Senin, 05 Oktober 2015

Piknik Itu Penting dan Menyenangkan

Nyaris tak ada seorangpun yang tak suka piknik, coba saja tawari piknik kepada orang-orang di sekitarmu, baik itu saudara, keluarga, kawan kerja, kawan ngaji, kawan arisan dan siapa saja. kalau semua orang menyukai piknik, tak heran, karena piknik itu menyenangkan.

Apakah piknik itu penting? Iya lah, piknik itu penting sama pentingnya dengan  pekerjaan rutin  yang dilakukan setiap hari. Kalau pekerjaan rutin akan membuat fisik letih, maka piknik itu akan mengobati keletihan kita.

Melakukan pekerjaan yang sama secara terus menerus, terbayang kan apa yang dirasa? bukan hanya letih dan lelah, tapi akan diikuti dengan rasa bosan, jenuh, jika kita sama sekali tidak melakukan kegiatan sela, atau kegiatan antara ditengah rutinitas itu.



Rutinitas kerja, bisa mengurung kita pada situasi stuck karena melakukan sesuatu yang sama, terus menerus, dalam situasi yang sama, bisa menimbulkan stres karena kerja, nah piknik ini merupakan salah satu cara menangkal stres, hehe.

Segar, itu yang terasa ketika kembali dari piknik, hati senang karena kegembiraan yang didapat selama piknik masih membekas. Rasa letih akibat pekerjaan rutin yang kita lakukan dalam rentang waktu yang panjang, telah tergantikan oleh energi baru yang lebih kuat lagi.

Tak jarang kita temui orang-orang yang usai pulang dari piknik, mereka tersenyum bahagia, bahkan sampai hari berikutnya masih saja tampak gembira, karena  suasana hati masih bagus, usai melakukan piknik.

Sederhanya, dengan piknik akan mmebuat hati senang, mendapat energi yang baru untuk melanjutkan aktifitas selanjutnya.

Apa saja sih yang kita dapatkan dengan piknik? kok piknik itu penting? Yuk dikupas dan kita akan tahu betapa pentingnya piknik.

Meskipun piknik bisa dilakukan seorang diri, namun sebagian besar piknik dilakukan bersama-sama. Bisa bersama keluarga, bersama sahabat sekolah, bersama rekan kerja atau yang lainya. Banyak yang  cenderung menyukai piknik yang dilakukan bersama karena akan menimbulkan situasi menjadi riuh, seru dan tentunya menyenangkan.

Piknik bisa dilakukan di berbagai wahana, dan sekarang wahana untuk piknik sangat bervariasi, mulai dari yang tertutup seperti vila, guesthouse, bahkan sensasi  menginap di hotel. Atau di ruangan terbuka, seperti di pantai, pegunungan, di wahana wisata keluarga, wahana agrowisata, wanawisata dan sebagainya.

Apa yang kita lakukan saat piknik? Banyak sekali, yang menyukai bermain bersama, banyak pilihan, dari out bond, jalan santai, melakukan permainan/ games bersama, bahkan berbelanja bersama ke mall-mall besar, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Bagi yang suka piknik sendirian, bisa apa saja. Mulai dari sekedar bermalas-malasan, tidur-tiduran, membaca bacaan-bacaan ringan seperti novel, majalah, menikmati berbagai hiburan, dari menyaksikan film maupun bernyanyi di karaoke. 

Ke Bandungan Bersama Keluarga

Lebaran tahun ini, seperti biasa aku mudik ke tempat aku dilahirkan, hehehe. Sebuah desa di provinsi Jawa Tengah.  Mudik selalu aku lakukan dan selalu kunikmati di setiap detiknya, hehe.

Apalagi saat ini, aku baru mampu mudik setahun sekali, yah, pastinya tak akan kusia-siakan kesempatan itu untuk bercengkerama dengan keluarga.

Nah, mudik yang baru lewat kemarin, kami semua pergi ke sebuah wahana wisata keluarga yaitu ke Bandungan. Wahana ini terletak di antara kota Semarang, Ungaran dan Ambarawa, sehingga mudah dijangkau dari ke tiga kota tersebut.

Udara yang sejuk dan segar cenderung dingin, membuat Bandungan selalu ramai wisatawan, terlebih di hari libur. Dengan lokasi yang jauh dari riuh rendah aktifitas perkotaan, tempat ini memberikan sensasi sejuk dingin tersendiri.

Bandungan sendiri adalah wahana wisata keluarga, berupa wisata alam, hawa sejuk, dengan pemandangan indah yang bernuansa pegunungan. Ada banyak sarana olahraga maupun permainan disana, seperti tenis, kolam renang dengan mata airnya yang langsung.




Disediakan juga taman bermain untuk anak-anak, dan taman untuk orang tua, merupakan hamparan rumput yang hijau, sehingga bisa duduk santai, bercengkerama sembari mengawasi anak-anak yang sedang bermain.

Di Bandungan juga terdapat bumi perkemahan, yang sering digunakanuntuk acara-acara kemah, baik pramuka ataupun yang laiinya. Di sekitar tempat ini juga dibangun tempat-tempat perisitirahatan, dan hotel-hotel,. Baik hotel berbintang maupun hotel melati.

Candi Gedong Songo

Tidak jauh dari wahana alam tersebut, masih di wilayah Bandungan juga terdapat wisata candi yang bernama Candi Gedong Songo, yang berada di dusun Darum desa Candi kecamatan Bandungan.

Songo, bahasa Jawa yangberarti sembilan, candinya berada pada posisi menyebar, di wilayah tersebut dengan letak berpencaran.

Pemandangan alam yang indah terhampar luas di lokasi wisata ini, terdapat mata air yang mengandung belerang dan hutan pinus yang menambah asri suasana. Kadang-kadang lokasi ini juga diselimuti kabut tipis, hampir serupa dengan Candi di daerah Wonosobo yaitu Dieng.

Dari kota Ambarawa, lokasi ini bisa dijangkau dari kota Ambarawa pada kisaran waktu 40 menit, dan kondisi jalan yang sangat miring dan  jalanan yang mendaki, dan dari Bandungan sangat dekat karena bisa dijangkau hanya sekitar 10 menit.

 

Pasar Sayur Segar

Siapapun yang pergi piknik ke Bandungan tak akan meewatkan waktu untuk masuk dan berbelanja di pasar sayuran yang terletak di samping wahana wisata. Pasar ini tidak besar, namun di pasar ini bisa kita temukan segala jenis sayur mayur yang segar dengan harga yang murah.

Jika di berbagai wahana wisata biasanya menjual produk lokal dengan harga yang mahal, maka di pasar sayur ini akan kita temukan harga sayur yang sangat murah, justru karena sayurnya segar langsung dari petani.





Jika saat lebaran biasanya sayuran mahal, itu tidak berlaku di pasar sayur Bandungan, disana sayuran dihargai sepuluh ribu rupiah, dan bebas memilih jenis sayur apa saja, sebanyak  tiga atau empat kantong plastik.

Tentu saja aku tak melewatkan kesempatan ini, karena di desaku sendiri saat lebaran hingga sekitar tiga mingguan, harga sayuran pasti mahal. Maka aku dan kakak juga adikku membeli bebeberapa jenis sayuran dan juga buah-buahan untuk kami bawa pulang.


Liburan di Bogor

Aku berdomisili di Bogor, dan liburan di Bogor, kenapa tidak? karena aku belum lama tinggal di kota hujan ini, liburan di Bogor tentu sangat menyenangkan. Kalau aku diberi kesempatan liburan di Bogor, yang pertama tentu akan mencari tempat menginap di luar rumah, seperti villa, atau hotel.

Dengan menginap di hotel, aku sudah keluar dari rutinitas yaitu tidur di kamar dan di rumah sendiri sebagaimana biasanya. namanya liburan kan berbeda, sehingga yang pertama kulakukan adalah mencari penginapan.

Lalu aku mulai perjalanan piknik dengan menelusuri cagar budaya yang ada di bogor, karena cagar budaya merupakan peninggalan nenek moyang yang harus diketahui, dipelihara dan dilestarikan. Disini termasuk mengunjungi kembali istana Bogor dan kebun raya sebagai icon kota ini.

Lalu mengunjungi tempat-tempat yang terkoneksi dengan Bogor seperti kebun teh di seputar wilayah Puncak, Taman Safari, serta wahana rekreasi lainnya.

Selanjutnya yang juga tak boleh terlewatkan adalah menelusuri wilayah yang tenar dengan kulinernya sehingga akan mengenal dan menyukai kuliner Bogor. Saat liburan tentu waktu benar-benar dimanfaatkan untuk mengetahui tentang Bogor.

Dengan  begitu maka piknik dan liburan di Bogor akan membawa kesan, meskipun saya juga berdomisili di kota Bogor. Berdomisili di kota Bogor namun perlu mengenal lagi Bogor tentu lebih baik.

Tulisan ini disertakan dalam "lomba blog piknik itu penting"

26 komentar:

  1. Aku juga suka piknik ke tempat2 alami Mak. Seger dan bikin adem plus fresh lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess, piknik menjadi asupan semangat baru ya mba?
      Makasih mba Vhoy sudah mampir

      Hapus
  2. seruuu acara pikniknya maakk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba yang bikin seru karena ketemu hanya setahun sekali, hehehe
      Makasih mba Inda kunujgannya

      Hapus
  3. Ternyata Bandungan letaknya deket dengan rumah simbah saya mbak... lain kali kalo ke sana, mampir ah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lho, dik Nurul simbahnya daerah sana? Wah banyak wahana wisata tuh di sekitar Bandungan
      Makasih ya dik, kunjungannya

      Hapus
  4. Akuuuu jg suka mampir k pasar sayurrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pasar itu destinasi yang wajib dikunjungi, apalagi perempuan, hehehe
      Makasih kunjunganya

      Hapus
  5. Alhamdulillah aku tiap pekan agendain kencan (jalan-jalan) bareng anak sama suami, kalau pas bentrok dengan jadwal dadakan biasanya diganti hari lain, tapi kita ingin konsisten tiap pekan ada pikniknya.

    Jadi lebih nyaman rasanya di keluarga karena selalu dalam keadaan happy, Alhamdulillah.

    Terimakasih sharenya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba Riva, piknik beserta keluarga akan semakin emndekatkan hubungan antar anggota keluarga
      Makasih ya, kunjungannya

      Hapus
  6. ayoooo kita piknik, saya juga butuh piknik banget nih mbak sekarang ini

    BalasHapus
  7. Anak-anakku sukanya ke pantai, duh jadi kangen pantai udah lama ngga piknik...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, mbaa, kalau aku senang pantai, juga seneng pegunungan, maruk ya?

      Hapus
  8. kalau piknik sih bagi saya adalah kebutuhan wajib yang harus dipenuhi tiap bulannya, he.. :D terutama bersama keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, karena piknik itu menjadi penyegaran buat keletihan jiwa raga ya?

      Hapus
  9. Wahhh...saya juga seneng puncak Bogor, Mbak. Meski sudah lama tinggal di sini, teeeeep rindu halimun di atas kebun teh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa, pegunungan selalu menyenangkan untuk didatangi, pemandangan nya memang membuat kangen

      Hapus
  10. Iya nih, akhir-akhir ini aku jadi kurang piknik.
    Kayaknya, perlu dijadwal ulang nih pikniknya, siapa yang mau ngikut?

    BalasHapus
  11. terimakasih partisipasinya. maaf pengumuman diundur tgl 20 oktober. goodluck

    BalasHapus
  12. terimakasih partisipasinya. maaf pengumuman diundur tgl 20 oktober. goodluck

    BalasHapus
  13. Bener banget sekalian refreshing.. ini harus menjadi rutinitas para keluarga khususnya para ibu, biar ga mumet amat hehe

    BalasHapus
  14. Memang sebaiknya, harus dibuat agenda untuk piknik minimal 1 bulan 1 kali lah. agar otak menjadi fres.

    BalasHapus
  15. sesekali refreshing ya mbak ga kerja terus...

    BalasHapus