Minggu, 14 Oktober 2018

Ini Dia Wisata Museum di Yogyakarta, Buat Kamu Napak Tilas Sejarah Negeri

Assalamu'alaikum, apa kabar kamu? bagaimana kemarau di situ? semoga tetap sehat, pinter-pinter jaga bodi ya, biar enggak sakit. Kan kalau sakit aktifitas kamu terbatas, apa-apa juga nggak nyaman. Nah, kalau sehat enak kan? apapun yang kami lakukan lancar, termasuk jalan-jalan dong, pasti lancar.

Omong-omong, kamu suka jalan-jalan ke destinasi macam apa? alam? destinasi buatan? atau apapun destinasinya kamu suak? aku suka hampir semua destinasi wisata, termasuk museum.

Kan dengan wisata ke museum, kita jadi kenal masa lalu kan? jadi ngerti apa yang sudah terjadi di masa lalu. Terus, di negeri ini museum banyak, ada hampir di berbagai kota, salah satunya Yogyakarta, salah satu kota budaya negeri ini. Yuk kita lihat wisata museum di kota Yogyakarta.

Kamu tahu kan jika Yogyakarta itu adalah kota dengan warisan budaya Jawanya yang kental? Jika kamu ingin lebih mengenal kota gudeg tersebut, tentu saja belajar tentang seluk beluk sejarahnya adalah hal yang penting. Salah satu cara untuk belajar adalah dengan mengunjungi museum-museum yang ada di sana. Selain mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta, kamu bisa menjadikan museum sebagai destinasi wisatamu yang selanjutnya. Ada banyak kok museum yang bisa kamu datangi dan pelajari, coba deh kunjungi museum berikut ini: 

Museum Sasmitaloka


 Sumber:gudeg.net 

 Meskipun terletak di pusat kota, tidak banyak orang yang menyadari keberadaan museum ini. Museum Sasmitaloka adalah kediaman Jenderal Soedirman semasa hidup yang didedikasikan khusus untuk beliau dengan berbagai macam biografi dan barang-barang koleksi asli dari sang Jenderal. Di museum ini kamu bisa belajar tentang perjalanan hidup seorang Jenderal Soedirman dari awal hingga akhir hayatnya. Setiap harinya tempat wisata di Yogyakarta ini buka mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. 

 Museum Sasana Wiratama


 Sumber:wikipedia.org 

Jika kamu ingin tahu tentang Pangeran Diponegoro yang selama ini hanya kamu lihat di pecahan uang saja, maka tak ada salahnya jika kamu pergi ke Museum Sasana Wiratama. Museum yang terletak di Jl. HOS Tjokroaminoto TRIII/430 Tegalrejo ini menyimpan berbagai macam benda warisan asli dari Pangeran Diponegoro. Museum ini dulunya adalah kediaman asli dari Pangeran Diponegoro itu sendiri lho. Tidak ada tiket masuk yang harus dibayarkan untuk menikmati koleksi bersejarah tersebut, jadi tunggu apa lagi?  

Museum Sonobudoyo


Sumber:sonobudoyo.com 

Berdasarkan jumlah koleksinya, Museum Sonobudoyo ini adalah museum terbesar kedua di Indonesia. Dengan mengunjungi museum ini, kamu bisa melihat berbagai koleksi wayang, batik, topeng, ukiran, senjata, bahkan koleksi mainan zaman dulu. Museum Sonobudoyo terletak di Jl Trikora no. 6 dan Ndalem Candrakiranan. Sebelum pergi ke sana, perhatikan dulu jadwal buka museumnya ya, karena museum ini hanya buka pada hari Selasa – Sabtu pada Pukul 08.00 – 15.30 WIB saja. 

Museum Sandi



Sumber:@museum.sandi 

Meski tidak terlalu terkenal seperti museum yang lain, Museum Sandi memiliki peran yang cukup penting dalam awal kemerdekaan Indonesia lho. Dengan mengunjungi museum ini, kamu bisa melihat benda-benda bersejarah dari ilmu Kriptografi. Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini setiap hari mulai dari pukul 8.30 hingga pukul 16.00 dan tidak dikenakan biaya apapun. Langsung datang saja ke Jl. Faridan M Noto No. 21 Kotabaru ya. 

Untuk membeli tiket dan penginapan murah, bisa kamu lihat di Traveloka.com, dan  kamu juga bisa melihat daftar tempat wisata di Yogyakarta yang lainnya. Lengkap dengan harga tiket masuk dan lokasinya. Yuk liburan ke Yogyakarta sekarang.

5 komentar:

  1. Jadi pengen ke jogjakarta deh mbak hehe :D

    BalasHapus
  2. Cocok banget nih kalau anak-anak diajak ke Museum Sonobudoyo, biar mereka tau kesenian budaya indonesia :)

    BalasHapus
  3. Pasti seru banget ya mbak deh bisa main-main ke museum seperti di atas. Kapan-kapan kesana deh :)

    BalasHapus
  4. Cukup banyak ya museum yang ada di kota yogyakarta, gak heran sih kalau yogyakarta disebut-sebut sebagai kota pelajar.

    BalasHapus
  5. Wah.. bersyukurlah kalian yang hidup di kota yogyakarta hehe :D
    Jadi pengen kesana deh mbak, berwisata sambil belajar sejarah.

    BalasHapus