Rabu, 14 November 2018

Prediksi Resiko Kehamilan, Dengan Prosafe NIPT di Prodia

Halo, assalamu'alaikum, apa kabar kamu? semoga senantiasa baik-baik, sehat juga, karena kalau sehat, banyak hal yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu sehat, banyak yang bisa kita bagikan pada banyak orang.

Sehat memang menjadi pusat bahagia setiap manusia, bahkan ketika masih berada di dalam rahim, calon manusia harus sehat, karena ketika dalam rahim, masih berujud janin tidak sehat, bisa dipastikan akan lahir dalam keadaan tidak sehat pula.

Pernah kan tau anak yang terkena Down Syndrome? anak-anak yang kurang beruntung karena mengalami gangguan mental. 

Menurut WHO, diperkirakan ada sekitar 8 juta penderita Down syndrome di seluruh dunia. Berdasar Rikset Kerehatan Dasar (RisKesDas) tahun 2013, terdapat satu kejadian down Syndrome per 700 kelahiran di Indonesia, dengan peningkatan prevalensi dari 0,12 % tahun 2010, menjadi 0.13% di tahun 2013, pada usia ibu saat melahirkan 24- 59 tahun.

Dokter Spesialis Obgyn dr Boy Abidin, Sp.OG (K) menyampaikan "Melihat prevalensi yang meningkat, akibat kelainan kromosom yang terjadi di dunia maupun di Indonesia, sangat penting bagi para ibu hamil untuk melakukan skinning, memastikan janin tidak beresiko mengalami kelainan kromosom."

"Kelainan kromosom bukan hanya akan mengena pada mereka yang memiliki riwayat kelainan romosom dalam keluarga, yang keluarganya tidak memiliki riwayat kelainanpun juga memerlukan skinning', lanjut dr Boy. 

Masih menurut dr Boy, bahwa kelainan kromosom tidak bisa diprediksi kejadiannya, karena setiap orang memiliki peluang untuk mengalami kelainan kromosom. 

Paparan itu disampaikan dr Boy pada acara Grand Launching ProSafe, di Jakarta, pada tanggal 9 November 2018.

Peluncuran Prosafe NIPT oleh ibu Indriyanti dan Ibu Trilis Yulianti


Dari  kiri ke kanan: moderator, ibu Trilis, Caca Tengker dan dr Boy Abidin Sp Og

Prosafe NIPT


Sekarang, para ibu tak perlu risau lagi, karena berbagai kelainan kromosom yang menyebabkan anak menjadi Down syndrome, Patau syndrome, Edward Syndrome sekarang Prodia sudah bisa melakukan deteksi kelainan itu dengan pemeriksaan Prosafe.

Indriyanti R.S. selaku Direktur Bisnis dan Pemasaran Prodia menyatakan bahwa Prosafe telah tersedia dan dapat dilakukan sejak setahun yang lalu. Sejak 6 November 2018, Prosafe secara resmi dapat dikerjakan sendiri di laboratorium Prodia.


Prodia menggunakan teknologi Next Generation Sequencing ( NGS ) dari Illumina yang membuat Prosafe memiliki tingkat akurasi 99.99 %, harapannya adalah dengan pemeriksaan Prosafe ini membantu ibu hamil untuk mendeteksi sedini mungkin kelainan kromosom pada janin.


Sedangkan, produk Manager Prodia, Trilis Yulianti menyampaikan bahwa Prosafe merupakan Non-Invasive Prenatal Test  ( NIPT ) dengan  tingkat sensivitas dan spesifitas yang tinggi. Pada usia kandungan 10 minggu, pemeriksaan Prosafe sudah bisa dilakukan, untuk mengetahui kemungkinan kelainan kromosom yang dialami janin.


Kelainan kromosom yang banyak terjadi, memang Down Syndrome, yaitu penderitanya memiliki tiga kromosom 21, sedangkan pada orang normal seharusnya hanya terdapat dua kromosom 21.


Trilis juga menjelaskan, bahwa syndrome lain yang mungkin dialami para ibu seperti 



  • Turner Syndrome akibat kurangnya atau hilangnya kromosom X sehingga menyebabkan gangguan medis dan perkembangan fisik anak.
  • Edward Syndrome, mengakibatkan lebih banyaknya kromosom 18, menyebabkan kelainan geentis yang beresiko keguguran hingga cacat fisik.
  • Patau Syndrome, yaitu terdapat tiga kromosom 13 atau dikenal dengan trisomi 13, yang menyebabkan bayi mengalami gangguan jantung hingga saraf otak.
Beberapa kemungkinan syndrome itu perlu dihindari, agar anak bisa lahir dengan kondisi kesehatan yang normal dan tumbuh sempurna.

Trilis menambahkan bahwa pengetahuan ibu akan bahaya kelainan kromosom pada ank menjadi penting, karena kelainan kromosom merupakan penyakit genetik yang melekat pada anak.

Kromosom merupakan unit genetik yang terdapat dalam setiap inti sel pada makhluk hidup yang disusun oleh DNA dan protein.

Pada orang normal terdapat 22 pasang kromosom autosom dan 1 pasang kromosom sekks yaitu XX pada wanita dan XY pada laki-laki.

Dengam pemeriksaan Prosafe, mampu menghilangkan penolakan sampel yang tak perlu, megurangi kebutuhan pengambilan sampel ulang dan meniadakan ekbutuhan akan sampel dari ayah.

Pada kesempatan itu hadir pula Caca Tengker, yang menceritakan pengalamannya, dan kenapa dia melakukan pemeriksaan Prosafe.

Menurut Caca, adalah lebih baik mempersiapkan segala sesuatu sebelum anak lahir, dan jangan merasa gentar karena mengetahui kemungkinan ada masalah, adalah lebih baik, dari pada mengalami hal yang tak terduga setelah anak lahir.

Caca memilih memeriksakan diri ke Prodia , karena Prodia merupakan perusahaan negeri sendiri, dan bisa diketahui hasilnya dengan cepat yaitu 1 minggu, maka Caca tengker menganjurkan pada para ibu untuk melakukan test NIPT sebagai sebuah persiapan kelahiran.


Para pendukung acara Launching

Tabung untuk menyimpan sampel darah 

Prodia

Prodia adalah laboratorium klinik, sejak awal berdirinya berkomitmen mempersembahkan hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati.

Sebagai pemimpin pasar, prodia merupakan satu-satunya laboratorium dan klinik di Indonesia dengan akreditasi College of America ( CAP ), sehingga kualitas hasil tes dari laboratorium Prodia sejajar dengan laboratorium internasional.

Jaringan yang dimiliki Prodia, hingga saat ini sebanyak 290 outlet, termasuk 141 laboratorium klinik di 33 provinsi dan 121 kota di seluruh Indonesia.

14 komentar:

  1. Ya Alloh, sekarang penyakit bayi baru lahir itu banyak. Aku aja kalau lg hamil deg-degan takut kenapa2, alhamdulillah ya prodia bisa cek. Membantu banget ini buat pencegahan dan deteksi dini.

    BalasHapus
  2. Prodia emang bagus dan lengkap, aku pernah tes darah pas hamil. Alhamdulillah ya sekaseka Prodia bisa cek kelainan kromosom. Keren

    BalasHapus
  3. Noted banget nih buat saya mbak Tite agar bisa lebih waspada. Prodia emang pilihan bagus banget ya mbak. Jadi pengen cek2 juga di prodia

    BalasHapus
  4. Semua membutuhkan perencanaan, termasuk dalam hal kehamilan, banyak informasi bahwa ketika mempersiapkan kehamilan harus mengecek kesehatan diri sendiri terlebih dahulu, agar kita mengetahui, apakah diri sudah siap dan sehat menghadapi kehamilan.. jika pun ada hal terjadi diluar batas kemampuan manusia, kita terus berupaya seperti cek prosafe NIPT ini ya mba.. bismillah

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah ada prodia ya tempat cek labs yang familiar banget buat perenpuan. Apalagi kaitannya dengan alat reproduksi. Udah pernah datang aku bu

    BalasHapus
  6. Alhamdulillaah zaman sekarang sudah makin canggih teknologi ya mb Tite. Prodia kini dengan Prosafe NIPT nya bisa mengecek hal2 apa aja kemungkinan bisa terjadi pada janin. Mudah2an baik2 aja ya. Makanya sebagai bumil maupun belum sebaiknya jangan malu atau ragu periksa kesehatan sedini mungkin :)

    BalasHapus
  7. Sejak awal aku sudah senang sekali dengan Prodia karena sagnat terjamin pemeriksaan kesehatan Prodia. Apalagi skarang ada bisa dilakukan prediksi resiko kehamilan ya mba. Jadi banyak yang bisa kita cegah jika dilakukan pemeriksaan dini :)

    BalasHapus
  8. Makin canggih ya sekarang kita bisa tahu kelainan kromosom bayi sejak dalam kandungan, alhamdulillah Prodia bisa jadi tempat pemeriksaan, jadi nggak jauh-jauh kudu ke luar negeri atau luar kota gitu. Bumil dan calon ayah jadi bisa antisipasi dan tahu lebih dini akan kesehatan dan risiko yang mungkin ada di calon baby nya

    BalasHapus
  9. Kalau misalnya ketahuan ternyata ada kelainan pada kehamilan 10 minggu apa yang dilakukan atau antipasinya apa mba? Memang ya kehamilan itu sesuatu yang harus dilalui dengan perjuangan ibu. Aku juga sama kayak mamah Tetty was was dan banyak berdoa dll kakau hamil

    BalasHapus
  10. Deg2an sih memang kalau ketahuan ada kelainan lalu apa yah yang bisa dilakukan atay ada antisipasinya ??

    BalasHapus
  11. Betul banget tuh, dengan pemeriksaan Prosafe ini kita jadi tenang ya mbak. Dan kalaupun memang ada sesuatu yang tidak diinginkan, kita bisa mempersiapkan diri semaksimal mungkin. Makanya masa kehamilan itu harus dijaga banget dan banyak baca doa.

    BalasHapus
  12. Agak ngeri ngeri syedap yah klo bicara ttg kelainan kromosom. Krn hal yg tak bs diprediksi oleh manusia. Tp skrinning yg dilakukan pasti akan membantu bgt

    BalasHapus
  13. Saya yang masih penasaran itu, ada gak ya mbak, deteksi gangguan kromosom yang bisa dilakukan sebelum bapak ibunya nikah? Yaaa emang risikonya bikin putus hubungan, cuma kan kasian aja gtu kalau misalnya pembawa sifat A ketemu B yg prediksinya sebenrany gk bagus. Maksudku mungkin gk sesedih sat pas diprediksi dah jd janin gtu... Moga2 kelak ada ya.... aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sorry banyak typonya, henponnya cilik2 haha

      Hapus