Kamis, 30 Juli 2015

Mengolah Mie Lidi

Salah satu jenis Mie yang digemari sebagian kita adalah Mie Lidi selain jenis Mie yang lainya. Aneh memang ya, kita ini hidup di negara agraris, dengan berbagai hasil bumi, namun disana sini kita temukan Mie menjadi makanan yang banyak digemari. 

Perusahaan mie instan menangkap dengan jeli kegemaran masyarakat akan mie, maka dibuatlah berbagai varian rasa mie, yaitu dengan berbagai rasa masakan Indonesia.

Coba saja keluar dari rumah, penjual mie berbagai jenis bisa kita temukan dengan mudah. Sebut saja, mie bakso, mie ayam, mie goreng Jawa, mie yamin, mie ramen dan lainnya. 
Ini yang disebut aneh tapi nyata, hehehe. Aku memang menganggap aneh, dengan kenyataan hampir semua umur menggemari mie, tetapi itulah faktanya hehehe. 
Mungkin karena dianggap praktis, mengenyangkan, bisa menjadi pengganti nasi atau laiinya.



Berbeda dengan mie lidi, mie jenis ini banyak juga dijadikan makanan ringan semacam kerupuk, meskipun juga bisa dimasak, sama halnya dengan mi telur.
Karena penasaran, aku memasak dan mengolah mie lidi dengan bumbu ala aku

Mie Lidi, adalah salah satu jenis mie yang memiliki rasa yang khas, sedikit berbeda dengan rasa mie telur. Aku bukan penggemar berat mie, tapi beberapa jenis mie kadang kucoba juga, terutama mie dengan bahan dasar tapioka.

Inilah bahan-bahannya

250 gram Mie lidi
Air secukupnya untuk merebus mie
8 buah cabe merah
4 siung bawang merah ukuran sedang digoreng hingga layu
2 siung bawang putih ukuran sedang digoreng hingga layu
1/2 sendok teh lada bubuk
Garam secukupnya
1 sendok makan minyak goreng untuk menumis
segenggam ebi yang sudah direndam agar empuk
Kecap manis sesuai selera
Sebatang daun bawang
Dua buah cabe merah besar diris memanjang

Cara Memasak

  1. Didihkan air secukupnya, masukkan mie lidi, tunggu hingga kenyal sesuai keinginan ( karena ada yang menyukai mie yang lembek, ada juga yang suka mie kering  ).
  2. Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih, ebi.
  3. Cabe merah besar ditumis sebentar
  4. Cabe, bawang merah, bawang putih yang sudah halus ditumis hingga harum, lalu masukkan sedikit air, lada bubuk, kecap manis. Kecilkan api
  5. Setelah homogen, masukkan mie, aduk sebentar hingga meresap dan rata
  6. Setelah matang, taburkan daun bawang dan irisan cabe
  7. Mie lidi siap dihidangkan

Mi ala aku

Mie lidi pada dasarnya mirip dengan mie telur, hanya berbentuk lurus mirip lidi, maka sering disebut mie lidi.

18 komentar:

  1. Jadi laper Mata bund liat mie lumina hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, iyaa, ini yang pertama masak mie lidi
      Makasih Tanty, udah mampir

      Hapus
  2. Kayak spagethi ya mie lidi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, bener mba Rahmi, kaya spaghetti
      MAkasih ya, kunjungannya

      Hapus
  3. Aduh gak pernah kepikiran masak mie lidi. Biasanya mie lidi aku makan mentah-mentah gitu aja sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini bukan mi lidi yang siap makan mba, ini bahan mentahnya mirip spagheti
      Makasih ya mba, sudah berkunjung

      Hapus
  4. sama kaya mimi affandi, biasanya dimakan mentah gitu dikasih bumbu. bisa dimasak juga ya ternyata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mie lidi yang ini, mentahnya mirip spagheti, bentuknya lurus kaya lidi.
      Makasih mba, udah mampir

      Hapus
  5. mie lidi..aku suka banget mie lidi..yg pedes....aku doyannn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, yang pedes-pedes memang nyuuss
      Makasih ya mba, kunjunganya

      Hapus
  6. makk...ini mi lidi siap makan itu yg dimasak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mba, ini spagheti, bentuknya lurus kaya lidi, hehe
      Mba, trims ya kunjungannya

      Hapus
  7. sampai sekarang belum pernah kepengen makan mie lidi :))) padahal banyak yang jualan di sini.. seblak juga ga pernah kepengen nyobain... enak ya??? hihihihhi...

    BalasHapus
  8. Pernah denger terus lupa eh diingetin lagi disini, Mie Lidi bener mentahnya kayak spagetti, Mie Lidi adanya cuma ada di supermarket besar ya Mbak?

    BalasHapus
  9. Waaaah kangen makan injj niiim uda lm bgt sejak 10 thbyg lalu

    BalasHapus
  10. Waah mie lidi bisa dimasak juga ya ternyata? Sepertinya enak jugaa..

    BalasHapus
  11. Aku penggemar berat mie bund, khususnya ramen Korea dan Jepang. Enaaakk.. Aku gak suka lidi ini, pedesss... Hehehe..
    Btw aku follow blog nya ya bund #25 , silahkan follow back jika berkenan ya ^.^
    Thank you..

    BalasHapus