Minggu, 09 Oktober 2016

Drama Musikal Khatulistiwa, Seni Kreatif Untuk Kenali Sejarah Bangsa

Hasil gambar untuk drama musikal khatulistiwa

Bagi sebuah bangsa, mengenal dan tidak melupakan sejarah bangsanya adalah sebuah sikap patriotik, sikap cinta negeri, sikap nasionalis sejati. Karena hanya bangsa yang tiak melupakan sejarah akan menjadi bangsa yang besar.

Menjadi sebuah keprihatinan manakala dewasa ini banyak sekali anak negeri yang tidak memahami sejarah bangsanya. Maka pertanyaan yang muncul adalah, bagaimana bisa tumbuh sayang, ketika tidak mengenal?.

Jika belum lama ini di media sosial ramai diberitakan tentang beberapa remaja yang duduk santai di atas sebuah patung pahlawan, kemungkinan itu hanyalah salah satu bentuk keterasingan generasi muda terhadap sejarah negerinya sendiri.
Ibu Tiara Josodirdjo


Hasil gambar untuk gambar web musikal khatulistiwa
Talkshow dengan nara sumber inisiator dan seluruh pendukung 

Keprihatinan melihat generasi muda banyak yang tak mengenal sejarah negerinya inilah yang dirasakan oleh seorang Tiara Josodirdjo. 

Hal itu diungkapkan oleh ibu Tiara Josodirdjo dalam gathering pra pertunjukan Drama Musikal Khatulistiwa bersama media, yang diselenggarakan pada hari Kamis, tanggal 4 Oktober, bertempat di Cafe Lamoda, Plaza Indonesia.

Pentas penyampaian pesan perjuangan

Siapa ibu Tiara Josodirdjo? Beliau adalah salah satu pendiri Josodirdjo Foundation, yang didirikan tahun 2016. Yayasan ini memiliki komitmen untuk menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda untuk lebih mencintai tanah air dan tergerak untuk aktif berkontribusi secara positif demi kemajuan bangsa dan negara.

Gerakan sosial cinta negeri ini sudah dimulai ibu Tiara Josodirdjo sejak tahun 2012, dengan menggelar pertunjukan Bawang Merah Bawang Putih dan Kampung Anak Indonesia. Pada pentas itu, lagu-lagu anak dan kekayaan daerah disosialisasikan kembali.

Ibu Tiara Josodirdjo menyampaikan bahwa berawal dari mimpi untuk mengangkat sejarah bangsa ini ke dalam pertunjukan musikal, dan mimpi itu sudah tercetus 9 tahun yang lalu.

Drama musikal sebagai sebuah seni kreatif dianggap media yang tepat untuk melakukan edukasi pada masyarakat terutama generasi muda agar lebih mengenal lagi karakter hebat para pahlawan bangsa.

Momen Hari Pahlawan 10 November, merupakan momen yang tepat untuk meneguhkan kembali semangat cinta negeri. Kenapa dalam bentuk drama musikal? karena banyak cara untuk mengenal sejarah negeri ini.

Sebagian seniman pendukung drama

Kerjasama berbagai elemen

Drama Musikal Khatulistiwa merupakan sebuah kerjasama antara Yayasan Josodirdjo Foundation, Zig Zag Indonesia dan PT CiMB Bank Niaga mengajak seluruh masyarakat agar lebih mengenal lagi sejarah negeri ini.

Disampaikan oleh Presiden Direktur PT CIMB Bank Niaga, bahwa inisiatif Yayasan Josodirdjo Foundation melakukan inisiasi sosial ini mendorong PT CIMB Bank Niaga untuk mengapresiasinya dengan memberikan dukungannya. Terlebih melihat banyaknya talenta muda yang terlibat dalam pementasan drama musikal Khatulistiwa ini.

Sebagai perusahaan yang memiliki sejarah panjang dalam menghadirkan layanan perbankan bagi masyarakat, CIMB Niaga percaya bahwa dengan mengenal sejarah kita akan menghargai pencapaian dan termotivasi untuk menjadi lebih baik.

Sutradara drama musikal, yaitu Adjie N. A, menyampaikan bahwa drama musikal yang dikemas sebagai edutainment tools yang menarik dan menghibur ini, mengisahkan pahlwan bangsa dari berbagai daerah dalam kurun waktu era VOC hingga kemerdekaan.  

Sedikitnya akan ada 50 lagu Indonesia dan berbagai jensi budaya nusantara yang akan ditampilkan dalam pentas tersebut. menurut Adjie, "drama ini merupakan salah satu bentuk perjuangan dalam menjaga dan mengisi kemerdekaan."

Selain melibatkan sejarawan dan pakar pertunjukan, drama ini juga melibatkan 100 talenta muda diantaranya Rio Dewanto, Kelly Tandiono, Tika Bravani, Epy Kusnandar, Sita Nursanti RSD dan lainnya.

Penasaran kan? jadi pengin nonton? nah kunjungi saja akun Drama Musikal Khatulistiwa lewat twitter @M_Khatulistiwa dan Instagram @MusikalKhatulistiwa. 

Banyak info tentang pementasan Drama Musikal Khatulistiwa yang akan kalian dapatkan di sana.

Atau , lebih info lebih lengkap bisa juga kalian kunjungi websitenya yaitu www.musikalkhatulistiwa.com


9 komentar:

  1. Cara penyampaian pesan perjuangan dengan cukup menarik ya.

    BalasHapus
  2. Keren nih masih ada yang mau mengangkat sejarah karena generasi muda banyak yg sudah melupakannya.

    BalasHapus
  3. Jadi penasaran juga sama drama musikalnya ya, kayanya seru kalo nonton langsung tuh Mak.

    BalasHapus
  4. Ga sabar buat nontonnya niiihhh :)

    BalasHapus
  5. perlahan drama musical ini muali hilang. contohnya aja di daerahku medan. sudah jarang ditemui seperti ini

    BalasHapus
  6. Duh...sayang nggak bisa hadir. Pertunjukan langsung seperti ini, membawa kesan yg berbeda.

    BalasHapus
  7. Jadi gak sabar pengen nonton. Thanks for sharing, Mbak!

    BalasHapus
  8. Dulu pertama kali tahu drama musikal yang nge-hype judulnya "Laskar Pelangi". Nah ini adalagi drama musikal yang bakalan keren juga ditonton live ;)

    BalasHapus
  9. Acara yang bagus unutk mengenag sejarah dan belajar dari sejarah.

    BalasHapus