Minggu, 27 Oktober 2019

Siliwangi Bolu Kukus, Oleh-oleh Kota Bogor Khas Pasundan

Aassalamualaikum, kabar sehat kan? syukurlah, sehat itu menyenangkan lho, menyenangkan buat diri sendiri sekaligus orang lain.

Ada lagi  tuh yang lebih menyenangkan, apa sih? berbagi oleh-oleh, hehe. Iya, buat aku berbagi oleh-oleh itu menyenangkan. 

Aku jadi ingat masa keciku yang seneng jika ayah pergi ke luar kota, karena pasti pulangnya akan bawa oleh-oleh buat kami yang di rumah. 

Mungkin karena sejak kanak-kanak terbiasa dengan oleh-oleh, maka akupun begitu, senang membawa buah tangan ketika ketemu saudara, kerabat atau teman, apapun bentuk oleh-oleh itu.



Store mudah ditemukan

Antrean panjang

Oleh-oleh yang paling luwes tentulah makanan, utamanya  makanan khas, iya, makanan kas satu daerah. Inilah yang berkembang saat ini, oleh-oleh berkaitan dengan wisata, dan wisata pada saat ini nggak bisa dipisahkan dengan kuliner, atau masakan, atau jajanan.

Sebut saja istilah "belum ke kota Jojga jika belum makan gudeg Jogja" atau  "belum ke Palembang jika belum makan pempeknya", "belum ke Jakarta jika belum icip kerak telor" dan lainnya.

Omong-omong soal makanan, ada yang baru nih di Bogor, namanya Siliwangi Bolu Kukus, kue ini baru saja Launching Hari Jumat tanggal 25 Oktober 2019 dengan membuka Store baru di Stasiun Bogor.

Launching Store hari itu ramai sekali dipadati pengunjung antre sejak jam 07.00 hingga Store tutup banyak pembeli yang kecewa. 

Ya, khusus hari itu emang Siliwangi Bou Kukus adakan promo yaitu Buy 1 Get 1, duuh aku juga ikutan beli dong, kapan lagi dapat bolu enak dengan harga bagus, hehehe.


Interior klasik 


Kuliner dan sejarah

Kenapa memilih bolu ya? ada dong alasannya, menurut General Manager Siliwangi Bolu Kukus,  bolu adalah kue yang memiliki rentang sejarah yang cukup panjang, bahkan sejak jaman penjajahan. Bolu berasal dari kata 'bolo' bahasa Portugis, yang artinya kue dalam bahasa Indonesia, dan cake dalam bahasa inggris. 

Siliwangi Bolu Kukus mengangkat sejarah, ada oleh-oleh dari Bumi Pasundan yang enak dan lezat, bolu kukus yang dijamin lebih wangi, lebih berasa dan lebih istimewa.

Siliwangi Bolu Kukus diproduksi  oleh CV Boga Karya Siiwangi, yang tim intinya adalah orang-orang yang sudah begelut selama 5 tahun di industri makanan, khususnya bolu kukus.

Pada awalnya, mungkin kue bolu pengertiannya adalah kue berbahan dasar tepung, gula dan telur yang dimatangkan dengan cara dipanggang dalam oven, namun makin ke sini kue bolu yang dikukus lebih banyak diminati.

Pilihan nama Siliwangi yang ditonjolkan, karena Siliwangi  melekat dengan sejarah Pasundan, maka Siliwangi Bolu Kukus berarti kuliner yang mengangkat kekayaan alam tanah Pasundan,demikian kurang lebh penjelasan  Muhammad Faizal Chaniago, direktur CV Boga Karya Siliwangi.

Ternyata, Siliwangi itu maknanya cukup dalam, aku baru tahu nih, hehe, kata Siliwangi itu berasal dari kata "silih" dan kata "wawangi", satu jalur keturunan seorang cucu yaitu Prabu Dewantaprana Maharaja kerajaan Sunda Galuh, dianggap sebagai pengganti sang kakek Niskala Wastu Kencana yang bergelar Prabu Wangi.

Silih Wawangipun jadi kesatuan dari semboyan Prabu Siliwangi, '"Silih Asih, Silih Asah  Silih Asuh Silih Wawangi".

Maknanya apa? setiap manusia hendaknya hidup dengan saling mengasihi, saling mengasah atau saling membedayakan agar bermanfaat, saling mengasuh dan saling memberikan hal positif dalam hidup. 

Dengan filosofi itulah Faizal berharap bahw Siliwangi Bolu Kukus diterima dengan baik oleh masyarakat, meberikan nilai kebaikan dan manfaat bagi siapapun yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung.


Kemasan yang cantik

Rasa Susu Lembang

Misi Perusahaan

Siliwangi Bolu Kukus memiliki misi yang akan mengerucut pada budaya sehat, sejahtera, bahagia, menjunjung nilai kearifan lokal dan bersikap humanis, yaitu:

  1. Dari Indonesia, oleh Indonesia dan untuk Indonesia
  2. Menciptakan produk yang berdaya saing dengan nilainilai kearifan lokal Indonesia
  3. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan proses berdasarkan filossofi-filosofi Ketuhanan, keilmuan dan teknologi.
  4. Meningkatkan kesejahteran masyarakat dan menciptakan lingkungan yang sehat
Kamu jangan khawatir akan kehalalan bolu Siliwangi Bolu Kukus, karena SBK sudah memiiki PIRT dan bersertifikat halal.  Tujuan mengangkat potensi Bumi Pasundan itulah sehingga Siliwangi Bolu Kukus memiliki varian rasa lokal ke dalam bentuk kue bolu.
  1. Kopi Bogor
  2. Ubi Cilembu
  3. Talas Bogor
  4. Alpukat Mentega
  5. Susu Lembang
  6. Strawberry Ciwidey
  7. Bownies Coklat
  8. Ketan Kelapa
Unik kan? rasanya enak, lembut, dan manisnya pas, setiap varian rasa memiliki rasa khas yang pastinya beda, spesifik di masing-masng variannya. 

Aku beli rasa Brownies Coklat dan rasa Susu Lembang, aku bagi dong ke adik, keponakan. Keponakan aku yang kalau makan sangat pemilih saja langsung jatuh cinta sama Siliwangi Bolu Kukus, dia bilang "enak bude". Rasa coklatnya sangat kuat dan dipadu dengan tekstur yang lembut, akupun ketagihan, bolak-balik makan, hehe.

Varian yang beragam, dengan kemasan yang bagus, kue Siliwangi Bolu Kukus iini cocok sekali buat oleh-oleh ketika kamu main ke Bogor. Belum  ke Bogor deh bila belum makan Siliwangi Bolu Kukus ini.

Kemasan yang mewah, dan lapisan kertas di dalamnya akan bikin Siliwangi Bolu Kukus jadi  oleh-oleh yang menyenangkan, baik yang bawa oleh-oleh maupun yang dikasih.

Oh ya, Siliwangi Bol Kukus juga menggandeng UKM-UKM dengan membantu memasarkan produk mereka, sebuah inisiatif yang layak disupport, karena kepedulian ini sesuai dengan misi perusahaan yang salah satunya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jadi pastikan ya, jika kamu berkunjung ke Bogor, jangan sampai lupa  bawa oleh-oleh Siliwangi Bolu Kukus, storenya bisa kamu temukan di Stasiun Bogor, tepatnya di dekat area parkir mobil.

Masih penasaran? yuk jalan-jalan ke medsosnya

IG : @siliwangibolukukus
Facebook: @siliwangibolukus.id
Youtube: @siliwangibolukukus
Line: @siliwangibolukukus

28 komentar:

  1. Saya jadi ingin nyobain juga nih Mbak, siliwangi bolu kukus terlihat enak banget.

    BalasHapus
  2. Varian rasanya banyak banget ya Mbak, jadi bisa disesuaikan dengan selera kita masing-masing.

    BalasHapus
  3. Kejunya banyak banget itu, saya jadi ngiler lihat nya nih Mbak hehe.

    BalasHapus
  4. Iya Mbak pasti Siliwangi Bolu Kukus ini cocok banget buat oleh-oleh ketika berkunjung ke Bogor.

    BalasHapus
  5. Wah, misi dalam perusahaannya bagus banget ya Mbak, semoga sukses selalu dan semakin berkembang.

    BalasHapus
  6. Jadi ingin nyobain juga nih Mbak, enak banget kayaknya rasanya ya Mbak.

    BalasHapus
  7. Kejunya bikin ngiler serius banyak banget ya ampun.

    BalasHapus
  8. Harga satu nya berapa itu?
    Musim hujan minum teh sore hari ditemani bolu emang cocok nih.
    Saya pengen coba yang rasa alpukat mentega. Sepertinya begitu menggoda, hehehe...

    BalasHapus
  9. Bisa kali dikirimin ke bekasi bolu kukusnya hahaha. Enjoy ya mbakku

    BalasHapus
  10. Sepertinya lezat. Oleh2 kayak gini tu nggak bingung bawanya, nggak mahal & dikasihkan orang juga cakep.

    BalasHapus
  11. Makin kece aja nih SBK apalagi setelah 3 Storenya buka secara berturut turut, makin melebarkan sayapnya yak.
    Suksess selalu buat SBK, btw mana ini SBK nya ku mauuuu ga kbagian promonya nih huhuuu..

    BalasHapus
  12. Kalau jalan-jalan lagi ke Bogor, mau coba beli ini, ah. Anak-anak saya meskipun suka ngemil, tetapi kalau bolu sukanya yang biasa gini. Maksudnya yang rasa dan bentuknya gak macam-macam

    BalasHapus
  13. Duh, gemesh banget bolu kukusnya nih apalagi sekarang cuaca lagi mendung dan bawaannya pengen ngemil terus. Anak2 pasti suka nih ngemil Bolu Kukus Siliwangi

    BalasHapus
  14. Mbaa,pas ke Bogor aku mampir ke storenya dan beli yang coklat dan kopi. Enak banget trus harganya ya terjangkau. Moga segera buka di Depok

    BalasHapus
  15. Ini skrng kalau bawain temenku gtu aku lari kie stasiun bogor buat beliin ini mbak. Yg jarang kan rasa alpukat jd biar yg lain pd nyobain alpukat dijadikan bolu kyk gmn hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh jadi ngiler nih pengen beli bolu kukus Siliwangi lagi., Ini kuenya lembut dan menurutku ukurannya lbh sesuai gtu ya mbak kemasannya :D
      Cocok buat oleh2 kalau pas lagi ke Bogor :D

      Hapus
  16. Logonya mirip klub sepakbola dari sana juga ya hhehe bener bener mencerminkan bumi pasundan

    BalasHapus
  17. Bogor surganya bolu kukus banget ya, ini merek Siliwangi aku belum pernah nyobain =. Kalau itu nunggu kiriman dari mbak Tite aja ya hehehe

    BalasHapus
  18. Jadi bisa ada pilihan tempat untuk membeli bolu kukus siliwangi ya mbak, selama ini aku belinya yang di dalam statiun bogor itu.. selalu ramai pengunjung jadi udah paling tepat banget ada tempat pembelian lain sebagai alternatifnya

    BalasHapus
  19. Wuaawww antriannya luar biasa.. Wkkww ada jastipnya ga tuh yaa minat bgt yg coklat. Huhuhu

    BalasHapus
  20. Mbak kemarin saudara dari bogor bawain bolu kukus Siliwangi ini dan rasanya enak banget mbak. Ntar kalau main ke Bogor lagi aku singgah di sini.

    BalasHapus
  21. Wa'alaikumussalam Mb
    Penampakan sekilas mirip bolkus Malang cuma yg Siliwangi varianny bener2 khasss Jabar y Mb esp sung girang pas ada rasa ubi cilembu... berasa mau bilang kalau ubi cilembu kini bisa dinikmati dalam bentuk laen hehe

    BalasHapus
  22. Aku pernah lihat ada yang mengulas juga nih.. emang terkenal dan enak ya mbak, temen2 kalo ke bogor juga belinya ini.

    BalasHapus
  23. Ntar hari sabtu kami rombongan ke Bogor, pulangnya bisa borong Bolu kukus Siliwangi untuk oleh-oleh niy. Dulu pernah beli yang Talas Bogor, Kopi, sama Strawberry. Justru yang rasa Susu malah kurang suka, hihiii

    BalasHapus
  24. sekarang makin banyaaak ya mba oleh - oleh yang menjadi khas suatu daerah yang dikemas dengan cantik dan gaul. Ini lucu bangeet..ada yang less sugar ngga mba untuk mereka yang bermasalah dengan diabetes?

    BalasHapus
  25. Wah musti dicatat nih sbg kudapan yg harus dibeli saat ke Bogor. Aku tertarik yg rasa Alpukat deh..

    BalasHapus
  26. Pengen borng semuanya, ha ha, soalnya unik banget dan beda, Siliwangi bolu kukus inovatif.
    Oh, baru tahu muasal kata bolu dari bahasa Portugis, bolo. Diingat. Saya ini peminat kue, suka babget pada yag namanya bolu, belum coba yang varian buah khas seperti talas.

    BalasHapus
  27. antriannyaaa gak santuy ya mbak
    pasti jadi favorite warga ini mah
    visi misi nya luar biasa
    duh kebayang sama teh hangat ini

    BalasHapus