Minggu, 06 November 2016

11 Alasan Kenapa Kamu Harus Makan Buah di Pagi Hari

Sejak zaman dulu kala, buah dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan, mengingat buah-buahan kaya akan vitamin dan mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk sistem kekebalan serta daya tahannya. 




Dengan begitu, buah-buahan sudah sepatutnya masuk ke dalam menu harianmu. Kamu juga pasti sering mendengar anjuran untuk makan buah di pagi hari karena membawa lebih banyak manfaat. Apa saja manfaat mengonsumsi buah di pagi hari? Yuk, simak!

  •  Sarana Detoksifikasi

Sama seperti segelas air hangat selepas bangun dari tidur, buah yang dikonsumsi di pagi hari menjadi makanan pembersih racun yang menumpuk di dalam tubuh



  •  Kaya Enzim

Enzim yang terkandung dalam buah sangat baik bagi kesehatan tubuh. Enzim tersebut memberi manfaat bagi kesehatan sistem pencernaan. Enzim yang terkandung pada buah-buahan juga dapat membantu tubuh menyerap nutrisi makanan yang kamu konsumsi.

  • Kesehatan Jantung

Buah-buahan yang kaya akan zat anti oksidan, asam folat, dan serat dapat menjaga kesehatan jantungmu secara berkala. Mengonsumsi buah-buahan secara rutin setiap pagi juga dapat menyehatkan dan menguatkan jantung.

  • Menghidrasi Tubuh

Mengonsumsi buah di pagi hari akan sangat baik untukmu. Selain rasanya segar dan dapat memberikan efek segar pula pada tubuhmu, makan buah di pagi hari juga mampu membantu tubuhmu terhidrasi dengan baik, mengingat ketika baru bangun tidur, cadangan air dalam tubuhmu masih belum maksimal.

  • Memberi Energi

Sarapan dengan buah-buahan yang menyediakan energi untuk tubuhmu ini bisa kamu lakukan dengan rutin setiap pagi untuk hasil yang maksimal selama beraktivitas di luar rumah. Untuk menambah karbohidrat dalam asupan sarapanmu, kamu bisa menambahkan oatmeal dengan varian rasa sesuai selera. 




  • Menekan Keinginan Makan Berlebih

Sarapan di pagi hari dengan buah dapat menekan keinginanmu untuk mengonsumsi makanan secara berlebihan. Hal ini juga sekaligus menghindarkan kamu dari mengemil secara berlebihan yang dapat berdampak pada obesitas. 

  • Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan


Buah yang kamu konsumsi setiap pagi tersebut juga bisa membantu menyehatkan pencernaan dan menjaga kesehatan sistem pencernaanmu. Hal ini akan berdampak baik dalam jangka panjang mengingat beberapa komplikasi penyakit datangnya dari sistem pencernaan.

  • Meningkatkan Kesehatan Otak

Buah-buahan kaya akan mineral dan vitamin. Rasanya pun segar, ditambah lagi dikonsumsi di pagi hari di mana alat pencernaan masih bersih dari segala macam makanan dan udara pagi hari yang masih sejuk. Buah-buahan dipercaya dapat meningkatkan kesehatan otak karena dapat melepaskan stres.

  • Menjadi Mood Booster

Glukosa dan serat dalam buah-buahan dapat meningkatkan mood dan semangatmu untuk memulai kegiatan di pagi hari.

  • Mampu Meredakan Stres

Buah-buahan yang kaya akan vitamin C dapat membantumu melawan stres dengan cara yang baik karena vitamin C ini akan bereaksi pada tubuhmu. Vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan juga berfungsi untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh stres

  • Mempercantik Kulit

Selain untuk meredakan stres, vitamin C juga dapat berfungsi untuk mempercerah dan mempercantik kulit. Kulit akan terlihat lebih bersih dan merona. Hal ini baik untuk meningkatkan kepercayaan dirimu di berbagai kesempatan.





19 komentar:

  1. wuih... ternyata manfaatnya banyak banget ya, mengkonsumsi buah di pagi hari.

    BalasHapus
  2. Beberapa waktu lalu saya rajin sarapan pagi itu dengan buah, tapi akhir - akhir ini kok saya jadi kembali ngunyah gorengan buat sarapan yah hehe

    BalasHapus
  3. oke sih
    cuman ada beberapa buah yang bikin mules kalau dimakan pagi2 jeng hehehe
    sering juga ngalamin yang kayak gitu
    cuman emang kite sadar, vitamin dalam buah adalah asupan bagus untuk menjaga vitalitas tubuh dan kesehatan :)

    BalasHapus
  4. Iya nih, setuju banget, buah tuh salah satu makanan yg baik untuk menyembangkan kadar dalam tubuh

    BalasHapus
  5. wah beda banget sama ane, tiap pagi sarapannya gorengan,, hehe murah sih

    BalasHapus
  6. wuih banyak banget ya manfaatnya makan buah di pagi hari.. :-)

    BalasHapus
  7. Mbak..sebaiknya, kita makan buah dulu atau nasi dulu ? kalo kita kan orang indonesia, kalo gak makan nasi gimana gitu..

    BalasHapus
  8. Kapan saya bisa memulainya ya
    ..

    BalasHapus
  9. terima kasih kak buat infonya namun gimana kalau tidak ada buahnya kak apa ada cara yang lain agar tetap sehat

    BalasHapus
  10. setuju semua nih, iya kalau pagi enaknya makan buah, diperut enak adem. kalau makan pedas siangnya sudah mulas2. tetapi banyak makan buah memang menyehatkan :)

    BalasHapus
  11. tapi aku pernah denger bahwa pagi itu gak boleh makan buah dulu sebelum makan nasi, katanya sih takut sakit kak??

    BalasHapus
  12. nah ini aku banget mbak, pagi mesti buah dulu mbak, baru makan berat beberapa jam kemudian

    BalasHapus
  13. Ternyata bagus ya makan buah di pagi hari

    BalasHapus
  14. Like banget nih.. saya juga membiasakan itu

    BalasHapus
  15. Buah emang bagusnya dimakan 30an mnt sebelum makan berat. .beda hasilnya dengan makan buah setelah makan berat

    BalasHapus
  16. Katanya ada beberapa buah yang hanya bisa dijadikan snack alias dimakan sesudah makan

    BalasHapus
  17. Sepakat kalau buah itu sebagai mood booster, emang beda kalo sarapan ama yang berat2 dan buah pas siang menjelang...

    BalasHapus
  18. Wah... manfaatnya banyak banget ya, saya kalau makan buah pasti sore sekalian ngeteh

    BalasHapus
  19. Keuntungan sebagai penyuka buah. Buah tuh sahabat yang baik buat tubuh kita. Thanks for sharing, btw.

    Salam,
    Syanu.

    BalasHapus