Kamis, 23 Juni 2022

Meracik Kopi Susu Gula Aren


Kopi susu racikanku

Kamu suka kopi susu kekinian nggak? kopi susu yang variannya bermacam-macam itu, dan biasanya ada di caffe-caffe, baik caffe yang besar maupun lapak caffe yang berukuran kecil.

Saat ini kedai kopi memang bukan hanya restoran yang besar saja, namun merambah ke kedai-kedai kecil yang rasa kopinya enaknya hampir sama.

Aku sih sejak kecil sudah doyan kopi ya, dan orang tuaku juga sering membuat kopi susu dan aku yang masih bocah sering minta icip kopi susu  buatan orang tuaku, seteguk dua teguk.

Pada perkembangannya, saat ini usaha kopi tumbuh menjamur, bahkan usaha kopi terus menjadi trend yang nggak pernah surut peminatnya.

Aku sudah mencoba beberapa varian kopi di beberapa gerai kopi, ya, relatif sih kalau sioal rasa, enak dan enak banget, haha.

Aku bukan mau bahas usaha kopi ya, tapi mau cerita aja, pengalaman bikin kopi susu yang katanya kekinian, haha.

Kan kalau pas jalan sama teman atau sama keluarga, kadang ngopi juga kan, jadi ya kalau awalnya hanya suka minum kopi hitam saja,s ekarang mulai suka kopi yang katanya kekinian.itu lho.

Diantara beberapa varian kopi, salah satu yang aku suka dan cocok di lidah aku adalah kopi susu gula aren, iya, rasanya seger aja sih. 

Nah, akhirnya aku coba sering bikin sendiri saja, dari pada terlalu sering beli, ya selain lebih hemat kan melatih feel juga, bisa nggak bikin kopi susu.

Mulailah browsing sana sinji, tanya sana tanya sini, tanya teman yang sudah praktik bikin kopi susu, mencoba resep kopi susu, pokoknya cari resep kopi susu se pas mungkin, hehe.

Akhirnya setelah mencoba berbagai komposisi, nemu juga komposisi yang pas buat aku, yuk kita lihat bahannya apa saja

Catatannya, ini kopi susu ala aku ya, teman-teman boleh diolah ala teman-teman, bisa saja yang aku bikin ini kurang pas atau kurang cocok buat teman-teman.

Bahan

1. 8 sdt gula aren

2. 8 sdt fiber cream

3. 3/4 sdt kopi nescafe

4. 225 ml susu full cream

5. 225 ml susu coconut delight

Caranya, gampang banget

1. Campurkan kopi nescafe, gula aren dan fiber cream dengan air panas, secukupnya, aku sih sekitar 4 - 5 sendok makan air, diaduk hingga cfairan menyatu nggak ada lagi printilan

2. Setelah tercampur rata, masukkan susu full cream dan susu coconut delight

3. Masukkan es batu ke dalamnya

Kopi susu siap dihidangkan, simpel dan hasilnya enak plus segar.

Catatan: 

  • Fungsi fiber cream memberi penguat rasa, sedikit umami pada kopi susu, ini boleh skip jika teman-teman kurang suka.
  • Fungsi susu coconut delight, memberikan rasa segar, namun jika teman-teman suka susu full cream, boleh diganti dengan susu full cream
  • Racikan ini adalah untuk susu dingin, kopi susu dengan dikasih es batu, karena jika tidak dikasih es batu rasanya akan terlalu kuat.
Sekali lagi, ini hanya racikan dasar ya, semua kembali pada selera kita masing-masing, 

Selamat mencoba




2 komentar:

  1. Banyak banget kopi susu kekinian di cafe salah satunya cappucino yang paling aku suka. Ehm ternyata bisa buat sendiri, tradisional banget kayak gini mantep gak tuh kopi susu gula aren. Jadi pengin buat, terima kasih resepnya bisa dicoba, nih.

    BalasHapus
  2. Baiknya memang buat sendiri ya, mba. Lebih hemat hehehe

    BalasHapus