Jumat, 01 November 2019

Konektivitas, Mengatasi Kesenjangan, Menumbuhkan Pemerataan

Assalamualaikum, halo, semoga selalu dalam kedaan baik dan sehat ya, kan kondisi baik dan sehat itu idaman kita semua, apalagi selain itu?

Ketika aku nulis postingan ini, sebenarnya sambil mikir acara  esok pagi nih aku mesti ke Jakarta untuk hadiri satu acara.

Kalau dipikir nih, dari Bogor ke Jakarta sih jauh, hanya karena aku sering ke Jakarta,aku terbiasa dan menganggap jarak Bogor Jakarta bukan jarak yang jauh. Dulu, waktu aku masih di kampung halaman, nggak kebayang sama sekali kalau aku akan sering bolak-balik ke ibukota, hahaha, norak ya.

Menjalin konektivitas , memajukan negeri

Pernah tinggal di daerah? di pedesaan begitu? atau sewaktu kuliah pernah KKN? bagi yang pernah berada di pedesaan pasti merasakan dong bedanya antara pedesaan dan perkotaan? .

Buat kamu yang belum pernah tinggal di desa, pasti belum pernah rasakan gelapnya malam, ahahah. kenapa? kan di kota malam juga terang benderang. Coba saja kamu ke mall, dari pagi sampai malam jangan keluar, kamu nggak akan tahu apakah hari sudah  malam atau belum, iya kan? hayo  ngaku. 

Beda dengan di desa, terlebih desa yang belum mendapatkan aliran listrik, selepas Isya' saja pasti sudah gelap gulita, beneran. Biasanya nih, nggak akan ada atifitas apaapun selain ronda malam, hehe. 

Mau apa coba? malam hari, gelap lagi. Hiburan? hiburan apa dalam kegelapan? televisi? internet? aah apalagi internet, biasanya ada juga radio, kalaupun ada televisi maka menggunakan tenaga accu yang terbatas pemakaiannya.

Tapi itu dahulu ya, ketika satu daerah dengan daerah lain belum terkoneksi dengan mudah dan cepat seperti sekarang ini. Sekarang sudah jauh berbeda, satu daerah dengan daerah lain semakin mudah dan cepat ditempuh.

Misal nih, dahulu aku kalau mudik butuh waktu sekitar 8 jam cyn, duh, penat dan letih pasti, sekaang enggak dong, jalan tol yang dibangun membuat aku lebih cepat sampai di kampung halaman.

Infrastruktur untuk konektivitas

Bukan hanya mudik saja kan? pengguna jalan tol adalah juga mereka yang setiap hari bergelut di bidang perniagaan hasil bumi seperti buah-buahan, sayuran yang lalu lintasnya bukan hanya antar kota, tapi bahkan antar provinsi. 

Kebayang kan manakala mereka alami kemacetan yang para, apapun sebabnya, apa yang terjadi? pasti sayuran dan buah-buahan itu terancam layu dan busuk, pastilah kualitasnya menurun.

Lalu  apa? sampai di tempat yang dituju, sayuran dan buah-buahan itu akan dijual murah, sangat murah, bahkan tidak menutup kemungkinan akan dibuang percuma, dan yang terjadi  adalah kerugian yang dialami para petani atau penjual sayur antar kota atau antar provinsi.

Atau, yuk bicara tentang hasil kerajinan rakyat yang di Indonesia ini jutaan jumlahnya, sebut saja batik, rotan, tenun, kulit, kerajinan bambu, kayu, gerabah/ keramik, dan lainnya.

Persebaran yang luas di negeri ini luar biasa, negeri kepulauan yang dikelilingi lautan, yang pastinya satu dan lain daerah memiliki keunikan masing-masing.

Pembahasan sedikit tentang sayur, buah, hasil bumi dan berbagai kerajinan rakyat, semuanya membutuhkan support dari segenap pihak, karena soal hasil bumi misalnya adalah persoalan hajat hidup orang banyak.

Bicara infrastruktur bukan hanya bicara soal jalan tol saja, tapi juga pelabuhan, bandara yang menjadi sarana penghubung transportasi adalah bagian dari infrastruktur.

Pembangunan jalan tol, bandara, pelabuhan yang  gencar diakukan pemerintah adalah untuk mempercepat konektivitas antar wilayah, dengan konektivitas itu akan didapatkan efisiensi.

Pembangunan infrastruktur akan menciptakan konektivitas yang lebih efisien, sehingga mempercepat pertumbuhan wilayah, meminimalkan kesenjangan antar wilayah.

Konektivitas dan pemerataan pembangunan

Sudah menjadi rahasia umum, bagaimana kondisi saudara-saudara kita di wilayah Indonesia timur pada jaman dahulu, betapa mahalnya harga ayuran di Kalimantan, betapa mahalnya harga kebutuhan bahan bangunan, harga BBM di wilayah timur negeri ini.

Kenapa demikian? diantaranya karena wilayah-wilayah itu jauh dari pusat perekonomian, jauh dari pusat industri dan sebagainya. 

Bagaimana cara mendekatkannya? ya  didekatkan melalui pembangunan infrastruktur, karena pembangunan infrastruktur itu yang akan menjadi penyambung koneksi antar wilayah.

Dengan konektivitas akan menyambunglah beberapa wilayah sekaligus, akan mempercepat pertumbuhan wilayah yang saling terhubung tersebut. Sentra - sentra ekonoi di daerah baik yang bergerak dalam baang maupun jasa akan tumbuh dengan adanya koneksi antar wilayah yang semakin efisien.

Kita lihat saja sekarang betapa semakin banyaknya destinasi wisata di bberapa wilayah yang dahulu sangat mustahil untuk djangkau karena lokasinya yang memang medannya tidak bagus.

Kenapa sekarang industri wisata tumbuh cepat? karena konektivitas yang makin efisien, karena untuk menjangkaunya tidak membutuhkan banyak waktu, disebabkan sudah dibangunnya jalan.

Ada manfaat yang secara umum bisa kita rasakan kok, yuk kita lihat

  1. Penciptaan lapangan kerja.
    Saat ini, di dekat rumah aku sdang dibangun fly  over, tol dalam kota yang pastinya akan mengurangi kemacetan di kota Bogor. Selama peroses pembangunan, aku sering lewat, terasa sekali betapa banyak pekerjaan yang akhirnya terbuka untuk banyak orang. 
    Ada para insinyur, ada mandor, ada para pekerja lapangan yang jumlahnya sangat banyak, bekerja sesuai dengan kapasitas masing-masing.
    Selain itu, pemandangan khas ketika ada pembangunan jalan skala besar dan dalam waktu yang lama selalu menciptakan lapangan pekerjaan ikutan, apa itu? misalkan pedagang warung.
    Ya, warung-warung makan akan bermunculan di sekitar jalanan itu sedang dibangun, buat aku ini luar biasa, betapa sebuah pembangunan itu sebenarnya adalah mata rantai pekerjaan bagi banyak orang.
  2. Pemerataan kesempatan kerja
    Sederhana kan? bahwa pembangunan infrastruktur memiliki faktor ikutan atau dampak pada kesempatan bekerja yang lebih banyak, lebih luas, lebih beragam. Pembangunan di berbaga daerah berarti membangunekonoi indiidu maupun sosial, semakin banyak individu yang mampu menghidupi dirinya sendiri, maka akan semakin sehat sebuah masyarakat.
    Perlahan namun pasti setiap daerah akan membangu dirinya, mengejar ketertinggalan dan tidak akan ada lagi kesenjangan antar satu daerah dengan daerah lain.
  3. Pemerataan ekonomi
    Sangat logis, ketika sebuah daerah semakin terbuka aksesnya, kelancaran lalu lintas ke dalam maupun keluar daerah tersebut, akan melancarkan pengiriman barang, maka sektor perekonomian makin dinamis.
    Jika berbagai produk hasil bumi, pertanian, laut, ternak, maupun barang produksi akan makin lancar, pemasaran makin meluas, ekonomi tumbuh dan berkembang.
    Destinasi wisata yang semula belum muncul akan bertumbuhan karena akses menuju ke berbagai tempat semakin mudah, dari  wisata akan berkembang pula bisnis kreativitas, usaha kuliner, kerajinan rakyat dan sebagainya.
Membangun infrastruktur berarti menumbuhkan konektivitas, menumbuhkan sumber daya manusia, membangkitkan produktivitas, membuka lapangan pekerjaan, sekaligus mengembangkan perekomian.

Pertumbuhan ekonomi satu wilayah akan saling terhubung dengan wilayah lain disebabkan adanya konektivitas. Jika satu wilayah saling dukung untuk tumbuh bersama, maka pertumbuhan ekonomi akan makin meluas, berdampak positif ke seluruh negeri, yaitu perkembangannya akan merata dirasakan di seluruh negeri.

Jika ingin tahu lebi banyak lagi capaian-capaian pembangunan bisa kunjungi website maupun medsos ini.


Website Kemenhub :
http://dephub.go.id

Sosial Media
Twitter : https://twitter.com/kemenhub151

Facebook : https://www.facebook.com/kemenhub151

Instagram : https://instagram.com/kemenhub151




16 komentar:

  1. BANGGA BANGET dengan capaian kinerja KemenHub ya
    Bisa memberikan infrastruktur yg memadai dan bermanfaat untuk masyarakat Indonesia.
    BRAVO

    BalasHapus
  2. Sepakat sih konektivitas itu bermanfaat bagi banyak pihak. Akses antar kota jadi bagus, mudah mencari kerja dan sebagainya

    BalasHapus
  3. yup. konektivitas adalah vital untuk negara kita yang terdiri dari pulau2, juga bisa memperlancar perekonomian dan membuka banyak lapangan kerja

    BalasHapus
  4. pernah banget mba, tinggal di desa berkembang, di kota berkembang hingga pelosok, dan berasa banget bedanya terutama soal konektivitas. Pernah tinggal di desa terpencil yang ke kota aja kita harus menempuh waktu 6 jam karena sulitnya akses dan transportasi. padahal kalau jarak sih terbilang dekat.

    BalasHapus
  5. Aku pernah ngerasaan KKN di desa, waah jauuh banget bedanya.
    Semoga pemerataannya sampe ke desa2 ya, biar makin merasakan semuaa lapisan masyarakat.
    Turut bangga dan senang adanya Infrastruktur untuk konektivitas.

    BalasHapus
  6. Karena udah sering bolak balik Jakarta Bekasi saya pun merasakan demikian, gak jauh dan karena sudah terbiasa. Ayo kapan kumpul lagi kita di jakarta.

    BalasHapus
  7. Mudah-mudahan pembangunan infrastruktur makin merata ya Mbak. Termasuk dan terutama untuk yang di luar Jawa. Teman2 saya yang merantau dari luar pulau Jawa ke Sumatera banyak mengeluh jalan di sini kok banyak rusak, pasti menyulitkan untuk membawa hasil industri dari sini ke daerah lain. Tapi sudah ada kemajuan sih dengan adanya tol Sumatera. Mengurangi jarak tempuh ke pelabuhan Bakauheni.

    BalasHapus
  8. Dengan dibuatnya infrastruktur yang baik bisa membant mobilitas masyarakat ya mbak. Allhamdulillah skr di sini udah gak terlalu macet lagi

    BalasHapus
  9. Setuju banget, membangun infrastruktur itu sangat membantu untuk konektivitas. Semua masalah mobilitas jadi teratasi juga :)
    Semoga semakin merata pembangunan infrastruktur ini :)

    BalasHapus
  10. Konektivitas memang penting banget ya mbak, apapun tidak bisa berjalan dengan baik tanpa konektivitas, karena satu dengan yang lain itu harus saling terhubung, infrastruktur yang tidak saling terhubung maka akan sia sia atau tidak berguna ya

    BalasHapus
  11. Menurutku emang penting banget yang namanya konektivitas, kyk pembangunan jalan tol, adanya transportasi massal yang ramah kantong dll.
    Kyk rumah kita di area Cilebut tu kalau gak ada KRL udah susah deh ke mana2 haha
    Moga makin bagus lha konektivitas di negeri ini ya

    BalasHapus
  12. Meski kota gemerlap, aku sekarang ini lebih nyaman di desa. Tapi senang juga dengan semua pembangunan yang ada. Kalau sewaktu-waktu ke kota, jalanan sudah lancar kan

    BalasHapus
  13. Insfrastruktur emang diperlukan sekali buat mobikitas warga, bisnis, dan lain sebagainya..

    Semua bisa terkoneksi dan aktivitas masyarakat lebih mudah asak ada insfrastruktur yang memadai dan sesuai tempatnya..

    BalasHapus
  14. Pembangunan yang digesa pemerintah terutama kemenhub atau dephub pada beberapa tahun yang lalu hingga sekarang terbukti menciptakan jembatan dan konektivitas antar kota antar daerah yang bahkan ke wilayah yang jauh di pelosok perbatasan Indonesia.

    BalasHapus
  15. Udah memasuki tahun 2020 dan sudah saatnya pembangunan yang merata, Mari kita do akan yaa

    BalasHapus
  16. alhamdulillah, aku merasa sebagai warga indonesia, saat ini memang kinerja pemerintah ada kemajuan ya kak dan itu sangat terasa sekali. mudah mudahan pembangunan ini terus berlanjut dan juga merata ya kak

    BalasHapus