Rabu, 22 Februari 2017

Dengan Aplikasi Medi-Call Bisa Panggil Dokter ke Rumah



Sering kita dengar, peristiwa seorang yang sakit parah tapi sulit sekali panggil dokter ke rumah, sementara situasi mungkin gawat. Atau mungkin yang bisa dipanggil ke rumah hanyalah dokter keluarga saja, kalau dia bukan dokter keluarga, nggak bisa dipanggil ke rumah, sementara kita sebagai pasien sangat membutuhkan kedatangan dokter ke rumah kita.

Terkadang ketika kita harus datang ke tempat praktek dokter, dengan jam yang sudah ditentukan dokternya, tidak selalu bisa. Kendala bisa pada waktu, pada kemacetan di kota besar, dan kendala lain. 


Alangkah lega kalau saja kita bisa memanggil dokter dengan mudah dan segera disebabkan kondisi kita yang darurat, Bisakah?

Sekarang di jaman teknologi maju, apa sih yang nggak bisa? termasuk panggil dokter ke rumah. Lha, panggil dokter ke rumah, sama teknologi? apa hubungannya? ada dong.

Nah, kemarin waktu tanggal 18 Februari 2017 aku bersama kawan blogger dari KEB mendapat kesempatan hadir di acara Grand-Launching Aplikasi Medicall, bertempat di Hotel Denpasar Jakarta.


Sumber gambar dari web Medi-Call


Aplikasi layanan kesehatan


Apa itu Medicall? Medicall merupakan aplikasi smartphone berbasis GPS, nah bagi kamu pengguna smartphone, aplikasi GPS sekarang juga bisa digunakan untuk mencari layanan kesehatan.

Jadi dimanapun kita saat berada dalam kondisi darurat membutuhkan dokter, maka dokter yang terdekat akan merespon kebutuhan kita dengan cepat, kapan saja. Woow mantaap, sekarang masalah sulitnya mendapatkan dokter dalam waktu singkat tak ada lagi.

Medi-Call meru[pakan aplikasi pertama di dunia kedokteran di Indonesia yang menyediakan layanan home visit, tentunya dengan tarif yang kompetitif dan transparan.

Peluncuran aplikasi Medi-Call ini dilakukan oleh beberapa pejabat yang berkompeten di bidang kesehatan dan teknologi, diantaranya dari Kemenkes, Dirjen Aplikasi Informatika KOMINFO, Ketua Terpilih IDI Pusat, dan lainnya.



Aplikasi yang akan mengatasi sulitnya mendapatkan layanan dokter dalam waktu singkat sesuai dengan misi Medi-Call yaitu:

  • Menghubungkan layanan dokter, perawat, bidan ke rumah pasien secara cepat, terpercaya dan terjangkau.
  • Menghubungkan layanan ambulan di rumah/ klinik dengan pasien berdasarkan pada lokasi terdekat dan fasilitas yang terstandarisasi.
  • Menghubungkan layanan laboratorium dan apotik ke rumah pasien, secara mudah, transparan dan terpercaya.
Aplikasi ini bukan hanya menguntungkan pasien saja, bagi dokter aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan. karena dengan apliaksi ini, waktu yang dimiliki dokter menjadi lebih fleksibel.

Yaitu dokter bisa online sesuai dengan ketersediaan waktu, selain itu fitur GPS juga memudahkan dokter untuk mencapai lokasi dimana psien berada dengan mudah dan cepat.

Layanan yang sudah lama dikembangkan di Bali ini, sekarang sudah bisa dijangkau oleh warga Jakarta dan diharapkan dalam waktu segera bisa juga menjangkau kota-kota di tanah air dan untuk semua kalangan.

Saat ini, layanan Aplikasi Medi-Call  bisa digunakan di Bali dan di Jakarta dengan beberapa fiturnya yang merupakan request melalui aplikasi:

  • Emergency Call
    Panggilan darurat yang menghubungkan pengguna langsung dengan ambulan, klinik/ rumah sakit terdekat.
  • Doctor Visit
    Panggilan dokter ke lokasi pasien yang bisa direquest melalui fitur, dengan jarak maksimum  km
  • Nurse
    Panggilan perawat untuk tujuan homecare/ perawatan ibu & bayi ke lokasi pasien
  • Lab
    Panggilan LAB untuk pemeriksaan penunjang ke lokasi pasien melalui request
  • Pharmasy
    Layanan antar obat ke lokasi pasien
  • Rent
    Layanan sewa alat kesehatan yang yang diantarkan ke lokasi pasien
  • Layanan kesehatan lain yang akan dikembangkan kemudian, seperti vaksin, fisioterapi, spesialis, homecare, dll.
Melalui fitur di atas, masyarakat akan sangat terbantu dalam mengatasi situasi kesehatan yang ada pada kondisi darurat.



Lalu, bagaimana menggunakan aplikasi Medi_Call ini?

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Medi-Call melalui Play store, atau masuk ke web www.medicall.co.id.
  2. Lalu sign Up dengan mengisikan identitas, seperti email, jenis kelamin, data lahir, nomor telepon.
  3. Login
  4. Memilih fitur layanan kesehatan sesuai kebutuhan

Setelah memilih menu, cukup tuliskan keluhan dan data penting lainnya, pasien akan mendapatkan biaya panggilan yang ditentukan secara otomatis berdasar jarak dan parameter lain. Dokter terdekat yang sedang mengaktifkan  layanan Medi-Call akan mendapatkan request pasien tersebut. Selanjutnya, dokter akan melakukan konfirmasi data dan identitas pasien.

Tenaga medis yang terdaftar di Medi-Call tidak dipilih secara sembarangan, dengan melakukan seleksi. Mereka adalah para profesional yang sudah memiliki STR ( Surat Tanda Registrasi ), dan SIP ( Surat ijin Praktik ), dimana perekrutannya melalui pelatihan dan prosedur standar pelayanan yang sesuai, untuk menjaga kredibilitas akan profesionalitas layanan di Medi-Call.

Pengembangan budaya perusahaan oleh Medi-Call
  • Disruptif: senantiasa mengembangkan produk atau layanan dengan cara tidak terduga, dengan menciptakan jenis konsumen berbeda sehingga nantinya pasar akan bergantikan dengan inovasi terbaru yang dikembangkan.
  • Inovatif: Berupaya menghasilkan solusi dan gagasan di luar bingkai konservatif dan mendayagunakan kemampuan dan keahlian untuk menghasilkan karya baru.
  • Kreatif: selalu berpikir dan melakukan tindakan mencari pemecahan masalah secara cerdas, yang berbeda ( out of teh box ), orisinil, dengan hasil yang efektif.
  • Profesional: bekerja dan bersikap sesuai dengan kompetensi yang dimiliki dan melaksanakan tugas berdasarkan etika dan kewajiban dengan tepat waktu.
  • Transparan: Melaksanakan tugas dan layanan dengan kredibel berbasis data/ fakta serta terpercaya.
Dengan segala sistim yang dimiliki ini maka Medi-Call merupakan aplikasi layanan kesehatan yang kredibel.

Yuuk, download aplikasi Medi-call, agar menjadi teman dalam menghadapi situasi kesehatan yang membutuhkan pelayanan cepat.





5 komentar:

  1. Semoga di Bogor nanti ada ya Medi-Call, selain di Jakarta...

    BalasHapus
  2. canggih y mba sekarang dokter aja bisa dipanggil :) dh kek gojek

    BalasHapus
  3. Betul mba ini inovatif banget aplikasi buat kesehatan, jadi gampang manggil dokter gak perlu serching dulu nomer telfon rumah sakit tinggal buka aplikasi .. keren ya..

    BalasHapus
  4. hebat nya, jadi gak perlu ribet2 tinggal buka hp dan aplikasi, dunia emang canggih2 sekarng yaa hebatt

    BalasHapus
  5. Ini lucu. Terus cara pembayaran home visit dokternya bagaimana?

    BalasHapus