Jumat, 05 September 2014

Agar Anak Tidak Kecanduan Gadget

Dewasa ini, sesuai dengan perkembangan jaman, sebagian masyarakat sudah tak asing dengan perangkat teknologi informatika, bahkan nyaris semua manggunakan untuk berbagai keperluan. Demam teknologi informatika ini melanda seluruh lapisan masyarakat, laki-laki, perempuan, dewasa, hingga sampai ke anak-anakdibawah umur.

Jika diperhatikan, banyak pemandangan mencolok di sekitar kita, yaitu anak-anak lebih akrab bergaul dengan peralatan teknologi, terutama gadget, seperti telepun genggam, komputer, lat top, tab, bahkan jenis I Pad.

Sebenarnya, selama anak-anak itu bisa mengambil manfaat dari perangkat teknologi tersebut bukan suatu maslah, karena tentu akan berguna bagi masa depannya. Namun sayangnya, lebih banyak anak yang menggunakan alat itu hanya untuk bermain saja, hanya sekedar fungsi konsumtif.

Ada yang harus dilakukan agar anak-anak bisa menggunakan perangkat Teknologi Informatika dengan benar
  • Jelaskan pada anak sejak dini tentang fungsi gadget, dan bagaimana cara menggunakan gadget , dengan tepat
    Dengan begitu maka anak akan tahu, kapan dia bisa menggunakan gadget itu sesuai waktu dan tempat yang tepat. Misalnya saat jam si anak harus belajar, maka dia akan menggunakan waktu untuk belajar. Demikian juga pada saat yang lain, waktu makan, waktu tidur.
    Pada intinya, kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan anak setiap harinya tidak mberubah menjadi kegiatan yang hanya dipenuhi dengan gadget.
  • Memberi batasan waktu kepada anak. Meskipun seorang anak sudah diberi penjelasan bahwa menggunakan gadget  ada waktunya, namun pembatasan juga perlu dilakukan dengan bijak. Hal ini untuk mengantisipasi anak akan terlena dengan gadget ditangannya. Perlu membuat kesepakatan dengan anak, berapa lama anak boleh bermain gadget.
    Selain mengantisipasi dampak buruk seperti kurang tidur, lupa makan dan sebagainya, kesepakatan dengan anak akan melatih anak untuk disiplin, memenuhi janji dan bertanggungjawab
  •  Menyediakan dan mendorong anak pada ruang bermain yang nyata, seperti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan di sekolah maupun kegiatan seperti olah raga, seni, dll.
    Dengan menyediakan ruang interaksi nyata, amka anak akan paham banyak hal yang menyenangkan di ruang nyta, selain gadget
  • aDampingi anak. Mendampingi anak, terutama saat anak masih berusia nol sampai lima tahun, orang tua wajib mendampingi anak. Karena dengan bimbingan orang tua, anak akan tahu bahwa dalam gadget banyak sekali aplikasi-aplikasi yang menyenangkan dan bermanfaat.
    Memilih yang bermanfaat akan menjadi rujukan bagi anak, di masa tumbuh kembangnya, bahkan anak akan menggunakan gadget untuk mendukung perkembangan prestasinya dari waktu ke waktu

2 komentar:

  1. Bener Mak, pada akhirnya sang Ibu dituntut tidak "Gaptek" supaya bisa bikin aplikasi2 yang mendidik. Nice Post!

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh, lagi benah-benah, makasih mba

      Hapus