Kamis, 17 Maret 2022

Rumah Zakat Salurkan Bantuan di Bulan Ramadhan Dengan Kolaborasi

Setelah sekian lama berkegiatan di rumah saja selama pandemi, akhirnya saat yang ditunggu datang juga, hahaha.., kaya nunggu apa ya, padahal hanya pergi ke Jakarta naik commuterline dan mengikuti event offline seperti saat-saat sebelum pandemi.

Tapi bener, seneng banget, karena selama ini aku memang menahan diri bener, aku nggak seberani teman-teman yang sudah cukup lama jalan-jalan seputar Jabodetabek, aku benar-benar off dan menolak beberapa undangan offline, ya demi diri sendiri sih.

Makanya ketika Indonesia masuk di era endemi dengan melonggarkan beberapa aturan, sebenarnya itu angin baik, meskipun tidak serta merta mengembalikan situasi sebelumnya.

Hari Selasa, tanggal 15 Maret 2022 kemarin aku dan beberapa teman blogger hadir di satu even yang digelar oleh Rumah Zakat.

Seingat aku, ini yang ke tiga kalinya aku menghadiri undangan Rumah Zakat dalam momen yang berbeda-beda. tentunya.

Kali ini, adalah Press Conference dalam momen menyambut bulan suci Ramadhan tahun 2022 ini dengan mengusung tema #SaatnyaTumbuhBersama.

Target yang dicanangkan adalah membantu dan memberdayakan 1.5 juta penerima manfaat, dengan jangkauan Aceh hingga Papua, khususnya adalah buat mereka yang terdampak pandemi Covid-19.

Ada para perempuan yang mungkin suaminya wafat akibat covid, ada anak-anak yang mungkin harus menjadi yatim piatu karena orang tuanya yang wafat disebabkan terkena Covbid-19, merekalah yang terutama akan disasar oleh Rumah Zakat di Ramadhan tahun ini.

Dalam menjalankan program Ramadhan ini, Rumah Zakat tidak bergerak sendirian, melainkan menggandeng banyak pihak untuk kolaborasi. 

Diantaranya adalah para donatur, baik donatur perseorangan maupun lembaga atau komunitas, beberapa perusahaan, tujuan kolaborasi ini adalah mempercepat pemberdayaan yang dilakukan.

Seingat aku, memang salah satu karakter Rumah Zakat adalah di aspek pemberdayaan, artinya dalam membantu masyarakat yang membutuhkan, Rumah Zakat bukan hanya memberi umpan saja, tetapi memberikan kailnya.

Dengan demikian tepat sekali tag line #SaatnyaTumbuhBersama yaitu bangkit, tumbuh dan maju bersama, ada peningkatan kondisi dari para penjerima layanan manfaat.

Pada tahun 2021, Rumah Zakat berhasil memberdayakan 5 juta penerima layanan manfaat, dan disampaikan juga oleh Bapak Nur Efendi CEO Rumah Zakat, sebanyak 15% dari penerima layanan manfaat meningkat taraf hidupnya dan berhasil dientaskan dari garis kemiskinan.


CEO Rumah Zakat , Bapak Nur Efendi

Dengan kata lain, sebanyak 15% tersebut jika sebelumnya mereka adalah orang yang mendapatkan dana, maka setelah itu taraf hidup meningkat, mereka bisa meningkatkan diri menjadi pemberi donasi, keren kan.

Nah, di tahun 2022 ini Rumah Zakat mencanangkan target 20% dari penerima manfaat akan meningkat kesejahteraannya, taraf hidupnya lalu mereka bukan lagi berada di dalam garis kemiskinan, melainkan keluar dari garis kemiskinan.

Untuk bulan Ramadhan tahun ini, Rumah Zakat memiliki berepa program istimewa yaitu Berbagi Buka Puasa, Kado Lebaran Yatim, Bingkisan Lebaran Keluarga, Syi'ar Qur'an, Ramadhan Bebas Hutang dan Wakaf Qur'an Braille. Distribusinya akan dilakukan di 1.695 Desa Berdaya binaan Rumah Zakat di 33 provinsi.

Kolaborasi

Rumah Zakat, pada hari Selasa 15 Maret 2022 melakukan penandatanganan MOU dengan tagline #SaatnyaTumbuhBersama dengan berbagai pihak sebagai mitra, diantaranya Air Asia Indonesia, Flip, Shipper, CARInih, dan MTUA Rekayasa Industri.

Kolaborasi Rumah Zakat dengan para mitranya diharapkan menjadi kerja sama yang memberdayakan , dan sebagai upaya yang semakin mempercepat pemulihan ekonomi para penerima layanan manfaat, terutama yang terkena dampak pendemi Covid-19.

Dalam kesempatan itu Bapak Nur Efendi berharap selain memberikan manfaat pada peserta layanan penerima manfaat, kolaborasi yang dibangun juga membawa implikasi yaitu memajukan usaha para mitra yang berkolaborasi.

Penandatanganan MOU

Kemudahan Berbagi Melalui Inovasi Infak.id dan waqf.id 2.0

Semakin lama tentunya Rumah Zakat berharap bisa memberikan kemudahan dalam berbagi, khususnya di bulan Ramadhan. Kali ini Rumah Zakat meluncurkan infak.id dan waqf.id 2.0.  Melalui platform infak.id disediakan fasilitas kemudahan dalam berinfak, dan platform ini telah ada sejak tahun 2019.

Sampai saat ini telah memiliki lebih dari 200.000 pengguna, mereka secara rutin menitipkan infak setiap hari. Sementara waqf.id diluncurkan sejak awal 2021 sebagai sebuah platform donasi untuk wakaf produktif.

Apa kelebihan infak.id dan waqf.id? kelebihannya adalah dari sisi design yang mobile friendly, siapa sih yang enggak seneng dimudahkan dalam berinfak dan meberikan wakaf? ibarat kata, tinggal klik, tunai sudah kewajiban memberikan infak. 

Enggak perlu repot kan, jika kita bisa memberikan infak lewat gadget? di jaman digital ini, hampir semua menggunakan gadget untuk aktifitasnya.

Selain itu, dengan platform infak.id dan waqf.id juga memberikan laporan,pada para donatur dengan transparan, lalu lintas dana bisa dilihat lewat dua platform ini.

Yaitu adalah, secara berkala Rumah Zakat akan merilis laporan distribusi dana infak dan wakaf yang terhimpun, dan ini disampaikan di masing-masing platform. Enak ya, ketika kita mempercayakan dana kita lalu kita mendapatkan laporan, itu sesungguhnya Rumah Zakat sudah menjalankan amanah dengan baik.

Dalam jangka panjang, Rumah Zakat adalam bahwa tujuan development infak.id dan waqf.id adalah menciptakan gaya hidup baru, yaitu gaya hidup berbagi, sebagai gaya hidup umat muslim.

Sebuah tujuan mulia, karena jika berbagi sudah menjadi gaya hidup, sudah tak perlu lagi disuruh-suruh buat berbagi karena sudah otomatis .

Sementara, untuk waqf.id, melalui platform ini Rumah Zakat ingin memberikan edukasi, tentang keutamaan wakaf produktif,  memberikan pemahaman bahwa wakaf bukan hanya yang bersifat jasa saja,  diharapkan dengan edukasi ini masyarakat paham bagaimana keutamaan wakaf produktif.


Sebagai anggota masyarakat juga ummat muslim, tentunya seneng ya ada platform yang membantu kita, memudahkan kita melakukan kebaikan.

Yuk ah, yang mau berbagi dengan mudah, yang mau ber infak dan  menyalurkan wakafnya, jangan ragu, gunakan platform infak.id dan juga waqf.id 20

1 komentar:

  1. Wah kegiatan seperti ini yang ditunggu saat menjelang bulan Ramadhan, mantep nih semoga makin berkah. Keren rumah zakat!

    BalasHapus