Selasa, 24 Oktober 2017

Mencintai Anak Dengan Merencanakan Pendidikannya

Bagi orang tua, persoalan pendidikan untuk anak-anaknya adalah urusan yang harus diprioritaskan, karena lewat sekolah anak akan mendapatkan bekal ilmu untuk masa depannya.

Di sisi lain, akses untuk mendapatkan informasi yang representatif tentang sekolah terbaik yang diharapkan orang tua bukan hal yang mudah. Padahal info tentang sekolah tersebut sangat berguna bagi orang tua, agar ketika memilih sekolah untuk anaknya tidak keliru.




Nah, tanggal 20 Oktober 2017 yang lalu, PT Sun Life Financial Indonesia, menggelar kembali acara Sun Life Edufair. Sama seperti tahun lalu, pameran edukatif  ini bertujuan memberikan informasi komprehensif  pada keluarga Indonesia, seputar pendidikan anak.

Di pameran ini, total ada 25 sekolah terbaik di wilayah Jabodetabek, yaitu 20 sekolah formal & 5 sekolah non formal. Menghadirkan sekolah non formal dengan pertimbangan bahwa keluarga juga membutuhkan info akan lembaga yang dapat membantu mengembangkan bakat & minat putra putri mereka. 

Maka pada gelaran Edufair kali ini juga dihadirkan sekolah seni, musik, sekolah robotik, coding, fotografi, jurnalistik bahkan sekolah boga.

Acara yang diselenggarakan di Kota Kasablanka ini juga mengundang para pakar pendidikan anak, orang tua, & dari Sun Life menghadirkan ahli perencanaan keuangan.

Talkshow tentang pendidikan & perencanaan untuk anak

Ada yang masih ingat kak Seto? seorang psikolog & sekaligus pemerhati masalah anak yang tak asing lagi bagi kita. Menurut kak Seto, pada dasarnya semua anak itu senang belajar, tidak membutuhkan paksaan.

Dalam diskusi ini, kak Seto mengangkat tema diskusi "Motivasi Guru & Sekolah Untuk Kesuksesan Pendidikan Generasi yang Lebih Baik".

Sehingga jika anak tidak senang untuk melakukan kegiatan belajar, baik di rumah maupun di sekolah, kemungkinan ada masalah sebagai penyebab.

Kak Seto mengangkat diskusi dengan tema Kaitannya dengan sekolah, kak Seto memberikan tips, bahwa sekolah yang memenuhi standard 'baik' adalah sekolah yang memiliki isi kurang lebih:

  • Mengajarkan etika
  • Mengajarkan estetika, bisa berupa berbagai cabang seni
  • Iptek
  • Menggelorakan semangat cinta tanah air
  • Mengajarkan kesehatan
  • Suasana belajar yang menyenangkan


Kaitannya dengan efektifitas proses pendidikan, menurut kak Seto, sebaiknya mengedepankan:

  • Mendidik dengan rasa cinta, sehingga anak didik merasa suasana yang menyenangkan. Tidak membebani anak dengan berbagai keharusan, harus begini, harus begitu.
    Tidak berbicara kepada anak dengan nada yang keras termasuk memberikan cinta dalam pengasuhan.
  • Mendidik dengan keteladanan, agar anak didik melihat sikap konsisten antara apa yang diucapkan dengan apa yang dilakukan.
  • Merencanakan pendidikan anak sedini mungkin, karena orang tua tidak selamanya bisa mendampingi anaknya.

Kak Seto

Nara sumber talkshow

Selain kak Seto, hadir pula ibu Elin Waty, Presdir PT Sunlife menyampaikan bagaimana komitmen PT Sunlife untuk memberikan pendidikan pada masyarakat, tentang pentingnya asuransi pendidikan.

Perencanaan keuangan menjadi sebuah lifestyle baru masa kini, sesuai dengan perubahan jaman, agar orang tua dalam membuat perencanaan pendidikan bagi putra putrinya. Dengan cara pandang yang sesuai jaman, maka keberlangsungan pendidikan putra-putrinya bisa berjalan tanpa harus mengorbankan prioritas pembiyaan kehidupan yang lain.

Perencanaan pembiayaan pendidikan akan menjadi penopang bagi pesatnya peningkatan biasa pendidikan dari waktu ke waktu. Dengan merencanakan pembiayaan maka orang tua sudah memberikan rasa tenang, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi putra putrinya.

Pertimbangan lain kenapa asuransi pendidikan penting adalah karena betapa pendidikan itu memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang.


Sun Life juga meluncurkan sebuah portal baru, yaitu Bright Education, sebuah portal informasi yang menampilkan profil 25 sekolah di wilayah jabodetabek yang bisa dijadikan referensi bagi orang tua untuk memilih sekolah yang dianggap sesuai dengan bakat & minat putra putrinya.

Fitur yang dimiliki Bright education diantaranya:

  • Fitur Sekolah
    Di fitur ini, kamu akan dikasih tahu informasi lengkap tentang sekolah-sekolah yang berpartisipasi di acara Sunlife Edufair. Informasi itu diantaranya tentang loaksi sekolah, kurkulum, fasilitas di lingkungan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, penghargaan yang diraih sekolah hingga testimoni dari guru dan siswa-siswi sekolah itu.
  • Fitur komparasi
    Fitur ini penting karena lewat fitur ini orang tua bisa membandingkan sekolah yang diminati dengan mudah, yaitu dengan memilih tingkat pendidikan, lokasi, nama sekolah & mengisi data pribadi. maka akan keluar hasil perbandingan lengkap, pastinya akan membantu orang tua memutuskan memilih sekolah.
  • Fitur kalkulator
    Membantu orang tua memproyeksikan dana pendidikan yang dibutuhkan serta menyusun perencanaan keuangan sejak dini. 
  • Fitur artikel
    Menyajikan berbagai info & tipe menarik tentang dunia pendidikan, tentang anak & tentang perencanaan keuangan

Dana pendidikan

Kenapa orang tua harus melakukan perencanaan pembiayaan pendidikan anaknya jauh-jauh hari? ada beberapa hal yang menjadi sebab:

  • Kecenderungan kuat bahwa biaya pendidikan mengalami kenaikan yang signifikan dari tahun ke tahun. Kenaikannya setiap tahun mencapai angka di kisaran 15 persen.
  • Asuransi memberikan perlindungan, jika suatu saat dihadapkan dengan saat-saat mengalami masa sulit.
  • Dengan asuransi, maka biaya pendidikan anak akan terus tersedia, sekalipun orang tua sudah tidak ada. Disinilah ada jaminan bagi keberlangsungan pendidikan
  • Dengan asuransi, berarti kita melakukan pemindahan resiko yang semestinya kita tanggung 


Peserta Edufair mendapatkan sertifikat


Kumpul Blogger

Tentang Sun Life

Sun Life merupakan perusahaan asuransi yang kredibelitasnya tidak diragukan lagi, & telah mendapatkan penghargaan dari berbagai lembaga-lembaga yang berkompeten. Dibawah bendera Sun Life Financial, Sun Life Indonesia mengembangkan beberapa produk asuransi untuk membantu masyarakat luas  dalam mempermudah perencanaan beberapa aspek kehidupan yang berhubungan dengan faktor financial.

Salah satunya adalah memberikan produk asuransi di bidang pendidikan, dengan merencanakan pendidikan bahkan sedini mungkin, sejak anak masih duduk di usia taman Kanak-kanak, hingga si anak mencapai jenjang pendidikan tinggi.

12 komentar:

  1. Saya belum pernah pake sunlife, tapi penasaran jadinya. Cek ricek dulu ah

    BalasHapus
  2. pendidikan anak selalu jadi prioritas y mba ortu akan berlomba2 entah postin ke ausransi atau tapenas y mba karena pendidikan itu penting :)

    BalasHapus
  3. Kangen sama kak seto ya..? Udah lama gak dengerin dongeng dari kak seto. Akhir bisa diceritain tentang 4 Rudy yang pintar itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serasa nostalgia, kembali jadi anak-anak

      Hapus
  4. Wah portal tentang daftar sekolah2? Itu sangat membantu orangtua ttg referensi sekolah untuk anaknya. Apalagi sekarang sudah sistem online. Honestly, baru pertama kali baca ulasan ttg produk digital dari sunlife, sepertinya inovasinya keren sekali dari tahun ke tahun

    BalasHapus
  5. Kelak kalo saya punya cucu akan pake sunlife ah

    BalasHapus
  6. Penting bngt merencanakan dana pendidikan buat anak. Apalagi stl dihitung, biaya kuliah mahal banget nantinya. Untung ada sunlife ya

    BalasHapus
  7. Pendidikan anak memang harus jadi prioritas orangtua ya. Merencanakannya sedari dini itu penting banget.

    BalasHapus
  8. Pendidikan memang harus number one. Semuanya butuh persiapan dan rencana yang baik, demi masa depan anak yang cerah

    BalasHapus
  9. Pendidikan anak penting bgt ya. Krn itu masa depan mereka

    BalasHapus