Rabu, 29 Maret 2017

Launching Produk Baru SiDU

Siapa yang tak pernah menggunakan kertas? nyaris tak ada orang yang tak pernah menggunakan kertas. Bahkan sejak lahir dan dalam perjalanamn hidupnya  manusia membutuhkan kertas. Lihat saja, akte kelahiran, KTP, Ijazah dan sebagainya.

Kertas merupakan kunci dari komunikasi antar manusia dan menjadi saksi dari progres hidup masyarakat, komunitas dan bahkan sebuah bangsa.

Bicara tentang kertas, kamu pasti familier dengan kertas SiDU atau Sinar Dunia. Aku juga sejak lama akrab dengan kertas SiDU, terutama untuk buku yang digunakan di sekolah. 

Bagaimana tidak? SiDU sudah berkontribusi pada bangsa ini dalam kurun waktu lebih dari 40 tahun, dengan digunakannya kertas dalam berbagai kegiatan belajar, dengan mengabadikan buah pikiran dalam tiap lembarannya. 

Diskusi tentang kertas

Launching wajah baru SiDU

Nah, pada tanggal 21 Maret 2017, SiDU melangsungkan Konferensi Pers untuk merilis produk yang sudah diinovasi, dengan tema wajah baru SIDU. Acara diselenggarakan di Gedung Arsip Nasional.

Tentunya bukan tanpa maksud kenapa acara diselenggarakan di gedung Arsip Nasional, adalah karena di gedung arsip inilah tersimpan puluhan arsip penting dalam perjalanan sejarah bangsa ini, dan arsip itu ditulis di atas kertas.

Hadir dalam acara tersebut 3 orang nara sumber yaitu Bapak Sovan K. Ganguly. selaku Asia Pulp & Paper Consumer Business Head, Bapak Martin Jimi, SiDU Domestic Business Head. dan seorang seniman sekaligus penulis yaitu Okky Madasari .


Kertas, telah memberikan konstribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia, karena industri pulp dan kertas merupakan kontributor devisa terbesar ke 7 dari sektor non migas. 


Selain pada tahun 2016 menyumbang pada pendapatan nasional sejumlah 3,79 milliar dollar AS, SiDU juga menjadi penyerap tenaga kerja yang cukup banyak, yaitu lebih dari 260 tenaga kerja. SiDU berkomitmen untuk mendukung kemajuan Indonesia, melalui inovasi dengan produk yang berkualitas, demikian disampaikan oleh bapak Sovan K. Ganguly.


Bukan hanya berperan pada perjalanan sejarah masa lalu, kertas juga terus menjadi bagian penting dari perjalanan Indonesia hingga detik ini dan masih relevan digunakan. Mulai dari kalangan profesional, para pengusaha skala menengah hingga masyarakat umum menjadi pengguna setia kertas.


Menurut bapak Martin Jimi, selama bertahun-tahun SiDU menjadi bagian dari perkembangan penggunaan kertas di Indonesia. SiDU mengakomodasi kebutuhan konsumen di berbagai sektor. Baik untuk penggunaan pribadi, korporasi, penggunaan pribadi hingga bisnis.

Melalui inovasi yang berkelanjutan, dan strategi bisnis yang progresif, SiDU berharap bisa memberikan kontribusi yang berkesinambungan, terhadap perekonomian serta perkembangan hidup masyarakat.

SiDU saat ini memimpin pasar kertas, dengan menguasai lebih dari 50% pangsa pasar kertas cetak dan juga kertas fotokopi di Indonesia.

Sebagai produsen kertas papan atas, SiDU memahami jika inovasi produk tak boleh berhenti, demi memberikan pelayanan terbaik pada konsumen. Saat ini, komsumen menginginkan kualitas kertas yang lebih baik, yaitu kertas yang lebih tebal, lebih putih dan lebih cerah, agar hasil cetaknya lebih tajam.

Detik-detik launching

Kertas SiDU

Inovasi SiDU dengan produk barunya

Inovasi dilakukan dengan teknologi terbaru dan proses yang bisa dipertanggungjawabkan yaitu dalam bentuk komitmen akan proses produksi yang berkelanjutan,  dimana produk SiDU dihasilkan dari serat yang ditanam di perkebunan yang ramah lingkungan, dengan komitmen 100% zero deforestation.  Dengan inovasi terbaru, akan memperkuat posisi SiDU di pasar kertas.

Sementara Okky Madasari menyampaikan, bahwa sebagai penulis, seluruh kegiatannya selalu menggunakan kertas. Bagi seorang penulis, kertas tidak hanya berperan secara fungsional, tetapi juga media untuk mengekspresikan perasaan serta pikiran.

Menurut penulis novel ini, kertas telah memberikan sumbangsih yang besar bagi kemajuan manusia dan bangsa. Begitu banyak momen bersejarah yang tercatat di atas kertas, sejak deklarasi kemerdekaan, sumpah pemuda dan berbagai tulisan legendaris yang kita memahami serta menghargai warisan dan potensi kita.

Kontribusi SIDU pada masyarakat Indonesia tentunya akan bertambah dengan memastikan ketersediaan produk, yang dapat menjangkau ke seluruh pelosok negeri.

Dengan terus memperluas jangkauan, maka SiDU akan menjadi bagian dari perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia secara utuh.

Saat ini, produk SiDU akan tersedia di seluruh wilayah Indonesia, seperti Kalimantan, Sulawesi, dan Indonesia Bagian Timur, dan diharapkan dengan strategi ini kontribusi pertumbuhan yang diberikan mencapai high single digit.

Dengan produk yang berkualitas, SiDU berharap dapat memberikan lebih banyak kontribusi menyeluruh, termasuk kontribusi terhadap perekonomian Indonesia, sehingga industri kertas terus tumbuh dengan konsisten.

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Iyaa, bahkan sejak kita masih remaja udah kenal nama ini

      Hapus
  2. saya pengguna setia merek ini. dari Sd sampe kuliah, dan sekarang pun masih. Legend. :)

    BalasHapus
  3. Sidu udah jd produk legend kayaknya, dr zaman aku SD kalo beli buku ya sidu

    BalasHapus