Selasa, 18 Agustus 2020

Mengenali Gejala Cacar Monyet dan Pencegahannya

Halo, semoga kita selalu sehat dan tetap semangat ya, di tengah ketidaktahuan kita, kapan pandemi ini berakhir.

Iya, sejak pandemi ini aku atau mungkin kamu jadi belajar lebh banyak dengan berbagai hal yang berkaitan dengan penyakit, obat-obatan, penyebab penyakit dan lainnya.

Sejak pandemi ini, kita dianjurkan lebih banyak berada di rumah saja demi keamanan kita, meminimalkan penularan, sekaligus membantu memutus rantai penularan.

Rasanya ngeri dan serem sih kalau aku merasakan pandemi kali ini, bagaimana virus yang nggak kita ketahui ujudnya seperti apa, tiba-tiba saja saat ini mengendalikan seluruh aktifitas kita.


Kamu parno engga sih? ahaha,  aku kadang parno lho, bener, kadang rasanya kena gejala Covid-19 gitu, hanya mau tanya kemana coba? keluar rumah aja wswas, apalagi ke rumah sakit, no way.

Untunglah ada Halodoc, jadi meskipun nggak keluar rumah, bisa telekonsultasi sama dokter yang kita mau. Kok bisa?, iya, lewat Halodoc kita jadi mudah kalau konsultasi langsung dengan dokter, bahkan bisa pesan obat atau janjian periksa di lab, nah aman kan, tinggal unduh saja aplikasinya.


Ada banyak penyakit yang disebabkan oleh virus, selain jadi penyebab corona, virus juga menjadi sebab pada penyakit cacar, tahu kan cacar? atau pernah kena cacar?

Aku pernah kok kena sakit cacar, yang aku ingat sih kalau nggak salah waktu kecil dulu kena sakit cacar air, iya, cacar air, semacam ruam merah yang berisi air dan rasanya gatal sekali, sehingga tangan pengin menggaruk.

Selain cacar air, ada juga cacar ular dan satu lagi yaitu cacar monyet, waduh, namanya kok cacar monyet ya?, iya, memang disebutnya cacar monyet. 

Pernah dengar belum tentang cacar monyet ini? mungkin pernah dengar ya hanya tidak tahu persis apa itu cacar monyet.

Yuk, coba kita cari tahu tentang cakar monyet itu serbenanya seperti apa sih, seberapa bahayanya, bagaimana mengatasinya dll.

Penyebab cacar monyet adalah virus monkeypox, penyebarannya menyerupai covid deh, lewat percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung atau luka yang kebetulan ada di kulit.

Cacar monyet menular pada manusia, melalui perantaraan hewan seperti tikus, kera atau tupai. Gimana nularnya? bisa lewat digigit, terpercik cairan atau darah hewan itu.

Gejala cakar monyet

  • Sakit kepala
  • Demam/ menggigil
  • Sakit pada otot dan sendi
  • Ruam kulit
  • Tubuh terasa panas
  • Letih dan lemas
  • Muncul benjolan di lipatan tubuh, seperti leher, ketiak, selangkangan.
Para ahli mengatakan, bahwa gejala awal cacar monyet pada umumnya berlangsung sekitar 1-3 hari, atau mungkin bisa lebih dari itu. Berikutnya, gejala berupa ruam akan muncul biasanya dimulai di wajah yang lalu menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Bisa diperhatikan, bahwa ruam yang muncul adalah bintil yang berisi cairan bahkan nanah, pecah lalu berkerak, terjadilah semacam borok di permukaan kulit.

Serem kan ya? pastinya kita nggak ingin kan kena sakit, apalagi sakit cacar  monyet kaya begtu. Yu kita cari tahu, bagaimana caaranya agar kita nggak dijangkiti peyakit ini.

Langkah pencegahan
  • Protokol kesehatan standard, yaitu selalu jaga kebersihan badan, terutama lebh sering membersihkan tangan.
  • Dianjurkan mengurangi interaksi dengan mereka-mereka yang sedang atau pernah dijangkiti infeksi.
  • Menjaga kebersihan makanan dan memastikan proses memasak yang benar dari makanan yang dikonsumsi.
  • Menggunakan pengaman standard jika harus bersentuhan dengan hewan, terutama hewan pengerat.
  • Konsultasi dan periksa dokter ketika merasakan gejala yang mengarah pada infeksi kulit.

Cacar monyet belum ditemukan bagaimana pengobatannya, sama halnya dengan virus-virus lain, menjaga imun tubuh dengan baik akan menjadi penangkal dari penyakit cacar monyet.

Memang sih, penyakit cacar monyet ini jarang terjadi, namun jangan salah, cacar monyet pernah menjangkiti sebagian warga Singapura, jadi ngga ada salahnya jika kita juga selalu waspada dan engga lengah jaga kesehatan.

Jadi, engga usah nunggu sakit datang kan ya, selalu jaga kesehatan dan kebersihan untuk diri sendiri dan untuk orang lain di sekitar kita.




29 komentar:

  1. Dilihat dari gejalanya mirip-mirip biduran, cacar air atau sejenisnya ya mbak.
    Makasih untuk infonya mbak Ferti..

    Salam kenal :D

    BalasHapus
  2. waduh... ada cacar ular, sekarang cacar monyet :O aku baru tau dan wajib lebih menjaga kesehatan ya

    BalasHapus
  3. Bebersih dan jaga kesehatan memang kunci ya agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, serta pentingnya juga untuk berpikir positif dan selalu berdoa agar selalu dilindungi oleh Allah Swt

    BalasHapus
  4. mirip cacar air juga ya. mungkin bintil2nya aja yg lokasinya beda ya..semoga kita semua sehat di masa rumit ini.

    BalasHapus
  5. Ngeri juga yak, penyakit2 nih makin banyaaakkk
    semogaaa kita semua sehaatt ya mba
    senantiasa sehat jiwa raga.
    aamiin aamiiin ya robbal alamiiin

    BalasHapus
  6. Pelajaran penting penanganan penyakit tersebut membantu orang tua maupun pembaca ketika mengalami hal tersebut pada orang terdekat

    BalasHapus
  7. Setuju, tindakan preventif selalu yang terbaik dan termurah
    Harus sering bersihin rumah supaya tikus enggan masuk dan Jaga higienitas masakan
    Sederhana tapi kita suka lalai

    BalasHapus
  8. Jaga imunitas tubuh memang penting banget nih agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan

    BalasHapus
  9. Hadeuuuuwh, ternyata ada banyak jenis cacar. Selama ini taunya cuma cacar air.
    Intinya mesti jaga kesehatan supaya imunitas tetap bagus ya.

    BalasHapus
  10. Huhuuu, makin banyak jenis penyakit yang kadang gejalanya hampir sama yaaa.
    Semoga kita lebih peka, agar bisa mengatasinya dengan cepat.
    Balik lagi ke kebersihan diri ya Mbaa.

    BalasHapus
  11. Terimakasih informasinya. Cacar monyet dan apapun penyakit nya kita memang harus mencegah sebelum mengobati ya.
    Apalagi masa pandemi seperti sekarang. Banyak yg memilih berobat herbal atau alternatif daripada ke rumah sakit. Soalnya takut dicovidkan!

    BalasHapus
  12. Waduh baru tahu nih tentang cacar monyet, jadi serem euy.. Terima kasih sharing ya mba, memang kita harus selalu waspada dan terapkan protokol kesehatan dg baik ya..

    BalasHapus
  13. jadi ingat saat terkena cacar, sangat ngga nyaman apalagi sampai menimbulkan bekas.

    BalasHapus
  14. Terima kasih informasinya mbak. Saya kira hanya ditularkan oleh monyet ternyata juga dari hewan lain nya

    BalasHapus
  15. wah monkeypox ini sempet heboh ya di SG waktu itu. Baru tahu kalau juga belum ada cara nyembuhinnya. tp apakah bisa dicegah/dikurangi efeknya dengan vaksin cacar air ya?

    BalasHapus
  16. Baru tahu istilah cacar monyet ini mbak. Kalau dilihat gejalanya mirip biduran ya, bentol merah2 tapi bedanya ini ada benjolan di ketiak. Jadi ngeri deh mbak kalau pas musim pandemi gini masih ada penyakit aneh lainnya. Semoga kita semua sehat2 ya mbak...aamiin.

    BalasHapus
  17. Mpo baru tahu cacar monyet. Kenal cuma cacar doang. Yuk ah jaga kesehatan agar kita terhindar dari penyakit berbahaya

    BalasHapus
  18. Kebersihan sebagian daripada iman memang benar adanya karena saking pentingnya kebersihan. Banyak penyakit yg bersumber dari ketidakbersihan ya Mba..

    BalasHapus
  19. Ya Allah bener-bener ya ada aja penyakit di muka bumi ini :( Smoga terhindar dari penyakit cacar monyet seperti ini. makasih sudah berbagi mba

    BalasHapus
  20. Aku baru tahu mba ada namanya cacar monyet bahkan cacar ular selain cacar air, ngeri ya mana belum ada obatnya jadi mesti jaga kesehatan itu penting banget yah

    BalasHapus
  21. Nama yang baru aku denger.
    Alhamdulillah nambah ilmu lagi bahwa penanganan yang terbaik adalah dengan mengisolasi diri yaa..dan selalu jaga kebersihan.

    BalasHapus
  22. baru dengar nama cacar monyet. Ada juga cacar jerman, jauh amat yaa sampai ke luar negeri. hehe
    eh mbak, ini kan ditularkan lewat tikus trus apa mudah menular dari satu orang ke orang lain?

    BalasHapus
  23. aku baru denger dan baru tau banget ternyata ada yang namanya cacar monyet yaaa, langsung auto googling saking penasaran sama penamapakannya hehehhe

    BalasHapus
  24. Baru tahu ada penyakit cacar monyet dan belum ada obatnya :(
    Makin ke sini penyakit kok makin aneh dan ruwet ya sedih.
    Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan dan perlindungan-Nya ya mbak amiin

    BalasHapus
  25. Selain cacar air, baru tau ada jenis penyakit cacar yang lain. Dan namanya kenapa semua binatang sih hehe.. Belum pernah lihat penampakan cacar ular dan cacar monyet. Semoga jangan deh, lebih baik menghindari dengan jaga kesehatan ya

    BalasHapus
  26. Duh kok ngeri banget sih ya mba, ngebayangin ada ruam merah terus ada isinya air atau nanah gitu kok perih banget rasanya. Sudah ada vaksinnya atau belum ya, jadi khawatir nih.

    BalasHapus
  27. Ya ampuun aku baru tau lho cacar monyet ini. Semoga aku ga pernah kena deh. Udah cukup dulu kena sekali cacar biasa.

    BalasHapus
  28. Aku pernah diceritain ibuku kalau jaman dulu sempat wabah cacar monyet. Katamya dalamnya nanah, klo pecah bikin kulit lengket dan bekasnya bopeng

    BalasHapus