Minggu, 25 Februari 2018

Kehangatan Minyak Telon, Bikin Bayi Sehat dan Nyaman

Kamu suka nggak kalau lihat bayi? aku tuh suka banget kalau sama bayi, kalau ketemu bayi, bawaannya pengin peluk, pengin nggendong, pengin mendekap, melindungi dari apapun.

Melihat bayi, seperti melihat makhluk kecil yang nggak berdaya, rasanya dengan mendekap, memeluknya, bayi akan merasa hangat, nyaman dan pastinya aman.

Bukan cuma gendong sama peluk, tapi aku suka sekali cium-cium bayi, bener, nggak bosen deh kalau suruh cium-cium bayi. Karena sepertinya nggak ada yang nggak suka sama bayi kan ya, bayi terlalu menyenangkan untuk nggak disayang, hehe.

Bayi itu aromanya khas, kadang susah dijelaskan, bahkan kalau belum mandi, itu aroma yang unik akan meruap dari tubuh bayi, pasti pernah kan kalian merasakan ini?

Kenapa sebagian besar kita suka peluk, mendekap, dan cium bayi? itu dorongan naluriah, bahwa manusia dewasa ingin selalu melindungi bayi dari gangguan apapun.

Dekapan pada bayi juga berarti keinginan untuk memberikan kehangatan pada bayi, agar bayi merasakan kenyamanan, baik fisik maupun jiwanya.

Sebagai ibu, kan pengin memberikan perlengkapan bagi bayinya kan? tentunya akan dibelikan perlengkapan bayi terbaru sebagai bentuk suka cita, dan keinginan memberikan yang terbaik bagi putra putrinya sejak masih bayi.

Perlengkapan dibutuhkan bagi bayi, karena memang kebutuhan bayi itu spesifik, beda dengan kebutuhan orang dewasa.

Kadang-kadang terasa unik ya, bagaimana tidak, bayi itu makhluk kecil, tetapi setiap orang tua membutuhkan berbagai perlengkapan agar bayinya nyaman.

Sebut saja mulai dari baju, celana, selimut, kasur, lalu perlengkapan mandi mulai sabun, shampo, lotion badan, lotion rambut dan sebagainya. banyak bukan?








Khasiat minyak telon


Berbagai perlengkapan bayi dibutuhkan tak lain dan tak bukan adalah demi kebaikan bayi, baik kesehatan maupun kenyamanannya. Salah satu hal yang bikin bayi terasa nyaman adalah adanya rasa hangat.

Bayi butuh kehangatan, karena di usia bayi, sistim pengaturan suhu tentunya belum berjalan sempurna, karena baru memasuki fase awal dalam kehidupan, belum memiliki kemampuan adaptasi.

Ketika misalkan saja suhu di sekitar bayi itu dingin, efeknya akan terasa banget bagi bayi, dia akan merasakan dingin, lebih dari yang dirasakan oleh orang dewasa. Bahkan bayi bisa menggigil, pada suhu dingin yang bagi orang tua masih belum terasa dingin.

Sehingga bayi memang membutuhkan perlindungan terhadap cuaca yang datang dari luar,  agar bayi tidak merasa kedinginan. 

Salah satu cara yang populer digunakan oleh sebagian besar ibu-ibu adalah memberikan kehangatan pada bayinya dengan minyak telon

Membaluri bayi dengan minyak telon, bukan hanya sebuah tradisi ibu merawat bayinya, namun karena minyak telon memiliki khasiat bagi bayi, terutama rasa hangat yang tadi disebut.

Selain itu, aroma khasnya juga menjadikan tubuh bayi meruapkan aroma yang segar. Biasanya, minyak telon ini dibalurkan di bagian dada, perut, punggung dan telapak kaki.

Minyak telon juga sering digunakan untuk mencegah perut kembung pada bayi, karena kembung bisa menyebabkan rasa sakit pada perut bayi, bahkan bayi bisa masuk angin, menderita kolik di perut yang tentunya sakit sekali.

Minyak telon juga bisa digunakan sebagai pelembab, bahkan untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit bayi.

Ternyata banyak sekali ya manfaat minyak telon, mulai fungsi perawatan, hingga fungsi kesehatan. Tidak heran kalau hampir semua ibu yang punya bayi menggunakan minyak telon ini sebagai perlengkapan perawatan bayi.

Merawat bayi itu spesifik, meskipun bukan hal yang sulit, tetapi tetap saja seorang ibu membutuhkan ilmu, membutuhkan pengetahuan untuk bisa merawat bayi dengan benar

Pemakaian minyak telon pada bayi, merupakan tradisi yang sudah sejak jaman dahulu, beberapa generasi sebelum sekarang, karena memang manfaatnya terasa.

Jenis minyak telon

  • Minyak telon yang memberikan kehangatan, mengatasi perut kembung dan kemungkinan masuk angin pada bayi.
  • Minyak telon dengan aroma yang membuat bayi bisa tidur dengan tenang
  • Minyak telon yang dibuat juga untuk mengurangi batuk pada bayi
  • Minyak telon yang memiliki fungsi menghangati bayi, sekaligus melndungi bayi dari gigitan nyamuk
  • Minyak telon yang selain menghangati, juga membuat badan bayi jadi lebih lembab, tidak mudah terkena iritasi

Minyak telon terbukti menjadi teman setia para ibu dalam merawat bayi mereka, sehingga layak kalau minyak telon adalah favorit para ibu.

36 komentar:

  1. Anakku masih pake minyak telon. Anak bayi tu kl habis mandi dikasih minyak telon, bedak..huh,harummm khas

    BalasHapus
  2. Aku juga suka makai minyak telon buat anakku Mbak, baunya enak banget. Hehe.

    BalasHapus
  3. aku aja suka banget mba pake minyak telon ini wangi gimana gitu anakku aja skrg uda 5 tahun masih tak pakein telon hahaha

    BalasHapus
  4. Saya termasuk suka pakai minyak telon, walaupun sudah dewasa tapi suka dengan aromanya dan juga menghangatkan

    BalasHapus
  5. IIh samaa aku sukaa banget bau minyak telon bayi, mbaa. Jadi kalau anakku udah gede aja kadang aku kasih bau wangi minyak telon biar baunya kayak bayi. Soalnya menyenangkan bangeet

    BalasHapus
  6. Akh selalu ada ini disamping minyak2 lainnya. Enak aja ya aromanya bu

    BalasHapus
  7. Aku suka sama wanginya, dulu baby gk usah pake farfum cukup minyak telon gk bosen nyiumin

    BalasHapus
  8. Aku nggak ketinggalan pakein Sagara minyak telon. Tiap habis mandi pasti pakai. Makanya aku nyetok minyak telon saat hamil dulu. Jadi aman sampai sekarang.

    BalasHapus
  9. Dirmh dari anak masih kecil sampe skrng selalu ada nih kayu putih dan minyak telon. Suka pake minyak telon baunya seger

    BalasHapus
  10. Ideem, anakku juga masih betah pake telon, plus Mamanya yang suka bau telon, identik dengan wangi bayi jadi gemeees, haha

    BalasHapus
  11. Minyak telon di foto bawah kyk punya anak2. Saya biasa makein minyak telon saat cuaca adem atau pas mau naik motor ma anak2 khawatir kena angin hehe

    BalasHapus
  12. wanginya itu loh selalu khas dan identik ama bayi hahaha.. jadi kalau cium wangi minyak telon ingetnya anak bayi terus. biasanya buat penghilang enek sih klo dijalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aromanya khas, wah bisa buat ngilangin nek ya

      Hapus
  13. Aroma minyak telon emang bikin ngantuk bayi. Wah..jangankan bayi...suamiku aja masih demen pake minyak telon sampe sekarang hahaha swear loooh. Harganya terjangkau dan khasiatnya banyak ya.

    BalasHapus
  14. saya suka bau telon khas banget bau bayi he he. paling pas dibalurin setelah anak mandi biar hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dibalurin ke anak setelah mandi yaa, sedep

      Hapus
  15. Salah satu yang wajib kubawa saat berpergian dengan pendar

    BalasHapus
  16. Sampai skrg kemana2 selalu bawa minyak telon, walaupun anakku sudah usia 2,3 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat persediaan ya mba, kalau dibutuhkan sewaktu waktu

      Hapus
  17. Anak-anakku sekarang udah suka gak mau dipakein minyak telon.. hiks Padahal emaknya suka banget sama baunya.. Baunya itu ngangenin.. :D

    BalasHapus
  18. Aku suka banget pakai minyak telon nih, kayak obat bius. Bikin cepat ngantuk :)

    BalasHapus