Kamis, 14 September 2017

Cegah Infeksi Virus Mers Dengan Gaya Hidup Bersih dan Sehat

Siapa sih ummat muslim yang nggak pengin ke Mekah? menunaikan ibadah haji? pasti semuanya pengin kan ya, termasuk kamu, juga aku pengin banget entah kapan ditakdirkan menginjakkan kaki di tanah suci.

Konon, kata beberapa kawan yang aku kunjungi sepulang mereka menunaikan ibadah haji, bahwa berhaji itu ibadah fisik, jadi fisik harus sehat benar, jika kita nggak pengin ibadah kita terganggu.

Terlebih berada di tanah suci dimana iklimnya sangat jauh berbeda dengan iklim di tanah air kita, bodi pasti membutuhkan adaptasi-adaptasi yang tidak mudah, dan salah-salah malah bisa bikin sakit.

Bicara soal sakit, buat yang menjalankan ibadah haji sebaiknya mengetahui apa itu tentang penyakit MERS, kenapa? karena MERS ditemukannya di Saudi Arabia pada tahun 2012, dan berkembang di Timur Tengah. 

Jadi mengetahui tentang MERS akan menjadi referensi bagi mereka yang mau berhaji atau melaksanakan umroh. Karena media penyebaran terbanyak virus ini adalah unta, yaitu mencapai 70 persen,

Apa sih MERS itu? MERS adalah Middle East Respiratory Syndrome, penyakit yang disebabkan adanya Virus Corona yang menyerang saluran pernafasan, dan penyakit ini mematikan, duuh serem ya.

Selain itu, virus ini memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan penyakit lain pada umumnya. Ciri yang dapat dikenali, diantaranya adalah :

  • Diare
  • Demam
  • Flu
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Muntah-muntah

Virus MERS ini belum ada obat yang bisa membunuhnya, bahkan vaksinpun juga belum ditemukan. Namun bukan berarti datangnya penyakit ini tak bisa dicegah.


Pencegahan infeksi virus MERS CoV bisa dilakukan dengan selalu menjaga gaya hidup bersih dan sehat, lakukan cuci tangan dibawah air mengalir dan gunakan sabun. 

Jaga tangan selalu dalam kondisi bersih ketika menyentuh mulud, hidung dan mata. Juga sebisa mungkin hindari kontak dengan penderita sakit, terutama penderita MERS.

Tahun ini saja, Indonesia memberangkatkan lebih dari 220 ribu jamaah haji yang terdiri dari 204 ribu jamaah haji reguler, dan 17 ribu jamaah haji khusus. Virus MERS ini belum ada vaksin maupun obat yang bisa membunuhnya, sehingga jamaah Indonesia sebaiknya mewaspadai datangnya virus ini.


Hasil gambar untuk jurnal kesehatan tentang mers
Sumber gambar: Dokter Indonesia online

Betadine sabun cair & betadine obat kumur

Infeksi MERS CoV bisa dicegah dengan selalu menjaga kebersihan. Praktiknya ya membiasakan diri sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, sabun antiseptic lho yang digunakan.

Kenapa? karena kandungan antiseptik povidone-iodine, terbukti efektif membunuh virus hingga level 99.9 persen, dalam jangka waktu 15 detik. Aku sering gunakan sabun antiseptik Betadine, selain sudah dikenal karena sejak kecil sudah dikenalkan Betadine oleh orang tua.

  • Betadine sabun cair antiseptik
    Memiliki kandungan yang efektif untuk melindungi kulit dari kuman ayng menyebabkan penyakit. Kandungan Povidone-Iodine memiliki kemampuan membunuh virus. 
    Betadine sabun cair antiseptik ini biasanya aku gunakan untuk mencuci tangan dan mandi.
  • Betadine obat kumur
    Betadine obat kumur efektif untuk bikin sehat tenggorokan, karena kita harus mewaspadai kuman yang ada dalam mulud.
    Gunakan untuk gargle pada waktu pagi bangun tidur, dan juga malam hari, menjelang tidur.

Gambar terkait
Sumber gambar: elevenia.co.id

Yuk buat kamu atau kerabat kamu yang pulang dari haji, selalu jaga kebersihan, biar bisa kita cegah virus MERS. Kebiasaan mandi dua kali sehari dan selalu mencuci tangan akan jadi pola hidup sehat, terhindar dari penyakit. 

Bukan hanya yang pulang haji saja lho, buat kamu atau kerabatmu yang mau umroh, sebaiknya siapkan juga Betadine sabun cair antiseptik dan Betadine obat kumur.

Kemasan Betadine yang mungil, pas banget buat dibawa ke perjalanan jauh karena tak akan merepotkan.

Karena kita nggak tahu apakah kita terjangkiti virus MERS atau tidak, tapi, mencegah selalu lebih baik dibanding mengobati kan?

3 komentar:

  1. Hmm.. Iya benar. Harus lbh waspada ya. Terimakasih sudah mengingatkan :)

    BalasHapus
  2. bawa betadine ah, insyaaAllah kalo nanti ke sana ^^

    BalasHapus