Jumat, 25 September 2020

Memetik Hikmah Positif Dari Pandemi

Apa kabar? sehat ya, tetap semangat meskipun di tengah kabar makin jika covid - 19 msih beum reda, justu di berbagai tempat baru mulai merebak. Bahkan di kota Melbourne Australia dikabarkan akan mulai diberlakukan lockdown total .

Pandemi Covid - 19 ini memang luar biasa, dalam jangka waktu sekitar 7 bulan sejak kemuculannya telah meluluhlantakkan nyaris seluruh isi bumi. 

Lihat saja akibatnya, mulai dari korban yang terus berjatuhan, efek ekonomi tak kalah juga mengalami akibat yang sangat dirasakan nyaris oleh semua orang, tak ada yang terlewatkan.

Kabar duka terus saja melintas, baik di media massa, di medsos maupun di sekitar kita, artinya virus ini nyata, enggak main-main, enggak pandang bulu, siapapun bisa kena paparan virus ini.

Hari ini, satu kenalan wafat dan sahabat suami istri sedang diisolasi mandiri di dua rumah sakit yang berbeda di Jawa Tengah sana.

Lelah? iya, sedih? duka? nyesek rasanya di dada ini, pastilah, siapa yang jiwanya enggak terpengaruh oleh kondisi sekarang ini? nyaris enggak ada.

Bosan, jenuh, suntuk, dan perasaan nggak enak banget karena berbulan-bulan harus di rumah saja, hal yang sebelumya mustahil untuk dilakukan, tapi saat ini suka enggak suka, mau enggak mau harus dijalani.

Buat aku, pandemi kali ini memang luar biasa, dia menghadirkan kesedihan yang panjang, teramat panjang di kalangan umat manusia, nyaris seluruh negara mengalami  berbagai persoalan besar akibat pandemi ini.

Banyak hal positif yang bisa kita petik dari kondisi sekarang yang rasanya mungkin nggak karu-karuan ini kok. Kenapa  melihat yang positifnya? dengan melihat sisi positif akan hadirkan rasa tenang, dengan tenang maka imun tubuh akan terjaga, setidaknya stabil.

 

Matahari adalah harapan, esok akan lebih baik 

Foto: Pixabay

Apakah ada sisi positif yang bisa kita petik dari panemi ini? kalau ada, apa sajakah itu?
  • Anjuran pemerintah untuk sekolah dari rumah, kerja dari rumah, pasti bawa efek dong, kan interaksi  kamu sama pasangan dan juga anak jadi lebih intens, iya apa iya? hehehe. Setidaknya kita jadi lebih dekat dengan keluarga dibanding sebelumnya.
  • Kegiatan bareng anak. Jika biasanya anak habiskan waktu di sekolah, maka kali ini kita mesti kreatif isi waktu bareng anak. Entah itu menemani belajar, atau bermain.
  • Menekuni hobi. Nah ini yang banyak dilakukan, dengan banyak di rumah maka hobi yang biasanya hanya dilakukan selintas saja, kadang-kadang saja, maka bisa ditekuni, bukan tak mungkin akan jadi penghasilan.
  • Menambah hobi, iya siapa tahu mencoba kesenangan baru akan membawa manfaat positif. Dari sesuatu yang sebelumnya kita engga bisa, ternyata bisa jadi kesenangan yang megasyikkan.
  • Menggali bakat terpendam. Hayo, siapa yang terpaksa harus jadi bu guru atau pak guru? banyak kan? , nikmati saja meskipun enggak mudah, dan nanti  beri afirmasi pada diri, ternyata bisa kok jadi guru.
Mungkin masih banyak ya, kalau mau dikupas, betapa selalu ada hal positif pada setiap kejadian, apapun kejadian buruk itu. Pandai-pandai jaga nalar dn hati agar tetap berada pada koridor positif.

Karena berpikir positif itulah yang akan bikin imun tubuh kita bagus, kan dengan imun bagus, jadi benteng deh, agar penyait apapun enggak mampir.

Yuk, bagi kisah kamu, hal posiif pa saja yang kamu  dapat temukan dari beratnya situasi kali ini.

Selebihnya, selalu langitkan doa, semoga Tuhan Maha Kuasa mengangkat pandemi ini dari negeri kita, kuatkan hati dan jiwa, jangan lupa bahagia.


















Selasa, 18 Agustus 2020

Mengenali Gejala Cacar Monyet dan Pencegahannya

Halo, semoga kita selalu sehat dan tetap semangat ya, di tengah ketidaktahuan kita, kapan pandemi ini berakhir.

Iya, sejak pandemi ini aku atau mungkin kamu jadi belajar lebh banyak dengan berbagai hal yang berkaitan dengan penyakit, obat-obatan, penyebab penyakit dan lainnya.

Sejak pandemi ini, kita dianjurkan lebih banyak berada di rumah saja demi keamanan kita, meminimalkan penularan, sekaligus membantu memutus rantai penularan.

Rasanya ngeri dan serem sih kalau aku merasakan pandemi kali ini, bagaimana virus yang nggak kita ketahui ujudnya seperti apa, tiba-tiba saja saat ini mengendalikan seluruh aktifitas kita.

Rabu, 08 Juli 2020

Resep Ayam Lodho

Apa kabar? baik pastinya kan, setelah blog sekian lama ditinggal, eh kok kangen juga pengin nulis di blog, pemanasan ah ya, biar rajin dan semangat lagi nulis blog, hhehe. 
Kali ini mau berbagi resep masakan aja dulu ya, meskipun di kepala ada banyak hal buat ditulis.

Aku mau berbagi resep masakan ayam yaitu Ayam Lodho, kuliner khas Jawa Timur, kenapa Jawa Timur? karena  ayam lodho ini ada di beberapa daerah di Jawa Timur. Ada ayam lodho Tulung Agung, da ala Tenggalek, ada ala Malang, nah resep  yang  aku adopsi ini resep ayam lodho ala Malang. Yuk kita mulai






Bahan Yang dibutuhkan

1 ekor ayam
1 kelapa dibagi menjadi 500 ml santan cair dan 200 ml santan kental

Bumbu halus
12 siung bawang merah
10 siung bawang  putih
4 cm kunyit
4 cm jahe
2 cm kencur
3 cabe merah direbus

Bumbu kasar
1 sdm penuh lada, tumbuk kasar
1 sdm penuh ketumbar, tumbuk kasar
1 sdt jintan
4 cm lengkuas diiris kasar
4 batanng sere digeprek
6 lembar daun jeruk
6 lembar daun salam
3 sdm minyak untuk menumis

Cara memasak
1. Cuci bersih ayam utuh dan belah sampai lebar, lumuri garam, diamkan 10 menit.
2. Bakar ayam ( aku bakar di teflon ) hingga kecoklatan, sisihkan
3. Tumis bumbu kasar dengan api sedang
4. Masukkan bumbu halus, tumis hingga harum
5. Masukkan santan encer, tunggu sampai mendidih
6. Masukkan ayam, sereh, daun salam dan daun jeruk, masak hingga ayam matang dan empuk tunggu santan hampir asat
7. Masukkan santan kental, masak dengan api kecil, ditunggu sampai muncul  minyak ( mblondo )
8. Ayam Lodho siap disajikan


Selasa, 28 April 2020

Gaya Hidup Sehat, Agar Kuat Hadapi Virus Corona

Apa kabar kamu? tetap semangat ya, meskipun kita sedang ada dalam situasi yang memprihatinkan, bikin sedih, bete dan rasa nggak enak lain. 

Kesedihan, kalut, cemas  dan rasa takut sedang melanda negeri ini, bahkan melanda nyaris seluruh dunia akibat pandemi Covid-19 dari virus Corona. Belum ada yang bisa memprediksi dengan pasti, kapan pandemi ini akan berakhir.

Bagaimana enggak sedih, pandemi ini sudah menimbulkan korban berjatuhan yang tidak sedikit, dan yang paling bikin nyesek, di antara korban-korban itu tidak sedikit mereka adalah para dokter, perawat dan tenaga medis.

Jumat, 14 Februari 2020

Film Toko Barang Mantan, Kisah Tentang Merelakan Kenangan

Apa sih yang terbersit di pikiran kamu ketika mendengar kata mantan'? ahay, mantan sih sebenarnya bisa mantan apa saja ya, mantan guru, mantan dosen, mantan apalagi ya? emm., banyak deh.

Hanya yang populer di sekitar kita pasti mantan pasangan atau tepatnya mantan pacar kan? ya kan?, iya lah.

Mantan selalu berhubungan dengan kenangan, hehe, mantan berhubungan dengan memori masa lalu, karena namanya saja mantan. Misal nih mantan pacar, artinya sudah bukan pacar, artinya lagi masa sebagai pacar sudah lewat.

Selasa, 11 Februari 2020

Belanja dan Jajan Mudah, dengan Dompet Digital Go Pay




Apa kabarnya? sehat selalu kan, jangan lupa bahagia ya. Hari Sabtu tanggal 8 Februari aku jalan-jalan sama beberapa teman baru dong, nggak jauh sih, tetep saja seneng dan seru. 

Sekarang ini aku lebih suka menggunakan kendaraan online, Gojek, sehingga aku selalu pastikan isi saldo GoPay aku cukup buat jalan-jalan. 

Tahu kan GoPay? alat pembayaran masa kini? alat pembayaran elektronik yang sangat simpel da praktis penggunaanya?. 

Bisa tebak aku ke mana? dekat sekali, ke Puncak, eh belum sampai Puncak dhing, baru sampai Cikopo, dekat kan dari Bogor? dekat banget. 

Selasa, 04 Februari 2020

Tentang Nasi Padang yang Nikmat

Halo, assalamu'alaikum, kabar baik kan semuanya? Kenal nasi Padang kan ya? atau malah hobi makan nasi Padang? hehehe. Kenapa sih tanya-tanya kok Nasi Padang? apa menariknya?.

Nasi Padang memang legenda ya, karena hampir di seluruh pelosok nusantara ini ada rumah makan Padang. Mulai dari restoran yang besar, sedang, rumah makan sampai warung kaki lima, dengan mudah bisa kita temukan rumah makan Padang.

Kalau di kampung halaman aku, dikenal dengan masakan Padang, jadi kalau mau beli, "yuk beli masakan Padang."

Rabu, 22 Januari 2020

Warteg Bahagia, Warung Tegal Kekinian

Assalamu'alaikum, lama banget rasanya enggak menyapa teman-temanku nih, lagi  sok sibuk, hehe. Enggak sih, beberapa pekan ini memang lagi ada yang butuh perhatian khusus. 

Tanya dong, apa sih yang tergambar di pikiran mendengar kata Warteg?, Warung Tegal? kalau aku sih, warung tegal itu rumah makan yang sederhana, bahkan kadang sangat sederhana, yang menyediakan berbagai menu masakan.

Bangunan sederhana, dengan bangku panjang sebagai tempat duduk pengunjung, bangku panjang yang langsung menghadap ke etalase  dimana masakan disajikan.

Senin, 06 Januari 2020

Sensasi Mandi Parfum Dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash

Pagi ini di sini agak hangat,  karena mentari malu-malu menunjukan paras cantiknya, semoga di tempatmu juga cuaca lebih besahabat ya, karena sedih banget pasti kalau kena banjir.

Iya, kita semua sedang sedih dan prihatin dengan bencana banjir dimana-mana, yuk mendoakan, semoga bencana ini surut dan manusia mau belajar pada kesalahannya.

Sudah lama aku kepengin kulit tubuh yang lembab setelah mandi, karena rasanya selama ini kok setiaap kali habis mandi kulit tubuh jadi kering, kalau  udah kering biasanya tuh mudah gatal, ini yang nyebelin  sih, hehe.