Kamis, 21 Januari 2016

Serba Serbi Blog Walking

Blog Walking atau BW, tentu sangat tidak asing bagi blogger, karena blogger tak bisa dipisahkan dengan Blog Walking. Apa sih Blog Walking atau BW? yaitu kunjungan seorang blogger ke blog-blog milik orang lain. Mengunjungi, dan lazimnya memberikan komentar.

Apa setiap blogger selalu BW? tidak juga. karena aku pernah BW beberapa kali di sebuah blog, beliaunya tak juga BW ke blogku. Kalau begitu blogger yang BW itu ada pamrih ya? hehehe ya iya lah, kan berlaku prinsip simbiosi mutualisme, ciee.

Aku juga tak ingin tahu sebabnya, mungkin karena beliaunya adalah seleb bloger atau blogger papan atas, hehehe, sesekali becanda.

Peraturan tidak tertulis di dunia bloging, adalah bahwa Blog Walking wajib dilakukan, karena dengan melakukan Blog Walking, akan mendapatkan kunjungan balik dari blog yang sudah dikunjungi.

Fungsinya untuk apa melakukan BW? karena dengan membuka blog, berarti menambah jumlah tayang sebuah blog, dan bagi seorang blogger, jumlah tayang blog memiliki manfaat tersendiri.

Nah dalam pengamatanku -- ciee sok jadi pengamat nih--, Blog Walking ini memiliki pernik-pernik tersendiri, setidaknya menurutku ada serba serbi dalam aktifitas Blog Walking ini.

Apa yang didapat dari Blog Walking? banyak

  • Meningkatkan jumlah tayang halaman blog, otomatis menaikkan traffic blog.
  • Mendapatkan ilmu, pengetahuan dan informasi baru bagi pengunjung blog. Baik dari aspek desain blog, maupun aspek konten.
  • Menjadi jalinan silaturahmi ilmu daan menambah kedekatan antara tuan rumah dan pengunjung blog. Bukan tidak mungkin jalinan silaturahmi ini akan berlanjut sampai ke dunia nyata.
  • Menumbuhkan inspirasi, memancing ide.

Komentar

Cara blogger memberikan komentar, juga bermacam-macam. Tidak sedikit yang menulis panjang lebar, menjadi penegas kembali tema postingan yang tengah dibahas. Ada yang menambahkan info menambahkan ulasan dan sebagainya, sesuai dengan tema postingan.

Namun, sebagian besar komentar di blog adalah hanya terdiri dari satu kalimat saja, tiga sampai lima kata. Lebih banyak lagi, komenar yang sangat pendek, seperti TFS ( Thanks For Sharing ), infonya bagus, trims infonya keren dan laiinya yang kurang lebih hanya satu atau dua kata.

Aku tidak berani mengatakan kalau komentar-komentar yang pendek-pendek seperti menghemat pemakaian kata, hanya untuk memenuhi standard minimal Blog Walking saja, atau komentar sebagai sebuah aktifitas yang ada, disebabkan oleh satu keharusan tertentu.

Karena tidak semua pengunjung dan yang berkomentar di blog adalah seorang blogger. Tidak sedikit diantara para pengunjung blog adalah para pemilik lapak on line, atau pengunjung lain yang tidak diharapkan kehadirannya, hehehe.

Nah, kita termasuk yang manakah? apakah berkomentar cukup satu dua kata saja, ataukah komentar dengan menggarisbawahi konten, sehingga komentar kita bisa dinikmati juga.

Para blogger juga menggunakan berbagai settingan untuk mengamankan postingannya, ada yang komentarnya di moderasi dulu, melalui captcha yaitu sebelum komentar itu muncul, akan dilihat dan disetujui dulu oleh pemilik blog

Macam captchapun berbagai jenis. Memverifikasi antara contoh foto dengan memilih beberapa kotak yang berisi foto yang sama atau sesuai dengan contoh fotonya.

Pada bagian ini, aku mengasumsikannya sebagai suguhan, hehehe. Suguhan untuk pengunjung yang sedang bertamu.
 
Ada yang menyerupai kue, dari kue taart, pizza, bread, panecake. Ada yang menyerupai permen, es krim, nasi, daging, dan sebagainya.

Ada yang menyerupai gunung, lautan, pohon dan sejenisnya. bahkan tak jarang aku disuguhi foto yang kadang membuatku tertawa geli. Ya, karena asumsiku bahwa aku tamu, jadi merasa geli saja, saat aku disuguhi foto-foto seperti jalanan, papan penunjuk jalan, sepeda, bahkan truk dan bus, hehehe.




33 komentar:

  1. Aku juga suka malas BW lagi ke blog orang yg gak balik BW wkwk... Biasanya kalo tulisannya bagus ya dibaca aja tanpa dikomentari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kalau aku, penginnya berusaha BW yang banyak, tapi susah ya, karena kerjaan rumah tangga juga butuh waktu banyak.Temgkuyuu mba, udah mampir

      Hapus
  2. Kalo aku sih tergantung dengan tema yang dibahas. Kalo gak ngerti, ya cuma beberapa kata dan nyimak aja. Kalo gak komentar, rasanya kurang afdhol. Karena pemilik blog lebih suka diberi komentar walau dikit, daripada tidak sama sekali. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups, nyimak dan komentar, itu yang ideal ya mba, makasih mba udah berkunjung

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Aku termasuk yang suka blog walking tapi terkadang bingung mau ninggalin komen apa. Karena terkadang kalo sekedar bilang "tulisannya bagus" takut dianggep basa basi :p Salam kenal ya, mba. Ga sengaja nyasar kesini akibat baca komen di blog lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, salam kenal kembali, trims ya udah nyasar, hehehe. Kunjungan ke blog juga sudah menyenangkan tuan rumah kok, hehehe

      Hapus
  5. Wuih, pengetahuan Yanti, oke punya lho. Bunda belum seperti itu, asih harus belajar nih dan jadi salah satu resolusi tahun 2015. Biasanya kalo bunda BW kpd orang yang memberi komentar didahulukan. Rasanya kita bertamu, gitu lho. That's the beauty of Blogwalking...LOL

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halaah, bunda, pengetahuan apa to? ini kan hal yang sering kita lakukan ya? hehehe
      Makash bunda udah mampir

      Hapus
  6. Asiiik...mbak Yanti sekarang sering mosting. Kemarin2 kalau ke sini sepuiii !! Semangat terus yaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, mba Oty, iya, kalo kerjaan rumah lagi banyak, anter mertua kesana dan kemari, ya, susah nulis.
      tengkyuu mba, untuk suppoort tiada henti

      Hapus
  7. BW aku sukaaa, lumayan....menambah teman, masalah komentar, saya tidak terlalu mempermasalahkan, mau sedikit atau banyak,...*daripada tidak memberikan komentar, sedikit lebih baik sebagai bentuk apresiasi*
    Kalau komentar pakai capcha di Hape, ampun deh, saya langsung minggat, karena....repot banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener, apresiasi, itu yang suka kita lakukan ya mba, dan pemilik blog pasti berterimakasih.
      trims mba Een, udah mampir

      Hapus
  8. aku suka BW, karena menurutku BW ngaruh banget buat kita sebagai blogger.

    buat masalah komentar, buat sekarang ini lebih milah-milah sih, ada kalanya di suatu postingan aku g komentar, karena menurutku postingan ini g akan dapat pengaruh banyak / baik-baik aja tanpa komentarku.
    tapi pas emang komentar, ya aku komentar sesuai apa yg pingin aku sampein, cuman kalau sebuah postingan itu bagus dan bermanfaat, bagi aku mengucapkan terima kasih buat blogger yg nulis kenapa g? itu wujud penghargaan aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, karena BW juga bentuk pertemanan sesama blogger, hehehe, meskipun tidak semua BW tanpa memilih mba
      makasih mba, udah mampir

      Hapus
  9. Aku BW krn suka baca. Komen krn merasa dilibatkan oleh blogger dlm tulisannya. Sering jg baca tapi gk comment, apalagi kalo komennya sdh banyak. DiBW dan dikomen balik, syukur. Gak juga yaah gk bsa kesel juga sih,hehehe.. Kalo masalah gambar2 itu emang dri bloggerdotcom nya mbak. Itu anti spamm. Salam kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mba Vita, trims ya udah mampir.
      Iya, yang gambar itu, suka merasa kocak saja hehehe

      Hapus
  10. Aku termasuk yang komentar pendek sampai sedang. Hehehehe

    Tapi dulu aku bisa seharian BW, sekarang waktunya ga sebanyak dulu. Eh tapi sekarang lebih enak sih, kalo di kendaraan umum dan cukup merasa aman aku manfaatkan untuk BW, tiba-tiba sampe deh ketujuan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, penginnya sih BW sebanyak mungkin ya, hehehe. tetapi apa daya, kerjaan rumah numpuuuk.
      Tengkyuu Desy, udah mampir

      Hapus
  11. BW itu ga harus ninggalin komen kan?. Kalo aku sih berkunjung ke blog orang samsek ngga ngarep dese kunjungan balik. nice postingan mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. BW mengalir aja ya, karena suka silaturahmi, cakeeep. Tapi biasanay sih kalau yang lazim, selalu dikunjungi balik deeh

      Hapus
  12. Kalau ada yg mau dikomentarin sy bisa kasih komen panjang juga tiap BW. Tapi memang ada kalanya bingung mau komen apa ketika BW. Kadang lho :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener juga, sama bingungnya dengan kita juga mau balas apa ya, kalau dikomen, hehehh

      Hapus
  13. Dan yang paling sebel sama blogwalker *eciyeh nambah2in aja* yang cuman komen, nice info gan kemudian kasi link hidup tuh rasanya pengen kitikin hahah. Btw emang bw itu punya potensi besar utk kehidupan blog kita ga mbak, hehe ��.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, link hidup bikin kita habis waktu untuk hapus ya mba, padahal kita butuh waktu untuk yg lebih penting
      makasih udah mampir

      Hapus
  14. Aku bw krn pingin bw sih. Kadang bw bisa buat cari ide tulisan. Jadi bukan diniatkan krn pamrih biasanya. Dan gak ngarep juga bakalan di bw balik. Ikhlas aja kok insya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yups, dengan BW, ide atau inspirasi sering bisa terpancing, setuju mba
      Makasih ya mba udah berkunjung

      Hapus
  15. Mbak Yantiii maaf ya aku baru BW ke siniii. Ma'aaaf banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heeey, kena minta maaf win? kan belum lebaran heheheh.
      Aku belum punya stok maaf
      Tengkyuu yaa, udah mampir

      Hapus
  16. aku suka BW, senang baca-baca blog teman-teman, silaturahim dan balasin yang BW ke blogku...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, simpel dan mengena ya mba, baca, silaturahim dan bW bvalik, heheh. siip
      makasih mba Dewi, udah mampir

      Hapus
  17. Ahaha.. aku termasuk yg jaraaang banget BW, jadi malu ih.. Harus bisa memanage waktu lebih baik lagi nih, supaya rutin BW. Tapi blog-ku sepiiii.. jadi malu juga kalo kedatangan tamu ngga disuguhin cerita apa2 hehe.. peer berikutnya berarti harus rajin ngisi blog :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, mba Astrid, bisa aja, kenapa malu?
      Aku juga sekarang susah atur waktu, nggak pinter, hehehe
      Makasih mba, udah mampir

      Hapus