Selasa, 10 Oktober 2017

Tentang Life Digital di Ulang Tahun Blogger Bogor

Sebagai orang yang belum lama menjadi penduduk Bogor, seneng dong bisa gabung sama komunitas yang menjadi representasi kota Bogor, terutama bagi blogger. Makin senang ketika bisa ikut merayakan ulang tahunnya.
#Blo9or adalah komunitas penggiat blogging, yaitu penulisan jurnal online, brsifat pribadi. Komunitas yang berdiri pada 24 Agustus 2008 ini banyak melakukan kegiatan sosial juga seperti kegiatan ke panti asuhan, mengikuti kumpul komunitas, mempopulerkan kembali kuliner & wisata Bogor, dsb. Diharapkan dengan berbagai kegiatan tersebut akan menjadi kontribusi bagi pembangunan sosial kemasyarakatan.




Kembali ke kegiatan HUT Blogor, untuk tahun ini diselenggarakan kemarin tanggal 30 September 2017, dengan mengadakan diskusi di sebuah cafe kopi, yaitu Toffe Coffe Jalan Baru.
Saat ini hampir semua aktifitas masyarakat tak bisa lepas dari dunia digital, nyaris selama seseorang itu hidup dalam 2 jam, tak lepas dari ketergantungan terhadap media digital. Siapa sih yang sekarang ini bisa lepas dari gadget? enggak ada, hahaha.
Bahkan jika sebelumnya gadget menjadi kebutuhan komunikasi semata, sekarang ini sudah berkembang jadi life style bagi sebagian orang. Dalam ulang tahun kali ini Blogor berkolaborasi dengan @KitaFoodie Culinary, Networks & 10Thrones Creative Syncications & acara ulang tahunnya bermitra dengan @CoffeToffessIDNPOSTshop.
Selama ini CoffeToffeess juga telah melakukan beberapa kampanye yang menyasar perubahan sosial, seperti #YesIDrinkIndonesianCoffee, dengan tema nasionalisme, juga #CTaCT yang bertema lingkungan.
Lalu, apa materi hari itu? ada materi tentang Digital Identity, dengan pematerinya adalah Ibrahim Anwar, selaku Marketing Coordinator Officer dari @Hibrkraft yaitu sebuah perusahaan StartUp kerajinan kulit.

Aku datang agak telat, sehingga nggak sempat mengikuti materi pertama yang disampaikan Ibrahim Anwar, selaku MCO @Hibkraft, sebuah usaha StartUp kerajinan kulit.


Baru pada sesi berikutnya aku kebagian dengerin juga meskipun enggak dari awal, adalah Finka Ermawan yang memaparkan tentang Digital Soft-Skill, selalu CCO ( Chief Communication Officer ) dari @GoodNoteID, sebuah StartUp Merchandish, utamanya dalam bentuk cetak.


Menurut Finka ada 6 poin utama digital sof skill yang bergerak dalam bisnis l

  1. Goal Centric Thinking
  2. Communication Skill
  3. Colaboration skill
  4. Troubleshooting Skill
  5. Learning Skill
  6. Playfulness

Dalam kesempatan itu Finka memberikan saran, jika kemampuan digital tak boleh ketinggalan dengan kemajuan teknologi, dengan terus mengembangkan agar bisa terus beradaptasi, karena perkembangan teknologi yang sangat cepat.

Merchandist yang dibuat oleh GoodNoteID, baik dalam bentuk massal seperti untuk souvenir, atau satuan yang khas dan unik. Beberapa produknya, diantaranya adalah Planner, Mini Notes & Poscard. GoodNoteID juga berkolaborasi dengN HibrKraft meluncurkan produk Travel Note Book yang berlapis kulit sintetis yang ramah lingkungan, & berukuran mungil juga praktis.

Acara HUT Blogor kali ini boleh dibilang sersan, serius tapi santai. serius yaitu materi yang disampaikan, santai dalam kemasan acaranya. Di sela acara diskusi, diselingi dengan pembagian door price yang keren-keren tentunya. Ada buku, USB, kaos, dan lainnya.

Sesi terakhir diisi oleh ketua Blogor, kang Hendra Gunawan, yang aktif juga di berbagai komunitas online. Kang Hendra berbagi tentang Digital Business, pak Ketua menjelaskan berbagai hal bagaimana unsur-unsur bisnis dengan memanfaatkan teknologi informatika.


Bahwa melalui Google bisa dibuat akun bisnis, sehingga bisa memulai menjadi Start Up melalui Google. Mulai dari bagaimana membuat Gmail bisnis, klaim nama usaha, sampai bagaimana melakukan setting direktori & lokasi melalui akun Google.


Sebagai salah satu komunitas yang mengedepankan transparansi publik, Ketua Blogor berharap adanya kolaborasi dengan berbagai pihak, memberikan konstribusi positif, kepada seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya, & terutama bagi warga Bogor

Itulah makanya aku bilang acara HUT Blogor kemarin serius sekaligus santai, seru, sambil menikmati minuman dari Cooffee Toffee, menjalin keakraban sesama member Blogor, even itu menjadi penyemangat buat terus berbagi melalui blog.



Foto bareng usai acara


5 komentar:

  1. Sayang, bentrok sama acara lain, jadi aku ga ikutan deh hikss. Padahal belum pernah ikut acara blogor.

    BalasHapus
  2. setuju mba harus bisa cepat adaptasi karena perkembangan teknologi tuh cepat banget kadang suka malu juga kalau kitanya gaptek yah. ini seru nih kegiatannya blogor semoga makin terus produktif dengan kegiatan kerennya y mba

    BalasHapus
  3. sedih aku ga dapet doorprize dari mbak Tite hahaha #salfok

    BalasHapus
  4. Bener banget... Perkembangan teknologi yang dulu keberadaan hp cuma ada di film Star trek, sekarang sudah bisa kita miliki...

    BalasHapus
  5. Udah gitu banyak doorprize nya lagi ya mba, bikin seru, hehe

    BalasHapus