Rabu, 28 November 2018

Gaya Hidup Sehat Bersama Buah Pir




Halo, assalamu'alaikum, apa kabarmu hari ini? sehat selalu ya, dan pastikanlah bahagia dengan badan sehat. Iya, kan salah satu kebahagiaan itu ketika badan sehat, karena dengan sehat, bebas melakukan apapun yang kamu mau.

Bicara soal kesehatan, tak bisa dipisahkan dengan bicara pola makan , dan pola makan sehat juga nggak bisa dipisahkan dengan buah-buahan. Buah apa yang kamu suka? aku sih nyaris semua buah-buahan suka, asalkan jangan yang terlalu asem, heheh.



Bagaimana dengan buah pir ( pear )? apakah kamu suka? aku paling suka makan buah pir, rasanya yang manis dan krenyes-krenyes, spesifik, segar. Ada banyak macam atau jenis dari buah pir ini, salah satu jenis yang aku suka adalah yang warna hijau, yang ternyata jenis hijau adalah pir dari Washington.

Selain pir, aku juga suka buah apel, aku rasakan tekstur dua buah ini banyak miripnya, dan termasuk buah yang menurut aku memiliki kadar air yang banyak.

Bicara tentang buah pir, ternyata menyimpan banyak kisah lho, karena buah pir termasuk buah yang mujarab alias manjur untuk penyembuhan penyakit. Konon di jaman Mesopotamia Kuno, dalam 10 SM, Homer menyebut buah pir sebagai "karunia kejaiban para Dewa",  bahkan disebut sebagai buah ajaib.

Berabad-abad lamanya, sejarah sudah mencatat tentang buah pir dalam sejarah monarki di seluruh Persia, Cina dan Roma. Setelah peradaban berkembang, maka buah pir banyak dibudidayakan di seluruh Eropa.

Lalu pada perkembangannya, wilayah Northwest Pacific ( negara bagian Washington ), oregon dan sekitarnya merupakan penghasil 8 varietas utama. Iklim ideal yang dimiliki Northwest Pacific, tanah vulkanik yang subur dan air yang melimpah menghasilkan buah pir terbaik di dunia.

Buah pir yang disebut buah ajaib itu ternyata memang memiliki berbagai manfaat kesehatan, diantaranya:

  • Kandungan antioksidan dan melawan radikal bebas
    Buah pir yang matang, sangat kaya kandungan aktioksidannya, jika rutin kita konsumsi, maka khasiat buah pir akan lebih baik, melawan radikal bebas.
  • Memperkuat sistim imun
    Kandungan buah pir yang tinggi Vitamin c dan vitamin K berperan besar, yaitu membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik, sehingga produksi sel darah merah menjadi lebih baik.
  • Mengurangi resiko terkene kanker
    Satu buah pir, memenuhi 8 persen asupan Vitamin K harian yang akan menurunkan resiko terkena kanker.
  • Melancarkan pencernaan
    Buah pir yang kaya akan serat, satu buah pir akan menyumbang sekitar 20 persen kebutuhan harian serat tubuh kita
  • Menyehatkan otak
    Satu buah pir  memberikan asupan copper harian sekitar limabelas persen.
  • Menurunkan berat badan
    Serat tinggi buah pir, akan membuat perut kenyang lebih lama, sehingga bermanfaat untuk penurunan berat badan.
  • Mengatasi penyakit kardiovaskular dan kolesterol
    Serat buah pir akan mengatur sistim kekebalan tubuh dan peradangan seperti penyakit kasdiovaskular, diabetes, obesitas
  • Diabetes
    Diet tinggi serat buah pir akan memperkecil resiko terkena diabetes, dan akan menstabilkan kadar gula dalam darah.
  • Detox
    Kandungan air dalam buah pir sekitar 84 persen, ini bermanfaat untuk membantu menjaga kotoran lembut dan menyiram sistim pencernaan dari racun. Sehingga usus akan mengalami pergerakan teratur dan adekuat sebagai ekskresi racun harian melalui empedu dan feses.

Bapak Kafi Kurnia, inisiator Sembutopia



Sembutopia dan kampanye hidup sehat


Apa itu Sembutopia? "sebuah gerakan kemasyakatan yang punya tujuan memotivasi dan menginspirasi masyarakat, bagaimana hidup sehat, sembuh dari gangguan baik raga maupun jiwa, dan bagaimana hidup tanpa obat", demikian paparan bapak Kafi Kurnia, kolumnis, pakar marketing yang menjadi inisiator Sembutopia.

Saat ini, setelah setahun Sembutopia sudah memiliki 2 apotik, satu sekolah catur dan perusahaan yang menurut pak Kafi Kurnia nama kerennya adalah penyembuhan lingkungan, atau perusahaan cleaning service and pest control. Saat ini sudah memperkerjakan  100 orang karyawan.

Sembutopia rencananya akan terus mengadakan aktifitas pemberdayaan sumber daya diri masyarakat untuk hidup produktif dengan gaya hidup sehat, demi kemajuan bangsa dan negara.

Sebentar lagi, akan datang saatnya, musim buah pir dari Amerika, dan akan disambut di seluruh belahan dunia.

Sembutopia akan mengadakan kampanye Supear untuk memotivasi masyarakat agar mengkonsumsi buah pir setiap hari. Kampanye ini akan diadakan tanggal 1 Desember 2018, sebagai bentuk peringatan Hari Pir Sedunia ( World Pear day ).

Penyelenggaraan kampanye, tanggal 1 Desember 2018 akan diselenggarakan di Senayan dan tanggal  Desember 2018 akan diselenggarakan di AEON Mall BSD City. Diharapkan, dengan kampanye ini akan menumbuhkan kesadaran masyarakat, untuk menjaga pola hidup sehat.

Yuk, jaga pola hidup, jaga pola makan, lakukan pola hidup sehat, pola makan sehat, perbanyak sayuran dan buah-buahan.


24 komentar:

  1. Makan perbanyak sayur dan buah pear itu enak sekali karena kita sehat dan bab lancar.

    Gaya hidup sehat di gandrungi semua kalangan

    BalasHapus
  2. Wsah, jadi buah pir ini buah ajaib ya disebutnya? Hehehe.. aku suka makan buah pir, airnya terasa dan segar. Memang sih jarang orang pilih buah yang satu ini. Padahl enak banget rasanya dan banyak manfaatnya ya kan kandungan vitaminnya bnyk juga.

    BalasHapus
  3. Aku suka pear apalagi yang hijau. Dulu waktu kecil, kalau lagi sakit atau demam, bapak pasti otomatis ngebeliin buah pear buat aku. Langsung deh banyak pipis dan demam jadi cepet turunnya.

    BalasHapus
  4. Buah pear ini kalo dicocol ke bumbu rujak bikin gak mau berhenti makan, krenyes-krenyesnya menggoda, emang buah top selain apel 😊👍

    BalasHapus
  5. Aku udah lama nggak makan buah pir nih. Padahal aku suka banget. Rasanya manis dan kandungan airnya banyak. Kampanye ini yang harus didukung :)

    BalasHapus
  6. Suka sama Konsep Setumbia mengajak kita untuk afktif dan sehat. karena banyak penyakit aneh naeh sekrang karena gaya hidup kurang gerak dan makanan berlemak.

    Dulu waktu masih tinggal di India sering banget konsumsi buah pir karena murah kebangetan. pirnya kecil kecil gitu, sekrang di indoensia dah jarang karena harganya...ahhhh

    BalasHapus
  7. Aaaahhh ini sih buah kesukaan aku banget apalagi pir hijau yang manis dan mungil, biasanya jadi bekal hari untuk cemilan. Bisa meredakan lapar dan haua sekaligus, bikin segar tenggorokan. Ah pokoknya suka deh dengan peer.

    BalasHapus
  8. Ternyata banyak banget ya manfaat dari kandungannya. aku ga terlalu suka pir tapi kok liat postingan ini jadi semangat mau konsumsi, hihi

    BalasHapus
  9. Baru tahu ada hari pir sedunia. Aku tu suka banget sama buah pir, apalagi yang dimakan dingin2.
    Anak2 jg kubiasain makan pir :D
    Walau cuma Maxy aja sih yg suka haha
    Ternyata khasiat pir banyak ya buat kesehatan :D

    BalasHapus
  10. Baru tau ternyata manfaat buah pir banyak banget dan keren ya. Taunya makan aja dan bisa ngilangin haus karena kaya akan air. Jadi gak ragu nih makan pir kalau tau manfaatnya bagus gini :)

    BalasHapus
  11. Pear belumlah setenar apel. Tp ternyata pear punya bnyk manfaat utk kesehatan ya Bu. Mulai sekarang hrs rutin nih mkn pear

    BalasHapus
  12. Aku tuh pas baca sampai meyakinkan diri, beneran ada Hari Buah Pear sedunia, eh ternyata benar ya....
    Aku suka banget buah pear karena kadar gulanya rendah dan kalau dimakan garing. Eh ternyata...banyak banget manfaatnya yaaa

    BalasHapus
  13. Bener banget mbak Buah pir ini banyk banget manfaatnya. Tetanggaku yang kena diabetes saja makan pir Ini lumayan membaik kondisi kesehatannya

    BalasHapus
  14. Pir termasuk buah langka. Masih mahal harganya kalau di kampung saya. Rasanya memang enak ya, buah yang tidak hanya mengandung serat tapi juga bisa menjadi obat.

    BalasHapus
  15. Sering dengar mengenai Sembutopia, ngikutin akunnya juga. Emang Sembutopia kalau memberi tips atau kampanye sehat caranya unik2. Biasanya ngajak kita utk hidup sehat dengan cara yang alami kayak olahraga, makan sayur dan buah pir kayak ini.

    BalasHapus
  16. Buah pear bisa untuk detox pada tubuh yah, manfaatnya luar biasa. Kuy ah, konsumsi buah sekarang juga

    BalasHapus
  17. Ternyata pear banyak jenisnya, baru tahu.
    Saya suka buah ini karena selain rasanya juga karena banyak kandungan air di dalamnya.

    BalasHapus
  18. Warnanya cantik ini buah ternyata ya. Enak euy empuk dan manis. Manfaatnya yang luar biasa sayang kalau menolak nggak doyan hahaha

    BalasHapus
  19. Wah sdh lama ga milih pear sbg buah2an di rmh nih...padahal banyak sekali manfaatnya ya..jd pengen nyiapin pear nanti ah..

    BalasHapus
  20. kami sekeluarga suka makan buah ini, banyak airnya jadi bikin segara apalagi kalo di makan pas hari panas, segar betul

    BalasHapus
  21. Suka dengan buah ini, kandungan airnya berlimpah. seger

    BalasHapus
  22. Manfaat buah peer ternyata sangat banyak ya.. Alhamdulillah anak-anak dirumah sangat suka makan buah peer, walupun harganya lumayan, tapi buat anak, yang penting sehat

    BalasHapus
  23. Buah Pear sering aku beli dulu buat mama karena saya tahu klo buah ini sangat banyak manfaatx bagi kesehatan

    BalasHapus
  24. Buah pir selain sehat, rasanya juga enak.
    Aku suka sama buah pir, udah agak lama juga sih gak nyicipin.

    BalasHapus