Sabtu, 11 Maret 2017

Tumis Bunga Pepaya Jagung Manis






Bahan-bahan

  • 200 gram bunga pepaya
  • 1 buah jagung manis
  • 1 sdm rebon
  • 4 buah cabe merah, iris
  • 3  siung bawang merah, iris 
  • 1 siung bawang putih, iris
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas dimemarkan
  • 2 cm jahe dimemarkan
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya untuk menumis
  • Air secukupnya

Bumbu yang dihaluskan

  • 5 buah cabai rawit hijau, atau sesuai selera
  • 2 buah cabai merah besar
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih

Cara memasak

  1. Cuci bersih bunga pepaya, kemudian remas dengan garam, agar getahnya keluar.
  2. Lalu rebus bunga pepaya hingga matang
  3. Siapkan wajan, masukkan minyak goreng.
  4. Tumis bumbu halus, hingga muncul aroma wangi
  5. Masukkan cabe, bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, jahe, diaduk hingga layu dan wangi.
  6. Masukkan rebon yang sudah digoreng terlebih dahulu, aduk sebentar
  7. Masukkan bunga pepaya, aduk rata.
  8. Masukkan jagung manis yang sudah dipipil, aduk rata.
  9. Tambahkan sedikit air
  10. Masukkan garam, gula pasir, aduk, dan tunggu hingga bumbu meresap.


Tips

Bagi yang tidak menyukai rasa pahit bunga pepaya, bisa dikurangi atau dihilangkan dengan cara:
  • Bunga pepaya direbus dengan tanah liat, jika menggunakan cara ini, setelah direbus bunga pepaya dicuci dibawah pancuran, agar bersih dari tanah liat.
  • Ada yang dengan cara, bunga pepaya direbus dengan asam Jawa, aku belum pernah mencobanya
  • Ada yang menggunakan cara, bunga pepaya direbus bersama daun jambu air.
  • Rebon digoreng terlebih dahulu, agar aroma lebih kuat

Cara yang lazim aku gunakan sejak dulu, menggunakan tanah liat dan terbukti, mengurangi rasa pahit.

20 komentar:

  1. Aku suka banget ala menado begini cuma pernah masak tapi punyaku kok pait hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba cari di tukang sayur, tanah liat, aku biasa gunakan itu dan manjur, pahitnya kabur

      Hapus
  2. bunga pepayaaaa... emmm yumyyy

    BalasHapus
  3. belum pernah variasikan dengan jagung manis...unik rasanya pasti
    kalau kami pakai rimbang (cempokak) mbak buat ilangkan paitnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah info bagus nih, kalau dirimbang cempokak ya. Pohonnya sudah agak susah di sini

      Hapus
  4. Ini kesukaanku, pas dihidangkan.
    Langsung aku selesaikan deh.
    Cuma belum pernah masak. Sukanya tinggal makan saja, hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi, kalau ada yang masakin mah enak makan ajaa

      Hapus
  5. pernah nyobain tapi pait bgt..

    BalasHapus
  6. Belum pernah nyobain bunga pepaya ini mba, tapi sepertinya gampang bikinnya, amini bisa masakin juga :), nice sharing mba :)

    BalasHapus
  7. Mbaa cari tanah liat di manaaa, hihihi. Aku belum pernah olah bunga pepaya ni, kayaknya enak dan ngga susah2 amat yah, ehehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku simpan tanah liat dari tukang sayur, dari jawa Tengah sana, heheh

      Hapus
  8. aku blm pernah nyobain tumis bunga pepaya.. kyknya enak mbak.. boleh nyobain dikit? soal.e gk bisa masak...hehe

    BalasHapus
  9. kalau rasanya belum tawar, kurang suka dilidah, tapi entah mungkin rasanya ada yang beda dari masakan asalku...

    BalasHapus
  10. Aku suka sekali tumis daun pepaya, tapi ngga pernah berhasil ngilangin rasa pahitnya.. ntr dicoba deh tipsnya

    BalasHapus
  11. Aku paling suka ni makanan sederhana begini, tapi maknyussss.

    BalasHapus
  12. aduh saya suka saya suka. ini makanan faforit saya nih... simpel membuatnya dan dirumah banyak tu bunga pepaya. maklum orang desa.

    BalasHapus
  13. Nyam. Makanan sehat ini :9

    BalasHapus