Senin, 07 Agustus 2017

Prodia Womens Health Centre, Pusat Kesehatan Perempuan




Perempuan memang istimewa dan spesifik dibandingkan dengan laki-laki, terutama karena ada banyak faktor kodrat yang sifatnya biologis membedakan antara perempuan dengan laki-laki. 

Perempuan dengan berbagai macam aktifitas, baik di dalam maupun di luar rumah, dengan kodratnya yang rentan kena sakit dan penyakit disebabkan faktor hormonal, menyebabkan perempuan sebaiknya memperhatikan kesehatannya dengan lebih intens.


Nuansa pink yang cantik


Ruang periksa & USG

Salah satu pertimbangan tentang perempuan yang banyak kekhususan itulah maka Prodia Klinik mendirikan Prodia Women Health Centre yang berada di Jakarta, tepatnya di Jalan Wolter Monginsidi, Kebayoran jakarta Selatan.

Apa itu PWHC?

Siapa sih yang belum kenal Prodia? yang berada di berbagai kota besar di Indonesia, sebagai pelopor laboratorium klinik?, pastinya kamu kenal dong, bahkan cukup akrab dengan keseharian masyarakat ketika akan memeriksakan kesehatannya.

Nah, Prodia mengembangkan pelayanannya dengan mendirikan Prodia Women Health Centre bertepatan dengan Women's Day yaitu pada tanggal 8 Maret 2017.

Layanan yang diberikan adalah layanan kesehatan khusus perempuan berbasis Women-wellness yang pertama di Indonesia. PWHC memberikan layanan komprehensif yang berfokus pada Obstretic Gynecology.

Komprehensif karena layanan dengan tahapannya yaitu pencegahan dini, pencegahan lanjutan, diagnostic center hingga konsultasi dokter, dengan dukungan perlengkapan teknologi terbaru.

PWHC menganggap perempuan layak mendapatkan perlakuan khusus, terlebih salah satu sebabnya adalah bahwa populasi perempuan yang hampir separoh dari jumlah penduduk Indonesia.

Makanya memasuki gedung PWHC, layaknya masuk ke sebuah hotel saja, hehehe. Benar, kita akan memasuki sebuah ruang yang nuansa ruanganya penuh warna pink ( perempuan banget ).

Lalu aromanya itu, wangi bener, dengan penerma tamu yang ramah, lengkap sudah suasana adem di PWHC. Seneng kan masuk ruangan kok adem, wangi penuh keramahan, wah sakitnya pasti langsung terbang entah kemana.

Hal ini selaras dengan harapan PWHC yang disampaikan oleh ibu Rini, bahwa perempuan yang datang ke PWHC tidak selalu perempuan yang sedang mdalam kondisi sakit. Melainkan perempuan yang sedang punya keinginan untuk mendeteksi dan ingin mencegah sakitnya sebagai pemeriksaan awal  bisa konsultasi ke PWHC.

Disampaikan juga oleh dokter Raditya  bahwa para penyakit yang paling banyak menyerang para perempuan adalah kanker, terutama kanker payudara dan kanker serviks. 

Penyakit yang paling ditakuti para perempuan ini bisa dideteksi secara dini, sehingga PWHC juga melayani mammography sebagai deteksi dan pencegahan kanekr payudara. Selain itu, PWHC juga melayani vaksin kanker serviks sebagai bentuk pencegahan.

Keinginan mengedukasi masyarakat itulah yang membuat PWHC melayani usaha pencegahan, selain untuk menyehatkan masyarakat, juga mengurangi benar negara menanggung sakit masyarakat. Mulia sekali kan?

Diskusi


dr. Raditya menjelaskan metode papsmear

Apa saja layanannya?

PWHC berkonsep bahwa jika bisa melakukan pencegahan penyakit itu lebih baik, dibandingkan dengan mengobatinya, sehingga disediakanlah berbagai layanan.

Berbagai metode pencegahan diupayakan oleh PWHC, semata-mata karena dengan pencegahan selalu lebih baik. Ada pencegahan dini seperti melakukan edukasi ke masyarakat, atau melalui program imunisasi dan atau vaksin.

Pencegahan lanjutan  seperti medical chek up, pap smear sampai pada tes laboratorium yang lengkap juga disediakan.

Setelah melakukan langkah pencegahan, berbagai jenis diagnosis juga disediakan oleh PWHC. Diagnosis centre yang dimiliki mulai dari USG Obgyn, Colposcopy, Rontgen, Hysterosalpingography, USG Breast dan sebagainya.

Dalam waktu dekat, PWHC juga akan menyediakan layanan yang mendasarakn pemeriksaan pada strata usia pasien, dari pasien dengan usia 13 tahun hingga 60 tahun ke atas, karena kebutuhan setiap strata usia berbeda.

Lengkap kan layananya? yuk, cegah segala sakit apapun, karena perempuan rentan sakit, cegah selagi bisa. Mencegah lebih baik karena penanganan lebih mudah dan pastinya biaya juga menajdi lebih hemat, sebelum datangnya penyakit.


 

15 komentar:

  1. Hayuuukk. Periksa kesehatan wajib untuk perempuan yaa

    BalasHapus
  2. Prodia nuansa pink khusus perempuan, lebih nyaman jadi meriksa kesehatannya ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ev, nyaman dan terasa ada privacy

      Hapus
    2. Iya Ev, jadi kayanya periksa di sana enggak takut ya

      Hapus
  3. perempuan itu mahkluk istimewa pun karena keterbatasan waktu kadang suka lupa akan kesehatannya. Padahal perempuan sehat adalah perempuan hevat!

    BalasHapus
  4. Memang ya wanita harus medical check up khusus kewanitaan. .

    BalasHapus
  5. Setuju mba bahwa mencegah memang lebih baik daripada mengobati. Asik ya kalai ada lanoratorium khusus perempuan

    BalasHapus
  6. Setuju, banyak sekali penyakit yang berkaitan dengan sistem reproduksi mengintai wanita, kita jadi harus lebih waspada.

    BalasHapus
  7. Lebih baik mencegah ya mak daripada mengobati.Berasa banget biaya yang dikeluarin untuk berobat.

    BalasHapus
  8. Kita harus lbh aware dgn kesehatan kita ya mba, yuk periksa sblm terlambat

    BalasHapus
  9. Seneng ya ada klinik yg khusus untuk perempuan begini. Semakin banyak penyakit kanker yg menyerang perempuan bikin kita harus waspada

    BalasHapus
  10. Iya, sih. Seharusnya jangan nunggu sakit dulu baru periksa kesehatan ya, Mbak :)

    BalasHapus
  11. Wah bentar lagi mau ada pemeriksaan berdasar strata usia dan gender ? Tambah lengkap aja fasilitasnya nih PWHC, keren !

    BalasHapus