Selasa, 29 Januari 2019

Cara Aman Belanja Online



Sekarang ini, apa sih yang tak bisa dilakukan secara online? Nyaris tak ada, karena semua kebutuhan sudah tersedia sangat dekat dengan kita, hanya sejangkauan jari sudah cukup. Berbagai kebutuhan bisa kita peroleh hanya dengan sekali klik pada layar laptop, atau bahkan hanya menyentuhkan jari saja pada handphone kamu.
Coba saja kita lihat, mulai dari kebutuhan rumah tangga, fashion, kebutuhan hiburan, elektronik, jasa, semua bisa kamu dapatkan secara mudah tak perlu melangkahkan kaki ke toko, tak perlu bermacet-macetan, tak perlu berdesakan memilih barang. Mudah, cepat dan menyenangkan.

Gambar oleh Pixabay

Ratusan bahkan mungkin ribuan toko online sudah siap memanjakan kamu dengan berbagai barang bagus, bermutu, yang pastinya disukai semua orang. Ya, gaya hidup manusia jaman ini, jaman know, digerakkan oleh hadirnya inetrnet, bahkan internet menerupai setengah nyawa, hehehe, karena tanpa internet nyaris mati gaya.
Gaya hidup manusia modern, perlahan tapi pasti diubah oleh kehadiran internet, manusia modern tak memerlukan banyak waktu lagi untuk bertransaksi online. Makin banyaknya yang menyukai transaksi online bukan tanpa sebab, setidaknya hal-hal inilah yang menyebabkan belanja online digemari:
  • Tidak membutuhkan waktu khusus, ibaratnya mau belanja kapan suka bisa dilakukan, dari mana saja. Cocok buat yang penuh kesibukan khas manusia modern.
  • Hemat tenaga, efisien, karena ratusan toko bisa dibandingkan tanpa harus berjalan-jalan keluar masuk toko
  • Proses transaksi yang mudah, dengan cara pesan barang,  membayar lewat ATM atau E Banking, lalu sudah, duduk manis menunggu barang datang.
Kenapa sekarang ini belanja online digemari, karena menyenangkan, mudah dan menjanjikan pengalaman belanja yang sensasional pastinya. Mata kita akan dimanjakan dengan keindahan berbagai produk, baik melalui toko online, melalui medsos yang dikelaola untuk bisnis, seperti facebook, instagram.

Indah bukan? iya dong. Tapi, eey ada tapinya, apa? tetap waspada ya, karena tak ada kemudahan yang sempurna, tak ada yang benar-benar mudah. 

Akhir-akhir ini, banyak yang suka mengeluh,  tentang penipuan online dengans egala bentuknya. Ada yang ditipu penjual, sudah kirim uang tapi toko raib. Ada juga yang ditipu pembeli, tidak membayar barang yang sudah dikirim.

Meskipun demikian, yang perlu dilakukana dalah mengetahui bagaimana cara berbelanja online yang aman, bagaimana transaksi aman.


Gambar oleh Pixabay


Eits, kamu tak perlu khawatir atau takut berbelanja online karena ada trik yang bisa dilakukan agar kegiatan ini tetap menyenangkan. Jika penasaran, mari simak tips cara aman berbelanja online berikut ini:
  1. Otentik
    Otentik disini adalah bahwa keberadaan pihak-pihak yang bertransaksi, bak itu penjualnya maupun pembeli, adalah valid, pasti. Melakukan penelusuran menjadi penting ketika keberadaan  valid dan pasti dari pihak yang bertransaksi adalah salah satu langkah untuk mengamankan transaksi.
    Pembeli maupun penjual bisa meminimalisir resiko penipuan, karena masing-masing sudah memegang identitas.
  2. Keamanan web.
    Pastikan keamanan web toko online, bisa dengan memperhatikan kolom web, bila neggunakan tanda gembok, maka situs tersebut aman, atau dengan alamat web menggunakan https, bukan http, pertanda aman.
    Lalu,  bila kamu belanja melalui medis sosial, seperti instagram atau facebook, kamu juga pastikan keamanannya, bisa dengan membaca  testimoni para buyer yang pernah belanja. Atau mencari info dari kenalan atau teman yang mungkin pernah belanja melalui medsos tersebut, cara ini akan membantu mengetahui apakah toko online itu aman atau tidak
  3. Waspada
    Waspada, artinya kamu jangan mudah memberikan informasi pada yang kamu belum kenal betul. Untuk membuka akun oribadi di sebuah toko online, isikan saja data standard di kolom yang disediakan.
    Jika ada permintaan yang berbeda dengan standar, misal seperti pendapatan, hobi, lifestyle, dan sebagainya. Dengan waspada, kamu bisa menolak untuk memenuhi permintaan mengisi data yang diluar standard, dan masih banyak toko sejenis yang tidak akan memintamu mengisi kolom data diluar standard dan terindikasi mencurigakan
  4. Membayar terpisah dari rekening Bank yang kamu miliki
    Penggunaan kartu menjadi pilihan yang sering dipilih, ketika mengadakan transaksi online, sebaiknya pikirkan dengan benar, tahu persis, kebutuhan mana yang aman menggunakan kartu kredit atau kartu debit.
    Sebenarnya menggunakan kartu debit sih tidak disarankan, karena menggunakan kartu debit langsung mengambil uang dari akun bank kamu, dan ini riskan, berpotensi disusupi dan dikacau oleh hacker.
  5. Jangan mudah percaya
    Jika mengalami masalah berkaitan dengan transaksi, jangan menerima bantuan orang yang tidak dikenal, karena sangat riskan, bukan tak mungkin akan timbulkan kerugian. Selain itu, ketika meneima sms atau tilpun dari orang yang tak dikenal berkaitan dengan rekening milkmu, jangan dipercaya begitu saja, perlu dikonfirmasikan kepada pihak yang terkait. Hal semacam ini, penipuan melalui 
  6. Amankan password dengan baik
    Permintaan log-in sering kan muncul ketika kita akan mengadakan transaksi? beberapa toko online meminta log-in, yang terkadang mewajibkan email sekaligus passwordnya. Aku juga mengalaminya, aku selalu membuat password yang nggak disangka orang, jadi aman saja.
    lalu, jangan sekali-sekali menyampaikan password kamu pada siapapun, kecuali mungkin orang terdekat yang kamu percaya, misalnya pasangan kamu.
  7. Meminimalkan interaksi langsung
    Transaksi online dengan adanya pihak E Commerce akan memberikan jaminan keamanan baik bagi penjual maupun pembeli. Bagi penjual, mengirimkan barang hanya bisa dilakkan ketika pihak E Commerce sudah memberi kepastian bahwa pembayaran sudah dilakukan.
    Sementara, pembeli juga mendapatkan jaminan dari E Commerce bahwa barang dikirim sesuai kesepakatan.
    Biasanya e Commerce menyediakan fasiliats online, untuk memantau perjalanan barang.
Pengalaman berbelanja online yang berbeda dengan belanja offline memang asyik, seru, namun tetap saja membutuhkan kewaspadaan agar transaksi berlangsung dengan aman.

40 komentar:

  1. Iya mba sekarang semakin mudah mau beli apa tinggal pake jari, ya.. Tapi bener juga kita tetap harus selalu waspada dan hati-hati, apalagi nyangkut akun, rekening, password, dll.. Kalo aku sekarang-sekarang ini lagi rada jarang belanja online, nih.. Hehe.. Tapi nanti kalo mau belanja online lagi aku bakal inget-inget tips amannya..

    BalasHapus
  2. Aku sekarang juga ketagihan belanja online, apalagi kalo lagi promo ongkir hihi. Selain murah, mudah, track pengirimannya juga tercatat dengan baik, jadi gak takut tipu-tipu lagi

    BalasHapus
  3. Memang ya, belanja online itu harus hati-hati banget,jangan sampai mau praktis malah tertipu. Aku sih Alhamdulillah belum pernah, jangan sampai deh tertipu... thanks for sharing tips nya mbaaa

    BalasHapus
  4. Suka juga belanja online aku. Benar web yang terpercaya itu bikin nyaman aman bu. Apalagibarang yang ada sama debgan pas databg. Senang deh

    BalasHapus
  5. Suka juga belanja online aku. Benar web yang terpercaya itu bikin nyaman aman bu. Apalagibarang yang ada sama debgan pas databg. Senang deh

    BalasHapus
  6. Mba, aku baru tahu nih mba kalau belanja pakai debit juga tidak disarankan :( . Nggak pernah terpikirkan karena selama ini aku pakai debit mba karena nggak pakai kredit

    BalasHapus
  7. Untuk beberapa produk seperti baju aku lebih milih belanja offline karena bisa pegang lgsg bahannya. Selebihnya memang belanja online candu banget sih, apalagi kalau internet bankingnya aktif *langsung hapus mbanking

    BalasHapus
  8. Belanja online memang mudah dan lebih murah tapi banyak resikonya juga ya, sampai sekarang saya belum pernah tuh belanja online, rasanya nggak lega kalu nggak lihat barangnya secara langsung

    BalasHapus
  9. Aku banget nih sering belanja oline.. tapi memang keamanan di dunia digital ini harus lebih ekstra ya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan

    BalasHapus
  10. Aku jd kepikiran buat bikin rekening khusus yg isinya duit buat belnja kebutuhan hdup acara online pas baca tips aman poin ke 4. Jd di jatah gitu per minggu atau per bulan ada brp duit di rek itu. Andai2 kena penipuan #naudzubillah ga lgsg jumlah besar ... jaman skrg mah duit hanyalah hitubgan angka ya .. ga bisa diraba 😅

    BalasHapus
  11. bener banget teh, kita harus ati2 belanja online.
    beli di situs yang terpercaya adalah keharusan.
    kalau beli di online shop instagram, cek dulu gimana testimoni para pembelinya.

    BalasHapus
  12. Aku kok masih suka belanja offline ya.. langsung lihat barangnya..hehe.. TRIms tipsnya mba, insya Allah berguna..

    BalasHapus
  13. cara aman versi saya mba kalau belanja online itu pasti melihat testimoni pembeli, berapa rating tokonya dan bagaimana responnya ke pembeli.

    BalasHapus
  14. Kalau aku belanja online biasanya untuk barang2 yg paling banyak nilainya ratusan ribu aja. Kalau udah sampai jutaan mah mending beli offline aja. Kecuali bener2 yakin olshopnya terpercaya.

    BalasHapus
  15. Termasuk jarang beli online, tpi ketika listrik, air dan sebagainya bisa di bayar lewat situs belanja online ini semenjak itu baru mendownload situsnya 😂 terbantu banget memang dan cepat-mudah prosesnya 🙂

    BalasHapus
  16. Aku suka belanja online sebenarnya terutama untuk barang2 yg ga harus detail penggunaannya. Kalo untuk produk budaya lebih suka offline hehehehe

    BalasHapus
  17. aku masih belum paham soal keamanan menyimpan data kartu debit maupun kredit. Khawatir bisa dipake orang lain. Aman gak sih, Mbak?

    BalasHapus
  18. Kemudahan berbelanja online bikin aku kepengen terus deh belanja. Sekarang udah lebih aman ya dibandingkan dulu. Asalkan teliti dan hati-hati, belanja online bikin kita puassss.. :D

    BalasHapus
  19. Sekarang kami juga yang termasuk memudahkan belanja.
    "Kan bisa online"

    Senengnya,
    kalo pas ada keluarga yang membutuhkan, kami gak perlu repot, cukup klak-klik, tiba-tiba...paketnya sudah sampai di rumah orangtua.

    Alhamdulillah~

    BalasHapus
  20. Kalo aku lebih pilih belanja di marketplace atau ecommerce karena lebih aman.

    BalasHapus
  21. Belanja online praktis tapi harus waspada juga ya mbak dengan keamanan pembayarannya. Maksudnya pembayaran debit melalui oinline ini kay agimana ya mbak? aku biasanya kan transfer atau pakai paypal

    BalasHapus
  22. Belanja online itu menggoda banget selain mudah dan banyak promonya makanya sering tergiur. Tapi ya harus waspada dan teliti juga ya.

    BalasHapus
  23. Aku hampir selalu belanja online hahaha apalagi buku. Hammpir tiap bulan belanja buku dan mainan. Tapi ya itu kadang ngeremnya susah

    BalasHapus
  24. Sebagai orang yang rajin belanja online, info ini sangat bermanfaat. Alhamdulillah selama ini belum pernah dapat pengalaman buruk, tapi tetap harus aware ya.

    BalasHapus
  25. Meskipun banyak yg jualam online tp aku hanya berani belanja via platform yg udah dipercaya. Itupun bukan barang yg mahal mahal

    BalasHapus
  26. Poin 4 itu bener juga yaa.. mending punya rekening khusus buat transaksi pembayaran online, biar kalau disusupi hacker gak langsung bangkrut :(

    BalasHapus
  27. Mmmm... belanja online bagi aku sudah jadi kawan dekat deh.. dan memang harus paham dengan transaksi online, biasanya aku belanja online di tempat yang memang sudah jadi langganan dan sistem pembayarannya transfer jadi lebih mudah dan semua transaksi ada recordnya.

    BalasHapus
  28. Belanja online emang gampang tapi tetep kudu hati2 terhadap penipuan ya mbak. Makanya kalau belanja online aku milihnya ke marketplace yg ada rekber atau ke OS rekomen temen.

    BalasHapus
  29. Karena tidak langsung face to face makanya belanja online kudu lebih bisa diwaspadai lebih baik berhati2

    BalasHapus
  30. Seiring perkembangan teknologi, belanja online memang sudah jadi gaya hidup masyarakat sekarang ya...
    Tapi tetap harus hati-hati, karena banyak juga penjual yang nakal

    BalasHapus
  31. Aku penyuka belanja online mba karena daerah tempat tinggal lumayan jauh kemana2 jadi elbih suka online hemat wkatu dan terhindar dari macet

    BalasHapus
  32. Nah untuk password memang harus hati-hati banget ini mba, pokoknya jangan sampai bocor.
    Aku suka belanja online, tapi kadang juga waspada beneran bisa amanah nggak tkonya

    BalasHapus
  33. Iyap bener mba tipsnya,,, kadang aku milih ATM mobile Aja biar Aman sih ktimbang pergi k atm

    BalasHapus
  34. aku masih terhitung jarang benalnaj online di Indonesia mbaaa..masih terbersit rasa takut dan was was hehehe..semoga makin solid dan aman ke depannya

    BalasHapus
  35. Meskipun termasuk praktis, kita tetap harus berhati-hati ya mba saat belanja. Terutama soal data-data pribadi, jangan sampai diketahui pihak lain.

    BalasHapus
  36. Kalau belanja online, misalnya ada pilihan pembayaran COD, aku akan pilih metode ini, Mbak. Insya Allah aman. Tapiiii, sampainya kadang lebih lama. Jadi, belanjanya bukan barang yang mau buru2 dipakai.

    BalasHapus
  37. Aku juga jarang belanja online.
    Belanja online pertama waktu ada kerjasama job review yang diganjar dengan voucher belanja online.

    Tapi memang resiko belanja online tetap selalu ada, jadi kita kudu siap-siap dengan konsekuensinya.

    BalasHapus
  38. Reminder buat saya banget ini, Mbak. Soalnya sering onlinr shopping. Jadi butuh hati hati untuk urusan password.

    BalasHapus
  39. Belanja online memang lebih asyik dan lebih murah ya mbak. tapi tetap aja harus waspada ya, kadang barang murah juga harus dilihat e comemercenya terpercaya atau gak. karena kan kita ga lihat langsung barangnya. biasanya saya berbekal testimoni, kalau oke, ya beli. kalau enggak, cari yang lain.

    BalasHapus
  40. bedanya jaman dulu dan jaman sekarang yang paling kerasa ya soalan belanja nya ya mbak
    sekarang bahkan belanja sayur dan kebutuhan dapur pun ada dalam genggaman hehe

    BalasHapus