Kamis, 11 April 2019

Bincang Seru HUT BUMN ke 21

Halo, assalamu'alaikum, lagi musim flu nih, tapi semoga kalian sehat ya, karena kesehatan sangat berharga.

Akhir-akhir ini Timeline seru banget dengan postingan HUT BUMN, wah surprised juga sih rasanya, karena selama ini kenal BUMN kan hanya dari koran, atau situs berita saja. Rasanya sih BUMN itu sesuatu yang ada jauh di sana, dan ya kan BUMN itu pemerintah, kaya nggak ada hubungannya deh sama aku yang jelatah ini, hehehe

Rasa penasaran terjawab, karena pada hari Jumat 5 April 2019, aku sama teman-teman Blogger diundang ikut acara Tapping Talk Show Paradigma di studio UseeTv, bertajuk Pemikiran Untuk Negeri.



Bincang seru, pak Fajar Harry, pak Yossi dan Rendy
( Foto; Mba Yasinta )



Seneng sekali ikut acara itu, karena aku jadi banyak info tentang BUMN terutama tentang HUT BUMN tahun ini. Apalagi acara dipandu dengan kocak, fun informatif oleh duo mantul yaitu Vina dan Bisma, lengkap dengan aroma kopi yang menyeruak.

Ternyata aku yang ketinggalan kereta, ahahaha, karena setiap tahunnya HUT BUMN selalu diselenggarakan dengan berbagai program dan acaranya selalu meriah dan melibatkan masyarakat umum. Berbagai kegiatan sosial edukatif digelar sepanjang bulan Maret - April 2019.

Salah satu nara sumber yang hadir, bapak Fajar Harry selaku Deputi Bidang Usaha , Pertambangan,Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN menyampaikan bahwa dalam HUT BUMN selalu menyelenggarakan berbagai program yang melibatkan masyarakat umum.

Sesuai dengan keinginan Presiden Jokowi dan jajarannya yang ingin menjadikan BUMN lebih dekat dengan masyarakat, berkolaborasi dan bekerja sama dengan berbagai pihak, sebagai penegasan bahwa BUMN hadir untuk negeri.

Setiap tahun BUMN selalu konsisten, dengan acara menarik, dan untuk acara HUT BUMN ke 21, sudah diselenggarakan jauh sebelum waktunya yaitu tanggal 13 April 2019.

BUMN sekarang berkonsep sebagai sebuah keluarga besar yang terdiri dari berbagai perusahaan milik negara, termasuk di dalamnya perbankan. di masing-masing BUMN dibuat semacam community, karena mengikuti perkembangan jaman dimana banyaknya community di masyarakat.

Pak Harry juga menjelaskan salah satu kegiatannya adalah sembako murah, yaitu paket yang berisi bahan pangan seperti beras, minyak goreng, gula hingga sarden kalengan, dibandrol dengan harga Rp. 10.000,00 yang bila beli eceran, total harga paket ini mencapai Rp. 50.000,00 , woow, keren kan 

Sembako murah

Siap masuk era digital


Nara sumber lain yaitu bapak Yossi Istanto, Direktur Human Capital BUMN menjelaskan, bahwa Bank BTN merupakan salah satu BUMN yang mendukung penuh kegiatan sosial di ulang tahun BUMN kali ini. 
Bazar sembako murah ini disambut masyarakat dengan antusias, karena dalam waktu sebentar saja, paket sudah habis diserbu.
Salah satunya adalah, Bank BTN bekerja sama dengan berbagai BUMN, seperti PT PLN, PT Perusaaan Gas Negara, PT Telkom, PT Pertamina dan lainnya akan melaksanakan berbagai acara di Bekasi. sejak dari kampung Cibitung Sebrang, Kelurahan Cimuning,kecamatan Mustika Jaya, Kota Bekasi dan Kelurahan Bojong rawa Lumbu yang dilakukan pemasangan instalasi lintrik gratis bagi keluarga yang kurang mampu.

Semua kegiatan sosial itu melibatkan masyarakat termasuk kaum millennials didalamnya, karena BUMN konsisten untuk selalu membantu dan melibatkan masyarakat sevagai bentuk BUMN hadir untuk negeri.

Nah ternyata kaum millennials sangat semangat dan menunjukkan antusiasme tinggi ketika mengikuti acara HUT BUMN, hal ini disampaikan oleh nara sumber yang lain yaitu Rendy Herison, seorang Analis Media Sosial.

Ya media sosial sekarang menjadi nagian dari kehidupan millennials, dan dari media sosial inilah para millennials  merayakan rangkaian HUT BUMN ke 21, dengan berbagai tagar yang positif, seperti melalui twitter atau instagram.

tentang hoax juga tak luput dari perhatian Rendy, dengan ajakan bahwa millenials tidak ikut membagikan hoax, sebab begitu banyaknya distributor hoax menjadi salah satu penyebab masifnya hoax di masyarakat.

Rendy melanjutkan, bahwa kita harus yakin dulu akan informasi tersebut dengan tidak malas mencari data yang akurat, segala bentuk berita maupun foto yang masuk ke dalam  gawai kita, ahrus di cek kebenarannya, sebelum kita sebarkan. Bahkan jika masih meragukan infromasi itu, sebaiknya berhenti saja di tangan kita, tidak kita sebarkan.

Oh ya, acara HUT BUMN ini juga diadakan di Sidoharjo dengan diselenggarakannya acara Festival LinkAja, sebuah aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Dengan LinkAja masyarakat bisa menggunakan untuk melakukan pembayaran digital, yang didalamnya merupakan gabungan dari berbagai macam layanan uang digital berbagai BUMN di Indonesia.

LinkAja memiliki sistim pembayaran yang efisien, sekaligus meminimalisir ketergantungan pada sistim dari luar negeri, seperti Master card dan sejenisnya. nah jika negeri sendiri sudah memproduksi layanan digital yang lebih efisien, kenapa tidak kita manfaatkan?

Pada acara Festival LinkAja di Sidoharjo, dihadiri oleh Menteri BUMN, ibu Rini Suwandi yang menyampaikan harapannya agar ada sinergi antar BUMN, untuk saling mengembangkan bisnis serta mendukung program pemerintah untuk membangun perekonomian di Indonesia.

Ke depan, BUMN diharapkan semakin banyak menebar manfaat bagi masyarakat, bagi negeri, selaras dengan semangat "One Nation, One Vision, One family for Excellence".

46 komentar:

  1. Harga sembakonya murah banget, coba kalau aku bisa datang, borong boleh kali ya? heheee. Sukses selalu BUMN

    BalasHapus
  2. HUT BUMN keren banget, apalagi kita tahu peran BUMN dalam membangun dan menyokong Indonesia. Nah, untuk sembako murahnya ini yang saya enggak tahan lumayan murah hehe. Kalau aplikasi yang dikeluarkan LinkAja saya sudah pakai mbak,karena bertautan langsung dengan Bank Mandiri saya.

    BalasHapus
  3. Masa masa sekarang ini sembako murah memang di butuhkan sama rakyat. Apalagi menjelang puasa.

    HUT BUMN sangat membantu rakyat dalam mendapatkan sembako murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mpo, aku masih selalu nunggu sembako murah loh di manapun berada. Semoga aku juga kecipratan sembako murah juga ni

      Hapus
  4. mantap ni mba aku suka sama semangatnya BUMN one nation, one vision, one family for excellence :) seru ya mba bisa hadir btw aku salfok sama harga sembakonya mba

    BalasHapus
  5. wah bumn sekarang lebih cair ya, seneng deh bisa diundang ke acara bumn. ketemu blogger lain berarti ya mba. selamat ulang tahun bumn :)

    BalasHapus
  6. bagus banget taglinenya, one nation, one vision untuk Indonesia yg lebih baik. Semoga selalu memberikan yg terbaik untuk semua BUMN Indonesia

    BalasHapus
  7. Seru sekali ya acara HUT BUMN ini, ada pembagian sembako murah juga jadi bisa bermanfaat untuk warga yang membutuhkan. Semoga BUMN terus berjaya ya :)

    BalasHapus
  8. Aku mantengin twitter nyimak program HUT BUMN dan salut banget dengan program kerennya untuk rakyat, datang ke acara bincang langsung pasti lebih seru ya, mba

    BalasHapus
  9. Program HUT BUMN bnyak juga ya mbak ternyata. Bahkan aku bercita-cita anakku bisa gabung dalam BUMN nantinya ...

    BalasHapus
  10. Program HUT BUMN bnyak juga ya mbak ternyata. Bahkan aku bercita-cita anakku bisa gabung dalam BUMN nantinya ...

    BalasHapus
  11. Mbaak Sidoarjo bukan Sidoharjo huehehe kebetulan aku orang Sidoarjo nih wehehe tapi kemarin gadateng ke acaranya BUMN ini. Rame ya kalo dilihat dari foto2nya

    BalasHapus
  12. Salut sama BUMN. Setiap kali perayaan HUT BUMN selalu mengadakan rangkaian acara yang bermanfaat untuk masyarakat :)

    BalasHapus
  13. Duh menjelang puasa ada sembako murah kayak gini tuh membantu bangeeeett!
    Apalagi kalau diadakan di seluruh Indonesia yaa, pasti bermanfaat buat banyak orang

    BalasHapus
  14. Link aja? Penasaran pengen donlot. Met ultah bumn :)

    BalasHapus
  15. Jadi bisa bayar listrik segala ya pakai aplikasi tersebut, BUMN makin canggih

    BalasHapus
  16. Seru banget ya acara2 di HUT BUMN ini. Banyak dan di banyak kota pula. Kalo deket, aku kayaknya kepengen deh ikut langsung. Apalagi yang jajanannya banyak. Semoga dengan Ultahnya ini, BUMN semakin bagus melakukan tugasnya. :)

    BalasHapus
  17. Teman2 Saya juga kemarin2 sering membagikan acara HUT BUMN ini di medsos mereka...emang bener yaa jaman skrg harus melek medsos biar gak ketinggalan...

    BalasHapus
  18. HUT BUMN tahun ini ramai dengan kegiatan yang bermanfaat dan pastinya dekat banget sama masyarakat. Di Sidoarjo, Banyuwangi kemarin ramai banget

    BalasHapus
  19. Seneng banget kalau bisa ikut keseruan ulang tahunnya ya...semoga next aku bs ikut...

    BalasHapus
  20. Sembako murahnya nggak sampai sini ya. Aku juga mau kok. Hahahaha.

    Euforia ulang tahun BUMN ini memang keren abis. Aku lihat TL sosmed penuh dengan acara BUMN ini, Mbak. Semoga semua perusahaan di bawah naungan BUMN makin jempolan karier dan pelayanannya.

    BalasHapus
  21. Aku nyimak banget mba pas acara ini keren ultah BUMN ini
    aku pengen sembako murahnya sayang nggak sampe daerahku wakakaka

    BalasHapus
  22. Baru tahu aku kalau LinkAja itu produk BUMN hiyaaaaaa.... Hihihi, ternyata selama ini produk BUMN uda akrab ya sama kita-kita.... Semoga makin maju dan berkembang :)

    BalasHapus
  23. Aku baru tahu kalau BUMN di Indonesia itu ada banyak..
    Aku kenalnya hanya Pertamina, PLN, hahha...karena efek Bapak dan mertua kerja di sana.

    Maju terus inovasi BUMN untuk negeri.

    BalasHapus
  24. Banyak... Yang tidak TAHU peran dari BUMN, semoga sering-sering yaa ada acara BUMN seperti ini banyak masyarakat yang terbantu

    BalasHapus
  25. BUMN Indonesia memang banyak dan sangat membantu ya mbaaa. Harus lebih sering disosialisasikan. Aku juga sudah pakai LinkAja nih, lumayan handy dan banyak diskonnya ya

    BalasHapus
  26. Sekarang BUMN makin terasa millenials ya. Kalo dulu kan kesannya BUMN itu isinya bapak2 serius aja, hahaha. Bapakku dulu kerja di BUMN soalnya. Kiprahnya skrg makin terasa dan dekat dengan masyarakat karena sosialisasi di medsos. Alhamdulillah, semoga makin jaya dan berkurang tingkat korupsinya, aamiin.

    BalasHapus
  27. keren banget acaranya mba. BUmN sekarang beda banget sama yg dulu ya. makin hari makin berkembang. perusahaan yg dipegang juga makin berkembang juga.

    BalasHapus
  28. Makin dipermudah aja jaman sekarang ya mak, keberadaan LinkAja dari BUMN ini pastinya membantu masyarakat Indonesia, sukses buat semuanya.

    BalasHapus
  29. Seru acaranya dan mantap kali ada sembako murah. Emak-emak pada bahagia banget kalau ada sembako murah haha.

    BalasHapus
  30. BUMN sekarang makin perhatian dengan masyarakat ya, Mbak. Anak Millennials juga. Senang baca berita tentang BUMN ini.

    BalasHapus
  31. Hut BUMN dari tahn ke tahun makin meriah ya mba. Alhamduah tahun ni bisa ikut bareng merayakannya di senarang

    BalasHapus
  32. Kayaknya aku liat berita soal Hut bumn di internet waktu lagi browsing2 ga jelas deh.
    Harga sembako murah banget... Alhamdulillah ya... Sangat bermanfaat buat semua orang

    BalasHapus
  33. Selamat HUT BUMN. Semoga selalu menjadi bagian bangsa dan negara ini dalam menyejahterakan masyarakat dan bangsa.
    Berkat BUMN saya di pelosok merasa dipenuhi segala hak penghidupan yang layak

    Sukses selalu BUMN. Semoga sehat selalu Ibu Menteri Rini yang selalu ramah.

    BalasHapus
  34. Asyik bangat nih acara ulang tahun BUMN ke 21 terutama dengan hadirnya sembako murah sehingga sangat membantu masyarakat, terutama yang membutuhkan.

    BalasHapus
  35. Nggak ada matinya ya BUMN aku suka dengan program goes to campusnya karena mengenalkan langsung milenial dengan perusahaan anak negeri.

    BalasHapus
  36. Momen nya tambah pas dengan bulan Ramadhan ini BUMN terus memberikan yang terbaik untuk masyarakat

    BalasHapus
  37. saya dah lama pake linkaja klo dulu kan tcash, sekarang makin senang pake linkaja karena banyak promo

    BalasHapus
  38. Menurutku BUMN sekarang lebih profesional dan dikelola denga baik ya. Dulu ga ada tuh yang khusus kemen BUMN nya ngurus dengan sungguh2. Semoga bermanfaat karena BUMN kebanggaan Indonesia, jangan dijual2in yaa!

    BalasHapus
  39. Seru banget ya ..apalagi pembicaranya kocak gitu pasti heboh...

    BalasHapus
  40. Semangat bertambah usia ya BUMN 😍 semoga pengelolaan nya lebih baik dan pro rakyat kecil

    BalasHapus
  41. Harga sembakonya beneran murah. Adain juga diberbagi kota dong..bakal asyik pasti

    BalasHapus
  42. 21 tahun bukan waktu yang sebentar ya.. BUMN sudah menjalankan fungsinya dengan baik, aku sangat terbantu banget dengan adanya link aja.. beneran membantu dan memudahkan dalam transaksi keuangan aku deh.. selamat ulang tahun ke 21 BUMN semoga semakin melayani negeri dengan baik

    BalasHapus
  43. Ucapan kan doa. Semoga tagline 'BuMN hadir untuk negeri' benar2 membuktikan keberadaan nya untuk melayani negeri. Karena memang makin keren program2 BUMN.

    BalasHapus
  44. Aku bloman coba LinkAja, penasaran sama fitur-fiturnya. Milik BUMN pastinya jaminan oke yaa LinkAja.

    BalasHapus
  45. BUMN Dah HUT aja nih. semoga ke depannya BUMN makin maju dan berkembang serta lebih banyak menyejahterakan rakyat ya.

    BalasHapus