Minggu, 26 Februari 2017

Contact Center BPOM, Melayani Pengaduan Masyarakat

Sering terdengar celetukan, kalau sekarang ini orang mudah sakit dan juga sekarang itu sakit tidak lagi mengenal usia. Sakit berat seperti hipertensi, sakit lambung bahkan patologi sekarang juag mengidap anak-anak.

Diyakini oleh banyak kalangan, termasuk para ahli bahwa salah satu faktor yang dominan menjadi penyebab seseorang mudah sakit adalah faktor pola makan. Tentu saja hal ini sangat logis karena apa yang masuk ke dalam badan akan menjadi bagian dari badan.


Dokumen BPOM


Dokumen BPOM

Sebagian masyarakat cenderung tidak memperhatikan dengan seksama apa yang mereka konsumsi, jadi wajar saja kalau sekarang ini penyakit cenderung mudah datang.

Padahal kita sudah memiliki lembaga penguji makanan dan obat lho, dan badan ini merupakan panjang tangan pemerintah untuk melakukan pengawasan dalam pelayanan obat dan makanan.

BPOM merupakan perwujudan dari tanggung jawab pemerintah untuk melindungi masyarakatnya, agar selalu terjaga kesehatannya, menjadi manusia yang berkualitas.

Tanggal 31 Januari 2017, usia BPOM mencapai 16 tahun, dan pada kesempatan itu menyelenggarakan pertemuan yaitu "Open House BPOM bersama Blogger". Sharing tentang aktifitas BPOM dalam melakukan pengawasan obat dan makanan

Pada momen ulang tahun itu BPOM juga menyampaikan berbagai perkembangan yang terus berlangsung hingga saat sekarang ini.

Yuk kalau kamu pengin tahu, ini fungsi BPOM
  • Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan obat dan makanan
  • Pelaksanaan kebijakan tertentu  di bidang pengawasan obat dan makanan
  • Koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas Badan POM.
  • Pemantauan, pemberian bimbingan dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah dan masyarakat di bidang pengawasan obat dan makanan.
  • Penyelenggaraan pembinaan dan pelayanan adminsitrasi umum di bidang pelayanan adminsitrasi umum, perencanaan umum, keteteusahaan, organisasi dan  tata laksana pegawaian, keuangan, kearsipan, hukum, persandian, perlengkapan dan rumah tangga.

Dokumen BPOM


Dokumen BPOM


Dalam pelaksanaannya, tugas BPOM salah satu sebagai Pemeriksa Keamanan Pangan, misal saja hal yang sering sekali kita dengar di masyarakat, makanan yang mengandung boraks.

Boraks yang terkandung pada bakso akan menyebabkan bakso bertestur kenyal, dan warna bakso putih menarik. Sementara untuk daging yang tidak dicampuri warnanya coklat.

Begitu juga dengan makanan yang jenis lain misal lontong atau ketupat. Bila memiliki kekenyalan yang tidak wajar, bisa jadi ketupat atau lontong itu mengandung boraks.

Sebenarnya kewajiban mengawasi dan menjaga makanan serta obat bukan hanya tugas pemerintah saja, dalam hal ini BPOM. Masyarakat juga sudah semestinya berpartisipasi, demi keamanan dan kesehatan mereka sendiri.

Dengan partisipasi itulah, masyarakat menjalankan kemandirian dalam pengawasan obat dan makanan.

Apabila satu saat masyarakat menemukan ada makanan atau obat yang berbahaya, ada Contact  Center BPOM melalui nomor 1500533 atau 08121 9999.

Medsos milik bPOM juga bisa dimanfaatkan untuk media melaporkan berbagai masalah yang berkaitan dengan masalah keamanan dan kesehatan makanan dan obat. Facebook dengan akun Bpom RI, akun  Twitter BPOM_RI dan @HaloBPOM1500533, 


1 komentar:

  1. Semoga dengan tulisan-tulisan semacam ini, masyarakat semakin cerdas

    BalasHapus