki makna kehidupan.

Pada saat acara Press Conference, muncul sosok yang bikin suasana ruangan riuh dengan sorakan, yaitu munculnya Vino G Bastian, aktor layar lebar yang sering memainkan tokoh orang besar negeri ini.

Ya, Vino G Bastian akan menjadi pemeran utama dalam film Chrisye, yang artinya dia akan berperan sebagai Chrisye.

Vino menyampaikan, bahwa selama ini dia lebih mengenal Chrisye sebagai sosok seniman yang dia idolakan. Sehingaa sebagai pemeran utama, dia merasa haruslah mengenal sosok Chrisye baik di panggung maupun di luar panggung.

Ditanyakan kesiapannya memainkan sosok Chrisye, termasuk apakah siap menyanyikan lagu Chrisye, Vino G Bastian menjawab, bahwa apapun akan dia lakukan demi suksesnya film ini.

Seluruh anggota tim yang hadir sepakat dan semangat untuk bekerja sebaik mungkin untuk membuat film yang bagus.

7 komentar:

  1. saya fans berat Chrisye mbaa...sayang kmrn ga bs ikutan acara ini. smoga bs nonton filmya

    BalasHapus
  2. Aku suka semua lagu2 Chrisye, mba

    BalasHapus
  3. Aku suka semua lagu2 Chrisye, mba

    BalasHapus
  4. Legendaris yang karyanya tetap dikenang.Saya paling suka lagu Lilin-Lilin Kecil dan Hip Hip Hura

    BalasHapus
  5. Aku suka lagu Ketika Tangan dan Kaki Berkata...dalemm maknanya

    BalasHapus
  6. Aku suka lagu Ketika Tangan dan Kaki Berkata...dalemm maknanya

    BalasHapus
  7. Aku nungguin film ini banget si, asli

    Salam,
    Asya

    BalasHapus