Kamis, 27 Desember 2018

5 Wisata Kota Semarang yang Wajib Dikunjungi

Halo, assalamu'alaikum, apa kabarnya? sudah mau akhir tahun saja nih, semoga tahun ini adalah tahun yang baik bagi kita ya.
Ada rencana ke luar kotakah di akhir tahun ini? karena banyak orang yang suka menghabiskan liburan di luar kota, baik masih di pulau Jawa maupun ke luar jawa.

Ada banyak kota yang mungkin sudah kamu kunjungi lebih dari sekali, atau ada juga kota yang belum pernah kamu kunjungi.

Kenapa mengunjungi sebuah kota kok lebih dari sekali? pasti ada sebabnya kan, kenapa datang dan datang lagi ke kota yang sama.


Akupun begitu, ada beberapa kota yang sering aku kunjungi, tanpa mengenal kata bosan, bener.

Ada beberapa kota yang aku sering sekali kangen sama kota itu, dan selalu pengin datang dan datang lagi ke kota itu, salah satunya adalah kota Semarang. Ya, kota Semarang memang sering aku kangeni

Kenapa aku sering kangen sama kota Semarang? karena di kota ini, sebagian kenangan masa kecil aku tinggal, halaaah. Iya, jadi waktu aku kecil sering sekali diajak bapakku ke Semarang.

Sekarang aku tinggal jauh dari Semarang, bahka beda provinsi lho, jadi wajar kan kalau sesekali aku kangen. 

Nah, kalau dahulu aku bisa pergi ke Semarang bisa menggunakan sepeda motor, karena dekat, enggak dengan sekarang. Karena sekarang domisili aku berada di Bogor, nah lho, jauh kan dengan Semarang? jauh lah.

Untuk pergi ke Semarang, meskipun jauh nggak masalah, karena sekarang apa sih yang sulit? kan semua sekarang serba mudah. Untuk pergi  ke Semarang kamu bisa pesan saja  tiket pesawat dengan mudah.

Bagaimana dengan kamu? pernahkah berkunjung ke Semarang? atau bahkan sudah sering jalan-jalan ke Semarang?. Sebuah kota metropolitan ke 5 di Indonesia, dna merupakan ibukota Jawa Tengah.

Sebuah kota bersejarah, yang menarik untuk ditelusuri seluruh sudut kotanya, dan akan meninggalkan kenangan tersendiri, dijamin kamu akan merasakan sensasi di kota yang terkenal dengan lumpianya ini.

Yuk kita lihat sebagian destinasi di Semarang yang layak untuk dikunjungi


1. Lawang Sewu



Ya, Lawang Sewu, lawang artinya pintu, sewu artinya seribu, seribu pintu ini menjadi destinasi wisata yang juga diminati banyak orang. Sebuah bangunan kuno yang memiliki pintu sangat banyak. sehingga untuk memudahkannya, maka disebut saja pintunya seribu ( sewu ). 
Bangunan kuno yang dibangun pada jaman Belanda tahun 1904 ini awalnya dijadikan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api, lokasinya berada di sisi timur Tugu Muda, antara jalan Pandanaran dan jalan Pemuda.
Lawang Sewu memiliki bangunan utama, yaitu tiga lantai bangunan dengan dua sayap membentang di sebelah kanan dan kiri, dan bergaya arsitektur Belanda.
Memasuki bangunan utama, kamu akan menemukan tangga yang berukuran besar ke lantai dua, nah di sini ada ornamen indah dan historis. di antara tangga kamu akan temukan sebuah kaca besar yang melukiskan gambar dua perempuan muda Belanda, sebuah lukisan yang eksotik dan indah.
Kamu bisa eksplor lebih banyak lagi dengan menjelajah ruang demi ruang di bangunan bersejarah ini.



Lawang sewu


2. Kota Lama


kamu pasti tahu kan kawasan Kota Tua di Jakarta? sebuah kawasan yang mengangkat kenangan masa lalu. Nah di semarang ada senuah kawasan yang namanya kawasan Kota Lama. 
Lembaran sejarah di Kota Lama ini menunjukkan bagaimana dahulu penjajah belanda membangun budaya mereka di kawasan ini. kamu akan banyak menjumpai bangunan klasik bergaya Eropa.
Ciri khas yang mudah ditemukan di kawasan Kota Lama adalah GPIB Immanuel, yang dikenal dengan nama Gereja Blenduk. Selain itu ada sebuah gedung yang masih terawat apik, yaitu gedung Asuransi Jiwasraya.
Sesuai dengan jaman dimana kawasan itu dibangun, bangunan Kota Lama bergaya arsitektur Eeropa atau khususnya Belanda kelas elite, yang mudah dikenali dengan bentuk jendela, dan pintu yang berukuran besar.
Berkunjung ke kawasan Kota Lama ini, menyusuri lorong demi lorong, kamu akan rasakan sensasi Eropa di masa lalu, kesan mendalam akan membuat kamu sulit melupakan tempat bersejarah ini.



Salah satu sudut kota lama di malam hari

3. Masjid Agung Semarang


Masjid Agung Semarang, selain dimanfaatkan untuk beribadah, juga banyak dikun8ungi wisatawan yang sedang melakukan wisata religi.
Salah satu keunikan yang ada di sini adalah menara dengan tinggi 99 m, dengan 6 payung elektrik yang mengitarinya. Jika kamu naik ke atas menaranya, kamu akan menyaksikan pemandangan keindahan kota Semarang.

Pilar-pilar masjid yang mengadopsi arsitektur gaya ala coloseum  Romawi yang megah, dipadukan dengan hiasan kaligrafi yang artistik dan indah. 
Ada keunikan lain yaitu, bangunan utama yang atapnya berbentuk limas, bentuk khas bangunan Jawa, dengan kubah yang memiliki diameter 20 meter, dengan menara sebanyak 4 buah, yang tinggi menaranya masing-masing 62 meter.

Sebenarnya, masjid Agung semarang memang mengadopsi berbagai gaya arsitektur, bukan sekedar bentuk bangunan saja, tetapi memiliki nilai filosofi yang sarat makna. Misalnya dengan adanya 5 buah air mancur yang melukiskan rukun islam, yaitu Syahadat, Sholat, Puasa, Zakat dan Haji.

Jika kamu ingin menikmati pemandangan yang paling sensasional, maka datanglah ke masjid Agung pada saat menjelang adzan subuh, yaitu pemandangan elok di saat sun rise.



Masjid Agung

4. Kelenteng Sam Poo Kong


Kelenteng Sam Poo Kong merupakan sebuah tempat yang diyakini sebagai bekas persinggahan dan pendaratan pertama Zheng He atau Cheng Ho, seorang laksamana Tiongkok.
Bentuknya yang merupakan Gua Batu yang besar, dan terletak pada sebuah bukit batu, tempat ini juga biasa disebut dengan Gedung Batu.

Kamu akan temukan bangunan yang keseluruhannya khas bernuansa China yaitu berwarna merah, dan peruntukannya saat ini digunakan sebagai tempat pemujaan, sembahyang dan juga untuk berziarah.

Di kelenteng itu disediakan sebuah altar dan patung-patung Sam Po Tay Djien, uniknya disinilah terjadi pertemuan budaya. Ketika seorang laksamana Cheng Ho yang muslim, tapi diasumsikan sebagai Dewa, dapat dimengerti karena dalam ajaran Kong Hu Cu,  orang yang sudah meninggal dapat menolong mereka yang masih hidup.

Sebuah goa batu di dalam kelenteng merupakan bangunan asalnya yang dipercaya sebagai tempat pertama kalinya Laksamana Cheng Ho mendarat, sekaligus menjadi markas. Karena goa terkena longsor, maka sebagai  bentuk penghormatan pada Cheng Ho, tempat itu dibangun oleh penduduk.

Biasanya, di bulan Agustus diadakan festival budaya dalam rangka mengenang datangnya laksanama Cheng Ho, nah saat itulah biasanya banyak pertunjukan, atraksi budaya, seperti barongsai dan sejenisnya.



Kelenteng Sam Poo Kong

5. Simpang Lima


Nah ini dia, kawasan populer yang menjadi ikon utama kota Semarang. Ibaratnya Semarang dan Simpang Lima nggak bisa dipisahkan. Kawasan Simpang Lima berda di pusat kota. Kenapa simpang Lima? karena alun-alun atau lapangan ini merupakan pertemuan dari lima jalan di sekitarnya.

Ada apa di Simpang Lima? pada hari Minggu, Simpang Lima biasanya menjadi lokasi  semacam Car Free Day,  meyerupai pasar dadakan.

Simpang Lima, biasanya ramai di malam hari, bahkan wisata Simpang Lima, ya wisata malam hari. Di malam hari, Simpang lima sering digunakan untuk nongkrong, melepas lelah, refreshing.

Ada beberapa spot unik, seperti spot foto LED yang bertuliskan Simpang Lima, menyewa sepeda hias, bahkan kamu bisa main catur, dengan hanya membayar sedikit uang saja.

Bagaimana dengan kuliner? jangan kuatir, di Simpang Lima bisa kamu temukan beragam kuliner, terutama kuliner khas Semarang, seperti tahu gimbal, gudeg koyor, pecel, sate kerang, soto dan sebagainya.


Simpang Lima di malam hari


Itulah 5 tempat wisata di kota Semarang yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu berada di kota Semarang, saat kamu berlibur, seperti liburan akhir tahun ini.

Selamat menikmati aneka ragam budaya di kota Semarang, yang pastinya enggak kalah uniknya, enggak kalah spesialnya di banding wisata di kota-kota lain di Indonesia ini.

Semoga tulisan  ini bermanfaat ya, selamat liburan buat kamu semua

100 komentar:

  1. Udah lama pengen ke Lawang Sewu, tapi gak kesampaian melulu huhu.. anakku pengen liat sejarah kereta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ahaha, aku yang dulu dekat juga belum kesampaian

      Hapus
  2. Aku barusan pulang dari liburan di Semarang. Kota lama makin cakep, ya.Sayang setelah itu, cuaca nggak bersahabat. Jadinya nggak banyak menjelajahi destinasi wisata disana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku rencana mudik mau mampir semarang juga mba

      Hapus
  3. Saya pernah ke Semarang tapi dalam rangka belanja kain untuk mebel aja. Jadi belum sempat mengunjungi obyek wisatanya. Mudahan lain waktu bisa ke sana lagi.

    BalasHapus
  4. Sering ke Semarang tapi malah belum pernah ke Lawang Sewu. Aura mistisnya yang jadi bikin enggan buat ke sana, hihi

    BalasHapus
  5. Mbak ... liburan ke Semarang yuk!
    mau ke masjid agung yang payungnya bisa buka itu. Berasa di Madinah kan
    hihi...

    BalasHapus
  6. Aku sudah mengunjungi ke lima tempat di Semarang nih mba.. aku jadi mikir sekarang di mana foto-fotoku yaaa

    BalasHapus
  7. Udah pernah ke lima tempat yang disebutkan di atas. Paling sering sih ke Kota Lama Semarang. Soalnya sekarang ini banyak spot foto menarik di Kota Lama Semarang.

    BalasHapus
  8. Ini wisata kota Semarang yang harus banget dikunjungi ya mbk. Banyak yang merekomendasikan 5 tempat ini. Semoga tahun depan bisa jalan jalan ke semarang

    BalasHapus
  9. Kalau ingat Semarang, selalu ingatnya Simpang Lima. Soalnya waktu masih ngantor, suka ditugasin ke Semarang. Ya, paling muter-muternya di sekitaran Simpang Lima :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ikon semarang ya mba, sebutan simpang Lima, selalu mengingatkan pada semarang

      Hapus
  10. Huwaaaa kangen Semarang!
    Sudah pernah ke Lawang sewu, keren bangeettt emang ya.
    Pernah juga ke masjid Agungnya, dan takjub dengan arsitekturnya yang keren
    Dan sudah pasti pernah ke Simpang lima.
    Duuuhhh kangeeennnnn...
    Jadi pengen segera intip tiket pesawat di PegiPegi deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk main lagi ke Semarang, biar lengkap eksplorasinya

      Hapus
  11. Alhamdulillah sudah pernah mampir semarang bulan april 2018 kemarin untuk pertama kalinya. dan dari 5 diatas baru ngunjungin 2. Berarti harus ke semarang lagi nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, masih banyak destinasi wisata Semarang kok

      Hapus
  12. Jujur nih, dah mo 2th tinggal di semarang tp blm pernah ke masjid agung. Pengeeennn

    BalasHapus
  13. Iya banget wajib dikunjungi, di masjid besar Semarang aku cuma lewat-lewat doang ga pernah hunting foto. Kapan-kapan ah

    BalasHapus
  14. Whaa..iya,
    Aku ke Semarang belum ke Sam Poo Kong dan Kota Lama.

    Kayaknya musti balik lagi ke Semarang niih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba, ke semarang lagi deh, nanti akan makin banyak tempat bisa dikunjungi

      Hapus
  15. Pengen bgt ngerasain lawang sewu itu Mak, katanya ngeri2 sedep ya Mak hehe

    BalasHapus
  16. Dari kelima itu cuma lawang sewu aja yg belum pernah karena gak berani huahahaa.. sampe halaman depannya aja gak berani, cemen banget akutuuu :))

    BalasHapus
  17. Malu ih, aku yang tinggal di Jateng belum pernah ke lawang sewu. Sering lewat, tapi belum pernah mampir ke sana.

    BalasHapus
  18. huauahaha....wajib banget ini mah. aku sampe 5 kali ke Lawang Sewu, dan yang lain juga udah semua. lebih seru kalau rame2.

    BalasHapus
  19. Semarang memang punya banyak tempat wisata yang oke banget ya. Apalagi Lawang Sewu tuh memang jadi salah satu tujuan wisata aku jika akan ke Semarang. Makasih tipsnya ya mba rekomendasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, dari Kudus kan amat sangat dekat ya, hehe

      Hapus
  20. Pengen deh lihat festival budaya di kelenteng sam poo kong. Lingkari bulan agustus ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk, aku juga nggak bosa lihat pertunjukannya

      Hapus
  21. Awal tahun besok kami mau mampir ke Semarang nih mbak untunglah dapat info ini

    BalasHapus
  22. aku selalu penasaran dengan lawang sewu..soalnya ada di cerita Pulung

    BalasHapus
  23. Lawang Sewu dan mesjid Agung yang baru aku kunjungi.
    Itu juga sudah lama banget, tahun 2006 sepertinya.
    Kalau baca Semarang yang aku ingat pasti lunpia :)

    BalasHapus
  24. Udah 3xke Semarang gak srmpet wisat karena waktunya singkat pake banget. Tp kopdaran sama Mimin @nuniekkaswarganti mah haruus.

    BalasHapus
  25. Kebetulan awal tahun mau balik lagi ke Semarang. Tempat-tempat yang mbak sebutkan emamg ikonik banget ya, mbak. Apalagi Lawang Sewu. Tapi kalo malem serem ya, mbak :(

    BalasHapus
  26. Dari dulu belum kesampaian ke lawang sewu huhuhu...
    Dulu pas SMA pernah dong muter-muter kota lama dari ujung ke ujung jalan kaki cuma buat hunting foto dan itu seruuuuuuuuuuuu :D

    BalasHapus
  27. Aku pengen banget ke Semarang sdh lama engga jalan2 baca ini jd muoeng deh..hehe..

    BalasHapus
  28. Lawang Sewu tuh beneran serem ga sih mba? Dari dulu penasaran pengen ke Lawang Sewu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, biar enggak penasaran, uji nyali yuk ke sana

      Hapus
  29. Ahh mba Nefertite, aku belom pernah lho ke semarang. Tiap denger cerita ttg semaranh jujur pengen banget. Bisa ke masjid agungnya terus ke lawang sewunya dan icip icip kulinernya

    BalasHapus
  30. Saya sering banget ni lewat Semarang. Lewat aja. Hehehe.... Tapi nggak pernah ni berwisata beneran, ngbuek-ngubek kotanya. Padahal ternyata banyak yang keren ya tempatnya Mbak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk khususkan waktu buat hunting destinasi wisata mba

      Hapus
  31. Kota Semarang termasuk yang aku kunjungi setiap tahunnya mbak sejak menikah 14 lalu, maklum ada mertua di sana hehehe. Tapi minggu lalu aku pulang ke Semarang juga gak jalan-jalan sih mbak anak-anak jug amales kemana-mana jadi di kota aja.

    BalasHapus
  32. Lawang Sewu tuh terkenal banget ya, bahkan ada filmnya, ternyata selain Lawang sewu banyak temlat lain di semarang yang asyik untuk dikunjungi, duh kapan ya bisa jalan-jalan ke Semarang? Kayaknya asyik dan seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ayuk diluangkan mba, biar nikmati keseruannya

      Hapus
  33. Aku pas mudik kemarin malah baru sempat ke sam poo kong aja. Nanti kalo mudik lagi, aku mau ke tempat wajib lainnya ah, Insya Allah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk mba, disempatkan main ke destinasi wisatanay

      Hapus
  34. Mba klo ke Semarang eskplore bareng yuk baru lawang sewu dan simpang Lima yg lain belum,,, kepingin bngt eksplore Semarang Sama kulinernya juga

    BalasHapus
  35. Ooo ternyata pernah tinggal juga ya di Semarang? Hayuk, kalau pas liburan lagi ke sini, jangan lupa colek-colek yaaaa... ntar kita kopdaran. Kita nongkrong di Simpang Lima sambil kulineran. Atau makan Mie Kopyok Pak Dhuwur yang ada di dekat Stasiun Poncol, endeuuuss looohh... sekalian ada es panekuknya di depannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. widdiuw, kuliner Semarang aku seneng nasgor pak karmin ahaha

      Hapus
  36. Kelenteng sam po kong dong aku baru tau pas udah pindah domisili ke bogor :"( Ternyata di sana ada satu kelenteng yang melegenda karena peninggalan Laksamana Cheng Ho (yang juga jadi legenda di tanah jawa) karena konon katanya beliau salah satu yang membawa ajaran Islam ke sana. Mudah-mudahan bisa balik Semarang dan mampir ke kelentengnya.

    BalasHapus
  37. Semarang, pengen banget ke sana. Itu kota masa kecil bapakku dan aku punya bbrp saudara di sana, namun blm pernah nginjek Semarang samsek, hiks melas. Moga tahun 2019 bisa ke sana, pengen liat juga Kota Lama dan Lawang Sewu yg legendaris itu :D

    BalasHapus
  38. Tempat yang baru aku tau dari post mba ini adalah kelenteng. Baca tentang laksamana Cheng Ho jadi ingat masa kuliah :D

    BalasHapus
  39. 1st time coming here

    rasanya mantep kalo nongkrong malam" di simpang lima ya
    kek malioboro gitu mesti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya lah, malam nongkrong, lanjut paginya CFD an

      Hapus
  40. Aku kalo ke Semarang cuma mampir-mampir aja. Jadinya paling cuma mampir di tempat makan. Belom pernah deh berwisata. Dan satu pun tempat di atas, belom pernah aku datengi. Noted deh, nanti kalo ke Semarang, kudu nginep lama. Kudu main ke tempat-tempat itu ya.

    BalasHapus
  41. Alhamdulillah kelimanya sudah sempat aku singgahi waktu tinggal di Semarang :)

    BalasHapus
  42. Aku udah lamaaaaa nggak ke SMG.
    InsyaAllah 2019 ada rezeki undangan ke SMG
    Aaamiiiiin

    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  43. Setiap ke semarang cuma numpang lewat thok, ga pernah ke destinasi wisatanya mba

    BalasHapus
  44. Makasih infonya bu, next kalau stayvacation siapa tahu bisa kinjungi beberapa tempat ini ya

    BalasHapus
  45. Awal bulan desember aku ke semarang, karena bussiness trip jadi hanya ke lawang seru aja.. kebetulan dekat sekali dengan hotel tempat kami menginap, padahal mau juga main-main ke tempat wisata lain di semarang.. InshaAllah next ke semarang explore lebih banyak

    BalasHapus
  46. Ini lokasi di pusat kotanya dan jaraknya pun tak terlampau jauh. Alhamdulillah udah pernah ke semua tempat yg disebutkan

    BalasHapus
  47. Kalau main ke Semrang kabar-kabar lagi Mba, biar bisa meeet up heheheh
    rumahku dari semrang sejaman. Aku Alhamdulillah sudah berkunjung semua ke lokasi di atas.

    BalasHapus
  48. udah lama ga ke semarang, pasti udah banyak perubahannya.Kapan waktu aku mau ke semarang lagi tapi mengajak keluarga biar makin asik

    BalasHapus
  49. lawang sewu selalu jadi andalan kalo ke semarang. meski bosen juga sih akhirnya..hihihi..mau ke sampokong aja belum jadi jadi nih

    BalasHapus
  50. Ahhh mupeng bacanya. Dulu malah nggak pernah kepikiran mau ke Semarang, sekarang baca jadi pengen. Ternyata banyak tempat seru dan menyenangkan di Semarang. Lawang Sewu idola banget itu ya. Semoga bisa jalan-jalan ke Semarang sama keluarga

    BalasHapus
  51. sayangnya pas kemaren ke Semarang, ga mampir ke simpang lama baik pas malam atau pas minggu pagi hanya numpang lewat saja, moga moga bisa mampir next time

    BalasHapus
  52. Tiap mudik mampir ke sini, lawang sewu itu legendaris banget. Mampir simpang lima juga, kalau malam makin rame dan banyak jajanannya hahaha.

    BalasHapus
  53. Lawang sewu kerem katanya wisata malamnya ya mba, mistis mendebarkan. Kalau siang keren buat spot foto

    BalasHapus
  54. Semarang memang selalu bikin rindu ya. Mulai dari kuliner sampai tempat wisatanya ngga bosan dikunjungi. Apalagi ada tol yang bikin ke Semarang jadi makin dekat dan cepat. Thanks for sharing ya Mbaaa

    BalasHapus
  55. Simpang lima ternyata juga ada di Semarang toh, Bengkulu juga punya simpang 5 mbak, bentuknya beda tapi

    BalasHapus
  56. Klenteng Sam Poo Kong ini lumayan terkenal jg ya? Bbrp kali suka liat kalau ada teman berkunjung ke Semarang pasti foto di sana. Moga bisa ke Semarang suatu saat nanti.

    BalasHapus
  57. Aku belum pernah jalan-jalan ke Semarang, Insyaa Allah nanti ke Semarang mau di list ini

    BalasHapus
  58. Aku belum pernah ke Semarang, mba. Baca tulisan ini jadi pengen euy melancong ke Semarang. Kabarnya makanannya enak-enak ya di sana. :)

    BalasHapus
  59. Belum pernah ke Semarang nih. Pengen deh ke Lawang Sewu yang terkenal horornya.

    BalasHapus
  60. Bagus-bagus ya tempatnya, jadi pingin ke sana hehe

    BalasHapus
  61. Keren banget kota lama-nya, sayang tiket peswat lagi mahal-mahalnya sekarng

    BalasHapus