Minggu, 18 Januari 2015

Ingin Lebih Baik Lagi Ketika Bertambah Usia

Momen ulang tahun selalu menjadi momen yang tepat untuk melakukan tafakur atau kontemplasi.
Sejenak mengambil jarak dengan riuhnya hiruk pikuk rutinitas, agar bisa melakukan perenungan yang mendalam.
Seiring dengan pertambahan usia, setiap orang selalu ingin melakukan perbaikan dalam hidupnya, demikian pula aku.
Di usia yang sudah setengah abad, tentunya ulang tahun tidak harus diryakan denngan berwewah-mewah, berhura-hura.
Di sepanjang kehidupan, perayaan ulang tahunku, mungkin tidak banyak dilakukan. Meskipun ibuku dididik di lingkungan budaya Barat, beliau tidak membiasakan perayaan ulang tahun yang ramai, kecuali saling memberikan hadiah sebagai support dan juga doa bersama.




Demikian juga saat usia setengah abad ini, hari lahir dirayakan dengan bersyukur dan acara berkumpul keluarga saja.
Bersyukur dan senantiasa bersyukur atas segala karunia yang dilimpahkan oleh Tuhan, Allah SWT Pemilik semesta ini, karena dengan kehendak NYA pula aku masih merasakan segarnya embun di pagi hari, merasakan hangatnya mentari dan menyelami samudera kehidupan ini.
Kadang-kadang, ketika merasakan dengan sadar segala aktifitas yang bisa kulakukan dengan kesehatan yang penuh, ada rasa tidak percaya

Masih sangat jelas terbayang dalam ingatanku, bagaimana tujuh tahun yang lalu aku pernah dipandang oleh seorang dokter dengan pandangan seperti sedang memandang sosok yang hampir meninggal. Dengan sikap dingin dokter itu mengatakan bahwa sakitku sudah parah, kemungkinan kecil akan bisa sembuh, dan banyak hal lagi yang semuanya serba tidak enak didengar sat itu.
Alhamdulillah, Allah SWT berkehendak lain, aku masih diijinkan menghirup udara segar di dunia ini, setelah melewati pembedahan di ruang operasi dan  serangkaian perawatan.

Maka itu, momen ulang tahun menjadi sangat istimewa bagiku, karena selalu ingat saat-saat kritis dimana aku divonis tak bisa sehat.
Sehingga sejak itu, saat ulang tahun   selalu menjadi tonggak bagiku agar selalu melakukan yang terbaik dalam hidup, dalam hal apapun.
Beberapa cara yang aku lakukan diantaranya
  • Selalu menjaga dan menjalin silaturahmi dengan sebanyak mungkin orang tanpa memandang latar belakang kehidupan mereka
  • Banyak melakukan asah rasa, dengan mengambil pembelajaran hidup dari siapa saja, ya siapa saja, baik suami,  keluarga, dan siapa saja yang kutemui. Baik di dunia nyata maupun di dunia maya.
    Terus melapangkan hati agar selalu bisa merenungi semua yang terjadi
  • Melakukan asah fikir, agar bisa menambah ilmu dan wawasan meskipun usia terus bertambah
Keinginan saat bertambah usia, tidak terlalu muluk, selain ingin menambah kebaikan di segala hal, ingin selalu lebih baik dari waktu ke waktu.
Selain itu, ingin terus memberi kepada siapa saja, memberi bukan selalu berarti memberi materi, karena  memberi juga memiliki arti yang sangat luas. Bisa memberikan ilmu, pengetahuan, memberi perhatian kepada yang membutuhkan, terutama orang-orang yang berada didekatku.
Ingin juga lebih mempunyai manfaat pada siapa saja, di kehidupan ini. semaksimal yang bisa aku lakukan, ingin memberi manfaat.


logo


Karena sebaik-baik orang adalah yang banyak manfaatnya bagi kehidupan, dan setinggi-tinggi kebahagiaan adalah memberi.
Memberi, karena aku suka menulis, juga ulang tahun kali ini aku memiliki keinginan untuk bisa lebih produktif lagi dalam menulis, dengan harapan, yang aku tulis memberikan manfaat kepada siapa saja.
Ulang tahun, adalah keinginan untuk selalu mempersembahkan yang lebih baik dan lebih baik lagi  pada kehidupan.

6 komentar:

  1. waah...selamat ulang tahun mbaak..:) semoga cita-cita mbak untuk bisa lebih produktif menulis dan bermanfaat untuk siapa saja, bisa terwujud...aamiin...

    BalasHapus
  2. Harapan yang manusiawi dan sangat penuh makna, semoga tercapai semua harapan baik ini Mba :)

    BalasHapus
  3. mba Nurul, maaf baru sempat buka hehe, kakasih ya sudah mampir
    amiin, maturnuwun doanya mba

    BalasHapus
  4. mba Ani, makasih atensinya, hehe
    makasih ya mba sudah mampir

    BalasHapus
  5. Tanpa ultah pun, saya mendoakanmu,Mak....:)

    BalasHapus