Rabu, 14 November 2018

Prediksi Resiko Kehamilan, Dengan Prosafe NIPT di Prodia

Halo, assalamu'alaikum, apa kabar kamu? semoga senantiasa baik-baik, sehat juga, karena kalau sehat, banyak hal yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu sehat, banyak yang bisa kita bagikan pada banyak orang.

Sehat memang menjadi pusat bahagia setiap manusia, bahkan ketika masih berada di dalam rahim, calon manusia harus sehat, karena ketika dalam rahim, masih berujud janin tidak sehat, bisa dipastikan akan lahir dalam keadaan tidak sehat pula.

Pernah kan tau anak yang terkena Down Syndrome? anak-anak yang kurang beruntung karena mengalami gangguan mental. 

Menurut WHO, diperkirakan ada sekitar 8 juta penderita Down syndrome di seluruh dunia. Berdasar Rikset Kerehatan Dasar (RisKesDas) tahun 2013, terdapat satu kejadian down Syndrome per 700 kelahiran di Indonesia, dengan peningkatan prevalensi dari 0,12 % tahun 2010, menjadi 0.13% di tahun 2013, pada usia ibu saat melahirkan 24- 59 tahun.

Dokter Spesialis Obgyn dr Boy Abidin, Sp.OG (K) menyampaikan "Melihat prevalensi yang meningkat, akibat kelainan kromosom yang terjadi di dunia maupun di Indonesia, sangat penting bagi para ibu hamil untuk melakukan skinning, memastikan janin tidak beresiko mengalami kelainan kromosom."

"Kelainan kromosom bukan hanya akan mengena pada mereka yang memiliki riwayat kelainan romosom dalam keluarga, yang keluarganya tidak memiliki riwayat kelainanpun juga memerlukan skinning', lanjut dr Boy. 

Masih menurut dr Boy, bahwa kelainan kromosom tidak bisa diprediksi kejadiannya, karena setiap orang memiliki peluang untuk mengalami kelainan kromosom. 

Paparan itu disampaikan dr Boy pada acara Grand Launching ProSafe, di Jakarta, pada tanggal 9 November 2018.

Peluncuran Prosafe NIPT oleh ibu Indriyanti dan Ibu Trilis Yulianti


Dari  kiri ke kanan: moderator, ibu Trilis, Caca Tengker dan dr Boy Abidin Sp Og

Prosafe NIPT


Sekarang, para ibu tak perlu risau lagi, karena berbagai kelainan kromosom yang menyebabkan anak menjadi Down syndrome, Patau syndrome, Edward Syndrome sekarang Prodia sudah bisa melakukan deteksi kelainan itu dengan pemeriksaan Prosafe.

Indriyanti R.S. selaku Direktur Bisnis dan Pemasaran Prodia menyatakan bahwa Prosafe telah tersedia dan dapat dilakukan sejak setahun yang lalu. Sejak 6 November 2018, Prosafe secara resmi dapat dikerjakan sendiri di laboratorium Prodia.


Prodia menggunakan teknologi Next Generation Sequencing ( NGS ) dari Illumina yang membuat Prosafe memiliki tingkat akurasi 99.99 %, harapannya adalah dengan pemeriksaan Prosafe ini membantu ibu hamil untuk mendeteksi sedini mungkin kelainan kromosom pada janin.


Sedangkan, produk Manager Prodia, Trilis Yulianti menyampaikan bahwa Prosafe merupakan Non-Invasive Prenatal Test  ( NIPT ) dengan  tingkat sensivitas dan spesifitas yang tinggi. Pada usia kandungan 10 minggu, pemeriksaan Prosafe sudah bisa dilakukan, untuk mengetahui kemungkinan kelainan kromosom yang dialami janin.


Kelainan kromosom yang banyak terjadi, memang Down Syndrome, yaitu penderitanya memiliki tiga kromosom 21, sedangkan pada orang normal seharusnya hanya terdapat dua kromosom 21.


Trilis juga menjelaskan, bahwa syndrome lain yang mungkin dialami para ibu seperti 



  • Turner Syndrome akibat kurangnya atau hilangnya kromosom X sehingga menyebabkan gangguan medis dan perkembangan fisik anak.
  • Edward Syndrome, mengakibatkan lebih banyaknya kromosom 18, menyebabkan kelainan geentis yang beresiko keguguran hingga cacat fisik.
  • Patau Syndrome, yaitu terdapat tiga kromosom 13 atau dikenal dengan trisomi 13, yang menyebabkan bayi mengalami gangguan jantung hingga saraf otak.
Beberapa kemungkinan syndrome itu perlu dihindari, agar anak bisa lahir dengan kondisi kesehatan yang normal dan tumbuh sempurna.

Trilis menambahkan bahwa pengetahuan ibu akan bahaya kelainan kromosom pada ank menjadi penting, karena kelainan kromosom merupakan penyakit genetik yang melekat pada anak.

Kromosom merupakan unit genetik yang terdapat dalam setiap inti sel pada makhluk hidup yang disusun oleh DNA dan protein.

Pada orang normal terdapat 22 pasang kromosom autosom dan 1 pasang kromosom sekks yaitu XX pada wanita dan XY pada laki-laki.

Dengam pemeriksaan Prosafe, mampu menghilangkan penolakan sampel yang tak perlu, megurangi kebutuhan pengambilan sampel ulang dan meniadakan ekbutuhan akan sampel dari ayah.

Pada kesempatan itu hadir pula Caca Tengker, yang menceritakan pengalamannya, dan kenapa dia melakukan pemeriksaan Prosafe.

Menurut Caca, adalah lebih baik mempersiapkan segala sesuatu sebelum anak lahir, dan jangan merasa gentar karena mengetahui kemungkinan ada masalah, adalah lebih baik, dari pada mengalami hal yang tak terduga setelah anak lahir.

Caca memilih memeriksakan diri ke Prodia , karena Prodia merupakan perusahaan negeri sendiri, dan bisa diketahui hasilnya dengan cepat yaitu 1 minggu, maka Caca tengker menganjurkan pada para ibu untuk melakukan test NIPT sebagai sebuah persiapan kelahiran.


Para pendukung acara Launching

Tabung untuk menyimpan sampel darah 

Prodia

Prodia adalah laboratorium klinik, sejak awal berdirinya berkomitmen mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati.

Sebagai pemimpin pasar, prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of America ( CAP ), sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.

Jaringan yang dimiliki Prodia, hingga saat ini sebanyak 290 outlet, termasuk 141 laboratorium klinik di 33 provinsi dan 121 kota di seluruh Indonesia.

67 komentar:

  1. Ya Alloh, sekarang penyakit bayi baru lahir itu banyak. Aku aja kalau lg hamil deg-degan takut kenapa2, alhamdulillah ya prodia bisa cek. Membantu banget ini buat pencegahan dan deteksi dini.

    BalasHapus
  2. Prodia emang bagus dan lengkap, aku pernah tes darah pas hamil. Alhamdulillah ya sekaseka Prodia bisa cek kelainan kromosom. Keren

    BalasHapus
  3. Noted banget nih buat saya mbak Tite agar bisa lebih waspada. Prodia emang pilihan bagus banget ya mbak. Jadi pengen cek2 juga di prodia

    BalasHapus
  4. Semua membutuhkan perencanaan, termasuk dalam hal kehamilan, banyak informasi bahwa ketika mempersiapkan kehamilan harus mengecek kesehatan diri sendiri terlebih dahulu, agar kita mengetahui, apakah diri sudah siap dan sehat menghadapi kehamilan.. jika pun ada hal terjadi diluar batas kemampuan manusia, kita terus berupaya seperti cek prosafe NIPT ini ya mba.. bismillah

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ada prodia ya tempat cek labs yang familiar banget buat perenpuan. Apalagi kaitannya dengan alat reproduksi. Udah pernah datang aku bu

    BalasHapus
  6. Alhamdulillaah zaman sekarang sudah makin canggih teknologi ya mb Tite. Prodia kini dengan Prosafe NIPT nya bisa mengecek hal2 apa aja kemungkinan bisa terjadi pada janin. Mudah2an baik2 aja ya. Makanya sebagai bumil maupun belum sebaiknya jangan malu atau ragu periksa kesehatan sedini mungkin :)

    BalasHapus
  7. Sejak awal aku sudah senang sekali dengan Prodia karena sagnat terjamin pemeriksaan kesehatan Prodia. Apalagi skarang ada bisa dilakukan prediksi resiko kehamilan ya mba. Jadi banyak yang bisa kita cegah jika dilakukan pemeriksaan dini :)

    BalasHapus
  8. Makin canggih ya sekarang kita bisa tahu kelainan kromosom bayi sejak dalam kandungan, alhamdulillah Prodia bisa jadi tempat pemeriksaan, jadi nggak jauh-jauh kudu ke luar negeri atau luar kota gitu. Bumil dan calon ayah jadi bisa antisipasi dan tahu lebih dini akan kesehatan dan risiko yang mungkin ada di calon baby nya

    BalasHapus
  9. Kalau misalnya ketahuan ternyata ada kelainan pada kehamilan 10 minggu apa yang dilakukan atau antipasinya apa mba? Memang ya kehamilan itu sesuatu yang harus dilalui dengan perjuangan ibu. Aku juga sama kayak mamah Tetty was was dan banyak berdoa dll kakau hamil

    BalasHapus
  10. Deg2an sih memang kalau ketahuan ada kelainan lalu apa yah yang bisa dilakukan atay ada antisipasinya ??

    BalasHapus
  11. Betul banget tuh, dengan pemeriksaan Prosafe ini kita jadi tenang ya mbak. Dan kalaupun memang ada sesuatu yang tidak diinginkan, kita bisa mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Makanya masa kehamilan itu harus dijaga banget dan banyak baca doa.

    BalasHapus
  12. Agak ngeri ngeri syedap yah klo bicara ttg kelainan kromosom. Krn hal yg tak bs diprediksi oleh manusia. Tp skrinning yg dilakukan pasti akan membantu bgt

    BalasHapus
  13. Saya yang masih penasaran itu, ada gak ya mbak, deteksi gangguan kromosom yang bisa dilakukan sebelum bapak ibunya nikah? Yaaa emang risikonya bikin putus hubungan, cuma kan kasian aja gtu kalau misalnya pembawa sifat A ketemu B yg prediksinya sebenrany gk bagus. Maksudku mungkin gk sesedih sat pas diprediksi dah jd janin gtu... Moga2 kelak ada ya.... aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry banyak typonya, henponnya cilik2 haha

      Hapus
  14. Kira-kira nih Mbak. Kalau bumil memeriksakan janinnya dan ternyata ada kemungkinan kelainan kromoson, langkah apa yang sebaiknya Ibu tersebut lakukan?

    BalasHapus
  15. Seru banget acara launchingnya. Kalau di Kendal belum ada klinik Prodia deh kayaknya, soalnya aku belum pernah lihat. Kalau di Semarang ada klinik Prodia karena aku sudah pernah lihat pas waktu Semarang.

    BalasHapus
  16. Inovasi bagus ya mba prosafe ini, jadi kita tau lebih dini. Dan jika hasil tes menyatakan ada kelainan pada janin nya, berarti hak orang tua untung menggugurkan atau melanjutkan begitu ya mba?

    BalasHapus
  17. Prodia emang terjamin banget sih dari hasil hingga pelayanannya. Meskipun sedikit lebih pricey jika dibandingkan dengan laboratorium lainnya.
    Saya juga rencananya akan tes pra nikah ke prodia. Rada ngeri kalau lihat perkembangan kesehatan sekarang. Mencegah lebih baik drpda mengobati.

    BalasHapus
  18. Sedih banget ya zaman sekarang macam-macam aja yang dialami bayi hiks.
    Tapi syukurlah kemajuan teknologi selalu memberikan jawaban dari berbagai masalah yang terjadi sekarang ini.
    Meskipun sedih juga kalau udah tau gitu kan jadi bingung juga huhuhu
    Semoga bayi-bayi yang menderita kelainan kromosom bisa berkurang ya mbaa..

    Keren banget deh Prodia bisa menjawab masalah tersebut, dulu saya sering langganan medical check up di Prodia, emang bagus sih, lebih akurat dan pelayanannya selalu memuaskan :)

    BalasHapus
  19. Prodia sekarang makin canggih teknologinya yaa.. Mamaku yang suka banget cek di prodia, pelayanannya cepat, ramah dan hasilnya akurat, makanya jadi langganan :)

    BalasHapus
  20. Prosafe ini hanya tersedia di prodia aja mbk, atau sudah ada juga di klinik atau rumah sakit. Bagus ya prodia, alat medical check upnya komplit

    BalasHapus
  21. Jaman now dengan kemajuan teknologi canggih Bumil gak perlu khawatir bola ada sesuatu yh salah dgn kehamilannya karena sdh bisa diperiksa dan diditeksi secara dini.

    BalasHapus
  22. Aku pernah liat tes sejenis yang ditawarkan.. NIPT memang bisa membantu memberi ketenangan buat para orang tua ya mbaa

    BalasHapus
  23. Semoga dengan adanya terobosan baru ini, resiko kehamilan bisa ditekan.

    Kebetulan di Balikapapan ada Prodia juga.
    Apakah semua cabang di Indonesia sudah bisa melakukan tes ini, mba?

    BalasHapus
  24. duh, aku kok deg2an bacanya. khawatir kalau ada masalah saat hamil. jadi tahu kenapa harus periksakan kehamilan.

    alat pengecekan di prodia lengkap ya. hasil diagnosanya juga cepat.

    BalasHapus
  25. Jadi inget zaman hamil, Mb. Sempat kepikiran banyak hal, takut kenapa2. Aku nunggu juga lama 8 th. Tp, y udah akhirny pasrah apa pun yg terbaik.
    Jujur aja pemeriksaan seperti ini si ibu harus siap mental jg y mb semisal ada sesuatu dg bayinya. G semua ibu siap walau pd akhirny tetap cinta sm anakny dg tulus.
    Tp kalau g periksa gak tau.
    Rada2 serbasalah juga.
    Terlepas dr teknologi makin canggih sehingga apa pun bisa dideteksi dini

    BalasHapus
  26. Ternyata ada ya pemeriksaan prosafe gini, aku baru tau kho. Btw kalau hamil memang harus dipersiapkan sebaik mungkin ya biar anak kita terlahir sehat.

    BalasHapus
  27. Ya Allah aku ngeri bacanya mbak soalnya kan kromosom itu sangat berpera penting. Untungnya ada kliniknya ya mbak biar meminimalisir

    BalasHapus
  28. Sewaktu mpo skripsi pembahasan anak down sindrom jadi pengetahuan yang sangat menarik karena melihat potensi anak down sindrom untuk di kembangkan

    BalasHapus
  29. Sekarang medis semakin canggih ya, tapi moga kita semua memiliki anak yang sehat lahir batin, aamiin

    BalasHapus
  30. Adanya pemeriksaan sedini mungkin membuat orang tua bisa persiapan dana juga ya Mbak, kalau amit-amit, memang terjadi kelainan pada janin. Sehingga saat kehamilan berlanjut bisa ditangani dengan optimal.

    BalasHapus
  31. Aku kenal Prodia pertama kali waktu masih SMA, tahun 1985 karena ada kakaknya temanku yang kerja di sana. Dan kebetulan juga Prodia ini letaknya dekat sekolahku di daerah Mt Haryono. Keren sih kalo Prodia udah memfasilitasi untuk pemeriksaan Prosafe. Jadi bisa mendeteksi lebih dini bila ada kelainan kromosom

    BalasHapus
  32. Prodia memang pilihan saya kalau harus periksa ke lab. Sdh punya nama dan bs dipercaya ya Mba..

    BalasHapus
  33. Waktu anak sakit periksanya ke prodia memang kalau hrs cek ke lab saya dirujuknya ke sini terus...mungkin krn bagus y mba..

    BalasHapus
  34. Wah, pasti membantu banget ya kalau bisa deteksi dini kelainan kromosom. Kalau biasanya penanganannya gimana misal ternyata memang dari hasil deteksi ada kelainan kromosom nya mba?

    BalasHapus
  35. Bayiku terduga down syndrome dan tidak pernah terdeteksi saat hamil. Baru tahunya ya setelah lahir dgn melihat ciri2 fisiknya.
    Next, kalau memang masih ada rezeki hamil lagi, ada baiknya aku tes di prodia ya untuk memastikan. Toh cabangnya gampang ditemui di mana2.

    BalasHapus
  36. Baca tulisan Mba Nefertite jadi inget pengalaman teman ku, yang sebelum nikah harus melakukan tes kesehatan dulu. Untuk mengecek apakah ada sesuatu yang bermasalah atau tidak pada teman ku dan calon suaminya. Bagus ya sekarang ada tindakan pencegahan dini. Cuma ya jadi agak ribet sih, buat nikah hehehe

    BalasHapus
  37. Emang lebih baik mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal. Bahkan sekarang katanya pemerintah fokus mengedukasi remaja putri mengenai pentingnya menjaga dan merawat organ reporduksi termasuk kesehatan rahim. Jadi tak hanya sejak mulai hamil aja :)

    BalasHapus
  38. penting banget ini deteksi dini.
    jadi pengen periksa juga ini di Prodia.
    Hmm, biaya untuk tes ini gak disebutkan ya Mbak waktu itu? :)

    BalasHapus
  39. sekarang saya lagi hamil 13 minggu, Mba. Dan entah kenapa di kehamilan ini saya banyak deg-degannya dibanding kehamilan pertama saya 7 tahun lalu. Tapi bismillah aja, semoga saya bayi sehat jasmani dan rohani hingga lahiran nanti, amiiin

    BalasHapus
  40. Wah bagus banget ini inovasinya. Jadi bisa memperkecil risiko anak terkena down syndrome ya.

    BalasHapus
  41. Alhamdulilah terobosan baru dari tahun lalu y mba jadi bisa memprediksi resiko kehamilan, aku baru tahu ini semoga banyak ibu hamil juga dapat info penting ini dari Prodia mengenai tes Profase ini :)

    Patah hati jika tahu kondisi anak yang dikandung ga sempurna y mba makanya penting adanya tes begini

    BalasHapus
  42. Kadang aku pengen mba cek kesehatan soal kayak begini misal kehamilan, atau soal ibu dan bayi gitu.
    Prodia bagus ya, aku pengen jadinya semoga di kota ku segera ada Prodia, biar bisa cek langsung karena sudah terpercaya

    BalasHapus
  43. Saya sepakat dengan pendapat Caca Tangker. Mendingan cek kesehatan dulu sebelum promil. Apalagi teknologi zaman sekarang semakin memungkinkan untuk melakukan itu

    BalasHapus
  44. Sekarang informasi kesehatan semakin canggih ya lewat Prodia kita bisa tahu tentang kelainan kromosom tetangga Aku dulu juga susah mendapatkan anak karena perbedaan kromosom suami istri ini tapi alhamdulillah sekarang dia sudah punya anak

    BalasHapus
  45. Di Jogja Prodia itu kadi rujukan banyak dokter. Udah banyak juga cabangnya di Jogja. Udah kredibel lah pokoknya

    BalasHapus
  46. Alhamdulillah banget ya, Mbak, sekarang sudah ditemukan teknologi untuk mendeteksi kelainan pada janin. By the way, salut sama Mbak Caca Tengker yang mempercayakan kesehatan kehamilannya pada perusahaan dalam negeri. Padahal kan istilahnya beliau itu orang yang sangat berada. :)

    BalasHapus
  47. Jadi penasaran, kalau sudah terdeteksi sejak dini ada kelainan kromosom pada janin apakah itu bisa ditanggulangi sehingga bayi terlahir normal, ada alat seperti ini membantu sekali ya bagi kesehatan kehamilan ibu dan bayi

    BalasHapus
  48. Banyak juga pertanyaan seputar langkah apa yang diambil bila terdeteksi kelainan kromosom itu terjadi?
    Apakah bisa ditanggulangi dengan mengkonsumsi obat atau terapi khusus?

    BalasHapus
  49. Dengan prediksi resiko kehamilan untuk ibu hamil, calon orang tua bisa tahu keadaan janin dalam kandungan ya..
    Lalu, kalau sudah terdeteksi mengalami kelainan kromosom, apakah ada cara untuk menanggulanginya, Mbak? Untuk mencegah anak lahir dengan kelainan sindrom?

    BalasHapus
  50. Kalau pas hamil dan terdeteksi down syndrom langkah selanjutnya gimana ya? Lebih ke penerimaan diri dan mempelajari sejak dini apa yang bakal dihadapi ke depan?

    BalasHapus
  51. Alhamdulillah seneng banget baca info ini mba. Seneng makin kesini info dan upaya preventif untuk masalah kehamilan makin terbuka dan bisa diupayalan. Teringat mas punya pengalaman serupa di kehamilan pertama duluu

    BalasHapus
  52. Senangnya kalau sekarang sudah ada tes untuk pencegahan bayi lahir Down Syndrome ya. Semoga klinik-klinik lain juga menyediakan fasilitas tes ini jadi bisa terjangkau ke seluruh pelosok.

    BalasHapus
  53. kadang, pemeriksaan seperti ini rada serem juga sih. Seremnya jika ternyata terditeksi salah satu membawa kromosom itu. Hmm... apa yang terjadi pada pasangan suami istri itu?

    BalasHapus
  54. pemeriksaan ini rangkaiannya berapa lama ya mbak? Apakah harus beberapa kali bolak balik atau sekali datang untuk cek laboratorium?

    BalasHapus
  55. Jadi Ibu, Perempuan memang kudu peduli dan memahami hal seperti ini. Kelainan kromosom atau pembentukan yang kurang sempurna sangat memengaruhi perkembangan janin

    BalasHapus
  56. Sekarang semaki mudah ya mba serba praktis utk memeriksanya jadi tahu apa itu klainan kromosom, smoga Kita selalu sehat2 y mba

    BalasHapus
  57. Prodia ini memang pioneer ya di bidangnya. Baru tau loh ada berbagai jenis kelainan bawaan yang diakibatkan oleh kelainan kromosom. Suatu langkah yang luar biasa jika dunia medis sudah bisa mendeteksi kelainan itu sejak dalam kandungan

    BalasHapus
  58. Wah ada caca tengker ya mba. Ramah bangt lho mba dia. Tes NIPT Prosafe ini memang luar biasa yaa. Moga semua ibu hamil bisa melakukan tes ini ya mba

    BalasHapus
  59. Wuih, canggih juga ya Prosafe ini. Aku penasaran nih, kalo misalnya hasilnya positif si janin punya kelainan kromosom tertentu, apa tindak lanjutnya? Apa nanti ada treatment untuk bisa mengatasinya? Misal membuat si janin menjadi berkromosom normal? Atau sekadar memeriksa saja supaya si ibu siap dengan kondisi janinnya jika ada keanehan pada kromosom janinnya? Ini sangat berguna banget. Terutama buat ibu yang memang berisiko memiliki anak dengan kelainan kromosom. Karena faktor keturunan misalnya.

    BalasHapus
  60. Kalau cek2 kyk gini sebaiknya dilakukan oleh semua bumil atau cuma buat bumil yang mungkin ada risiko tinggi, kyk usia, lalu ada riwayat penyakit tertentu gtu kah mbak?

    BalasHapus
  61. sebagai wanita,, kita n=kudu ngerti ini persoaalan yang spt ini. kudu bisa lebih aware lagi dengan kehamilan dan seserapa resiko yang bisa didapatkan dari kehamilan tersebut

    BalasHapus
  62. Bagus ya program baru prodia ini mba. Orangtua jadi bisa lebih aware kalau kromosom anaknya ada kelainan dan bisa konsultasi lebih lanjut ke dokter ya.

    BalasHapus
  63. Wah manfaat banget nih prosafe, jadi kelainan kromosom bisa diantisipasi sejak awal kehamilan ya. Dulu pas zaman aku belum ada sih ya, tapi insya allah manfaat buat pasangan2 lain 👍

    BalasHapus
  64. namanya bagus-bagus ada edward juga jadi inget edward cullen, tapi sayangnya penderitanya kasian ya mba, semoga dengan adanya inovasi ini jadi bisa diketahui lebih dini dan bisa dicegah

    BalasHapus
  65. Prodia ini memang terpercaya ya Mbak, dulu alm mamaku juga periksa apa2 di rest lab Prodia doang maunya.

    BalasHapus
  66. Prodia ini udah ada gak ya cabangnya di Bengkulu? Aku mau dong dong konsultasi kehamilan di sini. Kayaknya profesional banget pelayanannya

    BalasHapus