Sabtu, 17 Desember 2022

Sinar Mas Land Hadirkan Navya Arma Autonomous Vehicle, di Green Office Park BSD City



Apa kabar teman-teman? bahagia selalu ya, pastikan jangan lupa jaga kesehatan, kan kesehatan itu harta yang paling berharga.

Kesehatan manusia berkaitan dengan berbagai aspek yang ada di sekitarnya dan salah satu pengaruh dominan pada kesehatan adalah lingkungan hidup, setuju kan?. Bahkan isu lingkungan sudah menyatu dengan isu-isu global lainnya.

Kenapa isu lingkungan menjadi isu global karena berkaitan dengan keberlangsungan kehidupan, sebut saja soal perubahan iklim, soal energi terbarukan, menjadi isu global yang semua kalangan menaruh perhatian, baidewe, masih ingat kan iring-iringan mobil listrik yang menjemput para tamu negara?

Itu untuk menunjukkan  komitmen kita dalam mengupayakan area-area yang ramah lingkungan, dan menjadi komitmen banyak kalangan, termasuk perusahaan, dan salah satu perusahaan itu adalah Sinar Mas Land.

Sinar Mas Land, perusahaan property terus mengembangkan perumahan dengan Tujuan  Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Seperti peluncuran berbagai kawasan dengan hunian yang ramah lingkungan,  kali ini Sinar Mas land  meluncurkan Autonomous Vehicle  di kawasan BSD City.


Sumber foto Dcapriadi

Apa sih autonomous itu? jadi, kendaraan autonomous adalah kendaraan yang bisa beroperasi tanpa awak, lah, apakah aman? aman lah.

Kok bisa? iya karena kendaraan ini memiliki berbagai fitur sensor, ada sensor Light Radar yang sinergi dengan kamera high resolution, yang berfungsi sebagai big data analisys.  The first Autonomous Vehicle at Green Office Park BSD City ini memanfaatkan teknologi Global Navigation Satellite Systems.

Sekalipun enggak dikendalikan oleh awak kendaraan, tapi dia punya kemampuan navigasi, kecepatan, bahkan dia bisa menghindari halangan, mendeteksi lingkungan sekitarnya, dan bisa pemberhentian secara otonom, woow, keren ya.

Jadi, saat ini Bus Otomatis pertama di Indonesia ada di The Breeze, BSD City. Tahu kan The Breeze BSD, mal di Tangsel yang dikenal dengan konsep ruang terbukanya.

Di Breeze BSD City itulah Sinar Mas Land bersama dengan Mitsubishi Corporation menjalin kerjasama meluncurkan kendaraan otonom, kendaraan listrik ini, dengan dukungan pendanaan dari JICA, Mitsubishi Corporation dengan MACNICA Inc.

Kendaraan listrik ini merupakan keluaran pabrikan Perancis yang menggunakan teknologi Jepang, kemudian dinamai dengan AV ( Autonomous Vehicle ) Navya Autonom.

Autonomous Vehicle ini beroperasi dengan penggerak listrik dan battery pack yang berkapasitas 33 kWh, dan dapat bertahan selama 9 jam.

Kendaraan listirik ini memiliki dimensi 4,7 m x 2,1 m, muatan penumpang 15 orang yaitu formasinya 11 orang duduk dan 4 orang berdiri.

Belum lama ini, Autonomous Vehicle baru saja mengikuti acara Electric Vehicle Exhibition di Nusa Dua Bali yang merupakan bagian dari event G20 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan pada tanggal 11 - 16 November 2022.

Mengutip rilis di situs Sinar Mas Land, bus otomatis tersebut disiapkan untuk dipamerkan di ajang G20.

Pada tanggal 20 Mei 2022 dilakukan uji coba Autonomous Vehicle  oleh Menteri Perhubungan, bapak Budi Karya Sumadi, dan sekarang ini, Autonomous Vehicle ada di Green Office Park BSD City.

Sejalan dengan komitmen Sinar Mas Land, kendaraan listrik akan mengurangi emisi karbon, otomatis lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan BBM konvensional yang mengakibatkan polusi udara dari CO2 nya.

Irawan Harahap, selaku Chief Digital Tech Ecosystem & Development Sinar Mas Land, menyampaikan bahwa "dengan autonomous vehicle, kami ingin menunjukkan bahwa Indonesia tidak kalah saing dan siap menyambut alternatif green mobility, untuk pembangunjan smart city yang sustainable di Tanah Air, dan keberadaan mobil otonom, mobil listrik akan menjadi haya hidup yang mengacu pada kehidupan yang berkelanjutan, khususnya di BSD City sebagai transformasi kota mandiri".

Sumber foto Dcapriadi

Sumber foto Dcapriadi

Lalu, bagaimana cara mencoba naik AV ini, pasti penasaran kan? aku aja kepengin ngerasain, gimana sih naik mobil kok nggak ada sopirnya, hehe. Eh, nggak susah kok kalau kamu mau cobain naik.

Naik dari lobby utama The Breeze ya, caranya dengan memberikan pendapat tentang autonomous vehicle di aplikasi OneSmile, seperti biasa, aplikasinya bisa kamu unduh via Apple Store dan Google Playstore.

Seperti biasa pula, setelah kamu unduh aplikasi OneSmile, kamu registrasi deh, kamu pilih Autonomous Electric Vehicle lalu mengisi form. Setelah itu kamu akan tonton video tentang Autonomous Electric Vehicle dan dilanjutkan dengan mengisi formulir Pre-survei.

Nah, selesai mengisi, akan muncul deh QR code tiket, sekaligus tiketnya, selesai deh, tunjukkan pada petugas sebelum kamu naik, simpel kan.

Cepetan deh cobain, karena hanya bisa dicoba sampai 21 Desember saja ya, setelah tanggal itu, yaitu tanggal 22 Desember sampai 4 Januari 2023 akan dipamerkan di dalam area The Breeze.


Dicatat ya, kendaraan ini beroperasi setiap hari Selasa sampai Minggu, mulai pukul 10.00 WIB hingga 17.00 WIB, lama kan.

Ada ketentuan tinggi badan ya, buat yang mau mencobanya, untuk anak, tinggi badan minimal adalah 120 cm dan harus didampingi orang tuanya ya.

Kamu yang mau coba naik kendaraan ini, nggak dipungut biaya sepeserpun ya, alias gratis tis, yuuk kapan lagi bisa cobain naik mobil listrik, buruan ke BSD City. 

1 komentar: