Rabu, 03 April 2019

Pemberdayaan Perempuan Bersama Institut KAPAL Perempuan dan Lactacyd

Halo, assalamu'alaikum apa kabar hari ini? semoga sehat ya dan pastikan untuk bahagia

Sejak dulu aku selalu senang kalau ada even yang bicara tentang perempuan, dari sudut manapun, karena memang bahas perempuan tak ada habisnya.

Tanggal 30 Maret 2019 aku dapat kesempatan ikut Blogger Gathering yang bicara tentang perempuan, bertempat di parkiran Carefour Lebak Bulus.  Acara ini diselenggarakan oleh Lactacyd dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional.





Acara yang mengambil tema Share Your Power itu berlangsung meriah, seru, dengan berbagai kegiatan, dan diramaikan oleh perempuan dari berbagai komunitas, semuanya menggunakan kostum dengan sentuhan pink, manis kan?.

Acara talkshow diantaranya menghadirkan ibu Misyah Misih yaitu Ketua Institut Kapal Perempuan. Jangan bayangkan kapal yang berlayar di laut ya, yang dimaksut KAPAL adalah kependekan dari Lingkaran Pendidikan Alternatif untuk Perempuan. 

Kenapa KAPAL? karena sebuah kesadaran bahwa Indonesia adalah negara kepulauan dan kapal menjadi penghubung antar pulau. Sedangkan lingkaran adalah sebuah spirit tidak ada pusat dan melukiskan siklus aksi refleksi.

Ibu Misiyah Misih menjelaskan, KAPAL berdiri 8 Maret 2000 ini bertujuan membangun sebuah gerakan perempuan sekaligus gerakan sosial, untuk mewujudkan keadilan sosial, kesetaraan dan keadilan gender. 

Keprihatinan terhadap konflik dan kekerasan yang berbasis SARA di berbagai daerah, masih adanya pelanggaran terhadap hak asasi perempuan, dan ketidakadilan terhadap minoritas juga melandasi pergerakan yang dilakukan oleh KAPAL.

Dalam acara ibu Misiyah menyampaikan bahwa perempuan itu memiliki hak yang sama dengan laki-laki, yaitu memiliki hak untuk belajar, untuk berkarya dan melakukan hal-hal positif lainnya.

Dengan bakat multi talenta yang dimiliki perempuan bisa berbagi dengan perempuan lain yang belum berdaya. sudah sepantasnya perempuan untuk share your power, agar memberdayakan perempuan lain yang belum beruntung.

Dengan potensi yang dimilikinya, sudah semestinya perempuan saling berbagi kepedulian, kebaikan, dan saling menginspirasi untuk saling menguatkan satu sama lain, maka jangan segan untuk selalu   share your power.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Institut KAPAL Perempuan diantaranya adalah sekolah perempuan yang dilakukan di berbagai daerah, terutama daerah pinggiran. sekolah Perempuan tidak diselenggarakan di ruang kelas, melainkan di lahan kosong, pinggir pantai, pinggir sungai, Balai Desa, dan lainnya.

Selain Sekolah Perempuan, Instiitut KAPAL juga menyelenggarakan Festival Seni dan Budaya, sebagai media untuk mengkampanyekan isu-isu sosial pada publik. Festival ini pernah diselenggarakan di DKI, Padang, Festival Perempuan mendayung di Kabupaten Pangkajene Kepulauan, festival 1 tenun 1 cerita perempuan di NTT, dan lainnya.


Sharing session Ibu Misiyah


Penyerahan sumbangan
Foto by Liswanti Pertiwi



Hadir juga Dr. Riana Nirmala Wijaya selaku Medical Manager yang menyampaikan bahwa perempuan bisa berprestasi, namun tidak boleh melupakan untuk menjaga kesehatannya.

Perempuan wajib menjaga kebersihan dan kesehatan tubuhnya, terutama di area kewanitaannya, karena area kewanitaan berhubungan juga dengan kesehatan reproduksi. Dengan tubuh yang sehat perempuan akan lebih berdaya, dan melakukan banyak hal yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri, bagi keluarga dan masyarakat secara umum.

Bagaimana cara menjaga area kewanitaan agar bersih sehat?
  • Membilas dengan benar setelah buang air, yaitu membilas dengan membilas dengan air bersih dari depan ke belakang. Hal ini untuk mencegah bakteri yang dari anus untuk masuk ke miss V
  • Dikeringkan dengan handuk sampai kering, karena di area yang lembab bakteri mudah berkembang biak
  • Gunakan pakaian dalam yang berbahan katun dan menyerap keringat, dan ganti pakaian dalam setidaknya dua kali sehari.
  • Ketika mentruasi, ganti pembalut 3 -4 hari sekali
  • Gunakan sabun pembersih untuk menjaga pH balance sekitar miss V. Pastikan sabun pembersih itu rendah resiko alergi, ada kansungan lactobacillus yaitu bakteri baik. Bakteri baik ini dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat di area miss V.
Dengan meminimalisir bahkan meniadakan masalah di area miss V akan menumbuhkan rasa percaya diri dong pastinya bagi perempuan.

Pada kesempatan itu juga digelar berbagai gelar kreatifitas perempuan, ada senam Zumba, seni decoupage, henna, ada juga nail painting dan gelar karya perempuan produktif lainnya.

Dana sebesar Rp. 50.000.000,00 disumbangkan oleh Lactacyd kepada Institut KAPAL Perempuan, untuk mendukung kegiatan pemberdayaan perempuan, secara simbolik diterima oleh ibu Misiyah. 

Pembicara yang hadir pada talkshow adalah:
  1. Adisti Nirmala selaku Head of Marketing Sanofi
  2. Ibu Rohika Kurniadi Sari - assisten Deputy Pemenuhan Hak Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
  3. Jehezkiel Martua - Product Marketing Consultant Sanofi
  4. Ibu Misiyah - Pendiri dan Direktur Institut KAPAL Perempuan
  5. Dr Riana Nirmala Wijaya- Medical Manager
Pastinya acara seru dan banyak ilmu yang aku dapatkan, aku tertarik banget sama aktifitas Institut KAPAL Perempuan ini, semoga satu saat ada kesempatan untuk melihat langsung kegiatan yang menginsprasi perempuan ini.

25 komentar:

  1. Subhanallah acaranya edukatif sekali dan sangat menginspirasi �� jadi makin semangat untuk berbagi kebaikan pada sesama

    BalasHapus
  2. makasih sharingnya, acara ayng menambah wawasan kita ya

    BalasHapus
  3. Kebersihan miss V memang harus terus dijaga ya mbak! Supaya makin semangat beraktivitas dan hadir di event seru macam ini.

    BalasHapus
  4. Tadinya kukira Kapal dalam arti fisik mba..ternyata akronim to.. Program yg bagus ya mba..

    BalasHapus
  5. Tak kira kapal laut toh mbk ternyata bukan. Acaranya menginspirasi sekali. Apalagi miss v perlu di perhatikan kebersihannya mantul acaranya

    BalasHapus
  6. Namanya institutnya keceh ya.. institut kapal.. sesuai filosofi dari sebuah kapal ya mba.. sebagai wadah untuk perempuan sehingga dapat memaksimalkan potensi diriya.. selain itu sebagai seorang perempuan juga wajib menjaga kesehatan daerah kewanitaan ya mba.. supaya bahagia lahir dan batin.. aamiin

    BalasHapus
  7. Kapal, namanya unik. Btw, aku pake produk lactacyd dulu pas kifah bayi karena ruam merah. Dan buat perempuan juga bagus kynya ya produk lactacyd, supaya daerah kewanitaan bersih dan sehat

    BalasHapus
  8. hahaha, saya pikir mau bikin kapal buat berlayar hehehe

    Tapi beneran ya, wanita itu wajib banget menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya, dengan itu rasa percaya diri makin muncul.

    Saya jadi pengen nyobain Lactacyd deh rasanya.
    Biasanya saya beli Lactacyd yang buat baby soalnya hehehe

    BalasHapus
  9. Wah varian Lactacyd bukan utk anak aja ya, ternyata ada varian untuk ibu juga menjaga kebersihan miss V. Makasih infonya mba. Salam kenal ya

    BalasHapus
  10. Terima kasih mbaak infonya yg utk menjaga daerah kewanitaan hehe btw pasti seru dan manfaat bgt acaranya, apalagi lihat list pembicara2nya...

    BalasHapus
  11. Selain berprestasi, perempuan memang harus menjaga kesehatannya ya. Termasuk kesehatan organ vital, penting tuh untuk selalu dirawat kebersihan dan kesehatannya.

    BalasHapus
  12. Yey, ada lactacyd yang bermanfaat untuk memelihara kebersihan kewanitaan para perempuan Indonesia. Abis gajian nyari ah... :D

    BalasHapus
  13. Tema acara ini bagus sekali, mengangkat sisi kekuatan perempuan bahwa perempuan pun bisa berprestasi dan menjaga kesehatan kewanitaan itu penting sekali

    BalasHapus
  14. Temanya perempuan banget, ya. Sesama perempuan memang bagusnya saling mendukung. Perempuan juga harus menjaga kebersihan termasuk di organ kewanitaan

    BalasHapus
  15. Yap setiap perempuan pasti punya potensi masing-masing so keren banget ada ajakan #ShareYourPower dari lactacyd ini yang tentunya menginspirasi sekali ya mbak.

    BalasHapus
  16. Acaranya emang seru sekali yah mbak, dan banyak ilmu yang bisa diserap pulak seputar kewanitaan.

    Wah mudah2an nanti bakal diadakan di Bandung juga nih, supaya bisa ikutan hehe

    BalasHapus
  17. Aku pake lactacyd ini dan saking enak baunya ga sengaja sama anak abegeku dipake buat cuci muka. Ya Lord hahahahahah

    BalasHapus
  18. Baru tau ih kalau lactacyd ada varian ukt Mrs V nya. Programnya juga semoga bisa membedayakan para perempuan hingga menjadi perempuan binangkit yg bs pembentuk oeradaban ygnkokoh iman n mentalnya..

    BalasHapus
  19. Lacatcyd andalanku. kebersihan organ vital itu penting buat mendongkrak kepercayaan diri, kalau dibawah nyaman, buat beraktivitas juga jadi nyaman

    BalasHapus
  20. Organisasi KAPAL memang penuh dengan visi misi pemberdayaan perempuan ya mba! Keren pisan ini. Dan produk ini memang oke yaa

    BalasHapus
  21. AKu uda harusnya lebih perhatian sama daerah kewanitaan. Karena beberapa kali sudah kena ISK.
    Sedih rasanya kalau sakit.

    Semoga menggunakan Lactacyd, bisa membantu menjaga organ intim wanita.

    BalasHapus
  22. MasyaAllah keren ya ini acaranya. Memberikan edukasi kepada kita wanita untuk share power biar bisa memberikan inspirasi. Lactacyd juga nyumbang keren

    BalasHapus
  23. Keren dan seru banget ya event ini. Selain bisa ngumpul dan silaturahmi, juga nambah wawasan. Dan pulangnya, termotivasi untuk lebih percaya diri. Salah satunya dengan menggunakan Lactacyd yang bikin kita pede dan bikin kita bisa lebih produktif :)

    BalasHapus
  24. Baru tahu ada institut KAPAL. Alhamdulillah banget kalo sanofi mau menyumbang untuk pemberdayaan dan kehidupan perempuan.apalagi lactacyd itu perempuan banget

    BalasHapus
  25. Suka banget kalo ada acara gathering yang bisa sekalian nambah ilmu dan wawasan kayak gini..

    BalasHapus