Selasa, 20 November 2018

Minimalkan Pembayaran Listrik Dengan Baran Energy

Halo, assalamu'alaikum, apa kabar hari-harimu? bagamana cuaca hatimu? semoga selalu cerah ya, kalau hati cerah kan sekelilingmu juga jadi ikut cerah, karena kepapar.

Apa sih yang kadang bikin hati enggak cerah? hehhe, ada saja ya pastinya, salah satunya nih kalau listrik mati, duh paling kesel. Kenapa? karena kalau listrik mati rasanya kehidupan terhenti, ahahaha, lebay.

Eh tapi bener lho, begitu  listrik mati, mau apa coba, semuanya mati gaya. Mau masak nasi, mau nonton TV, buka HP atau laptop, pasti semuanya terganggu kan? Kalau tokh saat listrik mati masih bisa beraktifitas, tentunya enggak maksimal.



Betapa tergantungnya manusia sama energi listrik, itu yang sangat kerasa ketika kita mati gaya saat listrik mati. Padahal, kalau dipikr, biaya bayar listrik kan enggak kecil kan, tapi mau nggak mau harus kita keluarkan karena kebutuhan kita sama listrik memang tinggi.

Memang kadang kaya bertanya, kok tagihan listrik aku sampai begini banyak ya?  padahal rasanya penggunaan enggak banyak, hehehe, sering merasa begitu. Padahal mah yang namanya meteran kan mencatatnya bener.

Ada mimpi, gimana ya rasanya kalau listrik yang kita gunakan sehari-hari itu enggak bayar aja, alias gratis, masuk akal nggak? yaa, namanya juga mimpi ya, alias keinginan, alias cita-cita.

Kata pak Victor Wirawan nih, cita-cita itu mesti digantung setinggi langit, jadi kalau jatuh, jatuhnya masih diatas bintang-bintang, hehehe. Masih ingat bukan? bahwa Henry Ford yang sukses hingga kini dengan Brand Ford, lalu Wright bersaudara yang menciptakan transportasi adalah berawal dari mimpi?

Siapa pak Victor? beliau menjadi pembicara ketika aku dan beberapa kawan blogger juga media, mahasiswa, diundang di acara gathering, tanggal 16 November 2018. Menurut bapak Victor, tantangan yang dihadapi Indonesia, salah satunya adalah persoalan energi.

Tantangan yang dirasakan adalah harga listrik yang terus naik, listrik kadang-kadang mati, dan akibat yang ditimbulkan buat lingkungan yaitu polusi yang makin lama makin bertambah.


Bapak Victor Wirawan

Baran Power Pack, berbentuk seperti kumpulan baterei ( foto Mutia E Karamoy )

Hemat energi listrik


Selama ini energi listrik itu dihasilkan dari minyak bumi, atau biasa disebut dengan nama fosil, hanya melulu dengan fosil, sementara penggunaan listrik manusia makin lama makin meningkat dan ketersediaan fosil makin lama juga berkurang.

Padahal, menurut bapak Victor Wirawan setiap yang bergerak di alam ini adalah energi, misalkan saja matahari, air, angin, panas bumi, bahkan gelombang lautpun itu juga sumber energi, sehingga bisa digunakan sebagai sumber daya energi listrik.

Dengan dasar pikir bahwa itulah, maka pak Victor bersama segenap jajarannya mengembangkan energi non fosil, mengenalkan energi terbarukan yaitu Baran Energy , dan Baran yang dikembangkan adalah Baran Powerwall, Baran Cube, Baran Ev dan Baran Property. 

Pengembangan energi non fosil dimaksudkan untuk mengantisipasi bahwa energi fosil lama kelamaan akan habis juga, dan sebuah tuntutan yang logis sebagai pemenuhan kebutuhan energi.

Mimpi ke depannya, energi terbarukan Baran Energy ini akan menjadi lifestyle masyarakat, sehingga diusunglah tag line yaitu simpel, powerfull dan lifestyle. Mimpi orang-orang muda yang layak didukung, karena energi terbarukan membawa implikasi yang luas, selain hemat energi listrik, Baran juga ramah lingkungan.


Skala penggunaan Baran Power ini cukup luas, bisa digunakan di berbagai sektor, seperti rumah hunian. Bukan hanya skala perumahan saja, bisa juga digunakan untuk skala mengah dan diatasnya ( Baran Cube ), bahkan untuk mobil listrikpun bisa menggunakan energi Baran ini yaitu Baran Ev.


Yuk kita lihat jenis energi yang dikembangkan oleh Baran Energy



Baran Powerwall

Merupakan storage atau penyimpanan energi yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari bagi rumah hunian individu, buat perumahan dan bisa digunakan untuk perkantoran. 
Baran Powerwall ini bentuknya kecil, mau diletakkan di manapun sesuai keinginan kita. namun, meskipun bentuknya kecil, namun kekuatannya powerfull, karena untuk kebutuhan rumah, bisa meminimalkan penggunaan listrik, kece ya.

Bukankah kebutuhan listrik sehari-hari bermacam-macam? mulai dari untuk memasak, penerangan, media TV, laptop bahkan HP kan? Bayangkan betapa banyaknya kebutuhan kita bisa terpenuhi oleh Baran Powerwall.

Dari mana mendapatkan energinya? Baran Powerpack yang ada bisa menampung energy dari listrik, seperti kalau kita mencharges power bank itu lho, .
Energi juga bisa didapatkan dari turbin angin, dan energi matahari dengan menggunakan solar panel.

Baran power yang simpel, powerfull untuk kebutuhan rumah sehari-hari

Baran EV atau Electric Vinicle

Baran EV merupakan mobil super yang menggunakan energinya dengan memakai listrik, yah mirip mobil listrik itulah.
Dengan memanfaatkan teknologi terbaru untuk mobil listrik, dengan baterai pack, mobil ini mampu menempuh jarak 300 kilometer, dan isi baterei hanya sekali lho yaitu dengan pengisiannya 400 kwh.

Penggunaan untuk Baran EV

Baran Cube

Baran Cube ini peruntukannya dirancang oleh para ahlinya adalah bisa dimanfaatkan untuk mengehematan energi dalam skala yang besar, seeprti untuk kebutuhan properti, area industri, perkebunan atau pertambangan.  Bayangkan jika perusahaan real estate menggunakan Baran Cube ini, penghematan biaya listrik yang pastinya menjadi kebutuhan vital dalam pembangunan real estate.
Daya yang dimiliki Baran Cube cukup besar yaitu 1 Mega Watt


Tahun 2019, Aldebaran Indonesia direncanakan akan mengadakan rilis perumahan yaitu Aldebaran Property, sebuah kawasan real estate yang akan dibangun di wilayah yang strategis.

Pada setiap unit rumah, luas bangunan yang dibangun antara 150 -200 meter persegi, dan kebutuhan daya listriknya sekitar 1200-3300 watt. Pada kebutuhan real estate ini akan menggunakan Baran Property, kan  di setiap rumahnya akan dilengkapi dengan fasilitas Baran power, dan panel surya, cakep kan?.

Tidak lupa, di kawasan itu pula untuk fasilitas umum yang membutuhkan energi listrik juga akan dilengkapi dengan Baran Cube. Sehingga aktifitas di sana seperti lokasi kebugaran, taman bermain, jalan umum, aktifitasnya akan berjalan lancar.

Baran Cube


Aldebaran Property

Energi terbarukan yang ramah lingkungan, itulah yang sedang dirancang oleh para ahli yang tergabung di Aldebaran Indonesia. Dengan dukungan karyawan-karyawan berusia muda, maka Bapak Victor dan jajarannya optimis bahwa Baran Energy akan menjadi energi alternatif yang manfaatnya akan dirasakan masyarakat di berbagai sektor.

Senangnya ada anak bangsa yang memikirkan bagaimana energi di bumi Indonesia ini bisa dicarikan alternatifnya, karena sumber energi yang ada, mau tak mau akan habis juga. Dengan ide yang cemerlang ini, bolehlah kita menaruh harapan besar, karena selain energi terbarukan, lingkunganpun akan lebih terjaga, akrena produk Baran Energy ini ramah lingkungan.

Sebagai sebuah karya anak bangsa, keberadaan Aldebaran Indonesia layak disupport, karena sungguh ini sebuah kebutuhan jangka panjang, untuk kebaikan generasi selanjutnya. 

Bapak Victor bersama jajarannya foto bersama blogger, media dan mahasiswa

33 komentar:

  1. Enak kalau pake energi terbarukan, gak merasa dosa ke energi yg ga bisa diperbarui, dan mudah2an energi jadi makin mudah dan murah untuk didapat dengan teknologi Baran energi.

    BalasHapus
  2. Aku pengen punya Baran yang Powerwall deh. Lumayan banget kan kalau bisa menghemat energi. Harganya belum tahu berapa ya mba dan katanya memang tahun depan di jual? Tak sabar aku menunggu :)

    BalasHapus
  3. Asik ya kalo punya Baran Poerwall buat kebutuhan listrik rumah tangga. Biar hemat gitu kan bayar listriknya jd ga terlalu banyK hehehe. Macam2 ya Baran ini fungsinya. Bagi dong ancer2 price list nya kalo udh ada hihi.. siapa yau nanti kita bisa pakai.

    BalasHapus
  4. Dari kemarin lihat postingan teman-teman soal Baran Energy ini bikin mupeng deh. Siapa coba yang nggak kepingin menghemat listrik? Lumayan banget kan uang yang dulunya dipakai buat bayar listrik bisa disisihkan untuk kebutuhan lainnya. Kira-kira harganya berapa ya?

    BalasHapus
  5. Baran energy keren banget ya mbak, jadi mupeng nih buat menikmati listrik gratis. Apalagi kl listrik mati bikin kita mati gaya

    BalasHapus
  6. Aku butuh nih,secara ada AC bikin boros juga mesin air yang naik terus karena banyak cucian. Makasih infonya mba

    BalasHapus
  7. Jadi pengen punya Baran yes dirumah biar ga pusing sama biaya listrik setiap bulannya yang tiap tahun naek huhu.

    BalasHapus
  8. Rasanya Baran bakal jadi satu inovasi kekinian di tengah hunian nih apalagi irit & hebat siapa yang nggak mau.

    BalasHapus
  9. Pengen punya untuk di rumah, tapi harganya berapaan ya kira-kira, semoga bersahabat dengan kantong

    BalasHapus
  10. Oh namanya Baran energy ya mba? Murah ga ya

    BalasHapus
  11. Mau juga baran Energy ny...pastinya sangat bermanfaat buat sehari hari ni buat keperluan rumah tangga , semoga ramah juga d kantong

    BalasHapus
  12. Wah inovasinya banyak jadi bisa berhemat dgn listrik

    BalasHapus
  13. Saya termasuk yang galau kalau ga ada listrik #matigaya istilahnya, ya contohnya kaya mati lampu bantaran aja tuh rasanya ga nyaman
    Ayah haram energy ini inovasi terbaru yg patut diapresiasi

    BalasHapus
  14. wah bagus inovasinya..ini masih yang purwarupa ya?

    BalasHapus
  15. Gak sabar nih Baran bisa dopasarkan lbh luas. Tagihan listrik di rumah emang bikin mumet kepala ya mbak. Kalau lbh murah kan kita bisa alihkan dananya buat yg lain :D

    BalasHapus
  16. Setelah baca ini jadi bayangin rumah saya jadi hemat dengan produk-produk dari Baran Energy

    BalasHapus
  17. cara untuk mendapatkan baran energy ini gimana ya Mbak, kita bisa belinya dimana, apa toko listrik atau kita harus pesan terlebih dahulu

    BalasHapus
  18. Ide cemerlang anak bangsa ini perlu diapresiasi. Segera launching ya. Ga sabar ingin mencoba juga... Biar lebih hemat pastinya

    BalasHapus
  19. Wah lumayan banget bisa menghemat energi ya mbak. Aku mau coba juga nih biar lebih hemat. Soalnya tagihan listrik ku tiap bulan terhitung tinggi banget sampe 500rb perbulan

    BalasHapus
  20. Aku ngerasa tagihan lisrik aku akhir-akhir ini semakin naik nih.. butuh banget teknologi yang bisa membuat tagihan listrik tidak membengkak.. jika ada yang lebih hemat kenapa ngga diambil

    BalasHapus
  21. Pengen juga punya barang powerwall sehingga bisa menghemat pengeluaran bulanan untuk biaya listrik karena di rumahku yang pakai listrik lumayan banyak

    BalasHapus
  22. Masih tahun depan dan belum terbukti kehandalalannya ah blm bisa terlalu diharapkan...nunggu testimoni kalau udah ada aja...Masih tahun dpn ya...

    BalasHapus
  23. Penasaran nih kyk apa energi listrik dari Baran. Mungkin kalau PLN ada saingannya kinerjanya akan jd lbh baik lg :D

    BalasHapus
  24. Baran energy ini sdh bisa didapatkan di daerah mana aja Mba. Itu bisa patungan kan belinya. Harganya lumayan kan yah

    BalasHapus
  25. Terobosan baru yang bermanfaat banget apalagi yg menyangkut kepentingan orang banyak. Mudah2an harganya bisa dijangkau masyarakat

    BalasHapus
  26. Penggunaan energi listrik saat ini dan ke depannya, sudah pasti akan meningkat seiring dengan kemajuan teknologi. Saat ini saja, perlu untuk powerbank, smartphone, AC, mesin cuci,microwave, yang lebih dari 10 tahun lalu belum populer di rumah. Energi terbarukan yang berasal dari non fosil akan membantu ketersediaan kebutuhan listrik yang ramah lingkungan.

    BalasHapus
  27. Siplah, ada solusi untuk mengehemat energi..Semoga kita semua semakin bijak menggunakannya ya

    BalasHapus
  28. Bener bnget ini klo bisa diterapkn dirumah bakaln bikin ibu2 senenglah ditunggu bnget nih mudah2an secepatnya

    BalasHapus
  29. Badan kece banget. Menjadi solusi dunia perlistrikan apalagi jaman digital sekarang, gak ada listrik, dunia terasa hampa huhuhu

    BalasHapus
  30. Ada teknologi baru ya untuk menghemat pemakaian listrik.. Bagus nih secara kita terkadang suka bayar listrik mahal karena pemakaian yang tidak terkontrol. .

    BalasHapus
  31. Bagai mimpi jadi nyata aja teknologi masa now ini, semoga kedepannya beneran ada alat lebih mungil tanpa perlu listrik cukup pakai sinar mentari kaya kakulator masa old... Sama halnya kaya seperti ini ya kak bisa hemat listrik pakai banget

    BalasHapus
  32. Ini pinter banget ya yang nemuin. Mau juga punya pengganti disel kalau mati lampu. Pastinya ga berisik kan ya, Bun?

    BalasHapus
  33. makasih infonya, bermanfaat, jadi mau beli, mahal gak ya

    BalasHapus