Senin, 16 Oktober 2017

Resep Tumis Ikan Sepat, Petai, cabe Hijau




Ikan asin, rasanya nggak ada matinya, bisa diolah dengan olahan apa saja, tidak selalu harus digoreng melulu.

Kali ini aku mencoba mengolah ikan sepat, pete, dimasak tumis cabe hijau. Rasa yang dihasilkan enak. campuran antara sedikit pedas, gurih, asam, pas buat lauk disajikan dengan nasi hangat


Bahan-bahan

  • 6 ekor ikan sepat
  • 2 papan pete
  • 10 buah cabe hijau
  • 6 buah cabe rawit
  • 6 buah bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah tomat hijau
  • 2 buah daun salam
  • 2 batang sere, digeprek
  • sedikit garam
  • Minyak goreng untuk menumis secukupnya
  • 1 gelas air

Cara memasak
  1. Rendam ikan sepat dengan air panas sekitar 10 menit, agar rasa asin berkurang
  2. Ikan digoreng, angkat, lalu tiriskan & sisihkan
  3. Pete digoreng, dengan kematangan sesuai selera. Aku lebih suka goreng mateng
  4. Bumbu yang sudah disiapkan diiris tipis.
  5. Siapkan wajan & panaskan minyak goreng.
  6. Tumis bawang merah & bawang putih, tumis hingga harum.
  7. Masukkan cabe hijau, cabe rawit, tumis hingga layu.
  8. Lalu masukkan daun salam & sere, tumis hingga harum
  9. Masukkan tomat, tumis sebentar
  10. Masukkan pete
  11. Tuang air & garam, agar bumbu merata, 
  12. Masukkan ikan, masak 10 menit.
  13. Tumis ikan sepat, pete, & cabe hijau siap disajikan.


Catatan:
Untuk penggunaan garam, sesuai selera. Jika masakan sudah dianggap asin tanpa garam karena yang dimasak ikan, boleh saja tanpa garam. Namun bila dianggap kurang, masukkan garam perlahan & diicip dulu, agar tidak keasinan.
Sesuaikan dengan kebiasaan taste masing-masing.




5 komentar:

  1. kalau aku ikan sepatnya diganti teri gepeng mba emang endes dimasak beginian kalau yang asin-asin jadi inget di kulkas masi ada pete dan terinya mau dimasaka kayak gini ah :p

    BalasHapus
  2. Wuaaaaa...ikan sepat asin gini emang enaaaak deh apalagi pakai cabe hijau. Aku sering rambahin cabe rawit orens sih �� Oooh ada sereh juga ya? Supaya harum ya mbak? Enak nih. Bikin ah.

    BalasHapus