Kamis, 11 April 2019

Bincang Seru HUT BUMN ke 21

Halo, assalamu'alaikum, lagi musim flu nih, tapi semoga kalian sehat ya, karena kesehatan sangat berharga.

Akhir-akhir ini Timeline seru banget dengan postingan HUT BUMN, wah surprised juga sih rasanya, karena selama ini kenal BUMN kan hanya dari koran, atau situs berita saja. Rasanya sih BUMN itu sesuatu yang ada jauh di sana, dan ya kan BUMN itu pemerintah, kaya nggak ada hubungannya deh sama aku yang jelatah ini, hehehe

Rasa penasaran terjawab, karena pada hari Jumat 5 April 2019, aku sama teman-teman Blogger diundang ikut acara Tapping Talk Show Paradigma di studio UseeTv, bertajuk Pemikiran Untuk Negeri.



Bincang seru, pak Fajar Harry, pak Yossi dan Rendy
( Foto; Mba Yasinta )



Seneng sekali ikut acara itu, karena aku jadi banyak info tentang BUMN terutama tentang HUT BUMN tahun ini. Apalagi acara dipandu dengan kocak, fun informatif oleh duo mantul yaitu Vina dan Bisma, lengkap dengan aroma kopi yang menyeruak.

Ternyata aku yang ketinggalan kereta, ahahaha, karena setiap tahunnya HUT BUMN selalu diselenggarakan dengan berbagai program dan acaranya selalu meriah dan melibatkan masyarakat umum. Berbagai kegiatan sosial edukatif digelar sepanjang bulan Maret - April 2019.

Salah satu nara sumber yang hadir, bapak Fajar Harry selaku Deputi Bidang Usaha , Pertambangan,Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN menyampaikan bahwa dalam HUT BUMN selalu menyelenggarakan berbagai program yang melibatkan masyarakat umum.

Sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi dan jajarannya yang ingin menjadikan BUMN lebih dekat dengan masyarakat, berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak, sebagai penegasan bahwa BUMN hadir untuk negeri.

Setiap tahun BUMN selalu konsisten, dengan acara menarik, dan untuk acara HUT BUMN ke 21, sudah diselenggarakan jauh sebelum waktunya yaitu tanggal 13 April 2019.

BUMN sekarang berkonsep sebagai sebuah keluarga besar yang terdiri dari berbagai perusahaan milik negara, termasuk di dalamnya perbankan. di masing-masing BUMN dibuat semacam community, karena mengikuti perkembangan jaman dimana banyaknya community di masyarakat.

Pak Harry juga menjelaskan salah satu kegiatannya adalah sembako murah, yaitu paket yang berisi bahan pangan seperti beras, minyak goreng, gula hingga sarden kalengan, dibandrol dengan harga Rp. 10.000,00 yang bila beli eceran, total harga paket ini mencapai Rp. 50.000,00 , woow, keren kan 

Sembako murah

Siap masuk era digital


Nara sumber lain yaitu bapak Yossi Istanto, Direktur Human Capital BUMN menjelaskan, bahwa Bank BTN merupakan salah satu BUMN yang mendukung penuh kegiatan sosial di ulang tahun BUMN kali ini. 
Bazar sembako murah ini disambut masyarakat dengan antusias, karena dalam waktu sebentar saja, paket sudah habis diserbu.
Salah satunya adalah, Bank BTN bekerja sama dengan berbagai BUMN, seperti PT PLN, PT Perusaaan Gas Negara, PT Telkom, PT Pertamina dan lainnya akan melaksanakan berbagai acara di Bekasi. sejak dari kampung Cibitung Sebrang, Kelurahan Cimuning,kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi dan Kelurahan Bojong rawa Lumbu yang dilakukan pemasangan instalasi lintrik gratis bagi keluarga yang kurang mampu.

Semua kegiatan sosial itu melibatkan masyarakat termasuk kaum millennials didalamnya, karena BUMN konsisten untuk selalu membantu dan melibatkan masyarakat sevagai bentuk BUMN hadir untuk negeri.

Nah ternyata kaum millennials sangat semangat dan menunjukkan antusiasme tinggi ketika mengikuti acara HUT BUMN, hal ini disampaikan oleh nara sumber yang lain yaitu Rendy Herison, seorang Analis Media Sosial.

Ya media sosial sekarang menjadi nagian dari kehidupan millennials, dan dari media sosial inilah para millennials  merayakan rangkaian HUT BUMN ke 21, dengan berbagai tagar yang positif, seperti melalui twitter atau instagram.

tentang hoax juga tak luput dari perhatian Rendy, dengan ajakan bahwa millenials tidak ikut membagikan hoax, sebab begitu banyaknya distributor hoax menjadi salah satu penyebab masifnya hoax di masyarakat.

Rendy melanjutkan, bahwa kita harus yakin dulu akan informasi tersebut dengan tidak malas mencari data yang akurat, segala bentuk berita maupun foto yang masuk ke dalam  gawai kita, ahrus di cek kebenarannya, sebelum kita sebarkan. Bahkan jika masih meragukan infromasi itu, sebaiknya berhenti saja di tangan kita, tidak kita sebarkan.

Oh ya, acara HUT BUMN ini juga diadakan di Sidoharjo dengan diselenggarakannya acara Festival LinkAja, sebuah aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Dengan LinkAja masyarakat bisa menggunakan untuk melakukan pembayaran digital, yang didalamnya merupakan gabungan dari berbagai macam layanan uang digital berbagai BUMN di Indonesia.

LinkAja memiliki sistim pembayaran yang efisien, sekaligus meminimalisir ketergantungan pada sistim dari luar negeri, seperti Master card dan sejenisnya. nah jika negeri sendiri sudah memproduksi layanan digital yang lebih efisien, kenapa tidak kita manfaatkan?

Pada acara Festival LinkAja di Sidoharjo, dihadiri oleh Menteri BUMN, ibu Rini Suwandi yang menyampaikan harapannya agar ada sinergi antar BUMN, untuk saling mengembangkan bisnis serta mendukung program pemerintah untuk membangun perekonomian di Indonesia.

Ke depan, BUMN diharapkan semakin banyak menebar manfaat bagi masyarakat, bagi negeri, selaras dengan semangat "One Nation, One Vision, One family for Excellence".

3 komentar:

  1. Harga sembakonya murah banget, coba kalau aku bisa datang, borong boleh kali ya? heheee. Sukses selalu BUMN

    BalasHapus
  2. HUT BUMN keren banget, apalagi kita tahu peran BUMN dalam membangun dan menyokong Indonesia. Nah, untuk sembako murahnya ini yang saya enggak tahan lumayan murah hehe. Kalau aplikasi yang dikeluarkan LinkAja saya sudah pakai mbak,karena bertautan langsung dengan Bank Mandiri saya.

    BalasHapus
  3. Masa masa sekarang ini sembako murah memang di butuhkan sama rakyat. Apalagi menjelang puasa.

    HUT BUMN sangat membantu rakyat dalam mendapatkan sembako murah.

    BalasHapus