Minggu, 26 November 2017

Lindungi Keluarga Dari Nyamuk, Dengan Obat Anti Nyamuk HIT Expert

Lagi enak-enak nulis, tiba-tiba cekiit, kulit kaki seperti ditusuk jarum kecil, lalu terasa gatal, reflek saja tangan langsung pindah ke kaki, plaak, telapak tanganpun mendarat.

Eh, pindah ke lengan, plaak lagi, sambil kesel tangan menampar lengan deh. kalau sudah begitu, bubar semua urusan deh, nulisnya batal, akhirnya sibuk sama nyamuk. Duuh, nyamuk bandel, sampai pusing mikirin dia, ahahaha, kaya mikirin kesayangan aja ya.

Nyamuk memang bikin kesel, dan di rumah yang aku tinggali sama mertua ini dikelilingi kebun, orang bilang yang masuk rumah berarti nyamuk kebun. mau nyamuk kebun, nyamuk rumah, nyamuk kota, buatku semuanya harus menyingkir, karena mereka semua bandel, iya, bandel. hehehe.

Dulu, sering banget tuh nyamuk berkeliaran di rumah, di ruang tidur, ruang keluarga, musholla keluarga, semua deh. Nah sekarang aku gunakan HIT Expert dong, nyamuk mati, ruangan aman, nulispun lancar.

Binatang paling mematikan


Kalau ditanya, takut ketemu apa, ketemu ular, harimau, atau takut ketemu nyamuk? pasti jawaban kamu takut ketemu ular, atau harimau kan. Tapi jangan salah, hewan kecil itulah justru yang merupakan penyebab angka kematian tertinggi.

Di Indonesia, menurut data & informasi Profil Kesehatan Kementerian Kesehatan  tahun 2016 1585 orang  meninggal dunia akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Nyamuk, binatang kecil, mengganggu, dan di rumah sudah digunakan segala cara untuk menghalau binatang satu ini. Sebut saja, kami pernah coba menggunakan kelambu untuk melindungi tempat tidur dari nyamuk. nyamuk malah nempel di kelambu, dan tetap saja ada yang lolos, hehehe.

Nyamuk bandel itu bikin heran juga, karena terkadang menggunakan obat anti nyamuk juga tak menyelesaikan masalah, tak mengusir nyamuk, apalagi membunuhnya, sulit.

Aku pernah menggunakan obat anti nyamuk juga, tapi tetep saja, saat tidur diganggu nyamuk, mulai yang berdengung di telinga, berisik, sangat mengganggu pastinya. Lalu menggigit kaki, lengan, tangan, sudah  pokoknya nggak ada yang terlewat dari gigitannya. 

Apakah obat anti nyamuknya nggak efektif? entahlah, yang jelas sudah merasa menggunakan obat anti nyamuk, tapi rasanya kaya sia-sia. 

Meskipun kecil, kita nggak boleh mengganggap enteng akan bahaya nyamuk, karena terbukti nyamuk mampu membunuh. Bahkan data menyebutkan masih banyaknya kematian yang ditimbulkan oleh nyamuk.

WHO , pada tahun 2016 menyebutkan jika nyamuk adalah binatang paling mematikan di dunia, karena sekitar 725.000 orang meninggal setiap tahunnya, duuh serem ya.

Di Indonesia, menurut data & informasi Profil Kesehatan Kementerian Kesehatan  tahun 2016 1585 orang  meninggal dunia akibat penyakit yang ditularkan oleh nyamuk.

Dr. Lula Kamal & MC Mia Atma

Fakta tentang nyamuk


Dr Lula Kamal, selain praktisi kesehatan beliau adalah juga ambassador dari obat anti nyamuk HIT, memberikan banyak pengetahuan di acara Gathering Community tanggal 23 November 2017 bersama HIT dan IIDN, bertempat di Ev Hive D'Lab, Menteng, Jakarta Pusat.

Adanya perubahan iklim dewasa ini, membuat nyamuk justru 'cerdas' berevolusi, karena nyamuk menjadi semakin sering kawin. Bentuk nyamuk mkin mngecil, oleh sebab itu nyamuk menyedot darah lebih banyak untuk membuat ukuran tubuhnya menjadi normal.

Karena hanya dengan ukuran tubuh normal saja, nyamuk bisa berkembang biak, inilah jawabannya kenapa nyamuk semakin lama semakin bandel & lebih agresif menggigit manusia.

Dr Lula Kamal menjelaskan berbagai fakta tentang nyamuk, yang bisa jadi belum banyak diketahui oleh kita semua. Beberapa fakta itu diantaranya adalah:

  • Nyamuk adalah binatang paling mematikan
  • Tidak dibutuhkan banyak air buat nyamuk untuk bertelur, karena hanya dengan 1 cc air saja nyamuk sudah beranak pinak. Ingat pula, nyamuk bukan hanya menyukai air kotor, air bersihpun, selama air itu menggenang, menjadi tempat yang aman bagi nyamuk.
  • Nyamuk yang menyukai air tergenang adalah nyamuk jenis aedes aegepty, yang kita tahu menjadi vektor penyebab datangnya penyakit Demam Berdarah Dengue ( DBD ).
  • Semakin panas cuaca, nyamuk akan semakin berkembang biak, karena nyamuk justru suka kawin di saat cuaca panas. Hal ini juga berhubungan dengan global warming, yang pastinya menambah populasi nyamuk.
  • Nyamuk bisa hidup di semua suhu udara, bukan hanya udara lembab saja.
  • Nyamuk sangat menyukai bau manusia, dan dari keringat kitalah yag mengundang nyamuk datang, duuh, hiiii. Itulah sebabnya kita sering didekati nyamuk.
  • Ada warna favorit yang disukai nyamuk, warna merah & hitam. makanya baju yang berwarna merah atau hitam menjadi incaran nyamuk.
  • Kenali jam terbang nyamuk, jangan menyangka bahwa nyamuk hanya datang pada malam hari.

 Area dimana nyamuk bersarang


Ruang dan sudut ruang yang banyak dihinggapi nyamuk


Ada beberapa tempat yang menjadi favorit, dan tempat itu bukan hanya di luar rumah atau di dalam rumah saja. Tempat-tempat favoritnya, diantaranya adalah:
  • Baju yang digantung sesudah dipakai
  • Furniture yang jarang dibersihkan, seperti pigura, hiasan lampu, tutup lampu, vas bunga.
  • Tumpukan buku, mainan anak dan sejenisnya.
  • Ember & gentong air yang berisi air meskipun sedikit.
  • Kolong dipan, pinggiran tempat tidur, kolong meja, kolong sofa
  • Pojokan tirai, pinggiran tempat tidur, tumpukan bantal.
Pada intinya, sekarang ini nyamuk makin'cerdas' beradaptasi dengan perubahan iklim, makin bandel, bikin pusing para keluarga. pastinya mau dong kita basmi nyamuk itu.

Tips dari dokter Lula Kamal


Nah, ada tips nih dari Dr. Lula Kamal, bagaimana menyemprot nyamuk dengan benar & di waktu yang tepat.

Kebanyakan kita nih, para ibu, menyemprotkan obat nyamuk, lebih sering menjelang tidur kan?, pas anggota keluarga mau tidur tuh, abru kita semprot. Eh ternyata salah ibu-ibu, iya salah.

Menurut Lula Kamal, seharum-harumnya obat anti nyamuk, bagaimanapun dia adalah insektisida, nah itu peringatan utama. Jadi, jangan pernah menyemprotkan obat anti nyamuk saat di ruangan ada orang.

Sejak sekolah pasti kita tahu kan kalau nyamuk pembawa vektor DBD, nyamuk aedes agepty itu beraksi pagi hingga siang, tapi kita tetap saja semprot ruangan malam hari, hehe. 

Lula Kamal menyemprotkan obat anti nyamuk di jam dimana nyamuk beraksi, jadi efektif, yaitu pagi hingga siang, pada kisaran waktu jam 8 sampai jam 12, , lalu semprotkan lagi pada kisaran waktu jam 2 hingga jam 5 sore.
 
Menyemprot obat anti nyamuk, sesuaikan dengan ruangan. Ruang besar membutuhkan semprotan lebih banyak pastinya. Begitu juga dengan ruang yang di dalamnya banyak barang, membutuhkan semprotan yang lebih banyak dan lebih merata.

Kamar, ruang keluarga, dan ruang lain yang diperkirakan banyak nyamuk, sebaiknya menjadi prioritas untuk disemprot obat anti nyamuk. Tinggalkan kamar, tutup pintunya sekitar 1 jam. setelah dirasa cukup, barulah boleh masuk ke kamar yang disemprot obat anti nyamuk.

Jika kamar atau ruang menggunakan mesin pendingin/ AC tidak dianjurkan untuk langsung menyemprotkan obat anti nyamuk, sebelum mematikannya terlebih dahulu.  Kenapa? agar obat anti nyamuk tidak terhisap AC, dan malah akan mengendap di AC.

Hit mate

 Hit elektrik


Aku memilih HIT Expert


Nah jangan salah ya dalam memilih obat anti nyamuk, karena bagaimanapun obat anti nyamuk haruslah yang aman bagi manusia. Akupun demikian,  pengin basmi nyamuk yang makin bandel dengan obat anti nyamuk pilihan, yaitu HIT Expert.

Dahulu, aku suka menggunakan HIT mat, obat anti nyamuk yang menggunakannya dengan dibakar menggunakan listrik, tidak mengeluarkan asap, jadi tidak mengganggu pernafasan.

Ketika muncul HIT Elektrik, akupun menggunakannya, karena menurut aku waktu, kok kayanya lebih hemat. Beberapa lama, kedua jenis obat anti nyamuk itu aku gunakan, secara bergantian, tergantung penginnya .

Entah karena rumahku dikitari kebun luas, atau memang mungkin nyamuk makin bandel, kayanya kalau malam masih saja diganggu sama nyamuk. Mulai dari suaranya yang mengganggu banget, sampai pagi harinya kulit pada bentol-bentol.

Sampai saat ini akupun masih menggunakan dua jenis obat anti nyamuk itu sih kadang-kadang saja. Kok kadang-kadang? iyaa, karena sekarang sudah muncul HIT anti nyamuk yang baru, afektif masalah nyamuk yang makin bandel.

Kenapa aku memilih HIT Expert? ada dong alasannya, pastinya kita akan memilih yang lebih baik kan ya, nah menurut aku, karena keunggulannya banyak, maka HIT Expert akan menjawab masalah nyamuk yang bandel itu.

Meskipun obat anti nyamuk kita siapkan, berbagai faktor pencegahan tetap harus kita lakukan, karena akan mengurangi atau meminimalkan tumbuh kembangnya nyamuk-nyamuk bandel.

Tindakan 3 M yaitu Menguras bak mandi dengan teratur, diikuti dengan menggosok bak mandi sesering mungkin. Menutup setiap bak penampungan air, apabila ada penampunagn yang sulit dikuras, dianjurkan menggunakan larvasida, yaitu racun larva serangga. 

Mengubur barang bekas, sekarang ini bisa diikuti dengan mendaur ulangnya untuk diubah menjadi barang bermanfaat.

Kembali ke HIT Expert, ini dia keunggulan HIT Expert sebagai pembasmi nyamuk bandel, agar kita selalu bebas dari nyamuk.

Hit expert



Formula micro-particle

HIT Expert menggunakan formula baru, dengan partikel yang lebih kecil, yang disebut micro-particle, yang akan membuat formula bertahan lebih lama di udara dan dapat membasmi nyamuk bandel dengan lebih baik

Teknologi Double Nozzle

Teknologi Double Nozzle merupakan teknologi yang menghasilkan semprotan dengan daya jangkau yang lebih jauh, lebih merata ke seluruh ruangan, sehingga ibu cukup menyemprotkan secukupnya, nah hemat kan/ pasti seneng dong ibu-ibu sama yang hemat-hemat, hehe.

Desain ergonomis

Kemasan baru premium dengan desain cap ergonomis membuat kaleng lebih nyaman saat digenggam, maka menghasilkan semprotan yang halus, tidak memercik.

Wangi premium

Sekarang, HIT Ekpert memiliki dua pilihan wangi baru premium  yang menyenangkan, yaitu Sweet Flower dan Fresh Citrus. Jadi jangan khawatir akan mencium aroma insektisida yang menyengat. Dengan wangi premium ini, serasa ruangan menggunakan pengharum dong.

Nah jadi ngerti kan ya, kenapa aku sekarang gunakan HIT Expert, karena memang obat anti nyamuk inilah yang kita butuhkan untuk basmi nyamuk-nyamuk bandel.


1 komentar:

  1. Hie expert wajib deh ada di rumah. Soalnya di sini nyamuk ganas-ganas. :( Maklum, dekat sama selokan.

    BalasHapus