Senin, 06 Agustus 2018

Semangat Indonesia Sukseskan Asian Games 2018

Foto Indonesia Baik.
Sumber foto, Fanpage Indonesia Baik

Halo, assalamu'alaikum, apa kabarmu? bagaimana Agustusmu? sudah meriahkah? biasanya mulai meruap hawa kegembiraan merayakan ulang tahun negeri ini.

Bulan Agustus selalu membawa suasana haru, kenapa? bulan Agustus kan bulannya kita, eh bulannya negeri ini kan ya, berarti bulanmu dan bulanku juga, kan kita satu negeri, Indonesia yang tercinta.

Bulan Agustus, bagi pelakunya adalah Deja vu, bagi aku yang enggak mengalami masa perjuangan, tetap menimbulkan kesan heroik, rasanya seeprti melihat nenek moyang kita berjuang.

Agustus 2018, kali ini berbeda, dan kesan yang aku rasakan selain rasa cinta tanah air, juga ada kebanggaan dan euforia. Kenapa? memang ada kejadian apa bulan Agustus 2018 ini?


Sumber foto AsianGames2018.id 

Iya, rasanya seneng dan bangga, karena bulan Agustus 2018 ini akan digelar sebuah even bertaraf internasional yaitu Asian Games, iya, Asian games akan digelar di negeri tercinta ini, Indonesia, atau tepatnya di kota Jakarta dan Palembang.

Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games


Ya, Indonesia dipercaya jadi tuan rumah, ditunjuk oleh Asian Games federation yang sekarang dikenal dengan nama Olimpyc Council of Asia.

Indonesia pernah menjadi tuan rumah Asian Games, tahun 1962, dan waktu itu pelaksanaannya di kota Jakarta. Lalu, setelah sekian puluh tahun, kini Indonesia kembali menjadi tuan rumah Asian Games.

Tahun 1962, Asian Games dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus - 4 september, dan diikuti oleh 17 negara, sedangkan atlet yang berlaga waktu itu sebanyak 146o atlet yang mempertandingkan 15 cabang olahraga.

Berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, dan dibuka secara resmi oleh Bung Karno, dan diantara olah raga yang dipertandingkan adalah renang, loncat indah, polo air, basket, balap sepeda, sepak bola, menembak  dan lainnya.

Asian games 2018 ini, selain berlangsung di Jakarta dan Palembang, juga dilaksanakan oleh beberapa kota sebagai pendukung, yaitu provinsi Jawa Barat, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Banten.

Sebagai perhelatan olahraga terbesar di Asia, sudah selayaknya bangsa Indonesai bangga  dipercaya menjadi tuan rumah sebuah ajang hebat dan bertaraf internasional ini.

Berbagai persiapan sudah dilakukan sejak lama, mulai dari infrastruktur, seperti stadion, kolam renang, velodrone. 

Pemerintah sangat serius dalam mempersiapkan pelaksanaan Asian Games 2018, karena begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari pelaksanaan Asian Games ini.

Luasnya manfaan itu juga akan terdampak pada sisi pembangunan infrastruktur, perekonomian, dan pariwisata secara menyeluruh.

Kita bisa melihat beberapa bangunan ikonik yang disiapkan untuk penyelenggaraan Asian games IV tahun 1962 yang hingga saat ini bisa kita rasakan kemanfaatannya. 

Ternyata Gelora Bung Karno, jalan Thamrin, jalan Gatot Subroto, jembatan Semanggi, patung selamat datang dan Hotel Indonesia ( sekarang hotel Kempinski ) adalah 'peninggalan' Asian Games tahun 1962 lho, woow, ternyata everlasting ya, keren.

Nah begitu pula pembangunan beberapa infrastruktur kali ini, dipastikan akan bermanfaat jangka panjang, dan akan mendukung kemajuan Indonesia pada umumnya.


Maskot Asian Games



Salah satu hal yang menarik perhatian aku, maskot yang digunakan Asian Games kali ini, kesannya cakep ya, trus lucu, unik saja setelah kulik sana kulik sini, ternyata maskotnya adalah satwa kebanggan Indonesia loh. Apa itu? yuk kita lihat 

  1. Satwa yang paling gede, itu, badak bercula satu. Badak itu kuat, kokoh, nah badak bercula satu ini merupakan simbol kekuatan, dan termasuk satwa jenis mamalia langka saat ini.
    Badak bercula satu ini hanya ada di ujung Kulon, dan dengan menjadikan badak bercula satu sebagai maskot, diahrapkan menjadi inspirasi agar kita melestarikan habitat satwa langka ini khususnya dan melestarikan lingkungan scara umum.
    Sebagai maskot, badak bercula satu ini dikenakan denagn nama Kaka, ramah ya namanya
  2. Satwa yang ke dua tahu dong, apa, kelihatan dari tanduknya kan? iya, satwa ini rusa, tepatnya Rusa Bawean.
    Rusa dikenal sebagai satwa yang melukiskan kecepatan, cepat berlari. Di sebut Rusa Bawean, karena satwa ini banyak ada di pulau Bawean, Jawa Timur. Rusa bawean ini ditengarai juga merupakan satwa yang terancam punah. Nama barunya sebagai maskot Asian games adalah Atung
  3. Nah yang ke tiga juga mudah dikenal kan? satwa bersayap, alias burung, yaitu burung cendrawasih. Burung disimbolkan sebagai strategi. Burung ini berbulu indah kan, bahkan juga dikenal  sebagai burung dari surga.
Maskotnya gemesin karena rautnya yang unyu-unyu dan ekspresi yang dilukiskan seperti innocent, hehehe. 

Aku juga penasaran, pembukaan besok kaya apa ya, pasti meriah banget ya. Karena penasaran aku coba cari info deh, ternyata benar, pembukaan bakalan meriah banget.

Sekilas tentang upacara pembukaan Asian Games


Pembukaan akan dibuka dengan pertunjukkan kolosal, unjuk dong pada dunia bahwa Indonesia sebuah bangsa besar, mampu menyelenggarakan even berskala internasional.

Pasti akan ditonton oleh miliaran penonton di seluruh dunia kan ya, nah akan tampil nih musisi-musisi kebanggan Indonesia. Ada Addie MS, ada Anggun, Tulus, Edo Kondologit, Fatin, Ariel, dan patinya akan ada Via Vallen dong.

Panggungnya juga akan spektakuler, akan menjadi panggung yang terbesar dan tertinggi dibanding acara sejenisnya.

Bayangin, panjang panggung aja 120 meter, lebar 30 meter dan tingginya 26 meter, woow kan ya?, terus menampilkan pemandangan gunung yang besar dan dilengkapi bermacam flora, sebagai ciri kecantikan Indonesia.

Lalu, ada yang unik dan keren, bahwa panggung dibuat secara manual lho, oleh para perajin asal Bandung dan Jakarta. Panggung ini akan dipenuhi oleh total 4000 penari arahan koreografer handal Denny Malik dan eko Supriyanto.

Penarinyapun sudah latihan dengan waktu panjang, berbulan-bulan, mereka akan menari diiringi ratusan pemusik dibawah arahan Addie MS dan Ronald Steven, seniman musik sohor di negeri ini.

Ini nih para orang hebat dari berbagai profesi seni, yang berada di "belakang" panggung pertunjukan spektakuler tersebut.



Dukung Asian Games


Yuk, kita nonton acara pembukaan ini, kalau nggak bisa datang ke Senayan, pasti akan kita saksikan di layar kaca.

Asian games bukan hanya hajatannya pemerintah saja, hajatan Kementerian Olahraga dan Kementerian lain saja. Asian games adalah hajatan kita semua, bangsa Indonesia.

Nah, sebagai Blogger, aku jelas akan dukung hajatan hebat ini, jadi tuan rumah yang baik, dengan mengabarkan berita-berita baik tentang Asian Games dong.

Selain itu juga aku akan sebarluaskan semangat Asian Games melalui tulisan di blog, mengajak semua orang untuk semangat dukung Asian Games.

Apa yang akan kamu lakukan untuk mendukung Asian Games? yuk berbagi sama aku.



Sumber tulisan
1. Website dukungbersama
2. Website asiangames2018

Sumber Foto
1. Fanpage Indonesia Baik
2. Website dukung bersama






21 komentar:

  1. keren, tulisannya lengkap dan informatif mbak :)
    mari kita dukung sama-sama ASIAN GAMES tahun ini agar berjalan lancar dan Indonesia bawa pulang banyak emas. *amin

    BalasHapus
  2. Gegap gempita Asian Game udah berasaaaaa banget dari kemarin. Udah banget euforianya dimana mana.

    BalasHapus
  3. Bukan Agustus ini bener-bener full color deh Bu Tite.. Di komplek rumahku aja, bukan hanya umbul-umbul khas 17 Agustus aja, tapi ada poster penyemangat buat Asian Games..

    BalasHapus
  4. Duh, makin gak sabar nunggu event ini. Dek-dekan campur exciting deh. Semoga acaranya lancar dan sukses, ya. :)

    BalasHapus
  5. Aku zaman sekolah dulu ampe rajin itung medali yang kontingen Indonesia dapat. Apakah anak anak sekarang ngelakuinnya juga nggak ya

    BalasHapus
  6. Sudah sejak jauh hari indonesia khususnya jakarta promosikan asian games 2018 di tiap sudut publik.. Mari kita dukung n sukseskan perhelatan akbar ini

    BalasHapus
  7. Mendukung banget kesuksesan Asian Games. Sudah lama banget dari tahun 1962, baru dapat kesempatan kedua sekarang. Inginnya nonton di lokasi saat pembukaan, tapi apa daya tanda-tandanya akan di depan layar kaca saja. Tapi, tetap bersemangat dukung Indonesia.

    BalasHapus
  8. Semakin dekat menuju ajang olahraga bergengsi, semakin berasa euforianya. Berbagai persiapan udah dilakukan dengan matang, tinggal berdoa dam berikan yang terbaik sebagai bentuk dukungan.

    Aah.. Semoga akan berakhir dengan baik pula. Aamiin

    BalasHapus
  9. Lha yo, pas Agustusan kok ya pas momennya Asian Games. Jadi kayak perayaannya kita di hari kemerdekaan ya. Eh, jadi ikut penasaran nih sama opening ceremony ntar.

    BalasHapus
  10. aku ikutan dukung Asian Games dengan jadi blogger yang menyebarkan berita baik tentang ini, aamiin

    BalasHapus
  11. Sayang pas pembukaan Asian Games gk di Jkt. Pdhl pengen nonton. Moga2 lancar2 ya pelaksanaannya yg pasti aku dukung donk Asian Games ini.

    BalasHapus
  12. Harus dukung bersama. Kayaknya ini Asian Games yang kita tonton langsung. Yang selanjutnya mungkin jatah anak cucu kita buat nonton

    BalasHapus
  13. Yuk dukung bersama Asian Games agar sukses menjadi tuan rumah yang baik, atlet2nya memberikan hasil prestasi terbaik.

    BalasHapus
  14. Semangat buat atletik Indonesia yakin pasti meraih medali eemas ya Bu. Semangat juga buat penontonnya dan penduduk Indonesia untuk mendukung para atlit.

    BalasHapus
  15. ssemua orang merindukan Asean Games ya, sampe dinanti nantikan acara pembukaannya nanti. Aku juga ga sabar pengen lihat pertandingan2nya, apalagi sekarang banyak yang baru yah.

    BalasHapus
  16. Jadi gak sabar pengen menyaksikan Asian games ini. Semoga atlet2 kita dapat membawa pulang medali sebanyak-banyaknya, amiiin

    BalasHapus
  17. Dukung bersama untuk atlet Indonesia semoga dapat emas terbanyak

    BalasHapus
  18. Semangatttt bu,,, yuk kita dukung atlet Indonesia.

    BalasHapus
  19. Adanya maskot Asian Games 2018 ini nih yang bikin semangat untuk dukung Asian Games yaa

    BalasHapus
  20. Eh iya yah. Pas banget nih Agustus diselenggarakan di Indonesia, ya. Pas dengan hari kemerdekaan kita, pas moment-nya untuk membangkitkan semangat nasionalisme dan sportivitas. Semoga kita menang yaa

    BalasHapus
  21. Asian Games 2018 ajang internasional , wajar pemerintah jauh-jauh hari berbenah diri dan juga mesosialisasi acara ini

    BalasHapus