Kamis, 19 Oktober 2017

Keseruan di HUT CNI ke 31

Ada yang tahu, apakah digital itu? lalu apa manfaatnya? itu hanya salah satu pertanyaan disampaikan oleh Ryan Batchin pada peserta talkshow & seminar siang itu. 

Peserta seminar yang didominasi para ibupun memberikan jawaban yang bermacam-macam sesuai pengetahuan & pengalaman mereka.

Siapa sih Ryan Batchin? dia adalah anak muda yang saat ini berprofesi sebagai praktisi google, yang menjadi salah satu nara sumber pada acara HUT CNI yang ke 31. 



Ya, aku bersama blogger lain mendapatkan undangan untuk hadir di acara diskusi & seminar tentang Idea Interpreneur yang diselenggarakan di gedung CNI, di jalan Puri Indah.

Sudah menyiapkan diri berangkat pagi-pagi karena jarak antara Bogor & Jakarta Barat lumayan jauh, seperti biasa menggunakan commuter line. Setelah melalui drama sejak dari kereta yang telat, jalannya sangat lambat, akupun sampai di Halte Kebon Jeruk, dimana para blogger akan dijemput, sekitar pkl. 09.40 an.

Tak lama kemudian, mobil jemputan kami datang, langsung cuus, bawa kami ke gedung CNI.

Woow, meriah sekali suasananya, panggung yang menyajikan live music, berbagai pameran produk-produk usaha kecil menengah, bazar makanan & minuman. Bahkan CNI menyediakan konsultasi kesehatan gratis, juga konsultasi kecantikan.

Sebenarnya sih pengin konsultasi kesehatan, karena itu penting kan, sayangnya antreannya cukup panjang, hingga waktunya enggak cukup, yah, keburu sore. Semoga lain kali ada lagi.



Antusiasisme peserta photography class
Sumber foto FP CNI


Photography Class
Dalam rangka memperingati HUT CNI yang ke 31, CNI menyelengarakan serangkaian kegiatan yang bertajuk CNI EXPO 2017. Berbagai kegiatan seru diselenggarakan, seperti Grand Bazaar, Workshop Entrepreneur, Donor Darah, Live Music, Doorprize, & Photo Contest, Cek Kesehatan, Expo Tambulampot, Beauty Class, juga donor darah.

Nah, aku bersama beberapa blogger lain mengikuti seminar & talkshow, dengan nara sumber para pakar yang berkompeten.

Sebelum seminar dimulai, dihadirkan seorang pakar fotografi yaitu bung Zhow, dengan berbagai tipsnya, diantaranya:
  • Cahaya adalah faktor sangat penting, boleh dibilang faktor utama. Sebaiknya diatur sedemikian rupa, agar obyek foto, apapun itu mendapatkan pencahayaan maksimal.
Disarankan menggunakan cahaya matahari, karena hasilnya akan maksimal, & menghasilkan foto yang bagus.
  • Obyek foto & kamera harus searah, merupakan sebuah garis lurus dengan mata.
  • Gunakan fitur grid pada kamera, untuk mendapatkan fokus agar obyek foto menarik.
  • Background foto, usahakan yang berwarna netral, atau warna-warna pastel.

Seminar & Talkshow Idea Preneur

Moderator diskusi & talkshow kali ini adalah Marselinus Ferdinan, dengan nara sumber Ryan Batchin seorang paktisi Google, bapak Ahmad Jazuli yang bussiness entrepreneur.

Selain itu hadir juga Windy Ghemary, selain berprofesi sebagai penyanyi, ternyata juga sedang bergerak menjadi seornag pengusaha di bidang bisnis jasa.

Bung Ryan Batchin membahas tentang digital marketing, yang membahas betapa pentingnya memahami digital  yang saat ini menjadi media efektif & efisien untuk berbisnis.

Disampaikan oleh Ryan Batchin, bahwa total populasi pengguna internet di Indonesia, sampai saat ini diperkirakan berjumlah sekitar 262 juta. Sebagian besar menggunakan facebook, lalu urutan berikutnya adalah pengguna twitter lalu instagram.

Untuk media digital yang saat ini banyak mendapatkan pengunjung adalah You Tube, kaena apapun ada di sana, & memiliki daya tarik tersendiri karena sifatnya yang audio visual.

Menurut Ryan Batchin, beberapa kelebihan digital marketing diantaranya adalah:
  • Efisien karena tanpa menggunakan property apapun selain gadget.
  • Dapat menjangkau audience yang banyak, & luas karena tidak terikat ruang & waktu.
  • Dengan biaya rendah ( low cost ) akan didapatkan high impact ( imbal balik yang banyak ).
  • Gunakan google sebagai search engine, akan memperluas pasar
  • Pelajari karakter setiap medsos agar pemesaran produk efektif. Misalnya unfuk foto produk, lebih tepat melalui instagram, dan sebagainya.
  • Misalkan pangsa pasarnya anak muda, jangan gunakan facebook sebagai media marketing, karena facebook lebih banyak digunakan oleh orang yang berusia setengah baya.
    Sebaliknya, untuk anak muda lebih menyukai YouTube dan Line untuk mengakses informasi.
Masih banyak lagi tips yang dibagi oleh Ryan Batchin, yang pada intinya, sekarang ini jika mau sukses memasarkan produknya, sebaiknya memaksimalkan media digital yang ada.

Nara sumber Ahmad Jazuli sebagai pembicara terakhir, beliau yang sebelumnya bekerja di sebuah lembaga perbankan, memilih keluar & memutuskan untuk bergabung dengan CNI.

Menurut bapak Ahmad Jazuli, berada di lingkungan kerja CNI merupakan sebuah peluang besar untuk bisa maju & berkembang sebagai entrepreneur. 

Windy Ghemary, penyanyi yang juga sudah merambah dunia bisnis juga berbagi, bahwa media digital memang menjadi satu keuntungan bagi para pelaku bisnis, karena ada berbagai kelebihan.

Tak lupa, Windy didaulat untuk menyumbangkan suara emasnya, di forum itu. Wiih suaranya dalam & mengayun lembut.

Ryan Batchin


Ahmad Jazuly


Windy Ghemary


Konsultasi gratis

Di keseruan Expo CNI 2017 tersebut juga diadakan konsultasi kesehatan gratis, juga konsultasi kecantikan.

Mungkin, ke depan  CNI secara periodik bisa menyelenggarakan konsultasi kesehatan ini, karena bisa menjadi edukasi bagi masyarakat. Masyarakat tentu merasa mendapatkan manfaat dengan adanya konsultasi kesehatan ini

Selain memberi manfaat edukasi akan pentingnya menjaga kesehatan, bisa menjadi momen untuk lebih mengenalkan CNI kepada masyarakat melalui aksi edukatif.


5 komentar:

  1. Saya juga ikutan nih workshop fotografinya :)
    Seru dan banyak banget inspirasinya.

    BalasHapus
  2. YouTube dan Line buat anak muda ya. IG juga deh kayaknya pengguna lebih banyak generasi millenial.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IG juga banyak disukai berbagai kalangan

      Hapus
  3. Aku dan papaku sejak lama mengonsumsi produk2 CNI terutama sun chlorella nya bagus lih buat kesehatan. CnI udah 31 tahun ya mantap deh.

    BalasHapus