Jumat, 24 November 2017

Tips Memilih Sofa Minimalis

Pernah nggak mencoba mengamati kalau sekarang ini sebagian masyarakat cenderung menggunakan perabot atau furniture bergaya minimalis, sebagai sarana di dalam rumah hunian, termasuk sofa minimalis.

Hal itu tidak bisa dipisahkan dengan gaya hidup sebagian masyarakat yang menggemari gaya minimalis. Bisa dibilang, gaya minimalis sedang menjadi tren di tengah masyarakat, terutama berkaitan dengan gaya membangun hunian.

Hal ini tampak dari makin banyaknya pengembang yang membangun perumahan dengan gaya minimalis, termasuk makin banyaknya apartemen yang dibangun di perkotaan.

Sebenarnya sofa adalah perabot yang tak asing lagi bagi sebagian masyarakat kita dan sudah banyak yang menggunakan sofa dalam rumah mereka, untuk berbagai kebutuhan. 

Sofa biasa difungsikan sebagai empat untuk duduk, tepatnya tempat untuk bersantai, untuk beristirahat melepas lelah. Meskipun sofa juga bisa digunakan untut duduk tamu, namun fungsi sofa cenderung digunakan oleh anggota keluarga.

Berbagai macam bentuk sofa terus berkembang, ada yang berbentuk seperti bangku atau bentuk seperti dipan. Ciri sofa, atau yang membedakan sofa dengan tempat duduk lain seperti kursi misalnya, adalah bantalan yang empuk menempel.

Sebagai salah satu furniture rumah tangga, semakin lama sofa semakin menjadi favorit banyak orang karena sifatnya yang multi fungsi. Sofa juga bisa menjadi sentuhan estetika tersendiri dalam sebuah ruangan.

Sebuah ruangan akan makin tereksplor keindahannya dengan meletakkan sofa di dalamnya, sehingga tidak heran jika sekarang ini sofa menjadi bagian dari furniture rumah tangga yang wajib dimiliki.

Kenapa sofa menjadi favorit banyak keluarga? karena sofa merupakan komponen yang fleksibel, yaitu diletakkan di ruang manapun sofa tidak kehilangan fungsinya.

Sebut saja di ruang tamu, pantas kan? lalu di ruang keluarga, sofa juga pas diletakkan di sana, atau ruang lain, ruang makan, ruang kerja, perpustakaan keluarga, semuanya oke untuk ditaruh sofa di dalamnya.

Lalu, sekarang juga bisa dipilih berbagai macam sofa, ada yang berukuran besar, ada yang berukuran minimalis. 

Beberapa alasan, kenapa seseorang memilih sofa minimalis
  • Penghematan biaya, itu sudah pasti. Bagaimanapun furniture berukuran minimalis tentu harganya akan lebih murah dibandingkan dengan furniture yang berukuran besar, dalam kualitas yang sama. 
  • Sofa minimalis merupakan furniture yang simpel dan fleksibel. Ukurannya yang mini memungkinkannya untuk diletakkan di berbagai sudut ruangan, sesuai keinginan
  • Sofa minimalis akan membuat ruangan terasa lebih lapang, karena ukurannya yang mini tidak membutuhkan banyak ruang, tentu ini menambah suasana enak di dalam rumah.
  • Dengan sofa minimalis, ruangan menjadi terkesan lebih rapi dan pastinya membuat ruangan tampak indah.
  • Mudah perawatannya. Ukurannya yang minimalis membuat sofa mudah untuk membersihkannya, tidak memerlukan banyak tenaga untuk melakukannya.
  • Ada beberapa jenis sofa minimalis yang multifungsi, bisa digunakan sebagai kursi, sekaligus bisa digunakan sebagai tempat untuk tidur.
Beberapa hal dia atas menjadi alasan sebagian orang untuk memilih furniture minimalis, salah satunya sofa minimalis.

Buat kamu yang tertarik atau penasaran mau menggunakan sofa minimalis untuk furniture di rumah kamu, mungkin mikir ya, "jadi sofa macam apa yang mesti dibeli ya?", atau "buat rumah aku, yang cocok sofa seperti apa ya?". Atau berbagai pertanyaan lain.

Hasil gambar untuk gambar sofa minimalis matahari mall
Sumber gambar: Matahari Mall

Karena sofa akan digunakan dalam jangka waktu yang mungkin panjang, pastikan memilih barang dengan benar.
Ada beberapa tips bagaimana memilih sofa minimalis yang bisa dijadikan referensi:


  1. Sesuaikan budget yang kamu miliki dengan sofa yang kamu butuhkan, pastikan bahwa kamu akan mendapatkan sofa yang kamu butuhkan dengan harga yang layak. 
  2. Mengukur ruang yang dipilih menjadi satu kewajiban, bahkan pastikan pula, bahwa sofa bisa masuk ke dalam rumah tanpa repot. Jika sofa mau diletakkan di ruang lantai atas, pertimbangkan membawanya dari bawah yang harus melewati tangga. 
    Pastikan ukuran sofa tepat di ruangan yang dikehendaki.
  1. Pilihlah bahan sofa dengan kualitas terbaik, lakukan tes dengan mendudukinya. Pilihlah sofa dengan bahan yang nyaman, sehingga tujuan membeli sofa untuk bersantai tercapai.
  2. Pilihlah desain sofa yang tepat dengan ruangan, yaitu desain sofa yang tidak memakan ruangan terlalu banyak. Banyak macam desain yang bisa dipilih, pastikan memilih desain yang memperindah ruangan.
  3. Pilih sofa yang warnanya sesuai dengan warna ruang yang dipilih. Atau bisa juga memilih warna netral, sehingga tidak terpengaruh oleh warna ruangan, alias aman, apapun warna ruangan.
  4. Pilihlah motif atau corak yang tepat, agar ruangan tetap indah dipandang. Hindari motif yang terlalu ramai dan mencolok, karena akan membawa kesan ruangan tidak nyaman.
Nah, itulah beberapa tips memilih sofa, semoga bisa jadi referensi bagaimana memilih sofa yang tepat.







1 komentar:

  1. Aku pengen pakai sofa tapi suami lebih senang kayu jati, mba. Hehhe. Tapi setidaknya memang coraknya lebih sederhana jadi pas deh :)

    BalasHapus