Kamis, 30 Juli 2015

Mengolah Mie Lidi

Halo, apa kabar? sehat dan semangat ya tentunya., syukurlah semoga kita semua selalu sehat, agar aktifitas lancar jaya kan. 

Ada yang nggak suka mie? cung..., pasti ngga ada yang ngacung kan, karena kita  semua doyan kan sama mie, iya lah, kan mie enak, baik mie goreng, mie rebus, mie instan, mie bikin sendiri, mie gerobag, mie restoran, hee.

Apalagi sekarang, ada banyak variasi mie, lihat saja varisi pada rasa, tak sedikit mie yang memasukkan rasa ragam kuliner nusantara yang memang sangat banyak macamnya.

Selain variasi rasa, ada juga mie yang menyajikan variasi  pada toping, ada toping kriuk, ada toping sayur, toping rasa daging, dan lainnya.

Toping apa yang paling digemari pecinta kuliner?, tampaknya toping rasa pedas atau rasa cabe memiliki banyak penggemar, nah kalau kamu termasuk penggemar cabe, saatnya mencoba abon cabe sebagai toping makanan, kamu akan rasakan sensasi yang berbeda dengan saus cabe.

Selain berbagai macam mie telur yang ada, muncul mie jenis lain, salah satunya adalah yang populer dengan sebutan mie lidi, kenapa mie lidi? karena bentuknya  panjang dan ramping seperti lidi. Pernah lihat kan yang namanya mie lidi? .

Mie ini juga banyak digemari, dan lebih sering dimakan seperti makan kerupuk, karena memang renyah. 

Aku penasaran dong, karena suka lihat mereka yang makan mie lidi ini. Selain penasaran sama rasanya, aku juga penasaran kalau diolah seperti mie goreng atau mie kuah bisa apa nggak, akan jadi seperti apa, hehe.



Biar enggak penasaran lagi, maka aku siapkan saja bumbu-bumbu dan mie lidi dengan niat membuat mie goreng, yuk ikuti apa saja yang mesti disiapkan.

Inilah bahan-bahannya

250 gram Mie lidi
Air secukupnya untuk merebus mie
8 buah cabe merah
4 siung bawang merah ukuran sedang digoreng hingga layu
2 siung bawang putih ukuran sedang digoreng hingga layu
1/2 sendok teh lada bubuk
Garam secukupnya
1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
segenggam ebi yang sudah direndam agar empuk
Kecap manis sesuai selera
Sebatang daun bawang
Dua buah cabe merah besar diris memanjang

Cara Memasak

  1. Didihkan air secukupnya, masukkan mie lidi, tunggu hingga kenyal sesuai keinginan ( karena ada yang menyukai mie yang lembek, ada juga yang suka mie kering  ).
  2. Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, ebi.
  3. Cabe merah besar ditumis sebentar
  4. Cabe, bawang merah, bawang putih yang sudah halus ditumis hingga harum, lalu masukkan sedikit air, lada bubuk, kecap manis. Kecilkan api
  5. Setelah homogen, masukkan mie, aduk sebentar hingga meresap dan rata
  6. Setelah matang, taburkan daun bawang dan irisan cabe
  7. Mie lidi siap dihidangkan

Mi ala aku



32 komentar:

  1. Jadi laper Mata bund liat mie lumina hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iyaa, ini yang pertama masak mie lidi
      Makasih Tanty, udah mampir

      Hapus
  2. Kayak spagethi ya mie lidi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, bener mba Rahmi, kaya spaghetti
      MAkasih ya, kunjungannya

      Hapus
  3. Aduh gak pernah kepikiran masak mie lidi. Biasanya mie lidi aku makan mentah-mentah gitu aja sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan mi lidi yang siap makan mba, ini bahan mentahnya mirip spagheti
      Makasih ya mba, sudah berkunjung

      Hapus
  4. sama kaya mimi affandi, biasanya dimakan mentah gitu dikasih bumbu. bisa dimasak juga ya ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mie lidi yang ini, mentahnya mirip spagheti, bentuknya lurus kaya lidi.
      Makasih mba, udah mampir

      Hapus
  5. mie lidi..aku suka banget mie lidi..yg pedes....aku doyannn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, yang pedes-pedes memang nyuuss
      Makasih ya mba, kunjunganya

      Hapus
  6. makk...ini mi lidi siap makan itu yg dimasak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mba, ini spagheti, bentuknya lurus kaya lidi, hehe
      Mba, trims ya kunjungannya

      Hapus
  7. sampai sekarang belum pernah kepengen makan mie lidi :))) padahal banyak yang jualan di sini.. seblak juga ga pernah kepengen nyobain... enak ya??? hihihihhi...

    BalasHapus
  8. Pernah denger terus lupa eh diingetin lagi disini, Mie Lidi bener mentahnya kayak spagetti, Mie Lidi adanya cuma ada di supermarket besar ya Mbak?

    BalasHapus
  9. Waaaah kangen makan injj niiim uda lm bgt sejak 10 thbyg lalu

    BalasHapus
  10. Waah mie lidi bisa dimasak juga ya ternyata? Sepertinya enak jugaa..

    BalasHapus
  11. Aku penggemar berat mie bund, khususnya ramen Korea dan Jepang. Enaaakk.. Aku gak suka lidi ini, pedesss... Hehehe..
    Btw aku follow blog nya ya bund #25 , silahkan follow back jika berkenan ya ^.^
    Thank you..

    BalasHapus
  12. Beneran bikin ngiler deh. Wajib nyobain resep ini kalau mau masak mie lidi. Kalau ngolahnya pas apalagi pas di lidah. Auto doyan nih.

    BalasHapus
  13. Hyaaa kok bisa kepikiran mie lidi buat digoreng atau direbus! Iya juga ya, aku malah baru ngeh, kan itu terbuat dari tepung terigu juga bahannya mbak Yanti..
    siap nyobain ah

    BalasHapus
  14. SAya belum pernah mencoba memasak mi lidi, Mbak. Hm, sepertinya perlu mencoba ini.

    BalasHapus
  15. Ini bisa diolah Juga y mba... Aku pikir di gado gitu Aja.. mau deh Cobain resepnya

    BalasHapus
  16. Mie lidi itu camilan kesukaan di rumah ku mbak, apalagi yang rasa balado pedas, dan baru ngeh kalau bisa diolah untuk masakan juga, biasanya tinggal makan kriuk-kriuk hehehe

    BalasHapus
  17. Ya ampun kirain bikin mi lidi, susah kan tuh
    Ternyata masak mie lidi jadi hidangan
    Pasti yummy 😋😋

    BalasHapus
  18. Itu mie lidi daku tahunya karena pernah jadi jajanan di sekolah haha. Enak itu Bu, apalagi enaknya karena ditraktir sama gebetan, haddeh 🙈😁

    BalasHapus
  19. Deuhh berasa gurihnya ampe sini Mbak hehe... soalnya mie lidinya dikasih ebi kan ya sebagai rencahnya h,,, endol deh

    BalasHapus
  20. Wah ternyata mi lidi bisa bikin kenyang juga ya. Jadi pengen praktekin ah.. unik lo mi goreng lidi.

    BalasHapus
  21. Belum pernah cobain mie lidi. Kelihatannya enak juga yaa.. eh spaghetti sebelum dimasak, tampilannya kayak mie lidi ini juga kan..hihihi

    BalasHapus
  22. Aku paling suka dengan semua olahan mie. Apalagi olahan spagethi. Wajib dicoba nih resepnya. Aku ngiler pisan��

    BalasHapus
  23. Aku belum pernah sih nyoba makan mie lidi atau coba bikin masakan berbahan mie lidi,jadi nggak tau rasanya gimana.

    Tapi aku sering liat kalau ke pasar beli bahan sayuran,ada pedagang yang jual mie ini. Hem,, jadi pengen nyoba buat juga di dapur

    BalasHapus
  24. Ya ampyuuuuun, mie lidi ini kesukaan aku dan anak2 hehehe. Kan ada yang rasa jagung bakar, rasa pedas, asin dll biasanya. Jajanan jadoel yang masih enak dinikmati sambil santai di rumah. Ternyata dimasak juga bisa ya ga nyangka wkwkwkw :) Tinggal dibumbui aja pasti yummy nih, Mbak Tite hehehe .

    BalasHapus
  25. Ngiler banget nih jadinya. Jadi pengen bikin juga, apalagi saat kumpul keluarga pasti pada suka deh..save ah resepnya

    BalasHapus