Senin, 06 Juli 2015

Pemberdayaan Perempuan Bersama Serempak

Mendapat undangan untuk mengikuti acara di Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( KPPA ), tentu sebuah kesempatan yang tak boleh disiasiakan. Aku berpikir, tentu disana akan banyak ilmu yang akan kuterima.

Karena sejak dahulu aku concern dengan persoalan perempuan, bahkan beberapa artikelku yang pernah dimuat di media massapun lebih banyak berbicara tentang sosok perempuan, terutama perempuan sebagai sebuah kekuatan sosial.

Acara diadakan pada tanggal 29 Juni 2015, diselenggarakan di Ruang Rapat Ahmad Dahlan, sebagai penyelenggaranya adalah SEREMPAK, dengan tema acara Maju Bersama Serempak.
Siapakah Serempak?. Serempak adalah sebuah portal yang digunakan untuk interaksi secara online, yaitu guna mendiskusikan berbagai hal dan permasalahan yang terkait dengan masalah seputar pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 

Portal ini diharapkan menjadi media antara, atau jembatan antara Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ( Kemen PP-PA ) dan masyarakat luas, khususnya perempuan di seluruh Indonesia. Portal ini diampu dan dipandu oleh para pakar yang kapabel di bidang pemberdayaan peempuan dan perlindungan anak.

Pada acara itu, hadir Sekretaris Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak yaitu bapak Wahyu Hartomo, ibu Dra Martha Simanjuntak yang merupakan Ketua Tim Pokja serempak. Sedangkan sebagai nara sumber acara hari itu adalahdua orang. Bapak Robert AB yang seorang tenaga pengajar di Business School Binus, dan ibu ani Berta yang merupakan Koordinator Kemitraan di serempak.

Ibu Dra Martha Simanjuntak dalam sambutannya menjelaskan, bahwa  perkembangan era digital mengharuskan bahwa perempuan Indonesia harus memiliki kemampuan untuk mengakses berbagai ilmu. Maka diharapkan juga bahwa perempuan Indonesia akan memiliki kemampuan yang sepadan dengan era digital ini.

Pembicara bapak Robert, menjelaskan bahwa E marketing, adalah ruang yang sangat luas, bagi perempuan untuk melakukan berbagai aktifitas via internet, terutama aktifitas pemasaran, atau internet marketing. Sesi ini memancing diskusi yang cukup seru, sehingga menghilangkan kantuk peserta.

Pembicara selanjutnya adalah ibu Ani Berta, seorang blogger yang saat itu, dalam kapasitasnya sebagai

Sebagaimana yang disampaikan oleh bapak Wahyu Hartomo, bahwa keberadaan portal serempak ini sangat membantu tugas-tugas Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,  karena aktifitas Serempak memang sangat berkaitan dengan program kerja Kemen PP-PA.

 

Aktifitas Serempak

  • Menyebarluaskan program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, pemberdayaan perempuan  dan perlindungan anak. Informasi tersebut baik yang bersifat program kepemerintahan maupun program non kepemerintahan.
  • Menjadi media dan wadah bagi para penggiat pembangunan, pengembangan sosial kemasyarakatan.
  • Mempercepat pengembangan dan pemanfaatan teknologi untuk perempuan, sepeti e-Learning, e- Commerce, dan e-Public Service.
  • Meningkatkan akses dan partisipasi perempuan dalam program-program pengembangan masyarakat, khususnya perempuan dan perlindungan anak dengan efektif, efisien, kreatif dan mudah dalam pengelolaan 

Visi Serempak

Serempak mempunyai visi yaitu membangun dan mengoperasikan Portal Teknologi Informasi ( TI ) untuk perempuan ( sarana interaktif ) dengan fasilitas: informasi dan berita tentang kegiatan terkait, artikel tentang TIK dan topik terkait perempuan, materi ajar yang bisa diakses secara online dan forum sebagai sarana diskusi yang dimoderatori oleh pakar pada topik masing-masing melalui sosmed.

Dengan visi yang menyeluruh tersebut, portal Serempak diharapkan bisa menjadi sarana bagi perempuan Indonesia untuk berbagi informasi, berbagi pengetahuan. Setidaknya ada keuntungan yang bersifat timbal balik, bagi perempuan Indonesia dengan mengakses portal Serempak.

 

 Manfaat Serempak bagi masyarakat khususnya perempuan

  • Pada satu sisi, perempuan-perempuan Indonesia akan mendapatkan berbagai informasi, pengetahuan-pengetahuan baru melalui portal serempak. Berbagai pembelajaran yang diperoleh dari portal ini akan menyebar menjadi sebuah proses pendidikan masyarakat, khususnya perempuan.
  • Pada sisi yang lain, masyarakat dapat menyumbangkan berbagai informasi, atau buah pikirannya dengan mennjadi penulis di web Serempak.
Ibu Ani Berta menyampaikan beberapa hal yang berhubungan dengan bagaimana ketentuannya menjadi kontributor untuk web serempak
  • Jumlah kata dalam tulisan, minimal 500 kata dan maksimal 1000 kata
  • Agar ramah SEO, tulisan menggunakan key word
  • Wajib menggunakan prinsip komunikasi yaitu, 5W 1H
  • Periodisasi up date tulisan terjaga, dengan ritme yang ideal, adalah 2 - 3 kali postingan dalam sepekan
  • Lakukan self editing terlebih dahulu
Dengan adanya portal Serempak ini diharapkan para perempuan Indonesia semakin mudah mengakses berbagai informasi sehingga memiliki pengetahuan yang memadai, sehingga perempuan akan lebih dan lebih berdaya lagi.
Dalam skala kecil, perempuan akan menjadi pendidik dalam keluarga, dan dalam skala luas akan menjadi bagian dari pendidik di masyarakat.

Diharapkan, kedepan, dengan semakin meluasnya akses perempuan akan pengetahuan, akan menjadi bagian dari solusi persoalan-persoalan perempuan dan anak.





10 komentar:

  1. wah bagus idenya web serempak ini semoga makin banyak yang aware terhadap isu2 seputar anak dan perempuan di Indonesia ya mba, kita semua lebih terlindungi

    BalasHapus
  2. jadi ingat mba, sebelum aktif ngeblog lagi, saya kaya oran bloon. kalo ditanya anak ini itu, sering jawab gatau. sekarang jg masih blm pinter, tp kalo gatau buka internet :)

    BalasHapus
  3. di tunggu tulisannya mbak di Serempak, nanti aku baca deh :)

    BalasHapus
  4. Bahan tulisan ga usah jauh2 ya mak mengenai prempuan dan anak, yang ringan2 aja dari mengamati kleuarga juga bisa dijadikan bahan tulisan yak :)

    BalasHapus
  5. awalnya, saya juga bingung sama serempak mbak
    tapi pas ikut acara itu jadi ngeh
    meski saya cowok, seneng sih ikut acara ini
    yang penting bisa berguna meski cuma mampu lewat tulisan...

    BalasHapus
  6. acaranya pasti seru ya mba :)

    BalasHapus
  7. Ibu Dra Martha Simanjuntak dalam sambutannya menjelaskan, bahwa perkembangan era digital mengharuskan bahwa perempuan Indonesia harus memiliki kemampuan untuk mengakses berbagai ilmu. Maka diharapkan juga bahwa perempuan Indonesia akan memiliki kemampuan yang sepadan dengan era digital ini.

    ---> benar banget ini Mbak. Masih banyak perempuan Indonesia punya gadget canggih tapi tidak mengakses informasi penting di dunia maya :(

    Mudah2an portal SEREMPAK bisa makin mencerdaskan perempuan Indonesia

    Acara yang keren ya, Mbak. Dan beruntun sekali bisa hadir di sana :)

    BalasHapus
  8. kegiatan yang positif, tetap semangat serempak !

    BalasHapus
  9. Setuju mbak, juga quote yg dipilih mba Niar. Banyak temanku yg punya gadget tapi enggak bisa mendayagunakan lbh optimal, hanya utk hiburan, bahkan hal2 nggak penting lainnya.

    BalasHapus
  10. ini jadi wadah komunitas yang bermanfaat positif ya bund :)

    BalasHapus